cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02167786     EISSN : 25281097     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & October).
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2022): Februari" : 25 Documents clear
Perilaku pembelian pada e-commerce pada masa pandemi-covid -19 di kota langsa Rahmi Meutia; Nia Agustina
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10777

Abstract

Internet digunakan sebagai media elektronik pada beberapa kegiatan seperti komunikasi, riset, pemanfaatan informasi dan tentunya untuk kegiatan  pemasaran. Keadaan tersebut  merubah kegiatan pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara langsung berubah menjadi secara online dengan bantuan internet dan teknologi informasi yaitu e-commerce. Perubahan perilaku ini mewajibkan pemasar mengetahui faktor yang menentukan konsumen membeli secara online.”Peneltian dilakukan guna mengetahui pengaruh harga, kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce.”Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden, yaitu masyarakat kota Langsa yang pernah melakukan kegiatan pembelian pada e-commerce. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan syarat yang dapat menjadi responden yaitu harus pernah berbelanja minimal 2 kali atau di e-commerce, data dikumpulkan dengan cara mengisi kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil riset didapat Y= 1.025 + 0.518X1 + 0.278X2 + 0,148X3.”Hasil uji t menunjukan”harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce,”dan hasil uji F menunjukkan”harga, kepercayaan dan kepuasan  mempengaruhi keputusan pembelian pada e-commerce.”Sedangkan hasil koefesien determinasi menunjukkan 31,8 % pengaruh variabel X (harga, kepercayaan, dan kepuasan) terhadap variasi (naik-turunnya) variabel Y (keputusan pembelian secara online pada e- commerce).
Pengaruh profitabilitas, debt to equity ratio, price to eraning ratio dan kapitalisasi pasar terhadap return saham Rika Handayani; Suhendro Suhendro; Endang Masitoh W
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10397

Abstract

Return saham merupakan salah satu hal yang memotivasi investor dalam melakukan investasi. Return saham adalah imbal hasil yang diperoleh investor dari modal yang ditanamkan di pasar sahamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, Debt to Equity Ratio, Price to Earning Ratio, dan kapitalisasi pasar terhadap return saham perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2017-2020 secara berkesinambungan. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dengan kriteria tertentu. Perusahaan yang dapat dijadikan sampel ini berjumlah 31 perusahaan yang telah memenuhi kriteria pengambilan sampel dan terdapat beberapa data teroutlier sehingga diperoleh 110 sampel data. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan tahunan yang telah diterbitkan selama tahun pengamatan 2017-2020. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen Price to Earning Ratio berpengaruh terhadap return saham, sedangkan variabel profitabilitas NPM, Debt to Equity Ratio, dan kapitalisasi pasar tidak berpengaruh terhadap return saham. 
Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan perbankan di Indonesia Anisa Wantifa Pratiwi; Siti Nurlaela; Yuli Chomsatu
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10470

Abstract

Penelitiani inii bertujuan untuk menganalisis pengaruhi kepemilikani institusionali, dewani komisarisi independeni, komitei auditi, profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Dalamii penelitianii iniii jenis datai yangii digunakanii adalahi datai kuantitatifi dengani populasii perusahaanii perbankani yangi terdaftari di Bursai Efeki Indonesiai tahuni 2015i-2020. Penentuani sampeli dilakukani dengani metodei purposivei samplingi sehinggai diperolehi 9 perusahaani yangi memenuhii kriteriai selama 6 tahuni. Metode analisis datai yangi digunakani adalah statistik deskriptif, pengujian hipotensis dengan regresilinear berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwai kepemilikani institusionali, komitei auditi, profitabilitas berpengaruhi terhadapi nilaii perusahaani, sedangkani dewani komisarisi independeni tidak berpengaruhi terhadapi nilaii perusahaani.
Peran rekruitmen, seleksi, dan penempatan: analisis kinerja karyawan Shalahuddin Shalahuddin; Nikolaus Likuwatan Werang; Suaib Suaib; Huriati Huriati; Jeni Kamase
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10524

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh proses rekruitmen, seleksi, dan penempatan kerja terhadap kinerja karyawan PT. XYZ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket atau kuesioner. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 95 karyawan. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan model regresi linier berganda dengan uji t (parsial) dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis regresi berganda dengan uji t (parsial) dengan bantuan program SPSS terdapat pengaruh negatif dari variabel proses rekruitmen terhadap kinerja, seleksi berpengaruh positif terhadap kinerja, dan penempatan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan PT. XYZ.
Strategi ketahanan pasar rakyat di masa pandemi covid-19 Vika Annisa Qurrata; Reta Giyanti Supratman; Rizka Binti Khuzaimah
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10365

