cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021" : 16 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media TIK melalui In House Training (IHT) di SDN 1 Sidomulyo Kecamatan Kampak Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 Sujiati Sujiati
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.055 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.384

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi melalui in house training. Subjek penelitian adalah guru di SDN 1 Sidomulyo, Kampak, Trenggalek pada tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus 1(38%) dan siklus 2 (88%) sebesar 50%. Dengan hasil tersebut disimpulkan bahwa in house training dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
Melalui Whatsapp dan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Siti Suwantin
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.434 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa, peningkatan kemampuan kreativitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Payungrejo dalam pembelajaran matematika materi soal cerita operasi hitung campuran melalui penerapan pendekatan Problem Posing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Payungrejo tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes berpikir kreatif, dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan yaitu dari 65,33% pada siklus I menjadi 82,67% pada siklus II. Kemampuan kreativitas siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan yaitu dari cukup kreatif pada siklus I dengan rata-rata skor 47,92 menjadi kreatif pada siklus II dengan rata-rata skor 63,54. Rata-rata hasil belajar siswa pada pre test sebesar 64,79 dengan ketuntasan klasikal 45,83% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77,92 dengan ketuntasan klasikal 75% dan pada siklus II sebesar 85 dengan ketuntasan klasikal 91,67%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN Payungrejo
Sekularisme Pendidikan Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Ekawati Hamzah; Baso Syafaruddin; Muh. Harta
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.145 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.369

Abstract

Artikel ini membahas mengenai sekularisme pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam tujuan penulisan artikel ini Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai berikut; (1) Menjelaskan mengenai Sekularisme Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dan (2) Upaya Menanggulangi Sekularisme Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Tilisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data berdasarkan kajian kepustakaan dalam bentuk cetak dan digital. Hasil penelusuran dikelolah, dianalisis dan disajikan berdasarkan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekularisme dalam pendidikanberupaya untuk membangung dinding penghalan antara ilmu pengetahuan dan agama yang mengakibatkan kondisi peserta didik akan mengalami krisis moral. Namul hal tersebut tidak dapat dihindari karena merupakan bagian dari modernisasi yang memengaruhi setiap sektor kehidupan manusia. Oleh karena itu dalam tulisan ini ditawarkan suatu upaya dalam menaggulangi sekularisme pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam melalui dua acara yakni control terhadap esensi dan orientasi sekularisme dalam pendidikan. hal tersebut meniscayakan perkembangan ilmu pengetahuan yang tidak terlepas dari nilai-nilai spiritual.
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Kasih Sayang pada Siswa Kelas I di SDN 3 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Siti Juwariyah
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.388 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.385

Abstract

Kesulitan pada mata pelajaran IPS disinyalir karena luasnya materi. Jadi bukan karena tingkat kesulitan yang tinggi. Materi yang dipelajari siswa sangat luas. Siswa dihadapkan pada kajian dari masa lalu sampai kemungkinan masa depan. Dasar pemikiran dari peneliti dalam melaksanakan penelitian ini adalah karena rendahnya prestasi belajar siswa dalam 2 tahun terakhir, khususnya pada mata pelajaran IPS. Apabila dibandingkan dengan mata pelajaran lain, siswa merasa lebih sulit mempelajarai IPS. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengacu pada kondisi tersebut, maka guru menetapkan model pembelajarann Think Pair Share sebagai model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan. Sesuai dengan data-data yang disampaikan, maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran TPS sangat bermanfaat untuk meningkatkan presrasi belajar siswa. Tetapi tentunya tidak semua materi dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran ini. Guru harus jeli dan pandai-pandai memilih materi yang mempunyai karakteristik yang sesuai dengan model pembelajaranTPS. Untuk menarik simpulan penelitian sebelumnya ditampilkan data berikut: a. Siswa tuntas pada siklus I sebanyak 7 siswa (70%). Siswa tuntas pada siklus II adalah 9 siswa (90%). Tingkat ketuntasan belajar naik sebanyak 2 siswa (20%). b.Rata-rata kelas pada siklus I adalah 84. Rata-rata kelas pada siklus II adalah 89. Nilai rata-rata kelas naik sebesar 5 poin. Berdasarkan data di atas, maka kesimpunan yang diambil adalah : “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Kasih Sayang pada Siswa Kelas I di SDN 3 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
Model Pembelajaran Problem Possing melalui Pembelajaran Daring Zoom untuk Mengajarkan “Peluang Suatu Kejadian” pada Siswa Kelas XII Sman 1 Kademangan Kabupaten Blitar Bambang Tumojo
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.246 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.387

