cover
Contact Name
Tri Kurniawati
Contact Email
-
Phone
+62811313559
Journal Mail Official
pedagogi@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGI
ISSN : 25990438     EISSN : 2599042X     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS" : 9 Documents clear
Pengembangan Media Flashcard untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Nabilah Nurdina Ramadhani; Khusniyati Masykuroh
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.13896

Abstract

Kondisi lingkungan di Indonesia yang bisa dikatakan sangat kritis akibat ulah perilaku manusia yang berbuat kerusakan di muka bumi. Karakter peduli lingkungan penting untuk diajarkan sejak anak usia dini untuk menumbuhkan nilai-nilai kesadaran lingkungan sebagai upaya untuk mencegah kerusakan alam di sekitar. Dengan menanamkan karakter peduli lingkungan sejak usia dini, diharapkan kelak dewasa mereka menjadi pribadi yang peduli lingkungan dan mampu menjaga bumi dari kerusakan. Keterbatasan media pembelajaran untuk membangun karakter peduli lingkungan di lapangan mendorong peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan media flash card yang membangun karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang melibatkan tahapan-tahapan dengan lima langkah yang terdiri: (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplement, (E)valuate. Penelitian menghasilkan media flash card  yang membangun karakter supaya anak lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dengan mengenalkan perilaku menyayangi binatang, menyayangi tanaman, memilah sampah, menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan barang yang bisa dipakai ulang, mengurangi penggunaan plastik, dan hemat energi. Hasil validasi media flash card yang dilakukan oleh ahli materi menghasilkan skor 90% yang artinya sangat valid. Hasil validasi ahli media menghasilkan skor 81% yang artinya valid, validasi oleh guru menghasilkan skor 86% yang artinya sangat valid, dan hasil validasi oleh orangtua menghasilkan skor 90%. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa flash card tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini.
Pengaruh Tari Giring-Giring Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bereng Bengkel Ibnu Fari Nugroho; Ratno Abidin; Nina Veronica
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.12586

Abstract

ABSTRAK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Tari Giring-Giring Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bereng Bengkel. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental menggunakan Satu Kelompok Pretes-postes design (One Group Pretest-posttest design).    Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bereng Bengkel. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel yang dipilih adalah semua anak kelompok A sebagai kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah guru mendemonstrasikan tari secara langsung kepda anak dan dilakukan pretest juga posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan statistika non-parametrik dan statistik inferensial yaitu uji-wilcoxon. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-wilcoxon T+ sebesar 85> T- 12. Jadi Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tari giring-giring meningkatkan motorik kasar anak kelompok A TK Aisyiyah Bustaul Athfal Bereng Bengkel.
Keterlibatan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Laki-laki dalam Sistem dan Layanan Pendidikan Bagi Anak Usia Dini di Kota Salatiga dan Sekitarnya Dian Maya Andika; Ajeng Ayu Widiastuti
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.13847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan keterlibatan pendidik dan/atautenaga kependidikan laki-laki dalam memberikan layanan pendidikan bagi Anak Usia Dini di lembagaPAUD yang ada di Kota Salatiga dan sekitranya. Hadirnya sosok pendidik laki-laki dalam sistempendidikan anak usia dini akan berpengaruh terhadap pola dan sistem pendidikan itu sendiri serta fungsipengasuhan yang melibatkan sosok ayah. Meski masih diselimuti tantangan, namum hadirnya sosokpendidik laki-laki dapat merefleksikan bagaimana hierarki masyarakat sosial harus mendekonstruksiulang tatanan sosial masyarakat sosial yang adil gender. Lokasi dalam penelitian ini adalah lembagaPendidikan Anak Usia Dini di Kota Salatiga dan sekitarnya. Penelitian menggunakan pendekatankualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancaramendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman melalui tahapan reduksi data,penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pendidikdan/atau tenaga kependidikan laki-laki di lembaga PAUD memiliki peran dalam proses penyelenggaraanpendidikan seperti pada kegiatan pembelajaran, administrasi dan juga majaerial lembaga. Hadirnya parapendidik dan/atau tenaga kependidikan di PAUD yang terdapat di Kota Salatiga dan sekitarnya diterimasecara positif oleh rekan pendidik dan/atau tenaga kependidikan lain , orang tua peserta didik dan jugamasyarakat secara luas.
Upaya Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Permainan Tebak Nama Karakter (Hewan) Pada Anak Usia 6-7 Tahun Di Sd Negeri 2 Suru Nganjuk Anik Anik Purwanti; Ratno Abidin; Naili Sa'ida
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.12461

