cover
Contact Name
Tri Kurniawati
Contact Email
-
Phone
+62811313559
Journal Mail Official
pedagogi@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGI
ISSN : 25990438     EISSN : 2599042X     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI" : 10 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Kelompok A Melalui Kegiatan Seni Melipat(Origami) Tissue Roti Nurul Aminah
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.322 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3604

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang berkaitan dengan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 32 Mojo Surabaya.Permasalahan tersebut menuntut perlunya suatu solusi baik berupa pendekatan, metode atau model pembelajaran untuk menanganinya yaitu dengan pembelajaran seni melipat tissue roti. Hal tersebut mendasari adanya rumusan masalah, yaitu:(1) Bagaimana kegiatan kemampuan motorik halus anak melalui seni melipat di TK Aisyiyah 32?(2)Bagaimana hasil belajar kemampuan motorik halus anak melalui melipat di TK Aisyiyah 32. Tujuan dari penelitian ini untuk anak agar dapat mengontrol gerakan otot-otot kecil secara baik melalui kegiatan melipat dan untuk guru sebagai bahan referensi untuk mengetahui perkembangan motorik halus pada anak melalui kegiatan melipat.
Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A1 Tk Taman Ananda Surabaya Norma Yunita
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.767 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3610

Abstract

Keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun, pada umumnya anak akan mampu menjawab pertanyaan sederhana, menceritakan kembali isi cerita dan aktif bertanya. Hasil pengamatan pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya, ditemukan bahwa keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 masih kurang dalam hal anak belum bisa menceritakan kembali isi cerita, anak masih belum bisa menjawab pertanyaan sederhana dan anak kurang aktif bertanya. Salah satu cara agar keterampilan berbicara anak meningkat adalah menggunakan metode story telling. Melalui metode story telling, anak mampu lebih aktif dalam bertanya, anak mampu menjawab pertanyaan dari guru dan anak mampu menceritakan kembali isi cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode story telling terhadap keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda SurabayaPenelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini berjumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon matched pairs test. Hasil penelitian uji wilcoxon matched pairs test menunjukkan bahwa nilai THitung= 0 dan nilai signifikasi yang dipakai adalah 5% dan N= 19 maka diperoleh TTabel= 46 karena THitung< TTabel (0<46) maka Ha diterima, sehingga metode story telling berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya
Pengaruh Metode Belajar “Aku Cepat Membaca” Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah 46 Surabaya Annisa Octavia Wulasari
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.019 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3600

Abstract

Metode belajar aku cepat membaca adalah dapat memberikan pembelajaran yang alternatif dengan konsep bermain sambil belajar dan belajar dengan menyenangkan. Bila mana pada di TK Aisyiyah 46 Surabaya dapat menemukan permasalahan yang dialami anak didik. Dimana dalam permasalahan itu anak belum mampu membaca huruf dengan cepat. Akan tetapi dengan menggunakan metode belajar Aku Cepat Membaca dapat memiliki tujuan dalam penilitian agar anak didik dapat memahami dan bisa membaca secara cepat dan lancar. Yang digunakan melalui metode penelitian kuantitatif untuk membuktikan dengan menggunakan pretest, treatment dan posttest yang memiliki jumlah pretest 192 dengan rata-rata 8,34 sedangkan posttest sejumlah 426 dengan rata-rata 18,5 dalam metode ini dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. Dapat dirumuskan pada hasil penelitian statistik uji Wilcoxon yang merupakan dengan taraf signifikasi 5% dan N=23, Thitung=0, sehingga Ha diterima 0<73.
Kebijakan Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Lasiyam Kota Retno Riski Wardhani; Wahono Wahono; Tri Kurniawati
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.956 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3605

