cover
Contact Name
ibnu surya
Contact Email
ibnu@pcr.ac.id
Phone
+6285272673321
Journal Mail Official
jurnalkomputerterapan@pcr.ac.id
Editorial Address
Jurnal Komputer Terapan (JKT) Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BP2M) Politeknik Caltex Riau Jl. UmbanSari No. 1 Rumbai - Pekanbaru 28265
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Komputer Terapan
Published by Politeknik Caltex Riau
ISSN : 24434159     EISSN : 24605255     DOI : https://doi.org/10.35143/jkt
Core Subject : Science,
Applied Computer Journal Articles from various fields in Informatics, Information Systems and Computer science. Topics included, 1. Informatics 1.1 Software Engineering 1.2 Multimedia 2. Information Systems 2.1 Soft Computing 2.2 Business Analyst 2.3 Data Engineering 3. Computer science 3.1 Operating System 3.2 Computer Network
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komputer Terapan" : 6 Documents clear
DESAIN DAN ANALISIS KINERJA VIRTUALISASI SERVER MENGGUNAKAN PROXMOX VIRTUAL ENVIRONTMENT Budi Harijanto; Yuri Ariyanto
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.955 KB)

Abstract

Teknologi virtualisasi merupakan topik yang mulai ramai diteliti oleh para peneliti. Hal tersebut tidak terlepas dari kemampuan teknologi tersebut dalam memangkas biaya penyediaan infrastruktur dan operasional secara mandiri bagi setiap servis yang akan dilayani. Melalui teknologi ini, sebuah layanan dapat dikonfigurasikan tanpa mempengaruhi konfigurasi dari layanan lainnya meskipun dalam satu mesin fisik yang sama. Dengan teknologi ini satu mesin fisik dijadikan sebuah sumber daya bersama yang dapat dibagi dan dipakai oleh beberapa layanan sekaligus. Setiap layanan tersebut ditempatkan dalam sebuah wadah atau kontainer. Setiap kontainer dari mesin virtual memiliki sumber daya masing-masing. Sumber daya tersebut dialokasikan dan diatur oleh hypervisor-nya. Hypervisor diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu Native/Bare-metal Hypervisor dan Hosted Hypervisor. Proxmox Virtual Environment (ProxmoxVE) merupakan sistem operasi mesin virtual yang dibangun dari sistem operasi Linux Debian dengan kernel RHEL yang telah dimodifikasi. Dalam penelitian ini, akan diteliti performa dari virtualisasi server menggunakan ProxmoxVE. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ketergantungan antar mesin virtual yang berjalan di atas ProxmoxVE. Pengujian dilakukan dengan memberi pembebanan sesuai skenario pengujian yang ada. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa ProxmoxVE dapat menjalankan mesin virtual secara penuh layaknya baremetal hypervisor. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya saling keterkaitan antar mesin virtual yang diujikan.
ANALISIS KEBUTUHAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK PADA SOFTWARE GAME BERBASIS MOBILE Anggy Trisnadoli
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.077 KB)

Abstract

Game  tersusun atas aturan-aturan dengan skenario serta audio-visual yang menarik untuk tujuan untuk menghibur pengguna. Dengan berkembangnya perangkat mobile, maka game juga bermunculan di perangkat mobile. Dengan demikian dibutuhkan suatu model kualitas yang diharapkan oleh setiap pengembang game. Karakteristik perangkat lunak mobile game lebih unik dibandingkan perangkat lunak game pada umumnya, terutama menyangkut mobilitas dan portabilitas. Kualitas dari sebuah mobile game dapat dilihat dari aspek yang diukur dan diuji sesuai dengan metriks untuk kebutuhan kualitas mobile game. Untuk menentukan kebutuhan kualitas perangkat lunak, diperluakan karakteristik-karakteristik dari perangkat lunak tersebut sehingga menjadi dasar pembentukan kebutuhan kualitas yang sesuai dengan kasus yang digunakan. Kebutuhan kualitas untuk game berbasis mobile didapat dari karakteristik aplikasi berbasis mobile dan game berbasis mobile.  Evaluasi terhadap kebutuhan kualitas yang diusulkan akan digunakan sebagai acuan untuk mengukur kualitas suatu mobile game
Sistem Pengenalan Karakter pada Plat Kendaraan Bermotor Menggunakan Profile Projection dan Algoritma Korelasi Ria Anggraini Silaen
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.895 KB)

Abstract

Sistem pembacaan plat nomor kendaraan secara otomatis dikenal dengan istilah License Plate Recognition (LPR). Sistem LPR bekerja dengan cara mengidentifikasi karakter angka dan huruf yang terdapat di dalam citra plat kendaraan. Dalam proses pengidentifikasi plat kendaraan, masalah yang dihadapi adalah bagaimana sistem dapat mengenali karakter angka dan huruf di dalamnya.Sistem LPR ini akan bekerja pada tiga jenis plat yang memiliki warna latar hitam, merah, dan kuning. Untuk mengidentifikasi karakter pada citra plat, sejumlah proses harus dilalui, yaitu proses ekstraksi lokasi plat, segmentasi kandidat karakter, dan proses identifikasi karakter. Teknik masking digunakan dalam proses ekstraksi dalam mencari lokasi lempeng plat. Segmentasi dengan profile projection memproyeksikan citra plat secara horisontal dan vertikal untuk mendapatkan segmen-segmen yang diidentifikasi tiap karakternya. Setiap segmen tersebut mengandung kandidat karakter yang melalui proses pemotongan (cropping). Teknik template matching melakukan identifikasi dengan cara membandingkan data citra uji dengan data citra referensi. Proses identifikasi karakter ini menghasilkan pengenalan karakter citra plat kendaraan. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode sinkronisasi proses berperan penting dalam keberhasilan pengenalan karakter. Sistem yang dihasilkan dari penelitian ini mampu membaca karakter pada 32 citra dari 36 citra uji dengan tingkat keberhasilan sebesar 88.89%. Dengan dibangunnya sistem pengenalan karakter pada plat kendaraan ini, diharapkan dapat menjadi bagian atau subsistem dalam implementasi sistem License Plat Recognition.
Analisis Pengambilan Keputusan Pemilihan Perusahaan Penyedia 3PL di Pekanbaru Dewi Hajar; Satria Perdana Arifin
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.15 KB)