Abstract

ABSATRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengembangan Bahasa Ekspresif Melalui Permaianan Tebak Nama Karakter Hewan Pada Anak Usia 6-7 Tahun Di SDN 2 Suru Nganjuk. Permaian Tebak Nama Karakter (hewan) ini  menjadi upaya meningkatkan perkembangan dalam bahasa anak usia 6-7 tahun di SDN 2 Suru Nganjuk. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai rata-rata Pretest dan posttest yang mengalami peningkatan, dari 36,94 menjadi 51,25. Setelah dilakukan uji Wilcoxon diperoleh hasil 0,002 yang menunjukan bahwa hasil tersebut  0,05 sehingga hiptotesis dapat diterima, atau dapat dikatakan terdapat pengaruh dari sebelum dan sesudah diberikannya perlakukan yaitu permainan tebak nama karakter hewan. hal ini terlihat dari kemampuan siswa saat berkomunikasi, mereka sudah bisa menggungkapkan ide atau pendapatnya, dan ketika bermain sebagai penebak nama gambar ataupun sebagai peniru karakter dari hewan, anak dapat menunjukkan ekspresi melalui bahasa verbal dan gerakan tubuh dengan baik, serta dapat menggunakan kosa kata kalimat dengan benar dan penuh percaya diri.KATA KUNCI: permaian tebak karakter, bahasa eskpresif, anak usia diniABSTRACT: The purpose of this study is to determine the development of expressive language through the game of guessing the names of animal characters for children aged 6-7 years at SDN 2 Suru Nganjuk. The Guessing the name of Character (animal) game is an effort to improve the language development of children aged 6-7 years at SDN 2 Suru Nganjuk. The method used in this research is quantitative with observation as the data collection techniques. The data are analyzed using Wilcoxon test. The results showed that the average value of the pretest and posttest has increased, from 36.94 to 51.25. After doing the Wilcoxon test, the result is 0.002 which shows that the result is  0.05. It means that the hypothesis can be accepted, or it can be said that there is an influence of before and after the treatment, namely the game of guessing animal character names. This can be seen from the ability of students in communication. They are able to express their ideas or opinions, and when playing as a guesser of picture names or as imitators of characters from animals, children can show expressions through verbal language and body movements as well, and can use vocabulary correctly and confidently.KEYWORDS: Character Guessing Game, Expressive Language, Early Childhood.
Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Enggal Mursalin; Aria Bayu Setiaji
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.10439

Abstract

ABSTRAKKerusakan lingkungan terjadi akibat rendahnya karakter peduli lingkungan, seperti perilaku membuang sampah sembarangan, membakar sampah, merubah lahan hijau menjadi kawasan permukiman, dan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kesadaran masyarakat di Kota Ambon dalam menjaga lingkungan masih sangat rendah. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini yakni meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia dini, melalui pembelajaran sains dengan metode demonstrasi dan praktik langsung. Subjek penelitian yakni 20 anak kelompok B di RA Al Hikmah Kota Ambon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan karakter peduli lingkungan anak usia dini tersebut. Secara rinci, Siklus I sebanyak 10 anak (50%) telah mencapai karakter peduli lingkungan dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Selanjutnya pada Siklus II sebesar 17 anak (85%) berhasil mencapai kategori BSB. Saran yang diberikan merujuk pada hasil penelitian tersebut yakni guru dan sekolah agar lebih intensif melaksanakan pembelajaran sains dalam upaya meningkatkan karakter peduli lingkungan anak.Kata kunci: pembelajaran sains; demonstrasi; praktik langsung; anak usia dini; peduli lingkunganABSTRACTEnvironmental damage occurs due to low human awareness of the environment. Behaviors such as littering, burning garbage, turning green land into housing, and increasing the volume of vehicles, indicate that public awareness in Ambon City in protecting the environment is still very low. This Classroom Action Research aims to improve the environmental care character of early childhood through science learning with demonstration methods and hands-on activity. The research subjects were 20 children in group B at RA Al Hikmah, Ambon City. The results of data analysis show that there is an increase in the character of caring for the environment at this early age. In detail, that 1st Cycle as many as 10 children (50%) have reached the category of BSB for environmental care character. Furthermore, in 2nd Cycle, 17 children (85%) managed to reach BSB category. The advice given refers to the results of the study was teachers and schools to be more intensive in carrying out science learning to improve the character of caring for the environment.Keywords: science learning; demonstration; hands-on activity; early childhood; environmental care
Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Kreasi Bahan Alam Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 6-7 Tahun SDN 15 Segedong Kabupaten Bengkayang Eka Kurniasih
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.12460

