cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA
Published by STKIP Rokania
ISSN : 25276018     EISSN : 25484141     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania, yang terbit tiga kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Artikel yang masuk akan dievaluasi dan disunting sesuai format yang telah ditetapkan tanpa mengubah maksud tertentu.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania" : 13 Documents clear
TRADISI LUKAH GILO MASYARAKAT BONAI KABUPATEN ROKAN HULU:PEMBELAJARAN ANALISIS SEMIOTIKA Misra Nofrita; Hermawan Hermawan
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.752 KB)

Abstract

This study aims to describe the oral tradition of the Luka Gilo Bonai community which was analyzed in terms of semiotics. This study uses a qualitative approach. The method used is descriptive analysis. The data source is the Bonai community. The data in this study are in the form of tools, words, sentences, and oral traditions of the Bonai community. The results of this study are in the form of semiotic meanings contained in ritual performances if gilo socially has the meaning as maintaining the interrelated social integration fabric. Another meaning of ritual lukah gilo is an expression of the fabric of communication between the human world and the unseen world
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SAINS DI SD NEGERI 001 RAMBAH Hamidah Hamidah
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.433 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untukmeningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didikKelas IV SD Negeri 001 Rambah, semester ganjil tahunpelajaran 2015/2016 untuk materi Bahan Kimia dalamKehidupan Sehar-hari. Penelitian dilaksanakan dalam duasiklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri daritahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka),demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas pesertadidik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas PesertaDidik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digalidengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran,sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan TesHasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwaperbaikan pada siklus I terdapat 80,00% ketuntasan siswadan pada siklus II seluruh siswa yaitu 24 orang siswa berhasilmencapai ketuntasan belajar yaitu 100%.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN 002 RAMBAH Asmardianti Asmardianti
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.402 KB)

Abstract

Penelitian tindakan ini secara umumbertujuan untuk meningkatkan motivasi belajarIPA pada materi Rangkaian Listrik dengan modelPembelajaran Problem Based Learning pada siswaKelas V I SDN 001 Rambah Kabupaten RokanHulu pada tahun 2016/2017. Data dalam penelitianini dikumpulan menggunakan tes, lembar observasisiswa, lembar observasi guru, dan catatan lapangan.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan (actionresearch) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiridari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan danpengamatan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitianmengungkapkan bahwa dari hasil analis didapatkanbahwa hasil belajar siswa metode diskriptifkualitatif dengan bentuk penelitiannya adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapatpeningkatan motivasi belajar siswa pada materiRangkaian listrik Melalui model PembelajaranProblem Based Learning. Hal ini dapat diketahuidari peningkatan nilai dari siklus -1 dengan ratarata6,0 dan pada pelaksanaan tindakan siklus -2meningkat menjadi 8,17. Hal ini menunjukkanbahwa Model Pembelajaran Problem BasedLearning dapat diterapkan untuk meningkatkanmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA
DETERMINASI WANITA DALAM DUA CERITA PENDEK IDA M’TOY DAN MRS. MOONEY: PEMBELAJARAN ANALISIS FEMINISME Asihria Ningsih
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.654 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisakemampuan wanita dalam membuat keputusan untukkehidupannya dan peranan wanita dalam kehidupannya yangada dalam dua cerita pendek yang ditulis oleh dua pengarangyaitu Eudora Welty, dan James Joyce. Dalam hal inikemampuan wanita dalam membuat keputusan adalahkemampuan dalam mengambil sebuah keputusan untukmemperoleh kehidupan yang lebih baik tanpa bantuansuaminya atau dengan kata lain wanita (Istri) mengambilperanan suami dalam rumah tangga seperti mendidik anak,dan mengatur keuangan. Selain itu peranan wanita yangdimaksud di dalam kedua cerita pendek ini adalah peranan wanita dalam keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu,penganalisaan ini difokuskan pada kemampuan wanita dalammembuat keputusan dan peranan wanita dalam masyarakatdan keluarga. Mereka dapat membuat orang-orangdilingkungannya menghormati dan menghargainya meskipunmereka seorang janda. Untuk melakukan penganalisaan inidigunakan teori feminis. Cerita-cerita pendek dijadikansebagai sumber utama. Jenis penelitian ini bersifat deskriptifdengan pendekatan kualitatif.
PENINGAKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN 019 RAMBAH T.P 2015/2016 Remin Pakpahan
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.415 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanmenulis narasi melalui penggunaan media gambar seri.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakanmodel Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empattahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan,dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa dengan menggunakan media gambar seri dapatmeningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Padasiklus I n i l a i r a t a - r a t a 6 8 , 5 % , dan meningkatpada siklus II yaitu 87,1%.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR Eni Marta; Hasrijal Hasrijal
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.809 KB)

