cover
Contact Name
Saepul Bahri
Contact Email
lppm.antarbangsa@gmail.com
Phone
+628811372400
Journal Mail Official
lppm@antarbangsa.ac.id
Editorial Address
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21 Jl. HOS Cokroaminoto Karang Tengah, Ciledug Tangerang 15157, Banten call center: Telp. 021-50986099 WA: 0821-1717-1441
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa
ISSN : 24422444     EISSN : 26153459     DOI : doi.org/10.51998/jti.v7i1
Core Subject : Science,
Jurnal Teknik Informatika (JTI) STMIK Antar Bangsa merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa. Jurnal yang terbit dalam dua periode per Tahun ini berisi artikel ilmiah yang meliputi tema : Jaringan (Networking), Aplikasi Sains, Animasi / Multimedia Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Penunjang Keputusan, Soft/Mobile Computing. Jurnal ini berisi pokok-pokok permasalahan dalam kerangka pengembangan secara teoritis maupun dalam bentuk implementasi.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015" : 15 Documents clear
PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOMPUTER ONLINE PADA TOKO ARIES KOMPUTER BEKASI Argyawati, Harum; Ishaq, Ahmad; Prasetyo, Arfhan
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.15

Abstract

Abstract— E-commerce has infiltrated most of the business world, almost all types of businesses have been using e-commerce as a means to sell goods and services and this trend still continues and has not showed any significant change. The purpose of this application is to improve the marketing process with online.Aplikasi catalog consists of a new product catalog, purchases and payments via ATM and sales reports to the store owner. This application is also useful in presenting the information needed by the consumer. To maintain consumer confidence data should be used accurately match the actual data and are always updated to avoid price differences that exist in the store website. The role of today's technology can be utilized to improve the marketing process and facilitate access to purchase. Intisari— E-commerce telah menyusup kebanyakan dunia usaha, hampir semua jenis usaha telah menggunakan e-commerce sebagai sarana untuk menjual barang dan jasa dan trend ini masih terus berlanjut dan belum menampakkan perubahan yang berarti. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan proses pemasaran dengan katalog online.Aplikasi ini terdiri dari katalog produk terbaru, pembelian dan pembayaran via ATM serta laporan penjualan bagi pemilik toko. Aplikasi ini juga berguna dalam penyajian informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Untuk menjaga kepercayaan konsumen sebaiknya digunakan data yang akurat sesuai data yang sebenarnya dan selalu terupdate untuk menghindari perbedaan harga yang ada di website dengan di toko. Peranan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pemasaran dan mempermudah akses pembelian.Kunci: sistem informasi, penjualan komputer, ecommerce, katalog online.
RANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN KHAS BENUA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU ATTAQWA 01 BEKASI Muharrom, Muhammad; Herlawati, Herlawati
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.17

Abstract

Abstract— In today's technological developments will need more and more information. Therefore, many emerging media in disseminating information. One of the medium to deliver multimedia information is through learning. The purpose of this learning system is to help elementary school students to learn the typical diversity of animals on a continent. The content presented is simple materials. There are also exercises to test students' understanding of this matter and also to provide entertainment games in learning. In addition, multimedia can also help teachers convey the introduction of animal material more easily and learn the typical continental animal needs to be a way or strategy that can help students learn. To attract attention, is necessary to create a situation that makes the class the students are motivated to learn. One way is to use teaching aids or media when teachers teach. The rapid advances in technology, especially information technology encourages people to develop media that can be used anytime and anywhere. Animation aims to provide an introduction to and knowledge about the animals that became typical of a continent. Introduction of interactive animations unique to this continent created using Adobe Flash CS4 software is equipped with animated material so it can be used as teaching aids. Intisari— Dalam perkembangan teknologi sekarang ini kebutuhan akan informasi semakin banyak. Oleh sebab itu banyak bermunculan media-media dalam penyampaian informasi. Salah satu media penyampaian informasi tersebut adalah melalui multimedia pembelajaran. Tujuan dari sistem pembelajaran ini adalah untuk membantu para siswa Sekolah Dasar untuk mempelajari keanekaragaman khas hewan pada sebuah benua. Isi yang disampaikan merupakan materi-materi yang sederhana. Terdapat juga latihan soal untuk menguji pemahaman siswa tentang materi ini dan juga permainan untuk memberikan hiburan dalam belajar. Selain itu multimedia ini juga dapat membantu guru menyampaikan materi pengenalan hewan dengan lebih mudah dan mempelajari hewan khas benua perlu adanya cara atau strategi yang dapat memudahkan siswa dalam belajar. Untuk menarik perhatian, perlu diciptakan situasi kelas yang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan alat bantu mengajar atau media ketika guru mengajar. Kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi mendorong manusia untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Animasi ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang hewan-hewan yang menjadi khas pada sebuah benua. Animasi interaktif  pengenalan hewan khas benua ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS4 yang dilengkapi dengan animasi materi sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar. Kata Kunci: Hewan Khas Benua, Multimedia, Animasi Interaktif, Media Pembelajaran
RANCANGAN APLIKASI PENCARIAN LOKASI ATM SETOR TUNAI BANK MANDIRI DI DKI JAKARTA BERBASIS ANDROID Kamesworo, Andika; Anton, Anton
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.18

