cover
Contact Name
Gema
Contact Email
gemarullyana@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
pedagogia@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
PEDAGOGIA
ISSN : 16935276     EISSN : 25797700     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review articles. Pedagogia : Jurnal Ilmu Pendidikan is available in print and online version. PEDAGOGIA published three editions in one year in April, August and December.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 3 (2019)" : 8 Documents clear
KERANGKA KONSEPTUAL PENGEMBANGAN SALURAN YOUTUBE PEMOTIVASI DARI PENYANDANG DISABILITAS Hidayat, Muhammad Luthfi; Toyibah, Rizky Kusumalestari; Cahyaningtyas, Rigita Ardhiani; Anzila, Sucika Miftarul
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.20798

Abstract

Penyandang disabilitas (kaum difabel) sering dipandang sebagai kelompok masyarakat yang terpinggirkan. Kekurangan kaum difabel dalam hal fisik dianggap sebagai ketidakmampuan mereka untuk mengerjakan pekerjaan layanya orang normal. Stigma tersebut membuat akses kaum difabel terhadap pekerjaan, pendidikan, atau layanan umum kadang terkurangi. Namun demikian, ternyata banyak kisah keberhasilan dari penyandang disabilitas yang justru perlu dipublikasikan kepada masyarakat luas. Lebih daripada itu, kisah keberhasilan dari sisi pendidikan, pekerjaan, olahraga atau wirausaha dapat dikonversi dari cerita sedih menjadi motivasi yang menggugah. Era industry 4.0 dan abad teknologi informasi saat ini menjadi peluang besar penyampaian pesan-pesan motivasi dari daya juang para difabel secara massif. Motivasi tersebut dapat disalurkan secara online, karena lebih berpeluang menjangkau masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk  1) mengembangkan sebuah kerangka konsptual pengembangan saluran Youtube bertema motivasi dengan konten berasal dari para penyandang disabilitas, 2) menemukan struktur konten video yang dapat menampilkan secara efektif sisi-sisi motivasi dari tokoh disabilitas. Penembangan aplikasi menggunakan model DDR (Design Development and Research) oleh RitcheyKlein dengan tahapan sampai uji terbatas terbuka pada aplikasi Android. Data konten diperoleh dari observasi, wawancara pada narasumber difabel berprestasi, serta studi literatur. 
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SMP Tahang, Heriyanti; -, Yuliana
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.20855

Abstract

AbstrakPerkembangan teknologi saat ini semakin pesat sehingga media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar harus mengikuti perkembangan tersebut. Menggunakan multimedia pembelajaran interaktif menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan. Namun berdasar pada hasil wawancara guru Bahasa Inggris, penggunaan multimedia masih jarang digunakan dalam pembelajaran teks monolog Bahasa Inggris di SMP. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk multimedia pembelajaran teks monolog Wikitext khususnya teks deskriptif yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif di SMP Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan desain Research Development dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyse, Design, Develop, implement dan Evaluate. Kelas VIII SMP Islam Guppi Kota Sorong menjadi tempat Uji Keefektifan Multimedia ini. Hasil Validasi ahli menunjukkan bahwa multimedia Wikitext telah Valid dengan hasil rata-rata 3.85 dalam kategori sangat valid sehingga produk ini layak digunakan. Untuk mengetahui keefektifan produk, uji coba dilakukan di kelas VIII SMP Islam Guppi menggunakan Multimedia Wikitext dengan LCD Proyektor, perbandingan hasil Pre-test dan post-test peserta didik yang memperoleh nilai 60 meningkat dri 10% menjadi 44 % dengan nilai rata-rata 64.5 dalam satu kali uji coba. Hal ini menunjukkan bahwa Penggunaan Multimedia WikiText efektif digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif karena telah berhasil meningkatkan skor perolehan peserta didik.AbstractNowadays, Technology improves massively in hence learning media used in teaching and learning processes should go along with it. Using interactive learning multimedia becomes one of the efforts to do. Meanwhile based on the interview result with English teachers, iit has not been a trend especially in teaching English monolog text, descriptive text, in Junior High School. Based on that reason, the recent research aimed to develop multimedia called Wikitext in learning English Descriptive Text that is appropriate and effective to use in teaching descriptive text in Junior High School Kota Sorong. Research and Development design was conducted through ADDIE design (Analyse, Design, Develop, Implement Evaluate). The place to try the product's effectiveness was SMP Islam GUPPI Kota Sorong. The validity test result has shown that the material and the multimedia has been appropriate with 3.85 average as a result in a very valid category. To know the effectiveness of the product, the multimedia Wikitext has been implemented in teaching descriptive text at class VIII SMP Islam GUPPI using an LCD projector. The Pre-test and post-test results revealed that students got to score 60 rises from 10% to 44 % in once implementation. It concluded that the use of multimedia Wikitext was effective in teaching the descriptive text.
VLOG EXPERIENTAL LEARNING PADA MATERI TEKNIK FERMENTASI TEMPE PRODUK BIOTEKNOLOGI Tanjung, Lasmarita
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.20820