Abstract

Full day school merupakan sistem sekolah sehari penuh yang dimana dalam sistem pembelajaran di sekolah ini untuk mempermudah para orang tua memonitori anak dalam perkembangan pendidikannya. Full day school ini orang tua merasa aman, setiap lingkup bermainnya hanya sekitar pada lingkungan sekolahnya. Sistem full day school juga melatih anak dalam perkembangan sosialnya antara lain melatih dalam kemandirian, tanggung jawab, serta kedisiplinan. Guru juga berperan aktif dalam pembentukan perkembangan yang ada dalam anak usia dini, karena sebagian besar waktu mereka berada di sekolah, selain guru orang tua juga ikut serta dan berperan penuh dalam membentuk perkembangan sosial anak. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui perubahan perkembangan sosial yang ditimbulkan pada sistem full day school. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mana menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah beberapa anak didik beserta guru kelas kelompok B di TK Lasiyam Kota Surabaya. Pengamatan yang dilakukan lebih terhadap perkembangan sosial yang ada pada full day school, dalam sistem pendidikan full day school anak mengalami perkembangan sosial yang signifikan terutama pada kemandirian, kedisiplinan dan tanggung jawabnya, yang didukung pada stimulus yang diberikan pada lingkungan sekolah, sehingga anak memiliki perkembangan sosial yang baik.
Analisis Perkembangan Emosional Anak Berkebutuhn Khusus Hiperaktif Dan Gangguan Konsentrasi Di Tk Aisyiyah 33 Surabaya Isroun Nissa
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.358 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3601

Abstract

Perkembangan emosional anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi adalah gangguan yang terjadi pada anak usia dini yang berpengaruh pada kesulitan dalam proses pembelajaran saat di kelas. Perkembangan emosional sangat berkaitan dengan gangguan ini karena emosi dalam diri anak tidak dapat dikendalikan. Stimulus yang positif harus ditanamkan agar anak dapat memahami konsep diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi di TK Aisyiyah 33 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aspek perkembangan terutama aspek emosional anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa deskriptif yang berisi kata-kata dalam deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi (ADHD). Hasil penelitian dapat ditemukan perkembangan emosional anak mempengaruhi kondisi anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi (ADHD), sehingga anak kurang memahami emosi dalam diri seperti menunjukkan ekspresi bahagia, kemrahan dan kekecewaan yang berlebihan. Hal ini yang di latar belakangi oleh beberapa faktor yang ditemukan yaitu faktor kematangan, pola asuh, konsep diri, pengobatan, kecerdasan emosi, dan lingkungan.
Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018 Mira Dahlia
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.19 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3606

Abstract

Dampak Metode Proyek terhadap Kemampuan Sosial Siswa Grup A di RA AL Chusnaniyah Surabayain tahun akademik 2017-2018 adalah metode pembelajaran yang bertujuan untuk menerapkan kegiatan pengalaman belajar dengan mengkonfrontasi anak-anak pada masalah sehari-hari yang harus diselesaikan dalam kelompok. Tujuan penulisan untuk persyaratan kelulusan dalam program pendidikan guru, dan sebagai referensi guru PAUD dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik serta mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif karena menguji teori yang berkaitan dengan masalah penelitian melalui kerangka berpikir yang dirumuskan dalam hipotesis penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik eksperimen, dengan melakukan uji beda dua kelas yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, ada pengaruh yang lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan sosial anak-anak di RA Al Chusnaniyah Surabaya dengan menggunakan metode proyek dalam pembelajaran di sekolah.
Pengaruh Media Pick Me Terhadap Perkembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Mufidati, Nidia; Abidin, Ratno; Sa'ida, Naili
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.073 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3602

Abstract

Media pick me merupakan hasil pengembangan dari media gambar seri yang dikemas menarik menggunakan benda-benda replika yang berada disekitar anak, sehingga media pick me merupakan suatu inovasi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pick me dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik (kemampuan bercerita), yang menjawab bagaimana pengaruh media pick me dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik (kemampuan bercerita) sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini. Metodologi penelitian mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest karena hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian dan adanya tahapan pretest, posttest sebagai proses pemerolehan data. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon yang memiliki kriteria jika Thitung<Ttabel maka Hα diterima. Hasil analisis data memperoleh nilai T hitung 0 dan nilai T tabel 40, karena 0<40 maka hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pick me terhadap perkembangan kecerdasan verbal linguistik (kemampuan bercerita).
Pengaruh Strategi Pembelajaran Beyond Centers And Circletime (Bcct) Terhadap Kreatifitas Anak Usia Dini Kelompok Usia 3-4 Tahun Di Pos Paud Nusa Indah Surabaya Kholifah, Rini Nur; Hendarwati, Endah; Setiawan, Aris
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.914 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3608