Abstract

Abstract— ATM is not an object already familiar to the people of Indonesia. Bank already has an ATM in different locations, but each bank customers do not necessarily know the location of the ATM if you're traveling to new places visited around Jakarta. In this paper, the authors will try to create a mobile based application which can provide information on the location of the ATM cash deposit Mandiri Jakarta area, visualize it in the form of maps, as well as be able to find the shortest route from the location where the user is located towards the destination ATM using Dijkstra's algorithm minimize the possibility of going around and around the city of Jakarta and is expected to provide an efficient route. Applications built using Java with Eclipse IDE, the application is intended for Android smartphones. Specifications for the android operating system can operate at a minimum Android 2.2 (Froyo) and the maximum on android 4.4.2 (Kitkat), while the process of compiling is done using android 4.4.2. Intisari— ATM sudah bukan merupakan benda asing lagi bagi rakyat Indonesia. Bank Mandiri sudah mempunyai ATM diberbagai tempat, tetapi setiap nasabah Bank Mandiri belum tentu mengetahui lokasi ATM jika sedang berpergian ke tempat yang baru dikunjungi di sekitar Jakarta. Pada tulisan ini, penulis akan mencoba untuk membuat sebuah aplikasi berbasis mobile yang dapat memberikan informasi mengenai lokasi ATM setor tunai Mandiri daerah DKI Jakarta, memvisualisasikannya dalam bentuk peta, serta dapat mencari rute terpendek dari lokasi dimana pengguna berada menuju ATM yang dituju menggunakan algoritma Dijkstra untuk meminimalisir kemungkinan berputar-putar mengitari kota DKI Jakarta dan diharapkan memberikan rute yang efisien. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa Java dengan IDE Eclipse, aplikasi ditujukan untuk smartphone Android. Spesifikasi sistem operasi android untuk dapat beroperasi minimum pada android 2.2 (Froyo) dan maksimum pada android 4.4.2 (Kitkat), sedangkan proses compiling dilakukan menggunakan android 4.4.2. Kata Kunci: Dijkstra, GoogleMap,  ATM Mandiri
PEMBANGUNAN SISTEM PAKAR PENDETEKSIAN KERUSAKAN SEPEDA MOTOR BERBASIS MOBILE DENGAN METODE FORWARD CHAINING Wahyudi, Tri; Septiana, Laila
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.19

Abstract

Abstract— The growth of motor cycles is increasing from year to year and will use the smartphone can not be separated from people's life styles as amust-have requirement. The more population motorcycle but many riders who do not know the damage that occurs motor cycles, the us of smartphones for the need of information or consultation of an expert who can make it easier to diagnose  the damage and symptoms in order  to obtain a solution motor cycle damage. Intisari— Pertumbuhan sepeda motor jenis mesin karbulator yang semakin meningkat dari tahun ke tahun serta penggunaan akan smartphone yang tak bisa dilepaskan dari gaya hidup masyarakat seperti sebuah kebutuhan yang wajib dimiliki. Semakin banyak populasi sepeda motor tetapi banyak pengendara yang tidak mengetahui kerusakan sepeda motor yang terjadi, pemanfaatan smartphone untuk kebutuhan informasi atau konsultasi dari seorang pakar yang bisa memudahkan dalam mendiagnosa kerusakan serta gejala agar dapat mendapatkan sebuah solusi kerusakan sepeda motor. Kata Kunci: Sistem Pakar, sepeda motor, mesin karbulator
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG ALAT TULIS KANTOR PADA KQKU GROUP JAKARTA Indarti, Indarti
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.20

