cover
Contact Name
Akhyar Anshori
Contact Email
akhyaransori@umsu.ac.id
Phone
+6282277000285
Journal Mail Official
jurnalinteraksi@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25806955     DOI : https://doi.org/10.30596/interaksi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2017.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi" : 10 Documents clear
Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram Syifaur Rahmah
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5584

Abstract

Media sosial dimanfaatkan oleh para aktor politik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mereka dan membangun image di mata masyarakat. Personal branding yang dilakukan oleh politisi di media sosial akan membentuk persepsi masyarakat akan dirinya dan memudahkan bagi para politisi untuk melakukan komunikasi politik. Ganjar Pranowo merupakan salah satu aktor politik yang aktif menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan masyarakatnya. Instagram menjadi salah satu media sosial yang digunakannya untuk memudahkan komunikasi dua arah dengan masyarakatnya dengan membawa ciri khas yang dimilikinya dan membentuk image tentang dirinya yang kemudian akan memudahkannya dalam melakukan komunikasi politik. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan strategi-strategi personal branding yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo untuk membangun komunikasi politik melalui unggahannya di media sosial Instagram berdasarkan empat strategi pembentukan dan pengembangan personal branding yang terdiri dari determine who you are, determine what you do, position yourself, dan manage your brand dengan menggunakan perspektif fenomenologi. Hasil dari penelitian ini adalah Ganjar Pranowo telah melakukan strategi pembentukan personal branding melalui empat strategi yang sukses membuat Ganjar Pranowo menjadi lebih dekat dengan masyarakat dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap dirinya. Usaha Ganjar Pranowo dalam membangun personal branding melalui media sosial membawa hasil yang memengaruhi image Ganjar Pranowo di mata masyarakat terbukti dengan dipilihnya Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.
Komunikasi Instruksional pada Kelas Akting Online Sanggar Ananda Ari Usman; Devira Nafliyon; Wili ani
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.4620

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran yang terjadi di lembaga-lembaga pendidikan sebenarnya merupakan sebuah proses komunikasi, dimana pengajar berupaya menyampaikan pesan berupa materi ajar kepada siswa atau peserta didik. Komunikasi yang terjadi dalam konteks pembelajaran disebut dengan komunikasi instruksional. Proses komunikasi instruksional sendiri dapat terjadi pada lembaga pendidikan formal maupun non formal. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi instruksional yang berlangsung pada kelas akting online yang diselenggarakan oleh Sanggar Ananda pimpinan Aditya Gumay sebagai sebuah lembaga pendidikan non formal. Kajian dilakukan dengan memberikan perhatian pada aspek metode, media, serta hambatan komunikasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi yang terdiri dari: observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi instruksional pada kelas akting online yang diselenggarakan oleh Sanggar Ananda telah berlangsung dengan baik. Metode instruksional yang diterapkan merupakan gabungan dari metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Adapun media instruksional yang digunakan adalah video materi akting serta grup whatsapp sebagai sarana interaksi antara siswa dengan pengajar. Kata kunci :  komunikasi, instruksional, pembelajaran
Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Bantul Mega Ardina; Erni Saharuddin
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5667

Abstract

Every public institution is obliged to implement the Law No.14/2008 on the openness of public information. The study was aimed at identifying to what extent public institutions in Bantul Regency implement public information openness focusing on dissemination of public information by means of official websites. By using qualitative method, the data collection technique applied in this study included evaluation of the websites content followed by observation and interviews. The analysis was done qualitatively based on the collected data, facts, and informations by sticking to representative searching in order to avoid bias. The data was analyzed through coding ten public institutions websites, followed by interpretation. The study showed that the level of public information openness implementation in Bantul Regency reaches 88.4% which is considered very great. Out of 10 public institutions, two fall into the category of 'good'and reach 77%, five public institutions fall into the category of 'very good' which reach more than 80%, and three institutions reach perfect score (100%) which fall into the category of "very good". It shows that public institutions in Bantul Regency have provided proper facilities and infrastructure for the people to access public information in accordance with the principles of 'the Law on the Openness of Public Information. Keywords: implementation, public information openness, public institutions 
Komunikasi Organisasi Antar Budaya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara Rudianto Rudianto; Akhyar Anshori
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5301

Abstract

This article is based on the background of the condition of organizational communication at the North Sumatra Education Quality Assurance Agency (LPMP) which involves staff with various cultural backgrounds. In particular, the difference between Civil Servants (PNS) who came from Java and those from North Sumatra. The main objective is to find out the patterns of interaction between civil servants from Java and local civil servants in the LPMP North Sumatra environment. This study was conducted through a qualitative method with an interpretive subjective approach in an effort to explain the phenomenon in depth through data collection by interview and observation. Data analysis in the form of inductive narrative through triangulation techniques. The results of this research found that due to differences in cultural backgrounds, civil servants from Java and local civil servants initially experienced problems in interacting. Civil servants from Java experienced a cultural shock in working at the North Sumatra LPMP because they entered a new place with a new culture from their place of origin. In their interactions, there is no marginalization between civil servants from Java and civil servants from Sumatra. Even though there are differences and conflicts, there is no time for exclusion of a civil servant because of his cultural and ethnic background.
Konstruksi Berita Perkosaan Reynhard Sinaga di Tirto dan Tribunnews Sakhnaz Rizki; Fajar Junaedi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5347