Abstract

Pandemi Covid-19 ini berdampak sangat besar pada sektor perekonomian pasar rakyat. Turunnya daya beli konsumen menyebabkan pendapatan pedagang di pasar rakyat menurun salah satunya Pasar Kasin. Adanya pandemi ini memberikan dampak yang besar pada Pasar Kasin Kota Malang. Hal ini dikarenakan menurunnya omset para pedagang dan menurunnya jumlah pedagang di Pasar Kasin. Berdasarkan laporan Kementerian Perdagangan, omset pedagang mengalami penurunan rata-rata 39% karena sepinya pembeli semasa pademi Covid-19. Sementara juga jumlah pedagang mengalami penurunan rata-rata 29%. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi dari pihak-pihak terkait seperti pemerintah, serta pedagang untuk menjaga ketahanan Pasar Kasin di masa-masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Penelitian terkait strategi ketahanan Pasar Kasin Kota Malang di masa pandemi Covid-19 ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian secara deskriptif kualitatif digunakan untuk mendapatkan data secara menyeluruh dan mendalam tentang strategi ketahanan pasar rakyat di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil dari penelitian terkait ketahanan pasar, strategi yang tepat untuk Pasar Kasin di masa pandemi ini adalah pembenahan layanan pasar, revitalisasi pasar, membuat UKM corner, mengubah paradigma negatif menjadi positif, membuat aplikasi e-pasar, membuat paguyuban pedagang pasar, memasarkan keunggulan pasar, serta memanfaatkan pembayaran elektronik.
Faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di bei tahun 2018-2020 Intan Putri Wijaya; Siti Nurlaela; Yuli Chomsatu
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, serta Total Asset Turnover terhadap profitabilitas. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan populasi perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Total Asset Turnover berpengaruh terhadap profitabilitas. Sedangkan ukuran perusahaan, leverage, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
Customer satisfaction mediates the effect of product innovation and service quality on customer loyalty Saipul Alsukri; Ikas Miran; Pandu Adi Cakranegara; Asepma Hygi Prihastuti
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10505

Abstract

This study aims to determine the effect of product innovation and service quality on customer satisfaction and customer loyalty at Honda motorcycle customers in Kampar Regency. Data collection was obtained through questionnaires collected from 105 consumers of Honda motorcycles in the Kampar Regency. The technique of sampling uses non-probability sampling and sample selection by purposive sampling. The data processing methods in this research are validity, reliability, the goodness of fit using Structural Equation Model (SEM) with Amos, and path analysis using the Sobel test. This study found that product innovation and service quality significantly affected customer satisfaction. Customer satisfaction has a significant effect on customer loyalty. Product innovation and service quality have no direct effect on customer loyalty. Product innovation and service quality significantly affect customer loyalty through customer satisfaction.
The effect of financial behavior and income on investment decisions during the covid 19 pandemic with financial literacy as an intervening variable Kristanti Rahman; Tri Nurindahyanti Yulian
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10418

Abstract

This study aims to analyze the effect of financial behavior and income on invesment decisions during the Covid 19 pandemic with financial literacy as an intervening variable. The population and sample in this study were the people of Cilacap Regency, and tehe number of respondents was 100 people. Methods of data collection using a questionnaire. The data analysis technique uses multiple regression and for testing the intervening variables using the  Sobel  est.  The results of this study indicate that financial behavior affects financial literacy, income affects financial literacy, financial behavior affects investment decisions, income affects investment decisions, financial literacy affects investment decisions, financial literacy mediates  the  relationship between financial behavior on investment decisions, and financial literacy mediates the relationship between financial behavior and decisions 
Pengaruh motivasi, kondisi kerja, kompensasi terhadap kinerja karyawan Bagus Disfantoro; Didik Subiyanto; Epsilandri Septyarini
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10361

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kondisi kerja, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. Primissima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan media kuisioner dengan metode linkert. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan PT. Primissima Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 106 orang karyawan PT. Primissima. Dari Uji T didapatkan hasil motivasi kerja (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai sig. sebesar 0.00 0.05. Kondisi kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai sig. sebesar 0.00 0.05. dan kompensasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai sig. sebesar 0.27 0.05. Dalam uji F didapatkan hasil nilai sig. sebesar 0.00 0.05 yang berarti motivasi kerja (X1), kondisi kerja (X2) dan kompensasi (X3) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Primissima Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
The impact on firm performance: evidence from CEO education Silvina Silvina; Robin Robin; Wisnu Yuwono
INOVASI Vol 18, No 1 (2022): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v18i1.10477

Abstract

The purpose of this paper is to examine the impact of CEO Education on Firm Performance. The sample covers 180 observations from IDX LQ45 listed on Indonesia Stock Exchange for period 2017 until 2020. The CEO Education is defined by the field of study in economic, management, business, or accounting. Firm Performance is measured by Tobin’s Q from market based perspective. Board characteristics and Stock Returns are used as control variables in this paper. The result shows that there’s a relationship between CEO Education and Firm Performance. CEO with economic, management, business, or accounting background have a positive and significant impacts on Firm Performance. The result becomes stronger with additional test of CEO Education measured by the level and quality of education on Firm Performance, supporting that CEO Education does enchance the Firm Performance.

Page 1 of 3 | Total Record : 25