cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
ISSN : 25793802     EISSN : 25793802     DOI : -
Core Subject : Science,
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is published by Library Study Program, Department of Indonesian Literature, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang (UM). BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is published 2 (two) times a year in June (January-June edition) and December (July-December edition), contains articles/articles of thought and research written by experts, scientists, practitioners, and reviewers/reviewers on research results, conceptual ideas, study and application of theory, literature review, and book reviews.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
STUDI LITERATUR: PENYIMPANGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Sincia Anggaraini; Naqqiyah Nurrosyadah; Itoh Nur Sari; Mochammad Syahrul Azhar; Ayu Listiyana Wahyuni; Zulkardi Zulkardi; Zuli Nuraeni; Novika Sukmaningthias
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p11-20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penyimpangan yang dilakukan siswa dalam menggunakan media sosial selama pembelajaran matematika di pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pendekatan analisis studi literatur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak penyimpangan yang dilakukan siswa, seperti membuka media sosial saat dalam proses pembelajaran, rendahnya minat belajar siswa karena kecanduan media sosial, dan lain-lain. 
Katalogisasi dan Pengkatalogan Koleksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Jasmin Pratiwi Mulyadi
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p73-88

Abstract

Artikel ini dengan lengkap membahas tentang katalog, katalogisasi, dan pengkatalogan. Dimulai dari penjelasan, fasilitas, dan sebagainya. Sebagai mahasiswa prodi perpustakaan dan sains informasi, kami setidaknya harus memahami dan mempraktikannya agar bisa menjadi pengetahuan yang berguna dimasa depan nanti. Selain katalogisasi artikel ini juga memuat penjelasan tentang aplikasi yang dipakai banyak institusi sebagai alat pengkatalogan, karena aplikasi-aplikasi tersebut dianggap sangat membantu pemustaka maupun pustakawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sugiyono (2016:9) menjelaskan bahwametode penelitian kualitatif deskriptif merupakan sebuah metode penelitian yang menurut filsafat postpositivisme  sering digunakan untuk menganalisis dan meneliti kondisi sebuah objek alamiah dimana si peneliti berperan sebagai instrument dari kunci teknik pengumpulan data yang dilakukan secara gabungan. Metode jenis ini bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan, dan memberi pengetahuan kepada para pembaca dengan tingkat kerincian lebih tinggi dalam menjawab masalah-masalah atau topik yang sedang diteliti. Selain itu artikel ini juga sedikit menjelaskan mengenai keadaan perpustakaan yang ada di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi yang sekaligus menjadi tempat praktikum pengkatalogan si SLiMS untuk tugas pengganti UAS.
RETRACTED: LAYANAN PERPUSTKAAN PERGURUAN TINGGI DI MASA AWAL PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS UNIVERSITAS GADJAH MADA Kadek Aryana Dwi Putra; Fauzan Hidayatullah
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p21-28

Abstract

Following a rigorous, carefully concerns and considered review of the article published in BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi to article entitled "LAYANAN PERPUSTKAAN PERGURUAN TINGGI DI MASA AWAL PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS UNIVERSITAS GADJAH MADA" Vol 6, No 1 (2022).This paper has been found to be in violation of the BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi principles and has been retracted.The article contained redundant material, the editor investigated and found that the paper published in Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Vol. 14 No. 1 2022. Title: LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI MASA AWAL PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS UNIVERSITAS GADJAH MADA. Authors: Kadek Aryana Dwi Putra, Fauzan Hidayatullah. DOI: https://doi.org/10.37108/shaut.v14i1.652.The document and its content has been removed from BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, and reasonable effort should be made to remove all references to this article.
BEST PRATICE: PEMANFAATAN “TAQUO” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MINAT KUNJUNG SISWA SMP NEGERI 1 KARANG BARU ACEH TAMIANG Fahrun Nisak Al-Husna
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p89-107

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan minat kunjung siswa dan siswi ke perpustakaan SMP Negeri 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah prosedur, perencanaan, pelaksanaan, dan cara pemecahan masalah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diketahui bahwa siswa dan siswi SMP Negeri 1 Karang  Baru menjadi lebih gemar membaca dan sering berkunjung ke perpustakaan, baik untuk membaca maupun menikmati layanan-layanan yang disediakan oleh perpustakaan. Selain itu, pemanfaatan taquo mampu mengembangkan keterampilan melukis khususnya bidang kesenian siswa dan siswi SMP Negeri 1 Karang Baru. Taquo juga memiliki nilai estetika, sehingga dapat menghiasi ruangan perpustakaan tanpa biaya yang mahal serta menjadi motivasi bagi siswa dan siswi yang lain.
ANALISIS KOMPETENSI LITERASI DIGITAL STAF PERPUSTAKAAN O. NOTOHAMIDJOJO BERDASARKAN TEORI MUTULA DAN WAMUKOYA Karisma Yustikasari; Tintien Koerniawati; Rudy Latuperissa
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p29-42