Abstract

Abstract— The sale is an activity which includes all activities occurring in transfer of goods and provide assistance to and the information to the buyer or to the end of the distributor. KQKU GroupThe purchase is one of the functions is needed in berhasilnya the operation of an enterprise .Factors that strongly supported in the presentation of information the buying and selling is the existence of recording on purchase order (po), a letter the way (sj), data goods (db), supplier data, sales data, data buyers, the reception and the payment of, sales report, reports its sales target, and the report on sales. Microsoft visual basic that a programming language used to make an application in microsoft windows by using the method graphical a user interface (GUI) . Intisari— Penjualan adalah suatu kegiatan yang meliputi semua kegiatan yang terjadi dalam mentransfer barang dan menyediakan bantuan serta informasi kepada pembeli akhir atau kepada distributor. Pembelian merupakan salah satu fungsi yang penting dalam berhasilnya operasi suatu perusahaan. Pada KQKU Group Faktor yang sangat mendukung didalam hal penyajian informasi pembelian dan penjualan adalah adanya pencatatan pada Purchase Order (PO), Surat Jalan (SJ), Data Barang (DB), Data Supplier, Data Sales, Data Pembeli, Penerimaan dan Pembayaran, Laporan Penjualan, Laporan Target Penjualan, dan Laporan Sales. Microsoft Visual Basic yang bahasa pemrograman yang digunakan utnuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows dengan menggunakan metode Graphical User Interface (GUI). Kata Kunci : Sistem, Penjualan dan Pembelian, Visual Basic
RANCANGAN SISTEM PAKAR PEMBAGIAN HAK WARIS MENURUT HUKUM ISLAM BERBASIS WEB Adhitya, Muhammad Havis; Hermaliani, Eni Heni; Puspitasari, Diah
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.21

Abstract

Abstract— Public ignorance about the science division of legacy in Islam are Muslims, can sometimes lead to disputes in relation to the settlement of the family legacy issues. Not everyone is able to carry out the determination of the number of proportion to any heirs, so it takes an expert or experts who can assist in providing a solution to the division of the legacy rights. Expert system is one science that provides solutions to solve the problems that typically can only be resolved by an expert or experts. Expert systems provide added value to the technology to assist in addressing the increasingly sophisticated information age. Expert system design division of legacy in Islam are expected to help solve the problems in calculating legacy that is based on Islamic law. This study adopted the expert knowledge to help solve problems in counting and distribution of the estate to the rightful heirs according to Islamic law. The design of the expert system in the form of web based expert system applications. The results achieved are getting an effective expert system , because it can help give the results of calculation and distribution of the estate to accurately based on Islamic law. Intisari— Ketidaktahuan masyarakat tentang ilmu pembagian waris Islam yang dalam hal ini adalah umat muslim, terkadang dapat menimbulkan perselisihan dalam hubungan keluarga untuk penyelesaian masalah waris. Tidak semua orang mampu dalam melakukan penentuan jumlah proporsi untuk setiap ahli waris, sehingga dibutuhkan seorang ahli atau pakar yang dapat membantu dalam memberikan solusi untuk pembagian hak waris tersebut. Penelitian sistem pakar ini memiliki maksud menyediakan solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang ahli atau pakar. Sehingga dapat memberikan nilai tambah pada teknologi untuk membantu dalam menangani era informasi yang semakin canggih. Perancangan sistem pakar ini bertujuan untuk membantu memecahkan permasalahan dalam menghitung harta waris yang didasarkan pada hukum Islam dan mengadopsi pengetahuan pakar untuk membantu memecahkan permasalahan dalam menghitung dan pembagian harta warisan kepada ahli waris yang berhak menurut hukum Islam. Rancangan sistem pakar ini yaitu dalam bentuk aplikasi berbasis web sistem pakar. Hasil yang dicapai adalah mendapatkan sistem pakar yang efektif, karena dapat membantu memberikan hasil penghitungan dan pembagian harta warisan secara akurat berdasarkan hukum Islam. Kata kunci : Sistem Pakar, Pembagian Hak Waris, Hukum Waris Islam, Berbasis Web
PERANCANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR Yunike, Hertiya; Akmaludin, Akmaludin; Adiwiharja, Cep
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.22

