cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 19796471     EISSN : 25280147     DOI : -
Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a fully refereed (double blind peer review), open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers, and undergraduate students, published by Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a periodical publication (two times a year, in April and Oktober) from the Faculty of Economics and Business Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga with the main objective to disseminate scientific articles in the fields of economics, business and accounting.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 25 No 2 (2022)" : 11 Documents clear
Exploring key success factors of sustainable start-up business Luh Putu Mahyuni; Vincent Rinaldi
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.3046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor kunci penentu kesuksesan start-up lokal dalam mentransformasi isu sosial-lingkungan menjadi peluang untuk membangun bisnis start-up berkelanjutan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, studi kasus dilakukan terhadap dua start-up lokal yang telah berhasil menarik investor-investor besar, yaitu Bukaloka dan Gringgo. Wawancara mendalam dilakukan terhadap dua pemimpin dan pendiri start-up, empat konsumen start-up, dan tiga manajer co-working space. Beberapa dokumen juga dikumpulkan secara langsung dari para informan untuk mendukung dan memvalidasi hasil wawancara. Kode-kode dan tema diidentifikasi dari hasil analisis atas transkrip wawancara. Kemudian beberapa kutipan penting diambil untuk mendukung analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor kunci yang menentukan keberhasilan start-up dalam mentransformasi isu sosial-lingkungan menjadi peluang bisnis, yaitu: pertama, motivasi internal yang kuat dari pendiri untuk memberi solusi atas isu sosial-lingkungan; kedua, pengalaman pendiri; ketiga, pemahaman yang baik akan respon pasar; keempat, design thinking yang efektif; kelima, strategi product co-creation yang efektif. Kelima faktor ini saling terkait satu sama lain, dengan motivasi pendiri sebagai landasan dalam membangun start-up berkelanjutan.
The effect of political connections on firms’ performance: The moderating role of leverage Supatmi Supatmi
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.4262

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh koneksi politik terhadap kinerja perusahaan dan untuk menyelidiki leverage sebagai moderator dari hubungan kausal tersebut. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang memberikan setting penelitian yang sesuai untuk penelitian ini. Penelitian menggunakan sampel 471 perusahaan Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2014-2017 dengan observasi 1.884 tahun perusahaan. Kinerja perusahaan terbagi menjadi dua indikator, yaitu ROA sebagai proksi kinerja akuntansi dan Tobins’Q sebagai proksi kinerja pasar. Pengkuruan koneksi politik dihitung dengan jumlah pejabat yang terkoneksi secara politik di sebuah perusahaan. Leverage dihitung total kewajiban pada akhir tahun dibagi total aset pada akhir tahun. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi data panel menunjukkan bahwa koneksi politik menurunkan kinerja pasar dan akuntansi perusahaan. Lebih lanjut, hasil secara empiris menunjukkan bahwa leverage memperkuat dampak koneksi politik terhadap kinerja perusahaan. Studi ini memberikan kontribusi dengan menambahkan bukti empiris tentang penerapan teori keagenan untuk menyelidiki pengaruh koneksi politik terhadap kinerja perusahaan dalam konteks Indonesia sebagai negara berkembang.
The effect of entrepreneurship motivation and subjective norms on entrepreneurship intention through entrepreneurship education Anna Nur Safitri; Jaka Nugraha
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.4440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mampu mengetahui pengaruh motivasi dan subjective norms terhadap niat berwirausaha melalui pendidikan kewirausahaan pada Siswa jurusan OTKP di SMK Kawung 1 Surabaya. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin dengan sampel sebanyak 132 dari 198 populasi kelas XI dan XII yang telah menempuh pendidikan kewirausahaan . Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software Smart PLS versi 3. Penelitian ini menggunakan 2 model perhitungan PLS, yaitu Model Pengukuran (Outer Model) dan Model Struktural (Inner Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausah, subjective norms berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha, subjective norms berpengaruh positif signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan, serta pendidikan kewirausahaan memediasi secara signifikan pengaruh subjective norms terhadap niat berwirausaha. Penelitian ini memberikan bukti terhadap penelitian yang masih diperdebatkan bahwasanya motivasi, subjective norms, pendidikan kewirausahaan mampu mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Temuan ini juga mampu memberikan wawasan penting terkait siswa SMK yang dapat dipersiapkan untuk bekerja secara mandiri dengan cara berwirausaha.
The effectiveness of using instagram content to promote charitable crowdfunding campaign Setiawan Mandala Putra; Sony Kusumasondjaja
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.4946