Abstract

Dalam kondisi berlimpahnya informasi dan kemudahan memperoleh informasi, pemenuhan kebutuhan informasi seseorang dipengaruhi oleh kemampuan literasinya. Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi, dan kemampuan staf perpustakaan menjadi salah satu faktor tercapainya fungsi perpustakaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kompetensi dari literasi digital staf Perpustakaan O. Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana menggunakan teori Stephen Mutula dan Justus Wamukoya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, data dari literatur yang membahas tentang literasi digital. Data yang diperoleh dari kuesioner disajikan dalam tabel dan selanjutnya dipersentasekan. Hasil pengukuran tingkat kompetensi dari literasi digital staf Perpustakaan O. Notohamidjojo dengan teori Stephen Mutula dan Justus Wamukoya dilihat dari enam tingkat adalah sebagai berikut, literasi digital dasar termasuk kategori tinggi dengan nilai sebesar 63.5%. Kompetensi digital dasar termasuk kategori rendah dengan nilai sebesar 32,8%. Kompetensi digital menengah termasuk kategori cukup tinggi dengan nilai sebesar 53%. Kompetensi digital lanjutan termasuk kategori rendah dengan nilai sebesar 34,7%. Literasi digital teknis termasuk kategori rendah dengan nilai sebesar 40,3%. Kemahiran literasi digital termasuk kategori cukup tinggi dengan nilai sebesar 41,7%. Berdasarkan hasil persentase tertinggi yang diperoleh dari tingkat literasi digital dasar dan kompetensi digital menengah, maka staf Perpustakaan O. Notohamidjojo telah mulai memenuhi kualifikasi pustakawan di era digital. Faktor penyebab persebaran tingkat literasi digital adalah perbedaan pekerjaan harian, keberagaman sebaran umur, perbedaan tingkat pendidikan, dan masa kerja dari responden penelitian.
Analisis Kepuasan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Terhadap Repositori Perpustakaan dengan Menggunakan Model EUCS Yusrin Karauna
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p124-137

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pengguna melalui analisis sistem content (isi), accuracy (keakuratan), format (tampilan), ease of use (kemudahan), dan timeleness (kecepatan). Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Objek dalam penelitian yakni mahasiswa sebagai pengguna repositori. Teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rentan kategori dan persentase melalui skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kepuasan pemustaka terhadap repositori secara keseluruhan masuk dalam kategori baik, karena pemustaka merasa puas terhadap repositori perpustakaan. Dibuktikan dengan nilai persentase tertinggi sebesar 84,48%.
Penerapan Aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) dalam Pengelolaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Sekolah Qurratu Aini
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p43-56

Abstract

Perkembangan akan teknologi informasi semakin pesat karena di dorong dengan kebutuhan informasi. Seluruh instansi melakukan perubahan dan pembaruan untuk menyamakan pergerakan informasi. Pendidikan dan perpustakaan merupakan bidang yang secara nyata melakukan perkembangan demi terpenuh nya kebutuhan informasi dalam masyarakat. Penerapan aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) pada pengelolaan koleksi bahan pustaka di perpustakaan menjadi salah satu perkembangan teknologi informasi karena dapat mempermudah segala urusan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui temu  dan pengaruh aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) dalam pengelolahan koleksi bahan pustaka di perpustakaan sekolah SMA Negeri 44 Jakarta serta untuk mengetahui atau menjelaskan bagaimana penerapan aplikasi SLIMS dalam mengelola koleksi bahan pustaka serta bertujuan untuk menjawab apakah aplikasi SLIMS ini dapat mempermudahkan para pengguna dalam sistem temu kembali koleksi.
PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP APLIKASI LET’S READ DIGITAL LIBRARY Firda Farhani; Adi Prasetyawan; Didin Widyartono
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p108-123

Abstract

Terbatasnya akses di masa pandemi menyebabkan penggunaan gadget oleh anak-anak meningkat. Penggunaan gadget oleh anak-anak banyak dimanfaatkan untuk mengakses media sosial dan hiburan. Untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan gadget maka diperlukan peranan orang tua untuk mengarahkan, mendampingi, dan mengawasi anak untuk mengakses konten edukatif sehingga penggunaan gadget pada anak dapat memberikan manfaat. Konten edukatif yang dapat diberikan pada anak salah satunya yaitu aplikasi Let’s Read Digital Library. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) persepsi orang tua terhadap koleksi pada aplikasi Let’s Read Digital Library yaitu koleksi yang disediakan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan informasi pemustaka; b) persepsi orang tua terhadap pemustaka pada aplikasi Let’s Read Digital Library yaitu koleksi dapat dimanfaatkan sebagai media literasi, edukasi, dan hiburan; c) persepsi orang tua terhadap fasilitas pada aplikasi Let’s Read Digital Library yaitu fitur-fitur yang disediakan dapat memudahkan pemustaka untuk mengakses aplikasi.
HUBUNGAN KETERSEDIAAN RAMBU-RAMBU PERPUSTAKAAN DENGAN TEMU KEMBALI INFORMASI Inawati Inawati; Gita Sulika Sari
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p1-10

Abstract

This study aims to determine how big the relationship between the signs in the library and the speed of information retrieval at the Malang State University Library. This type of quantitative research with correlation analysis method. The population of all students of the 2019 State University of Malang with a sample of 100 students who use library services. The results of the study indicate that there is a moderate relationship between existing signs and information retrieval at the Malang State University Library as seen from the correlation coefficient value of 0.583 with a significance level of 0.000 which means that the application of signs in the Malang State University Library has a relationship with the speed in the retrieval of information that is used as a guide in searching for information.
PEMANFAATAN E-RESOURCES PERPUSTAKAAN NASIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH MASYARAKAT Imara Audrea Syahrezi; Putut Suharso; Suharyanto Mallawa
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um008v6i12022p57-72

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat pemanfaatan e-resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yakni metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang siginfikan terhadap jumlah keteraksesan terbitan. Selain itu kelompok pengguna yang paling banyak menafaatkan yaitu mahasiswa, pegawai negeri, pegawai swasta, dosen dan pelajar. Subjek yang paling diminati yakni pendidikan, kesehatan umum, nutrisi dan dietetik, periodontik, fisika umum, dan astronomi. Serta, jenis terbitan e-resources yang paling sering dimanfaatkan yakni Balai Pustaka, Ebsco Host, Indonesia Heritage, Neliti, dan Cambridge University Press.

Page 1 of 1 | Total Record : 10