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Vlog  Experiental Learning dalam meningkatkan keterampilan literasi peserta didik dan kemampuan siswa dalam menganalisis teknik fermentasi tempe produk bioteknologi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one grup series. Hasil peneletian menunjukan bahwa Vlog  Experiental Learning ini memberikan hasil yang positif yaitu dapat meningkatkan keterampilan literasi digital peserta didik, sumber literasi digital bagi peserta didik, dapat menjadi wadah publikasi proses experiental yang langsung dialami oleh siswa selama proses belajar melalui sebuah Vlog  atau video kepada dunia luar, dapat menjadi wadah publikasi proses experiental yang langsung dialami oleh siswa selama proses belajar melalui sebuah Vlog  atau video kepada dunia luar, dapat mengantarkan peserta didik mengenal dunia era digital yaitu revolusi industri 4.0. Setelah menerapkan  model Vlog  Experiental Learning dalam pembelajaran didapat out put hasil pembelajaran siswa meningkat dari perolehan pretest 38,71% ditemukan peningkatan pada saat post test 90% pada tes akhir. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Vlog  Experiental Learning dapat menciptakan  pembelajaran yang berkualitas. AbstractThis study aims to determine the effectiveness of Vlog  Experiental Learning in improving students 'literacy skills and students' abilities in analyzing tempe fermentation techniques of biotechnology products. This research method uses a quasi-experimental method with one group series design. The results of the study show that this Experimental Learning Vlog  provides positive results that can improve students' digital literacy skills, the source of digital literacy for students, can be a place for publication of experiential processes that are directly experienced by students during the learning process through a Vlog  or video to the outside world , can be a place for publication of experiential processes that are directly experienced by students during the learning process through a Vlog  or video to the outside world, can deliver learners to know the world of the digital era, namely the industrial revolution 4.0. After applying the Vlog  Experiental Learning model in learning, the output of student learning outcomes was increased from the achievement of 38.71% pretest found an increase at the time of the post test 90% on the final test. This proves that the application of Experimental Learning Vlog  can create quality learning.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MAWARIS MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE Fahmi, Ahmad Nur
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.20788

Abstract

AbstrakMawaris merupakan salah satu materi yang cukup sulit bagi siswa. Kesulitan siswa ini yang menjadikan alasan bagi peneliti guna melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar PAI materi mawaris menggunakan media pembelajaran audiovisual Sparkol Videoscribe. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus yang didahului dengan kegiatan pra siklus guna mengetahui situasi dan kondisi siswa sebelum adanya penelitian. Langka-langkah penelitian tersebut dimulai dari langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya, media pembelajaran audiovisual Sparkol Videoscribe dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Pati, hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, ketertarikan dalam materi pelajaran, dan keaktifan siswa di kelas. Termasuk peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang menjadi tujuan utama penelitian ini. Jumlah siswa yang berpartisipasi sebanyak 36 siswa. Indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 67. Dari pra siklus sebanyak 11 siswa atau ketuntasan 30% terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi sejumlah 27 siswa atau sebesar 75% kemudian membaik lagi pada siklus 2 menjadi 35 siswa atau sebesar 97%. Secara keseluruhan, nilai siswa membaik dan mencapai batas minimal keberhasilan yang ditentukan. AbstractMawaris is one of the materials that is quite difficult for students. The difficulty of these students is what makes the reason for researchers to conduct research with the aim of knowing an increase in learning achievement of Islamic Religious Education material using the audiovisual learning media Sparkol Videoscribe.. This type of research is classroom action research conducted with 2 cycles preceded by pre-cycle activities in order to determine the situation and condition of students before the research. The research steps started from the planning, implementation, observation, and reflection. The data collection methods are observation, interviews, and documentation. As a result, Sparkol Videoscribe learning media can improve student achievement in class XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Pati, this can be proven by an increase in students' attention to teacher explanations, interest in subject matter, and student activity in class. Increasing the average student learning outcomes which are the main objective of this study. The number of participants was 36 students. The determined indicator of success is 67. From pre-cycle as many as 11 students or 30% completeness there was an increase in cycle 1 to a number of 27 students or by 75% then increased again in cycle 2 to 35 students or by 97%. Overall, student grades increase and reach the limits of the specified success indicators.
ACTIVE LEARNING SYSTEM IMPLEMENTATACTIVE LEARNING SYSTEM IMPLEMENTATION USING ETH METHOD TO ENHANCE STUDENT ORAL ACTIVITIES Wulanata, Imanue Adhiyata; Purba, Rani Elisa
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.21383