Abstract

This study took the initiative to apply a learning model that combines cooperative learning, requires high reasoning power and utilizes communication technology that is packaged in the form of CAR using a problem possing learning model through online learning zoom. This research was conducted at SMAN 1 KADEMANGAN in the even semester of 2020/2021. The results of this study indicate that the learning process with a problem possing model through online zoom learning can increase creativity and train students to have high discipline, responsibility, and can train students to think at high levels (high order thinking) and train verbal skills because they are trained to present the result of their work. This learning model can also motivate students to take advantage of technological facilities (laptops and cellphones) with a zoom application in the learning process, so that students are accustomed to using technology.
The Show and Tell or Deliver the Presentation strategies: which is effective more? Occe Luciana
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.454 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.375

Abstract

In several non-English educational institutions in Indonesia, the problem of students who are not fluent in speaking English is still quite a lot. The various obstacles faced by each student are very diverse, and it will not be far from limited vocabulary mastery, self-confidence, and also weak self-motivation for the spirit of learning. Various methods are used to improve the ability to speak English. Some are compatible with one method, but not the other, and vice versa. This study aims to determine whether the method that STIE WIkara students admit is more effective for practicing speaking English, is the Show and Tell method or Presentation with power point. The results of the study show that STIE Wikara students admit that an effective method for practicing speaking English is a method that makes it easier for them to speak without thinking to translate into English.
Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah melalui Pendampingan untuk Meningkatkan Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Marnoko Marnoko
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.847 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah melalui pendampingan untuk meningkatkan kompetensi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru di SDN Randubango semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan Penetitian Tindakan Sekolah. Analisis data kualitatif: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus 1, guru belum maksimal menyusun RPP. Tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal, Pengawas Sekolah perlu mengadakan supervisi akademik melalui pendampingan secara rutin dan memberika balikan. Dalam Supervis akademik pendampingan dilakukan terhadap 8 guru sudah ada peningkatan dalam menyusun RPP. Dengan hasil nilai rata-rata prasiklus 59,58, siklus 1 sebesar 72,50, siklus 2 sebesar 80,00 dan ketuntasan (25,0%, 37,5%, 87,5%). Tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, penyusunan RPP sesuai dengan standar isi. Berarti ada peningkatan kinerja guru dalam menyusun RPP. Dengan demikian tujuan penelitian dapat tercapai.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Gambar Diam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Muhjam Kamza; Muhammad Haikal; Teuku Kusnafizal; M. Hafizul Furqan; Julia Julia
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.864 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.361

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan juga dapat menentukan maju mundurnya pelaksanaan pembangunan suatu bangsa dalam segala bidang. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka pemerintah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi, yang maksudnya agar seluruh bangsa Indonesia dapat mengecap pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut kemampuan guru untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat dan mampu mengembangkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pemebalajaran STAD dangan berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD yang di kombinasikan dengan media gambar diam lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran STAD tanpa kombinasi
Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah pada Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Melalui Media PISED Endro Siswantoro; Abi Suwito
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.651 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.392

Abstract

Sukarnya materi pecahan pada kelas V sekolah dasar, perlu mendapatkan perhatian yang ekstra. Secara umum, usia pada siswa sekolah dasar mempunyai kecendurungan untuk bermain. Apabila siswa pada kelas V kemudian diberikan persoalan terkait materi pecahan, maka berdasarkan hasil observasi, siswa lebih memilih untuk menghindari persoalan tersebut. Media PISED merupakan salah satu media pembelajaran matematika yang dikembangkan untuk menanggulangi problem tersebut. Penggunaan yang mudah dan praktis menjadi faktor yang mampu menunjang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi pecahan kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Adapun untuk rancangan penelitiannya menggunakan t-test. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri yang terdapat di Sananwetan Kota Blitar yang kemudian dibagi menjadi kelompok kontrol sebanyak 34 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 34 siswa. Intrumen penelitian ini adalah menggunakan tes berupa soal-soal materi pecahan. Hasil yang didapatkan pada kelas kontrol adalah 76 nilai terendahnya, 83 nilai tertingginya dan 80,5 untuk nilai rata-ratanya. Pada kelas eksperimen didapatkan 80 nilai terendahnya, 87 nilai tertingginya dan 83,1 untuk nilai rata-ratanya. Ditinjau dari t-test, maka didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran CTL melalui in House Training (IHT) di SDN 1 Bendoagung Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2020-2021 Suwarno Suwarno
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.454 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v5i3.380

Abstract

Keterlibatan guru yang besar pada penerapan metode ceramah dan tanya jawab yang terlalu dalam dapat menciptakan pola pembelajaran teacher centered. Penelitian ini untuk memperoleh gambaran objektif tentang peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran CTL melalui in house training (IHT). Melalui IHT terbukti mampu meningkatkan kemampuan guru di SDN 1 Bendoagung Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek semester 1 tahun pelajaran 2020-2021. Nilai rata-rata menunjukkan hasil yang siginifikan yaitu pra-siklus dengan mean 66,25, siklus I dengan mean 68,75, dan siklus II dengan mean mencapai 82,5.

Page 1 of 2 | Total Record : 16