cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Upajiwa Dewantara : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
ISSN : 26140888     EISSN : 25804553     DOI : -
Core Subject : Economy,
Upajiwa Dewantara merupakan jurnal yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Upajiwa Dewantara menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian dan hasil pemikiran dari berbagai bidang yang berkaitan tentang ekonomi, bisnis dan manajemen. Jurnal Upajiwa Dewantara menerima naskah dari berbagai kalangan yang memenuhi syarat penulisan ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi, bisnis dan manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat" : 6 Documents clear
Pengaruh Environmental Uncertainty, Entrepreneurial Orientation, Pengambilan Resiko Berinovasi, Komitmen Terhadap Kinerja Organisasi hera wasiati
UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 3 No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.4824

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh Environmental Uncertainty, Entrepreneurial orientation, Pengambilan Resiko berinovasi, dan Komitmen Organisasi, Terhadap Kinerja Organisasi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuisioner, dengan populasi manajer dan karyawan perusahaan kecil dan menengah di wilayah Yogyakarta.  Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purpusive sampling, sehingga di dapatkan data sebanyak 192 kuisioner yang dapat digunakan untuk pengujian hipotesis.  Pengujian hipotesis menggunakan Path analisys. Hasil penelitian menunjukkan dari 7 hipotesis yang diuji 5 hipotesis dapat didukung secara statistik sedang 2 Hipotesis tidak didukung secara statistik. Hasil penelitian ini secara umum dapat menjelaskan fenomena disruption yang terjadi sekarang ini mempengaruhi variabel-variabel yang diteliti dan bermuara pada kinerja organisasi serta kepuasan karyawan. Key Word :  EU, Risk Inovation, Organizational Performance, Satisfaction
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Auditor Switching pada perusahaan Manufaktur Rehania Wardani
UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 3 No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.5284

Abstract

The study analyzed the influence of the audit opinion, change of management, size of the company, and the percentage of ROA's change to auditors switching to manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2013-2017. Sampling is done by purposive sampling, resulting in a total sample of 65 company observations. Methods of data analysis using logistic regression analysis. The results showed that only change management variables had an influence on the auditor switching, while the audit opinion variables, company size, and ROA change percentages had no effect on auditor switching. Keywords: opinio, change of management, company size, ROA, auditor switching
PROCESS, PEOPLE, PLACE DAN LOYALITAS WISATAWAN ASING Studi Kasus Community Based Tourism (CBT) “Beach Boys Kuta” di Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat abdurrahman ihtifazhuddin wulanjaya
UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 3 No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.6044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses, people dan place dengan Beach Boys sebagai pelaku bisnis terhadap tingkat loyalitas wisatawan asing sebagai pengguna jasa dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Lokasi penelitian di kawasan wisata Pantai Kuta, Lombok. Sampel sumber data sebanyak 100 orang wisatawan asing yang pernah berkunjung sebanyak dua kali kunjungan atau lebih. Analisis penelitian menggunakan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh Process, People dan Place sebesar 96%. Loyalitas Wisatawan dipengaruhi oleh Process, People dan Place sebesar 72%. Berdasarkan hasil output SmartPLS dapat dilihat bahwa Tottal Effect yang paling besar pada saat variabel intervening dipengaruhi oleh loyalitas wisatawan. Artinya bahwa para wisatawan yang datang ke kuta Lombok berperan terhadap loyalitas. Process berpengaruh positif dan berperan terhadap loyalitas dan kepuasan wisatawan. People berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap Loyalitas dan kepuasan wisatawan. Place lebih berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas dan kepuasan wisatawan. Kata Kunci :CBT Beach Boys, Process, People,Place, Kepuasan dan loyalitas.
UKM DALAM PERSAINGAN DI ERA GLOBALISASI EKONOMI Nur Hasanatul Faizah
UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 3 No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.4378

Abstract

AbstrakGlobalisi ekonomi merupakan proses kegiatan ekonomi secara global yang melibatkan negara-negara di dunia. Adanya perdagangan bebas di era globalisasi ekonomi saat ini, UMKM “Hunay” dituntut untuk melakukan strategi-strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh UMKM dan strategi yang harus dilakukan pelaku UMKM agar mampu memenangkan persaingan yang begitu ketat di tengah arus globalisasi ekonomi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder yakni melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM bawang merah “Hunay” mampu mengahadapi persaingan di tengah globalisasi ekonomi, terbukti wilayah pemasaran produknya bukan hanya di Probolinggo, namun sudah sampai luar kota bahkan telah menembus pasar luar negeri. Faktor agar UMKM tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan, yakni UMKM harus terus melakukan inovasi, meningkatkan teknologi, dan memperluas jaringan bisnis agar dapat menguasai pangsa pasar.Kata Kunci: UMKM, Daya Saing, Globalisasi Ekonomi.
PERSEPSI KUALITAS LAYANAN PENGUNJUNG CANDI PRAMBANAN (STUDI KOMPARASI WISATAWAN LOKAL DAN MANCANEGARA) Isnanda Zainur Rohman; Olivia Barcelona Nasution
UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 3 No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.5399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh masing-masing dimensi kualitas layanan (bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan) terhadap kepuasan pengunjung Candi Prambanan serta dampaknya terhadap minat berkunjung kembali ke Candi Prambanan. Lebih lanjut, penelitian ini akan mengungkapkan apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan dan minat berkunjung kembali ke Candi Prambanan pada wisatawan lokal dan mancanegara. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yaitu dengan menguji hipotesis yang dirumuskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan survei. Penelitian ini menggunakan teknik penyampelan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan penilaian terhadap beberapa karakteristik anggota sampel yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS versi 23. Alat analisis menggunakan regresi berganda untuk pengujian hipotesis 1-5, analisis regresi sederhana untuk pengujian hipotesis 6 dan menggunakan uji independent sample t-test untuk pengujian hipotesis 7 dan 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi kualitas layanan terbukti berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Kedua, kepuasan pengunjung terbukti berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Terakhir, tidak ditemukan perbedaan tingkat kepuasan dan minat berkunjung kembali pada dua kelompok wisatwan yaitu wisatawan lokal dan mancanegara.
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS KONSUMEN SUPERMARKET MIROTA KAMPUS GODEAN henny welsa; Rohandi Mutaqin
UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 3 No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.5119

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan konsumen supermarket mirota kampus godean. populasi penelitian yaitu konsumen supermarket mirota kampus godean, penentuan sampel berdasarkan rumus Slovin yaitu sebanyak 98- 100 orang melalui tehnik purposiv sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Tehnik analisis data menggunakan regresi linier ganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian didapatkan citra merek dan kualitas layanan secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan siginifikan pada kepercayaan konsumen di supermarket mirota kampus godean. Citra merek, kualitas layanan, dan kepercayaan secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen supermarket mirota kampus godean. Kepercayaan dapat menjadi mediasi hubungan pengaruh citra merek pada loyalitas konsumen. akan tetapi, kepercayaan tidak dapat menjadi mediasi hubungan pengaruh kualitas pelayanan pada loyalitas konsumen.Kata kunci: citra merek, kualitas pelayanan, kepercayaan, loyalitas

Page 1 of 1 | Total Record : 6