Abstract

Kasus-kasus kekerasan seksual khususnya tindak perkosaan selalu menjadi pemberitaan menarik bagi oleh media. Media daring sering mengambil keuntungan dari kejadian mengenaskan tersebut dengan tujuan dengan melakukan umpan klik atau clickbait pada para pengunjung situsnya. Judul berita clickbait kerap menitikberatkan pada subyek, rumor, dan kalimat yang provokatif, bahkan ada yang tidak memiliki nilai berita sama sekali. Tujuan utama penggunaan judul artikel clickbait adalah mengarahkan agar kunjungan pengguna media online semakin meningkat sehingga pendapatan media tersebut bertambah. Penelitian ini berangkat dari fenomena yang sedang menjadi sorotan di awal tahun 2020, yakni tentang pemerkosaan yang melibatkan Reynhard Sinaga, warga negara Indonesia yang berada di Inggris. Diberitakan bahwa pemerkosaan yang dilakukan tersebut merupakan kasus pemerkosaan terbesar di Inggris. Tirto dan Tribunnews, dua media daring terkemuka di Indonesia yang memberitakan kasus perkosaan yang dilakukan Reynhard Sinaga dalam porsi yang berlimpah dengan judul yang umpan klik. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis framing kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah framing dari William A. Gamson dan Andre Modigliani. Temuan penelitian ini menunjukan adanya perbedaan bingkai antara kedua media. Tirto membingkai kasus yang dilakukan Reynhard Sinaga berkaitan dengan latar belakang seksualnya sebagai homoseksual. Sedangkan Tribunnews justru membingkai kasus ini karena dilatarbelakangi orientasi seksual pelaku. Tribunnews bahkan membingkai kasus perkosaan yang dilakukan Reynhard Sinaga berkaitan dengan kehidupan pribadinya. Sebaliknya Tirto justru mendepankan bingkai bahwa saksi dan korban perlu mendapat perlindungan. Framing Tribunnews ini memperlihatkan fenomena umpan klik untuk meraih kunjungan pembaca yang tinggi, demi mendapatkan iklan.
Model Komunikasi: Literasi Informasi “trending topic” untuk Generasi Z fitria avicenna
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5213

Abstract

Penelitian ini melakukan identifikasi pola komunikasi untuk edukasi literasi informasi dengan harapan akan menghasilkan model komunikasi yang tepat guna. Khususnya untuk informasi yang menarik perhatian dan penting bagi orang banyak, sehingga menjadi “trending topic”, dalam hal ini yaitu virus COVID19. Objek penelitian ini adalah Generasi Z, pemuda dengan rentang tahun kelahiran 1995-2005. Sebagai generasi yang terlahir dengan keberadaan internet, atau digital native, Generasi Z berperan dalam penyebaran informasi yang benar. Untuk itu, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan partisipan yang dipilih secara purposive sampling, yaitu siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian Generasi Z melakukan upaya cek ulang informasi yang didapat baik secara aktif maupun pasif. Cek ulang dilakukan dengan mencari informasi serupa di situs lainnya yang dianggap terpercaya, juga menanyakan kepada orang tua, teman dekat, atau pemberi informasi (jika memungkinkan respon balik). Media yang lebih sering digunakan untuk akses informasi adalah media sosial (instagram, youtube, whatsapp grup), mesin pencari (google), dan portal berita. Namun, karena belum semua melakukan cek informasi dan adanya kemungkinan bahwa informasi yang popular atau “trending topic” yang secara massif tersebar seringkali dianggap benar maka pesan pengingat tentang literasi informasi perlu terus disampaikan. Untuk dapat menyampaikan pesan edukasi terkait literasi informasi terhadap Generasi Z, Model Komunikasi harus memperhatikan bentuk, kemudahan akses, dan evaluasi.
Pandemic Corona virus (Covid-19): Twitter Analysis as a Social Media Information Platform in Indonesia Herdin Arie Saputra; Anang Setiawan; Dafrin Muksin
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.4949