Abstract

ABSTRAK.:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Kreasi Bahan Alam Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 6-7 Tahun SDN 15 Segedong Kabupaten Bengkayang. Media wayang kreasi bahan alam ini  menjadi upaya meningkatkan perkembangan dalam bahasa anak usia 6-7 tahun di kelas 1 SD Segedong. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi,dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan yang dianalisis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai Thitung <Ttabel (12<34) dengan taraf signifikan 5% sehingga terdapat Pengaruh Media Wayang Kreasi Bahan Alam Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 6-7 Tahun yang ditunjukkan dengan anak sudah mampu untuk menunjukkan reaksi dari kata baru yang didengarnya,anak mampu menunjukan kosa  kata baru dan anakmenyampaikan pertanyaan dengan gaya bahasa baru. Kemampuan bahasa yang dicapai, anak mampu membawakan cerita dengan menggunakan media tersebut dengan gaya bahasa anak itu sendiri.KATA KUNCI: wayang,bahan alam ,perkembangan bahasa
Hubungan Perkembangan Sosial Emosional Dengan Akhlak Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 Afrizha Trihayatun
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.10284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai hubungan pekembangan sosial dengan akhlak anak usia dini pada masa pandemi covid 19 di Medan. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu meenggunakan teknik observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 mempengaruhi perkembangan anak usia dini. Sebagian besar aspek perkembangan pada siswa PAUD mengalami penurunan seperti pada perkembangan nilai agama dan moral, perkembangan fisik-motorik, perkembangan bahasa, dan perkembangan sosio-emosi. Tingkat penurunan yang cukup besar yaitu dalam aspek fisik-motorik dan sosio-emosional anak. Hal ini karena selama masa pandemi, anak usia dini lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah termasuk kegiatan belajar yang dilaksanakan secara daring. Kesempatan untuk berinteraksi dan bermain dengan teman-teman di sekolah atau di lingkungan rumah menjadi berkurang.
Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Eksperimen Menanam Tomat Untuk Anak Kelompok B Di PAUD Melati Binaan SKB Parepare Novita Ashari; Tri Ayu Lestari; Ummul Khaeriyah; Ruzqiatil Hukm; Wiwi Aprianti; Sadjena Anjani; Hasmiati Hasmiati; Nurul Fatimah
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.13135

Abstract

Tujuan yang ada dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah eksperimen menanam tomat mampu meningkatkan kognitif anak Kelompok B di PAUD Melati Bianaan SKB parepare.. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini ialah peserta didik kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Melati Binaan SKB Parepare sebanyak 16 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pertanyaan atau pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kognitif anak dari eksperimen menanam tomat. Seperti sebelum dilakukan eksperimen sebanyak 8 orang anak yang masih belum mengetahui langkah-langkah menanam tanaman tomat dan setelah eksperimen diberikan jumlah anak yang mengetahui langkah-langkah menanam tomat meningkat sebanyak 16 orang anak. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan eksperimen menanam tanaman tomat meningkatkan kognitif anak-anak kelompok B di PAUD Melati Binaan SKB Parepare.
Pembiasaan Senam Otak Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Adhd Tk Beranda Istimewa Kabupaten Ngawi Fatimatul Lutfiana; Narendradewi Kusumastuti; Nur Dwi Sukmono
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i2.12945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum pembiasaan senam otak untuk meningkakan konsentrasi pada anak ADHD di TK Beranda Istimewa. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 4 anak ADHD di Taman Kanak-kanak (TK) Beranda Istimewa, dengan analisis data adalah teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan senam otak untuk anak ADHD sudah dapat terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat melalui evaluasi yang dilakukan setiap kegiatan senam otak. Pembiasaan senam otak yang dilakukan dengan gerakan-gerakan sederhana sesuai dengan kemampuan anak dapat menstimulasi perkembangan otak, dan meningkatkan konsentrasi belajar pada anak ADHD.

Page 1 of 1 | Total Record : 9