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran klasikal yang digunakan guru dalam mengajarkan calistung kreativitas anak belum berkembang dengan optimal. Strategi pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) dipilih sebagai suatu model pembelajaran yang berpusat pada anak. Dalam model pembelajaran tersebut terdapat suatu variasi prilaku kreatif yang digunakan untuk bahan penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas kreativitas anak usia dini dengan menggunakan pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) dan pengaruh strategi pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas kreativitas anak usia dini dengan menggunakan pembelajarn beyond centers and circle time (bcct) dan pengaruh strategi pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) terhadap kreativitas anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan menggunakan Pre-Test-Post-Test Control Group Design. Populasi dari penelitian adalah anak Pos Paud Nusa Indah Surabaya. Kelompok B dengan jumlah anak 28, kelas eksperimen 14 anak dan kelas kontrol 14 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok dinyatakan terdistribusi normal (0,200>0,05) untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari uji Homogenitas di dapat kedua kelompok bersifat homogen (0.378>0,050) pada pretest dan(0.554>0,05) pada hasil nilai dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan mean sebesar 0,5 hal ini terlihat dari mean difference sebesar -0,5000. Hasil analisis Group Statistics Pretest dan Group Statistics Posttest terlihat ada perbedaan dengan rata-rata pretest 6.143 berubah menjadi 9.714 dengan range kenaikan rata-rata 3.571. Sementara kelompok dengan pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) mendapat hasil rata-rata 6.00 dan medapati kenaikan pada skor 10.214 dengan kenaikan skor sebesar 4.214. dengan demikian dapat di artikan bahwa penggunaan pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan kreatifitas anak.
Analisis Kecerdasan Intrapersonal Anak Disabilitas Di Tk Aisyiyah 33 Surabaya Zauhrita, Shihiyah
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.641 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3603

Abstract

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk memahami dan mengendalikan diri dengan baik, sedangkan disabilitas merupakan ketidak sempurnaan seseorang dalam fisik, mental maupun intelektual yang menjadi hambatan bagi orang tersebut untuk melakukan interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adlah untuk mengetahui tingkat kecerdasan intrapersonal anak disbilitas di TK Aisyiyah 33 Surabaya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah menganalisis kecerdasan intrapersonal anak disabilitas di TK Aisyiyah 33 surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menjabarkan hasil penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek data dari penelitian ini adalah staff pengajar dan siswa di TK Aisyiyah 33 dengan objek penelitian anak disabilitas di TK Aisyiyah 33. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Rara anak disabilitas di sekolah tersebut memiliki kecerdasan intrapersonal yang tinggi, terutama pada kemampuan mengontrol emosi dan kepercayaan diri. Hal ini deisebabkan oleh beberapa faktor yaitu lingkungan dan kemampuan dalam mengenali diri sendiri.
Analisis Pembelajaran Klasikal Semi Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah 10 Surabaya Riska Aroaital Lisa
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2018): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.672 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i1.3609

Abstract

Perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perilaku sosial dan emosional yang diharapkan dari anak pada usia ini ialah perilaku-perilaku yang baik, seperti kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, percaya diri, jujur, adil, setia kawan, sifat kasih sayang terhadap sesama, dan memiliki toleransi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendikskripsikan keterampilan sosial emosional anak yang dikembangkan dengan metode pembelajaran klasikal semi kelompok dan mendikskripsikan faktor penghambat dalam keterampilan sosial emosional anak usia dini melalui pembelajaran semi klasikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, obyek dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran klasikal semi kelompok terhadap perkembangan sosial emosional anak. Dari hasil penelitian diketahui bahwa metode pembelajaran klasikal semi kelompok dapat mengembangkan pembelajaran sosial emosional anak karena di TK Aisyiyah 10 pada awalnya menggunakan kegiatan pembelajaran klasikal dan pada akhirnya mengunakan pembelajaran klasikal semi kelompok, dalam pembelajaran klasikal semi kelompok ini lama-kelamaan anak berubah dalam sikap dan perilakunya dari pada sebelumnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10