Abstract

Abstract-Learning methods in primary school are still many who use the textbook as a medium of learning, the teacher explain lesson material delivered by reading and memorizing. To Sundanese media lesson lessons like this make students become bored and boring because there is a difference greeting in the letter, therefore, the need for new forms of learning media such as the use of computer technology in the form of interactive animations. Learning methods using interactive learning media can explain the subject matter in the form of a presentation that combines elements of images, text, and sound so that it becomes an interesting interactive animation and media also can be run repeatedly. By using this highly interactive learning media is expected to build student interest. Intisari— Metode pembelajaran di Sekolah Dasar masih banyak yang menggunakan buku paket sebagai media pembelajarannya, dalam menyampaikan materi pelajarannya guru menjelaskannya dengan cara membaca dan menghafal. Untuk pelajaran Bahasa Sunda media pelajaran seperti ini membuat siswa menjadi merasa jenuh dan membosankan karena ada hal perbedaan ucapan dalam huruf, oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran dalam bentuk baru seperti pemanfaatan teknologi komputer yaitu berupa animasi interaktif. Metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif ini dapat menjelaskan materi pelajaran dalam bentuk presentasi yaitu menggabungkan unsur gambar, teks, dan suara sehingga menjadi animasi interaktif yang menarik dan juga media ini dapat dijalankan berulang-ulang. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif ini sangat diharapkan dapat membangun minat belajar siswa Kata Kunci : animasi, media pembelajaran, bahasa sunda
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR BAGI ANAK PADA SDN TELUK PUCUNG VII BEKASI Kirana, Kartika Candra; Baidawi, Taufik
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.23

Abstract

Abstract— In the world of the early childhood teaching, teachers often have difficulty in the delivery of teaching materials to children of early age classes 1 and 2 SD, because they have not been able to read and recognize letters well. So this becomes a problem faced by teachers of children of early age classes 1 and 2 SD, especially in the introduction of the basic English.Techniques play a very important role to assist teachers in introducing the concept of successful learning English in early childhood is strongly influenced by the ability of a teacher in presenting the learning process interesting and fun for children. Therefore, in the world of education, interactive animations used to assist teaching children early age classes 1 and 2 SD in teaching and learning, and interactive animations that present writer is quite simple but interesting to watch in the hope that the delivery of content can be easily understood. Intisari— Dalam dunia pengajaran kepada anak usia dini, guru sering sekali mengalami kesulitan dalam penyampaian bahan ajar kepada anak- anak usia dini kelas 1 dan 2 SD, dikarenakan mereka belum bisa membaca dan mengenal huruf dengan baik. Sehingga hal ini menjadi sebuah masalah yang dihadapi oleh pengajar anak- anak usia dini kelas 1 dan 2 SD, terutama dalam pengenalan Bahasa Inggris dasar. Teknik bermain sangat berperan untuk membantu guru dalam memperkenalkan konsep keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris pada anak usia dini sangat dipengaruhi oleh kemampuan seorang guru dalam menyajikan proses kegiatan belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Oleh karena itu didalam dunia pendidikan, animasi interaktif digunakan untuk membantu pengajar anak- anak usia dini kelas 1 dan 2 SD dalam proses belajar mengajar, dan animasi interaktif yang penulis sajikan cukup sederhana namun menarik untuk dilihat dengan harapan agar penyampaian materi dapat dengan mudah dipahami. Kata kunci             : Bahasa Inggris, Animasi Interaktif
WAITING LINE METHOD DENGAN MODEL MULTI CHANNEL UNTUK EVALUASI PELAYANAN ADMINISTRASI Hidayatun, Nunung
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.24