Abstract

Crowdfunding telah muncul sebagai bentuk pembiayaan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan dalam empati dan kepercayaan calon donatur ketika konsumen menemukan kampanye crowdfunding amal yang menggunakan daya tarik pesan dan kualitas argumen yang berbeda. Penelitian ini juga ingin mengidentifikasi keterlibatan isu yang memengaruhi efek dari empati dan kepercayaan yang berdampak pada niat berdonasi. Untuk melakukannya, desain eksperimental dilakukan pada penelitian ini yang melibatkan 180 mahasiswa sarjana dari salah satu Universitas di Surabaya, Indonesia. Para peserta telah aktif menggunakan internet dan mengetahui mengenai crowdfunding itu sendiri. Hasil menunjukkan daya tarik pesan yang menggunakan daya tarik altruistik akan lebih meningkatkan perasaan empati dibanding dengan menggunakan daya tarik egoistik, tetapi ditemukan perbedaan yang tidak signifikan pada daya tarik pesan terhadap kepercayaan calon donatur. Kualitas argumen menggunakan argumen yang kuat menghasilkan empati dan kepercayaan yang lebih tinggi dibanding dengan menggunakan argumen yang lemah. Empati dan kepercayaan calon donatur dapat berdampak positif pada niat berdonasi calon donatur. Keterlibatan isu dalam penelitian ini ditemukan tidak memoderasi pengaruh empati dan kepercayaan yang berdampak pada niat berdonasi calon donatur.
Entrepreneurial leadership and employee creativity: Moderation and mediation perspectives I Nengah Aristana; I Made Bayu Wisnawa; Anak Agung Ketut Sriasih; Ni Made Ernila Junipisa
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.5406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kepemimpinan wirausaha, teknologi informasi dan kreativitas karyawan serta menguji peran berbagi pengetahuan sebagai pemoderasi dan teknologi informasi sebagai pemediasi. Populasi penelitian adalah seluruh usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang kerajinan di Bali yang berjumlah 42 usaha. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode proporsional sampling yang melibatkan pimpinan, supervisor dan karyawan dengan jumlah sampel 126 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan kepemimpinan wirausaha berpengaruh positif tidak signifikan mempengaruhi kreativitas karyawan. Sedangkan kepemimpinan wirausaha secara positif signifikan mempengaruhi teknologi informasi. Informasi dan berbagi pengetahuan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas karyawan. Untuk peran moderasi berbagi pengetahuan terbukti sebagai pemoderasi pengaruh kepemimpinan wirausaha terhadap kreativitas karyawan, namun peran yang ditunjukkan memiliki kecenderungan melemahkan. Serta berbagi pengetahuan tidak terbukti sebagai pemoderasi pengaruh teknologi informasi terhadap kreativitas karyawan. Teknologi informasi terbukti sebagai pemediasi penuh (fully mediation) pengaruh kepemimpinan wirausaha terhadap kreativitas karyawan.
Analysis of the effect of bank size, credit risk, and capital adequacy on cost efficiency of banks in Indonesia (SFA method) Romauli Nainggolan; Dyah Wulan Sari; Wasiaturrahma Wasiaturrahma
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.4825