Abstract

Beberapa faktor penentu masyarakat memilih layanan pengiriman barang 3PL antara lain berupa faktor harga, pengiriman, kerjasama, kualitas dan teknologi informasi. Pencarian solusi dari fenomena masyarakat pekanbaru dalam mengambil keputusan pemilihan layanan 3PL dapat dilakukan dengan metode Fuzzy AHP. Fuzzy AHP merupakan suatu metode pengambilan keputusan dengan menggabungkan antara fuzzy logic dengan metode AHP. Hasilnya adalah kriteria kerjasama menempati urutan bobot tertinggi sebesar 0.28 Untuk alternatif pengiriman barang terbaik adalah POS Indoensia menempati peringkat pertama dari total bobot 2.85 dilanjutkan JNE 2.66, Indah Cargo 2.54 dan untuk TIKI dan Pahala Express menempati urutan yang sama dan terakhir dengan bobot yang sama yaitu 2.46.
Aplikasi Pengenalan Ucapan Dengan Ekstraksi Ciri Mel-Frequency Cepstrum Coefficients (MFCC) dan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Propagasi Balik Untuk Buka dan Tutup Pintu Aji Suroso; Yulia Fitri; Sri Fitria Retnowaty; Nurkhamdi Nurkhamdi
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Digital Signal Processing (DSP) atau Pengolahan Sinyal Digital merupakan salah satu teknik pengolahan sinyal yang dapat diaplikasikan dalam sistem komunikasi. DSP dapat dikembangkan dan diaplikasikan ke dalam berbagai hal yang memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Salah satunya untuk system keamanan pada buka dan tutup pintu. Pada penelitian ini, dibuat suatu sistem keamanan pada pintu dengan menggunakan DSP. Sistem ini menggunakan pengenalan ucapan yang memiliki karakteristik tersendiri, yaitu ucapan buka dan tutup untuk pintu. Metode ekstraksi ciri yang digunakan pada DSP adalah metode Mels Frequency Cepstrums Coefficient (MFCC). Untuk identifikasi digunakan Jaringan Saraf Tiruan (JST) dengan metode propagasi balik. Hasil dari ekstraksi ciri MFCC berupa koefisien-koefisien dengan jumlah minimum 1 dan maksimum 23 koefisien yang diidentifikasi oleh JST. Jumlah koefisien yang digunakan sebagai data pengujian JST adalah 7, 14 dan 23. Dengan metode tersebut hasil yang diperoleh dari pengujian sistem JST dari suara yang diekstraksi ciri dengan MFCC mendekati nilai target yang telah ditentukan, yaitu 1 untuk ucapan “Buka” dan 0 untuk ucapan “Tutup”. Dengan hasil tersebut maka tingkat keberhasilan dari sistem menggunakan ekstraksi ciri MFCC dan JST propagasi balik menunjukkan pada tingkat keberhasilan 100%.
Analisa Pengaruh Visual Efek Terhadap Minat Responden Film Pendek Eyes For Eyes Pada Bagian Pengenalan Cerita (Part 1) Dengan Metode Skala Likert Muhammad Agus Setiono; Riwinoto Riwinoto
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.568 KB)

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, penambahan visual effect menjadi lebih dominan di dunia perfilman. Penambahan efek visual sering digunakan di berbagai jenis film, termasuk film pendek action. Visual Effect adalah pemberian effect tertentu ke dalam film yang bertujuan untuk menciptakan adegan yang realistis dan lebih menarik. Pembuatan alur pada bagian pengenalan cerita yang menarik juga dapat membuat film menjadi tidak monoton. Oleh karena itu penulis membuat film pendek dengan judul “Eyes For Eyes” dengan menerapkan efek visual film action. Penulis mengembangkan film tersebut pada bagian pengenalan cerita (Part 1). Bagian pengenalan cerita ini bercerita tentang awal mula penyebab dari pembalasan dendam seseorang atas kematian sahabatnya. Proses produksi film meliputi 3 tahapan yaitu proses pra produksi, produksi dan paska produksi. Proses pra produksi menghasilkan konsep cerita, sinopsis, skenario dan storyboard. Proses produksi menghasilkan 216 total pengambilan gambar berformat .MOV. Sedangkan proses paska produksi dengan menerapkan efek visual film menghasilkan 26 scene dalam 1 sequance berformat .MPEG yang berdurasi 7 menit 34 detik. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 100 responden dengan menggunakan skala likert, disimpulkan bahwa dengan adanya efek visual yang real dan berkualitas serta berpengaruh terhadap film pada bagian pengenalan cerita film ini mampu menimbulkan ketertarikan responden menonton dan menunggu kelanjutan film pendek ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6