Abstract

Abstract Evaluation is one of the important aspects needed to determine the success of a system. By doing evaluations can also be used for system development towards better. This study evaluates the existing system of administrative services to the campus BSI Cengkareng Waiting Line Method method. Queue is a regular occurrence in everyday life. Queues arise due to the need for services exceeds the ability (capacity) services or facilities services, so that users of the facility who arrived could not get immediate service due to the busyness of service. Based on the analysis and calculations using the Waiting Line Method, it can be concluded that the queuing system is currently running on campus Cengkareng BSI can not fully meet the needs of its customers. So the system needs to be made an orderly queue to prevent accumulation or mass in the queue in front of administration. Intisari— Evaluasi merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan untuk mengetahui keberhasilan suatu sistem. Dengan melakukan evaluasi dapat pula digunakan untuk pengembangan sistem ke arah yang lebih baik. Penelitian ini melakukan evaluasi sistem pelayanan administrasi yang ada kampus BSI Cengkareng dengan metode Waiting Line Method. Antrian adalah suatu kejadian biasa dalam kehidupan sehari-hari. Antrian timbul disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas yang tiba tidak bisa segera mendapat layanan disebabkan kesibukan layanan. Berdasarkan analisa dan penghitungan menggunakan Waiting Line Method, maka dapat disimpulkan bahwa sistem antrian yang saat ini berjalan pada kampus BSI Cengkareng belum dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan para konsumennya. Sehingga perlu dibuatnya sistem antrian yang tertib agar tidak terjadi penumpukan atau antrian masal di di front administrasi. Kata kunci: evaluasi, antrian, waiting line method, pelayanan.
SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SMK BUDHI WARMAN 1 JAKARTA Munawir, Uti Ahmad; Hermaliani, Eni Heni; Merdekawati, Agustiena
Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2015): JTI Periode Februari 2015
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v1i1.25

Abstract

Abstract— SMK Budhi Warman 1 is an institution engaged in education where academic data processing is still done manually and there is no integrated data storage. Therefore, the authors intend to make academic information system to improve service through an online service facilities in order to facilitate students and teachers access to academic information. Web-based academic information system was developed using the Waterfall method that starts with system requirements analysis stage, stage design, code generation, testing and support. The result of this information system design can facilitate students and teachers in obtaining information related to academic data. This system consists of a student who will facilitate students obtain student information biographical data, the UTS and UAS values, as well as employees of space that will facilitate the administration, teachers and parents in managing module class curriculum, educational modules, modules and module assessment of school. This system can be accessed from anywhere at anytime through the Internet so it is relatively easy for students to get academic information. This system is able to provide the information value of each lesson and each class are presented in the form of progress reports. Intisari— SMK Budhi Warman 1 merupakan suatu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan dimana pengolahan data akademiknya masih dilakukan secara manual dan belum ada penyimpanan data yang terintegrasi. Oleh karena itu, penulis bermaksud membuat sistem informasi akademik untuk meningkatkan pelayanan melalui fasilitas pelayanan online agar dapat mempermudah siswa dan guru mengakses informasi akademik. Sistem informasi akademik berbasis web ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall yang dimulai dengan tahapan analisa kebutuhan sistem, tahapan desain, code generation, testing dan support. Hasil rancangan sistem informasi ini dapat mempermudah siswa dan guru dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan data akademik. Sistem ini terdiri dari ruang siswa yang akan mempermudah siswa memperoleh informasi biodata siswa, nilai UTS dan nilai UAS, serta ruang pegawai yang akan mempermudah bagian tata usaha, guru dan wali kelas dalam mengelola modul kurikulum, modul pendidikan, modul penilaian dan modul sekolah. Sistem ini dapat diakses dari mana saja kapan saja melalui jaringan internet sehingga relatif memudahkan siswa untuk mendapatkan informasi akademik. Sistem  ini  mampu memberikan  informasi  nilai  dari tiap  pelajaran  dan  tiap  kelas yang disajikan dalam bentuk laporan hasil belajar. Kata kunci      : Sistem  Informasi,  Akademik, Berbasis Web

Page 1 of 2 | Total Record : 15