Abstract

Many banks are competing to achieve bank cost efficiency for business continuity amidst the competition in the banking sector. So banks need to review cost-efficiency regularly. The purpose of this study was to analyze determinants of bank cost efficiency. Variable use bank size, capital adequacy, return on asset, group of the bank, credit risk, economic growth, and inflation on bank cost efficiency in Indonesia. Determination of bank input and output variables using a bank intermediation approach. This study used panel data on 38 banks in Indonesia for the period 2012-2018. This paper used the Stochastic Frontier Analysis (SFA) analysis method. The results of this study reveal four things. First, bank size has a negative effect bank cost efficiency. Second, credit risk has a positive effect on bank cost efficiency. Third, capital adequacy has a positive effect on bank efficiency. Fourth, the small core capital bank group has a negative effect on bank cost efficiency. Bank external variables do not affect bank cost efficiency in Indonesia.
Corporate strategies and tax avoidance: Does corporate social responsibility matter? Deddy Sismanyudi; Amrie Firmansyah
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.5413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh diversifikasi perusahaan, konsentrasi pelanggan, dan transaksi pihak berelasi terhadap penghindaran pajak. Selain itu, penelitian ini juga memasukkan tanggung jawab sosial (CSR) sebagai variabel moderasi dalam hubungan variabel independen dan variabel dependen. Analisis dilakukan terhadap data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 sampai dengan 2019. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk mendapatkan sampel final berjumlah 414 observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diversifikasi perusahaan dan konsentrasi pelanggan berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak sedangkan transaksi pihak berelasi tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Selain itu, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan memperkuat pengaruh positif diversifikasi perusahaan terhadap penghindaran pajak, memperlemah pengaruh positif konsentrasi pelanggan terhadap penghindaran pajak, dan mengakibatkan transaksi pihak berelasi memiliki pengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Secara umum, penelitian ini menunjukkan peran CSR yang lebih bervariasi. CSR bisa menjadi alat untuk menyembunyikan aktivitas penghindaran pajak tapi sekaligus untuk meningkatkan loyalitas pemangku kepentingan.
Self-efficacy, professional ethics, and internal audit quality Syahril Djaddang; Shanti Lysandra
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.3794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi efek dari efikasi diri dan etika profesional terhadap kualitas audit internal dan peran etika profesional dalam memoderasi hubungan antara efikasi diri dan kualitas audit internal. Pemilihan sampel memakai metode purposive sampling dari auditor internal pemerintahan Kota Bogor menghasilkan 38 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik efikasi diri dan etika profesional berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit internal dan etika profesional memoderasi hubungan antara efikasi diri dan kualitas audit internal. Secara keseluruhan, penelitian ini menyarankan agar pemerintahan lokal dan pusat meningkatkan efikasi diri dan etika profesional auditor internal mereka untuk meningkatkan kualitas audit internal di sektor pemerintahan.
Healthcare personel's performance: The role of job crafting and work engagement Desti Ranihusna; Unzilla Ainun Ulfa; Nury Ariani Wulansari
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.4102

Abstract

Organisasi dan sumber daya manusia, saat ini dihadapkan pada perubahan yang cepat dan tantangan yang tinggi termasuk karyawan Balai Kesehatan Masyarakat Semarang dan Ambarawa sehingga menuntut mereka untuk dapat beradaptasi dan menemukan cara baru yang efektif untuk menghadapi perubahan dan tantangan tersebut. Data kunjungan pasien dan pelayanan kesehatan dievaluasi dan dinilai untuk mengukur seberapa baik tingkat pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran job crafting dan keterikatan kerja terhadap kinerja pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Semarang dan Ambarawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Semarang dan Ambarawa yang berjumlah 109 pegawai, dan sampel yang diperoleh sebanyak 86 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode SEMPLS dengan analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini diterima dan menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melibatkan seluruh UPT Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah.
Arbitrage vs innovation opportunity analysis among MSMEs actors in Surabaya Damelina Basauli Tambunan; Leonard Putra Fajar; Yoseva Maria Pujirahayu Sumaji; J. E. Sutanto
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 25 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24914/jeb.v25i2.5322

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan secara khusus dalam pengelolaan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan pilihan peluang antara arbitrage opportunity dan innovation opportunity oleh usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) di bidang makanan dan minuman di Kota Surabaya pada masa pandemi Covid-19. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu, data dikumpulkan dari 100 responden yang memenuhi kriteria yang kemudian diuji menggunakan uji beda rata-rata Sappiro Wilk karena data ditemukan tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara arbitrage opportunity dan innovation opportunity. Hasil juga menunjukkan bahwa pelaku UMKM makanan dan minuman di Kota Surabaya lebih banyak yang melakukan innovation opportunity (81 responden) dibandingkan arbitrage opportunity (15 responden), 4 responden lainnya memilih kedua pilihan peluang. Implikasi dari temuan ini menunjukkan kemampuan para pelaku UMKM dapat bertahan pada masa sulit khususnya di masa pandemi covid-19 dengan berbagai pembatasan operasional usaha di bidang makanan dan minuman terletak pada kemampuan mereka mengindentifikasi dan mengeksekusi peluang baik arbitrage opportunity maupun innovation opportunity.

Page 1 of 2 | Total Record : 11