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk menyikapi permasalahan aktivitas siswa pada pembelajaran Biologi dengan menerapkan metode Everyone is a Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode ETH dapat meningkatkan aktivitas lisan siswa dalam pembelajaran Biologi khususnya pada aktivitas membagikan suatu prinsip atau fakta, mengajukan pertanyaan, mengajukan jawaban dan kontribusi dalam kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang berlangsung selama dua siklus. Kegiatan penelitian dilaksanakan di kelas X-A SDH Holland Village Manado. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi siswa, lembar angket siswa, dan pedoman wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pembelajaran aktif dengan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan aktivitas lisan siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil observasi pada setiap indikator yaitu 34,38%, 48,44%, 48,96%, dan 51,04%, sedangkan pada siklus dua 56,25%, 57,82%, 55,73%, dan 51,04%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan mengikuti setiap tahapan dan mengawasi siswa menjalankan peran sebagai seorang guru dapat meningkatkan aktivitas lisan siswa kelas X-A pada mata pelajaran Biologi. AbstractThis research was conducted to address students' activities in learning Biology by applying the method Everyone is a Teacher Here (ETH). This research aims to study the ETH method that can enhance students' oral activity in learning. The research method used is the Classroom Action Research (CAR) method with the Kemmis and Mc Taggart models that last for two cycles. Research activities carried out in class X-A SDH Holland Village Manado. Data collection instruments used were student observation sheets, student questionnaire sheets, and student interview guidelines. Everyone is a Teacher Here (ETH) who can enhance students' verbal activities. This can be seen based on observations on each indicator that is 34.38%, 48.44%, 48.96%, and 51.04%, while in the second cycle 56.25%, 57.82%, 55.73% and 51.04%. Everyone is a teacher here (ETH) by following each stage and discussing students who act as teachers who can remind the oral activities of class X-A students in Biology.
PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN PLICKERS SEBAGAI INOVASI PENILAIAN HASIL BELAJAR KIMIA DI ERA DIGITAL Pratama, Krisna Raditya
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.20787

Abstract

AbstractA formative assessment needs to be conducted at the end of each topic discussion to know the progress of some learning activity, but teachers often skip it because of limited time and cost. Plickers (Paper Clickers) is a formative assessment technology without requiring students to bring electronic devices, but rather by scanning students’ responses through QR code on a card with smartphone that connected to internet. Chemistry teacher of SMK Kesehatan Wonosari was implement Plickers   in formative assessment. This study aims to describe students’ perception of the use of Plickers in Chemistry learning outcomes assessment in digital era. The reason for conducting this research is there is no research in Indonesia to investigate students’ perceptions about the use of Plickers   as an assessment of Chemistry learning outcomes. So, this study results can be used as a reference for teachers in assessing learning outcome by using Plickers . This study uses a descriptive mixed research method between quantitative and qualitative with using questionnaire instrument. This study results showed that the majority of students believed in the importance of learning outcomes assessment with Plickers   because they would get immediate feedback and the learning environment become more active and enjoyable.AbstrakPenilaian hasil belajar perlu dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu topik untuk mengetahui sejauh mana capaian suatu proses pembelajaran. Pelaksanaan penilaian formatif sering dilewatkan guru karena keterbatasan waktu dan biaya. Plickers adalah teknologi penilaian formatif tanpa mengharuskan siswa untuk membawa perangkat elektronik, melainkan dengan sistem pemindaian respon siswa melalui QR Code pada media kartu dengan perangkat kamera smartphone yang terhubung dengan internet. Guru Kimia di SMK Kesehatan Wonosari telah menggunakan Plickers  dalam penilaian formatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan Plickers   dalam penilaian hasil belajar Kimia di era digital. Alasan dilaksanakannya penelitian ini yaitu karena belum banyak penelitian untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap penggunaan Plickers sebagai penilaian hasil belajar Kimia di Indonesia. Sehingga, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru dalam melakukan penilaian hasil belajar dengan memanfaatkan Plickers. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrumen angket dengan Skala Likert dan pertanyaan terbuka untuk mengumpulkan data persepsi siswa kelas XII di SMK Kesehatan Wonosari tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa percaya pentingnya penilaian hasil belajar dengan Plickers karena mereka akan mendapat umpan balik secara langsung dan membuat lingkungan belajar menjadi aktif dan menyenangkan.
PENGARUH EDU GAME BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN ALJABAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK Gustiana, Asep Deni; Parasaty, Gading Ayu
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.20825

