cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02856911     EISSN : 25281518     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 4 (2021): Desember" : 26 Documents clear
Marketing risk analysis of red chili Atahasi Ronokusumo; Ktut Silvanita Mangani
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.10168

Abstract

This study aims to determine the marketing risks as a whole in red chili agribusiness in the Cibedug village, Ciawi area. West Java is one of the chili agribusiness centers closest to the capital city which is a very large market potential. Starting with a group discussion forum among red chili farmers, the authors use interviews as well as surveys of red chili agribusiness entrepreneurs. Data analysis was carried out in a simple qualitative and quantitative way that found at least 10 (ten) unwanted events and the impact of existing opportunities, unwanted events that must be prioritized to be mitigated. The most extreme risk of unwanted events namely different retail price constraints; end consumers who don't take much; profit margins are being eroded by unexpected costs and difficult to find marketing channels that buy routinely.
Analisis kompetensi, komitmen dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dwi Yuniatiningsih; Trias Setyowati; Wenny Murtalining Tyas
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.10370

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial variabel kompetensi, komitmen dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai UDD (Unit Donor Darah) PMI kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai UDD (Unit Donor Darah) PMI kabupaten Jember yang berjumlah 42 orang dengan menggunakan metode sampel jenuh atau sensus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan data melalui wawancara, kuesioner dan observasi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi (X1) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat sig sebesar 0,001 0,05 dan nilai t hitung 3,509 t tabel 0,304, variabel komitmen (X2) menunjukkan bahwa secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat sig sebesar 0,011 0,05 dan nilai t hitung 2,658 t tabel 0,304, dan variabel disiplin kerja (X3) menunjukkan bahwa secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat sig sebesar 0,000 0,05 dan nilai t hitung 4,667 t tabel 0,304 dan nilai Adjusted R Squere sebesar 0,720, hal ini menunjukkan 72% variasi variabel kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh kompetensi, komitmen dan disiplin kerja.
Pengaruh return on equity (roe), price to book value (pbv), dan debt to equity ratio (der) terhadap price earning ratio (per) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2015-2019 Nadhya Melliana; Gendro Wiyono; Pristin Prima Sari
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.10302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Equity (ROE), Price to Book Value (PBV), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2015-2019. Pada penelitian ini metode yang digunakan menggunakan jenis data kuantitatif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan yang dibantu dengan program SPSS. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Maka, sampel yang diperoleh 11 perusahaan yang sudah memenuhi kriteria penelitian dan data penelitian yang dikumpulkan 55 data selama 5 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Return on Equity (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER). Namun pada variabel Price to Book Value (PBV) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER). Sedangkan, variabel Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER).
Pengaruh gaya kepemimpinan demokrasi, pengembangan karir dan proses rekrutmen terhadap kinerja karyawan Rendi Novrianto Saputra; Prayekti Prayekti; Epsilandri Septyarini
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.9923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan demokrasi, pengembangan karir dan proses rekrutmen terhadap kinerja karyawan PTPN6 Unit Usaha Rimbo Dua Kabupaten Tebo Jambi. Sifat penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan PTPN6 Unit Usaha Rimbo Dua Kabupaten Tebo Jambi yang berjumlah 324. Sampel penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Afdeling IV dan V yang berjumlah 93 karyawan dengan mengggunakan rumus slovin. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel non probability dengan teknik accidental sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan uji R², uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokrasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Pengembangan karir berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Proses rekrutmen berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Secara simultan, gaya kepemimpinan demokrasi, pengembangan karir dan proses rekrutmen berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan demokrasi, pengembangan karir dan proses rekrutmen berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan PTPN6 Unit Usaha Rimbo Dua Kabupaten Tebo Jambi.
Pengaruh jumlah dewan karakteristik dewan komisaris dalam pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan pertambangan tahun 2017 - 2020 Herlina Puspa Dewi
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.10337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik dewan komisaris terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility di bidang pertambangan. Karakteristik dewan komisaris diuji dengan jumlah dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, proporsi perempuan dalam dewan komisaris, keahlian dewan komisaris, dan jumlah rapat dewan komisaris. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 hingga 2020. 143 perusahaan pertambangan yang digunakan sebagai metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah rapat dewan komisaris memiliki hubungan yang signifikan dalam pengungkapan CSR. Sedangkan karakteristik lain seperti jumlah dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, proporsi perempuan dalam dewan komisaris, keahlian dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.
Manajemen pemerintah daerah kabupaten karawang dalam menjaga produk umkm di masa pandemi covid-19 Rosmala Dewi; Rahmat Hidayat; Mochamad Faizal Rizki
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.10245

