cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2502986X     EISSN : 25029878     DOI : -
Core Subject : Education,
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2022): Maret - Agustus 2022" : 6 Documents clear
Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentuka Koordinat Cartesius dan Koordinat Kutub Serly Anggristia; Dian Devita Yohanie; Aprilia Dwi Handayani
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Maret - Agustus 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v7i1.2470

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan prinsip dan operasi serta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menentukan koordinat cartesius dan koordinat kutub berdasarkan teori Hadar, dkk. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan prinsip yang dilakukan siswa adalah mengonversi nilai tangen pada koordinat kutub menjadi sudut yang dikehendaki soal. Kesalahan operasi yang dilakukan siswa yaitu pembagian bentuk akar dan pembagian bilangan positif dengan bilangan negatif. Hal ini karena siswa tidak cermat membaca soal, tidak teliti dalam mengerjakan soal, belum menguasai operasi aljabar, tidak menghafal nilai tangen, tidak mengecek kembali jawabanya.
Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Menggunakan Model Probit dan Model Probit Spasial Elok Faiz Fatma El Fahmi
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Maret - Agustus 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v7i1.2474

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan suatu indikator penting untuk menentukan ketercapaian kualitas hidup manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor – faktor yang dapat mempengaruhi tingginya angka IPM dengan memodelkan IPM menggunakan model regresi probit dan regresi probit spasial. Pemodelan IPM menggunakan model probit menyatakan bahwa variabel yang berpengaruh hanya satu dengan kemampuan mengelompokkan IPM sebesar 39%. Sementara itu, Pemodelan Indeks IPM menggunakan model probit spasial menyatakan bahwa variabel yang berpengaruh ada tiga variabel dengan kemampuan mengelompokkan IPM sebesar 45%. Dilihat dari banyaknya variabel yang berpengaruh,dan kemampuan dalam mengelompokkan IPM ,model probit spasial  lebih efektif dibandingkan dengan model probit.
Penerapan Model Sole Berbantuan M-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Trigonometri Erna Mariana; Sisworo; Erry Hidayanto
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Maret - Agustus 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v7i1.2594

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran SOLE berbantuan Mobile learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perbandingan Trigonometri. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas X APHP SMK Negeri Bandar Pacitan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan secara daring. Pembelajaran SOLE berbantuan aplikasi Mobile learning dilakukan dengan Langkah-langkah: (1) questions, (2) mengorganisasikan siswa, (3) eksplorasi dan investigasi, (4) monitoring, (5) presentasi hasil diskusi, (6) evaluasi, telah terbukti dapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri. Hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri pada tahap pra-siklus mencapai ketuntasan sebesar 10%, hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 45% dan siklus 2 sebesar 90%. Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran secara daring menggunakan model SOLE berbantuan mobile learning pada materi perbandingan Trigonometri dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi pada siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 18.90 %.  
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Eka Damayanti; Susiswo Susiswo; Cholis Sa’dijah
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Maret - Agustus 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v7i1.2595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan discovery learning berbantuan video pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselesaikan dalam dua siklus dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X MM SMK Negeri Puspo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning berbantuan video pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik meliputi pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian (verifikasi), dan penarikan kesimpulan. Dari penerapan discovery learning berbantuan video pembelajaran diperoleh peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata hasil belajar dari 73,28 ke 80,16 dan ketuntasan belajar dari 62,5 % ke 87,5%.
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Erta Faradina; Sisworo; Erry Hidayanto
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Maret - Agustus 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v7i1.2601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi quizizz yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MM 2 dengan jumlah 36 siswa. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif STAD  berbantuan quizizz yaitu: (1) penyajian kelas, (2) diskusi kelompok, (3) tes (kuis), (4) poin perkembangan individu dan kelompok, dan (5) pemberian penghargaan. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran kooperatif tipe STAD  berbantuan quizizz bisa meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan denganpeningkatan hasil belajar dari 61,11 pada siklus I menjadi 69,72 pada siklus II. Serta peningkatan ketuntasan belajar dari 30% pada siklus I menjadi 66% pada siklus II.
Bilangan Terhubung Pelangi pada Graf Ferris Wheel (Fw_n) Narti Lakisa; Nurwan Nurwan; Salmun K. Nasib; Nisky Imansyah Yahya
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Maret - Agustus 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v7i1.2337

Abstract

Pada penelitian ini didefinisikan graf baru yang dinamakan graf ferris wheel yang dinotasikan dengan Fw_n. Graf ferris wheel dengan 2n+1 titik dan 5n sisi dihasilkan dengan menggabungkan dua buah graf yaitu graf lingkaran dan graf roda dengan menambahkan sisi sebanyak 2n. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan bilangan terhubung pelangi pada graf ferris wheel dengan bilangan bulat positif n>=3 dengan langkah-langkah; menggambar graf ferris wheel, menentukan bilangan terhubung pelangi dan membuktikan teorema bilangan terhubung pelangi pada graf ferris wheel. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasilnya diperoleh bilangan terhubung pelangi pada graf ferris wheel yaitu rc(Fw_3 atau Fw_4)=2, rc(Fw_5 atau Fw_6)=3, rc(Fw_7 atau Fw_8)=4, rc(Fw_9 atau Fw_10)=5, dan rc(Fw_n)=j+6 jika n=3j+11, 3j+12, dan 3j+13 untuk j>=0

Page 1 of 1 | Total Record : 6