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan aljabar anak taman kanak-kanak di TK Negeri Unggulan Kabupaten Kuningan dengan menggunakan media edu game berbasis komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen. Dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas B3 TK Negeri Unggulan Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 15 orang anak, dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media edu game berbasis komputer ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan aljabar anak taman kanak-kanak. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase kategori kemampuan anak berada pada kategori belum mampu diperoleh persentase sebesar 13%, pada kategori cukup mampu diperoleh persentase sebesar 67%, dan pada kategori mampu diperoleh persentase sebesar 20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media edu game berbasis komputer ini dapat meningkatkan kemampuan aljabar anak taman kanak-kanak negeri unggulan kabupaten kuningan. AbstractThis research aimed at finding the level of algebra skill in one favourite public kindergarten in kuningan district by using computer-based games as the learning media. This research employed a pre-experimental research method with this form of One-group pretest-posttest design. The subjects was all class in kindergarten of  One Favourite Public Kindergarten in Kuningan District at 2016/2017 academic year with the number of 15 students, using techniques nonprobability Sampling. The result of the research showed that the use of computer-based games had a significant influence on kindergarten students algebra skill. This was prooved by the result of the percentage of children's ability category is the category has not been able to obtained a percentage of 13%, the category is quite capable obtained a percentage of 67%, and the category is able to be obtained percentage of 20%. Therefore, it can be concluded that the use of this computer-based game can improve kindergarten students algebra skill.
PENGARUH STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERGADAP PENINGKATAN MEMBACA PERMULAAN ANAK CEREBRAL PALSY Munandar, Ana; Sutisna, Nia
PEDAGOGIA Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v17i3.20299

Abstract

AbstrakMMembaca permulaan merupakan kemampuan paling dasar dan penting untuk mempelajari simbol atau kode yang memiliki makna serta dapat diterjemahkan dalam bunyi atau suara. Komponen membaca permulaan yaitu membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana. Membaca sangat penting untuk setiap orang, begitu juga anak berkebutuhan khusus. Cerebral Palsy adalah individu yang mengalami kerusakan otak menetap yang berdampak pada mobilisasi, gerak, komunikasi, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan oleh guru di sekolah kurang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Oleh karena itu, subjek memerlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaannya. Salah satunya yaitu metode pembelajaran Strukrural Analitik Sintetik. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran ini untuk melihat pengaruh kepada kemampuan membaca permulaan pada subjek. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, eksperimen Single Subject Research dengan desain A-B-A. Jumlah sesi pada A1 tiga sesi, B tujuh sesi, dan A2 tiga sesi. Subjek penelitian ini yaitu anak cerebral palsy spastik yang mengalami hambatan kecerdasan kelas IX SMPLB. etiap sesinya anak memperoleh rata-rata nilai A1 yaitu 59,06%, B 74,80%, dan A2 84,25%. Kesimpulannya metode struktural analitik sintetik dapat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan. AbstractPre-reading is the most basic and important ability to learn symbols or codes that have meaning and can be translated in sounds or sounds. The component of pre-reading is reading letters, syllables, words and simple sentences. Reading is very important for everyone, so are children with special needs. Cerebral Palsy is an individual who has permanent brain damage that affects mobilization, movement, communication, and so forth. The method used by teachers in schools is less able to improve pre-reading skills. Therefore, the subject requires learning methods that can improve the ability to read the beginning. One of them is the synthetic analytical structural learning method. This study uses this learning method to see the effect on early reading skills on the subject. The research method uses a quantitative approach, a single subject research experiment with A-B-A design. The number of sessions at A1 is three sessions, B is seven sessions, and A2 is three sessions. The subjects of this study are spastic cerebral palsy children who have intelligence problems in class IX SMPLB. for each session the children obtained an average A1 value of 59.06%, B 74.80%, and A2 84.25%. In conclusion, synthetic analytic structural methods can have a significant effect on improving early reading skills.

Page 1 of 1 | Total Record : 8