Abstract

Pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia sejak awal 2020, hal tersebut berdampak pada berbagai sektor di Indonesia. Salah satu sektor paling terdampak adalah sektor perekonomian. Keterbatasan ruang gerak sosial mengakibatkan tersendatnya perekonomian masyarakat. Banyaknya para pelaku usaha kecil yang mengalami imbas dari pemberlakuan kebijakan PSBB di beberapa daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Karawang. Sektor UMKM di Kabupaten Karawang cukup berdampak. Banyaknya para pengusaha kecil harus tutup dan bahkan gulung tikar. Namun berbanding terbalik dengan data yang ada. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM Kab. Karawang menyebutkan bahwa adanya peningkatan jumlah wirausaha baru di Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif Penelitian ini didasari oleh teori Manajemen Pemerintahan yang meliputi Perencanaan Pemerintah, Pengorganisasian, Penggunaan Sumber-Sumber Pemerintah dan Pengawasan Pemerintah. Dengan demikian, penggunaan metode penelitian kualitatif dengan dasar teori manajemen pemerintah dapat mengidentifikasikan secara mendalam dalam Manajemen Pemerintah Daerah Kab. Karawang dalam menjaga produk lokalnya disaat pandemi Covid-19.
Manajemen strategi pembinaan generasi anti rasisme Farhan Afif Safiqri; Prilla Marsingga; Gili Argenti
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.9872

Abstract

Rasisme adalah prasangka, diskriminasi, atau antagonisme yang ditujukan terhadap seseorang atau orang-orang berdasarkan keanggotaan mereka dalam kelompok ras atau etnis tertentu, biasanya kelompok minoritas atau terpinggirkan. Rasisme merupakan pandemi yang sangat sulit diperangi. Rasisme dan diskriminasi selalu menjadikan orang berkulit hitam atau gelap sebagai objek sasaran yang mana mereka yang berkulit putih atau cerah menjadi penguasa. Rasisme yang paling awal berasal dari lingkungan keluarga. Pembentukan stigma secara langsung maupun tidak langsung merujuk pada dasar-dasar rasisme merupakan akar dari permasalahan rasisme itu sendiri dan merupakan yang paling sulit untuk dihilangkan karena pada dasarnya stigma yang terbentuk sejak kecil akan bertahan lama dalam diri seseorang dan menjadikan orang itu sebagai inang tempat ‘rasisme’ hidup. Rasisme juga menjadi tantangan pemerintah dalam memeranginya. Faktanya, hanya sedikit negara yang berhasil memerangi rasisme. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya di benua Eropa pun selalu kalah dalam perang melawan rasisme, begitu pula Indonesia. Janji-janji kebijakan dan tindakan terhadap rasisme yang digunakan sebagai amunisi dalam memikat masyarakat sejauh ini ampuh dalam membohongi masyarakat hanya demi suara yang diperoleh.
Kekuatan rasio likuiditas, aktivitas, leverage, profitabilitas, dan arus kas operasi dalam memprediksi kondisi financial distress perusahaan Risal Rinofah; Pristin Prima Sari; Fitri Fidiastuti
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.10351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, aktivitas, leverage, profitabilitas, dan arus kas operasi terhadap financial distress. Metode yang dipilih adalah dengan menggunakan analisis model Zmijewski karena menggunakan data yang didapat dari laporan keuangan dan diolah sebagai ukuran kesehatan keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini obyek yang digunakan merupakan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling tersebut didapatkan sebanyak 17 sampel dari 21 perusahaan tekstil dan garmen tahun 2016-2020. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, dan arus kas operasi berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress. Sedangkan aktivitas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress.
Pengaruh promosi penjualan dan kepuasan konsumen terhadap niat beli melalui sikap merek sebagai variabel intervening Paulus Mean; Henny Welsa; Nonik Kusuma Ningrum
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.10307

Abstract

Niat Membeli merupakan tahapan dimana konsumen melakukan pengevaluasian terhadap informansi yang diterima. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sampel dalam studi ini yaitu pelanggan Lazada sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan sobel test untuk mengetahui apakah ada hubungan melalui variabel mediasi yang memiliki kekuatan signifikan memediator dalam hubungan tersebut. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Sikap Merek, (2) variabel Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Sikap Merek, (3) variabel Sikap merek tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel Niat Beli, (4) variabel Promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Niat Beli. (5) variabel Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Niat Beli. (6) variabel Promosi penjualan terhadap Niat Beli dengan Sikap Merek sebagai variabel intervening ditolak. (7) variable kepuasan konsumen terhadap Niat Beli dengan sikap merek sebagai variabel intervening ditolak.
Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah M. Arafah M. Arafah; Muhajirin Muhajirin
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 4 (2021): Desember
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i4.9938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah PD BPR NTB Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner, teknik skor yang digunakan dalam kuesioner penelitian ini adalah skala Likert. Populasi yang digunakan yaitu nasabah yang berkunjung ke PD BPR NTB Sumbawa.  yang berjumlah 100 nasabah dengan sampel penelitian yaitu nasabah yang sering mengunjung.  sebanyak 50 nasabah dengan sampling yang digunakan yaitu insidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) kuesioner, (3) wawancara, dan (4) studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabiltas, regresi linear sederhana, kofesian korelasi, uji determinasi dan uji t (uji t dua pihak). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di ambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap Loyalitas nasabah PD BPR NTB Sumbawa.

Page 1 of 3 | Total Record : 26