Abstract

Social media Twitter as a means of providing information at this time, during the Covid-19 pandemic, the Government's announcement, in this case, the Twitter account from the Ministry of Health of the Republic of Indonesia, will become a public reference. This study uses the Nvivo12 Plus technology application to obtain data. This study reveals the use of social media Twitter about spreading social media information on Twitter with (hashtag) # COVID19, # Covid19Indonesia, and Twitter accounts from the Ministry of Health of the Republic of Indonesia. Qualitative methods are used to find a social media model that is used as a mass communication channel. The data results show that many intense social media campaigns discuss all the impacts of the Coronavirus (Covid-19) and discussions about selling masks and hand sanitizer at relatively high prices. The Ministry of Health's Twitter account provides information related to prevention and motivates the public always to implement social distancing, physical distancing, large-scale social distancing (PSBB), stay at home, don't return home, stay clean, and always wash their hands with soap and hand sanitizer, and use the face mask
Literasi Media Dalam Menangkal Radikalisme Pada Siswa Fadhil Pahlevi Hidayat; Faizal Hamzah Lubis
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5564

Abstract

Saat ini smartphone hampir dimiliki oleh seluruh kalangan masyarakat, dimulai dari anak-anak, remaja, orang tua, bahkan yang sudah usia lanjut pun tetap tidak ketinggalan menggunakan smartphone. Namun penggunaan smartphone tentu saja tidak lepas dari dampak positif maupun dampak negatif bagi penggunanya, terutama bagi pelajar salah satunya tentang radikalisme. Sekolah- Sekolah di Indonesia pada beberapa tahun belakangan ini menjadi sasaran radikalisme. Dengan demikian, diharapkan adanya pemahaman atau pemikiran kritis bagi siswa-siswi sehingga dapat menangkal atau jadi titik awal untuk mematikan isu-isu terkait radikalisme di kalangan pelajar tersebut. Dan yang terpenting pelajar harus meningkatkan cara berpikir yang baik dan bijak serta sangat memerlukan akan literasi media terhadap terpaan informasi-informasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder serta teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan literasi media dalam menangkal radikalisme berada pada level basic dikarenakan pengetahuan, kemampuan menganalisis dan berpikir siswa-sisiwi SMA Nur Azizi masih terbatas.
Representasi Relasi Kuasa Dalam Kelompok Masyarakat Pada Film Tilik Fairuz Arta Abhipraya; Muhammad Iqbal Khatami; Muhammad Hima El Muntaha
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5340

Abstract

This article will explain the representation of power relations over information conducted in social groups which contains group of mothers in a short movie titled Tilik. This article is communication research, because the representation of power relations presented in this short movie can be constructed through scenes in the form of signs that can also be interpreted and analysis. The problem formulation in this article is how the representation of power relations in the short film titled Tilik? Researcher use some literature review in this article such as about representations, power relations over information, and constructiveness in movie, movie as social realities, characters in movie sections, and political agendas depicted in movie. The method used to analysis in this research is Vladimir Propp's narrative method and Michel Foucault's theory of power relations. The power relation that is presented in this short movie is the power over the information that is owned by Bu Tejo to the social groups of mothers who are involved in the movie, this is shown by several parts of the movie that were deliberately selected by the researcher as material for analysis. This study resulted in the conclusion that the representation of power relations is held dominantly by Bu Tejo, because Bu Tejo had information that is not owned by other social groups of mothers. On the other hand, Bu Tejo's power relationship is useful for strengthening social ties and garnering electoral support for her husband in the upcoming local head of village election.
Peran Humas Sebagai Fungsi Publikasi Dalam Mensosialisasikan Kegiatan Survei Seismik Pt Elnusa Tbk Katry Anggraini; nur rachmah wahidah; Unik Desthiani
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v5i1.5612

Abstract

Public relations is the art of helping manage the objectives of an organization, the form of change that is facilitated in the organization, and a picture of philosophy. Public relations as a function of publication which has the ability to inspire everyone in achieving company goals. The activities of PT Elnusa Tbk's seismic survey made the public know and understand these activities. The purpose of this research is to determine the role of Public Relations as a publication function in socializing the seismic survey activities of PT Elnusa Tbk in 2D Selingsing, South Sumatra, to determine the persuasive communication of Public Relations as a function of publications in socializing the seismic survey activities of PT Elnusa Tbk in 2D Selingsing, South Sumatra, and for know the obstacles of PR as a publication function in socializing the seismic survey activities of PT Elnusa Tbk in 2D Selingsing, South Sumatra. This study uses a qualitative descriptive method. Data collected through interviews and field observations. In this research, it is concluded that from research to implementation of socialization activities carried out by the Public Relations of PT Elnusa Tbk have been well planned and carried out, where what is desired from the implementation in publishing PT Elnusa Tbk's seismic survey activities has been achieved. Conduct persuasive communication to communities affected by the seismic survey area in an open manner and door to door for those who are absent. Obstacles faced by PR when disseminating publications are residents who are absent and refuse, causing a long process of publishing the socialization of PT Elnusa's seismic survey in 2D Selingsing, South Sumatra. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10