cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021)" : 6 Documents clear
Penggunaan Media Big Book Terhadap Kelancaran Membaca Siswa pada Tema Diriku Kelas I MIN 8 Aceh Besar Mutia Ulfa; Ridwan M. Daud; Siti Khasinah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i1.35

Abstract

Salah satu keterampilan yang sangat diperlukan dibidang pendidikan adalah keterampilan membaca. Membaca merupakan proses memperoleh informasi dari buku. Kelancaran membaca akan mempengaruhi kemampuan akademis siswa. Media Big Book adalah media yang berbentuk buku besar yang di dalamnya terdapat cerita dan gambar yang menarik sesuai dengan teks cerita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan media Big Book kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar; (2)Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menggunakan media Big Book kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar; (3)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media Big Book terhadap kelancaran membaca siswa kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Lembar observasi aktivitas guru; (2) Lembar observasi aktivitas siswa; (3) Tes Membaca, kemudian dianalisis dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,08% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 73,95% dan meningkat menjadi 97,91%. (3) Hasil tes membaca pada siklus I yaitu 46,15% dan meningkat menjadi 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa pada Tema Diriku kelas I di MIN 8 Aceh Besar.
Peran Guru Menghadapi Kesulitan Orang Tua dalam Membimbing Siswa Belajar Daring di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah dini putri; Mahluddin; Imran
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i1.75

Abstract

Skripsi ini membahas tentang:Peran Guru Menghadapi Kesulitan Orangtua dalam Membimbing Siswa Belajar Daring di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif deskriptif dengan desain penelitian bersifat emergent, evolving, dan developing karena penelitian dijelaskan melalui gambaran, umum yang bersifat sementara, apa yang akan dapat diteliti dan bersifat fleksibel serta masih mengalami perubahan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jenis data primer dan sekunder. Subjek penelitian ini yaitu guru, orang tua siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis domain, taksonomi, kompenensial dan triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa bentuk kesulitan orangtua dalam membimbing siswa belajar daring di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah diantaranya kurangnya pemahaman orang tua dalam menggunakan aplikasi belajar online, sehingga masih banyak orang tua yang merasa kesulitan membimbing anak-anaknya belajar daring. Kemampuan orang tua dalam menyediakan biaya paket untuk belajar online karena kondisi ekonomi orang tua siswa lebih banyak yang menengah kebawah dan orang tua kurang memanfaatkan berbagai aplikasi online karena minimnya pemahaman dalam menggunakanya. Peran guru menghadapi kesulitan orangtua dalam membimbing siswa belajar daring di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah dilakukan dengan bebagai upaya diantaranya guru mengupayakan melakukan kerjasama dengan orang tua dalam membimbing belajar siswa, membantu memberikan contoh kepada orangtua siswa cara memanfaatkan berbagai aplikasi belajar online yang digunakan. Guru menggunakan aplikasi belajar online sesuai kemampuan dan kebutuhan orang tua siswa mengingat tidak semua orang tua memiliki kemampuan yang sama dalam memanfaatkan media belajar online. Berpartisipasi dan membantu mengarahkan orang tua yang kesulitan membimbing siswa dilakukan dengan memberikan arahan-arahan dalam menggunakan berbagai media belajar online sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran daring. Kendala guru menghadapi kesulitan orangtua dalam membimbing siswa belajar daring di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah dimana guru dihadapkan pada permasalahan-permasalahan sebagai berikut: semangat dan minat siswa yang rendah karena merasa bosan belajar online karena tidak bisa berinteraksi langsung dengan guru dan teman-teman di kelasserta terbatasnya media dan sarana belajar yang dimiliki siswa sehingga tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran daring sesuai jadwal yang ditentukan oleh guru
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren delfia alaiba; Shalahuddin; Nasyariah Siregar
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i1.76