Abstract

The purpose of teaching and learning with the aim of improving the effectiveness and efficiency of learning objectives. This research was conducted at SDN 001 Rambah and at SDN 008 Rambah. Type of research is research development (research and development). The development model used is a 4-D model consisting of define, design, development and dessiminate. The define stage is done curriculum analysis, material analysis, and student analysis. Design stage is designed on learning tools in the form of RPP and teaching materials. Development phase is validity test through device validation sheet, practicality test through observation sheet of RPP implementation, teacher and student response questionnaire, effectiveness test obtained from student activity assessment. The dessiminate stage is carried out with limited scaling of devices. The results of the research on the define stage obtained curriculum analysis, and studentanalysis. The results of the research at the design stage obtained RPP and teaching materials that are designed following the learning steps using the PBL model. The results of research on the development stage of the validity test obtained the data that the average percentage of RPP is 89% and the percentage of teaching materials of the instrument validation is 90.8%. Practical test results from the implementation of RPP percentage is 92.04%, teacherresponse questionnaire is 91.02% and student response questionnaire is 89.2%. Furthermore the effectiveness test results obtained from student activity with percentage 88.4%.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN 001 RAMBAH PADA MATERI MENGURUTKAN BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Tena Asrifah
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.076 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuanuntuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk pesertadidik Kelas I b SDN 001 Rambah, semester I tahun pelajaran2016/2017 untuk materi Mengurutkan Bilangan MelaluiModel Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dalamKehidupan Sehar-hari. Penelitian dilaksanakan dalam duasiklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri daritahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas siswadigali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas siswa, PadaSiklus I Siswa mencapai KKM meningkat menjadi 29 Orangdengan persentase 67,44%.. Setelah dilakukan ulanganSiklus II siswa yang mencapai KKM lebih meningkat lagiyakni 42 orang dengan persentase 97,67%, Dengan denganadanya penggunaan model pembelajaran Langsung (DirectInstruction), terjadi perubahan cara belajar siswa sangatsigtifikan pada siklus II, karena setelah penggunaan modelpada siklus ini, maka ketuntasan belajar pada siklus IImenjadi 100%, dengan KKM 70.
PENDIDIKAN DEMOKRASI DALAM EVALUASI PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI ROKAN HULU TAHUN 2015 Abdul Putra Ginda Hasibuan; Safrudin Safrudin
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.749 KB)

Abstract

This study aims to look at democratic education in the Election of Regent and Deputy Regent of Rokan Hulu. Considering this is very important to do for theimprovement of democracy from the point of view of the future elections. To achieve these objectives the researcher did: first, the collected data will be analyzed descriptively qualitatively by taking the main points conveyed by the research subjects. Second, make an assessment and observation of the main data or additional data which is then adjusted to the real situation in the field. The results of the study indicate that the implementation of the Regent and Deputy Regent Election has been going well starting from every stage that has been regulated in the KPU's laws and regulations. Although there are still records of future improvements, namely the issue of participation which is still relatively low, the issue of recruitment of organizers at the lower level and the existence of a lawsuit over the results of the dispute at the Constitutional Court (MK). Therefore, improvements are needed in the implementation of the election of regents and deputy regents in order to achieve quality democracy.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMKN 1 PAGARAN TAPAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Junaidi Dirbas
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.352 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanketerampilan menulis puisi. Jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakandua siklus. Data dikumpulkan melalui tes dan observasiyang di analisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif.Media gambar dapat meningkatkan keterampilanmenulis puisi baru, hal ini dapat dibuktikan denganpeningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu dari ratarata57,14 menjadi 65,71 dan pada siklus kedua menjadi72,38. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkanbahwa nilai hasil belajar sudah memenuhi standarkriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan standarnilai 70.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI KOLABORASI MODEL QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VI SD NEGERI 001 RAMBAH Siregar Tiarbani
JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Rokania
Publisher : STKIP ROKANIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.9 KB)

Abstract

Peningkatkan hasil belajar IPS melalui kolaborasi model quantumteaching dan snowball throwing siswa kelas VI SD Negeri 001Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakanadalah metode diskriptif kualitatif dengan bentuk PenelitianTindakan Kelas (PTK). Terdapat peningkatan pemahaman dan hasilbelajar siswa pada materi Globalisasi dalam kehidupan bangsaIndonasia Melalui model Quantum Teaching dan SnowballThrowing. Data dalam penelitian ini dikumpulan menggunakan tes, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan catatanlapangan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan (actionresearch) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapyaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, evaluasi dan refleksi.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari hasil analis didapatkanbahwa hasil belajar siswa Kelas VII.3 mengalami peningkatan darisiklus I sampai siklus II, Hal ini dapat diketahui dari peningkatannilai dari siklus -1 dengan rata-rata 6,0 dan pada pelaksanaantindakan siklus 2 meningkat menjadi 8,17. Hal ini menunjukkanbahwa Model Pembelajaran Quantum Teaching dan SnowballThrowing dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS .

Page 1 of 2 | Total Record : 13