Abstract

Sripsiini membahas tentang Pengembangan LKPD Terintegrasi nilai-nilai Islam pada pembelajaran tematik di MI Nurul Yaqin. Dalam buku ajar tematik yang telah disediakan belum terdapat perpaduan nilai-nilai Islam pada Madrasah Ibtidaiyah melainkan hanya pengetahuan,sikap dan keterampilannya saja. Akibatnya guru sedikit sekali memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Islam serta tidak dapat mengaplikasikan Kompetensi Inti 1 yang membahas tentang spiritual anak.Pada masa covid-19 ini di MI Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren sudah menerapkan atau menggunakan LKPD, hanya saja belum mengaitkan pembelajaran tematik dengan nilai-nilai Islam didalamnya. Jenis peneliti ini adalah Research and Development(R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall ada 10 langkah yaitu meliputi,Potensi dan masalah, Pengumpulan Data,Desain Produk,Validas Desain,Revisi Desain,Uji Coba Produk, Revisi Produk,Uji Coba Pemakaian,Revisi Produk, dan Produk Masal. Hasil Uji coba dilakukan di MI Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren kelas IVb hasil validasi ahli materi 85,71% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli bahasa 91,7% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli media 96,88% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba skala kecil didapatkan skor 81,56% dengan kriteria sangat menarik dan pada uji lapangan didapatkan skor 90,31% dengan kriteria sangat menarik. Maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa LKPD Terintegrasi Nilai-nilai Islam sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran
Peranan Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Siswa Jenjang Pendidikan Dasar nisa aulia; Atika Susanti
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i1.77

Abstract

Tulisan ini berisi bahasan tentang peranan pendidikan multikultural dalam dunia pendidikan khususnya jenjang pendidikan dasar. Kajian peranan pendidikan multikultural dikaitkan dengan karakter yang muncul pada siswa setelah memperoleh pembelajaran pendidikan mltikultural. Data dalam penelitian ini berasal dari pengkajian literatur(libraryresearch) dengan mengkaji berbagai literatur pendidikan multikultural sebagai sumber rujukan kemudian dikumpulkan, dianalisis dan dituangkan dalam laporan penelitian ini. Berdasarkan kajian literatur menunjukkan bahwa pendidikan multikultural dapat mempengaruhi karakter siswa khususnya jenjang pendidikan dasar. Berbagai implementasi pendidikan multikultural membawa pembentukan karakter positif di dalam diri siswa.
Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Maariful Ulum Talang Kelapa Sientiya Pratiwi; Al Ihwanah; Ines Tasya Jadidah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i1.78

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penanaman nilai karakter cinta tanah air pada pembelajaran tematik, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Maariful Talang Kelapa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas IV dan peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penanaman nilai karakter cinta tanah air di dalam pembelajaran tematik kelas IV yang dilakukan oleh wali kelas meliputi, pembiasaan berdoa dengan khusyuk dan jangan malas berdoa karena berdoa merupakan salah satu interaksi kepada Tuhan dan salah satu contoh perilaku kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan pancasila sila pertama, menyanyikan lagu wajib ataupun lagu daerah dengan memberikan pemahaman mengenai makna dari lagu-lagu yang telah dinyanyikan. Faktor pendukung dalam penanaman nilai karakter cinta tanah air pada pembelajaran tematik ini ialah wali kelas atau guru yang bekerja sama dengan orang tua peserta didik, hal ini berguna untuk dapat menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kepada peserta didik. Faktor penghambat dalam penanaman nilai karakter cinta tanah air pada pembelajaran tematik ini ialah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang berkaitan dengan kemampuan teknologi, letak geografis dan tingkat perekonomian yang berbeda-beda.
Peran Guru dan Orang Tua Siswa Kelas III SDN 2 Sekarteja dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Masa Pandemi Covid-19 Ana Rizkika; Syahratul Mubarokah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i1.79

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalah: (1) Untukmengetahuiperan guru dan orang tuasiswa Kelas III SDN 2 Sekartejadalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di masa pandemi covid-19 (2) Untukmengetahuifaktor-faktorpenghambat guru dan orang tuasiswakelas 3 SDN 2 Sekartejadalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dimasapandemi covid-19. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptifyaitupenelitian yang dilakukanterfokus pada suatukasustertentuuntukdiamati dan dianalisissecaracermatsampaituntas. Subjekdalampenelitianiniadalah guru dan orang tua yang ada di SDN 2 Sekarteja. Dalam proses pengumpulan data penelitimenggunakantigametodeyaituobservasi, wawancara dan studidokumentasi. Analisis data dilakukandenganmemfokuskan pada hal-hal yang menjadipokokbahasanreduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Dari hasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwa, guru dan orang tuasama- samaberperandalamkegiatan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 iniuntukmempertahankankegiatanbelajarsiswasepertibiasanya. Adapun peran guru dan orang tuasama-samasebagaipengajar, sebagaipendidik, sebagaipembimbing, sebagaimotivator, sebagaiteladan, sebagai evaluator, dan lainnya. Adapun faktor-faktorpenghambatperan guru dan orang tuadalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 iniadalahbelumsemuapesertadidikmemiliki handphone dan masihbanyak orang tua yang sibukbekerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 6