cover
Contact Name
Yusrawati JR Simatupang
Contact Email
yusrawati090992@gmail.com
Phone
+6285260106663
Journal Mail Official
intankemalasari00@gmail.com
Editorial Address
STKIP Bina Bangsa Getsempena, Jalan Tanggul Krueng Aceh, No. 34, Rukoh, Darussalam, Banda Aceh, 23112
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Penjaskesrek
ISSN : 23550058     EISSN : 25026879     DOI : -
Articles to be published on Penjaskesrek should follow the focus and scope of this journal. The scope of this journal is sports science.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2019)" : 14 Documents clear
PENGARUH MODEL LATIHAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN JUMP SHOOT BOLA BASKET Halim Akbar Hasibuan; Moch. Asmawi; Wahyuningtyas Puspitorini
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.024 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of the Barrier Hop exercise and the Box Jump exercise models and hand eye coordination toward the jump shoot skills of basketball. The research is conducted at Student of Recreation Health and Physical Education UNIMED. This study uses treatment by level 2 x 2. The samples is consisted of 40 student which is divided into four groups. Each group consists of 10 student. The technique of data analysis is two ways analysis of variance (ANAVA) and followed by Tukey's test at significance level of α = 0.05. The results of this study shows that (1) Barrier Hop exercises models has a better effect than Box Jump exercises models toward jump shoot skills of basketball. (2) there is an interaction between Barrier Hop exercises models and Box Jump exercises models and the hand eye coordination toward the jump shoot skills of basketball. (3) Barrier Hop exercises models have a better effect than Box Jump exercises models toward jump shoot skills of basketball on student which have high hand eye coordination. 4) Barrier Hop exercises models have a better effect than Box Jump exercises models toward jump shoot skills of basketball on student which have low hand eye coordination. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model latihan Barrier Hop dan Model Latihan Box Jump dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap keterampilan Jump Shoot Bola Basket. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UNIMED, penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 40 mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing terdiri dari 10 mahasiswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model latihan Barrier Hop memiliki pengaruh yang lebih baik daripada Model Latihan Box Jump terhadap keterampilan Jump Shoot Bola Basket. (2) terdapat interaksi antara model latihan Barrier Hop dan Model Latihan Box Jump dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap keterampilan Jump Shoot Bola Basket. (3) Model Latihan Barrier Hop memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada Model Latihan Box Jump terhadap keterampilan Jump Shoot Bola Basket bagi mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi. (4) Model Latihan Barrier Hop memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada Model Latihan Box Jump terhadap keterampilan Jump Shoot Bola Basket bagi mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah. Kata Kunci: Keterampilan Jump Shoot Bola Basket, Koordinasi Mata Tangan, Model latihan Barrier Hop dan Model Latihan Box Jump
EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA KARATE SATLAK PRIMA TAHUN 2011-2017 Endah Sari Damayanti
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.817 KB)

Abstract

This research is aimed to help the body intituition on this case SATLAK PRIMA who managed the programme of sports atlethe especially Karate National team in order to get the best performance with an existed programme. This study is using description toqualitative methodology dan evaluation. Reasearcher used evaluation methodology with CIPP (Context, Input, Process, and Product). Some issues on this study were unpredictable target that can caused delaying the result of each Karate athelete. Therefore, the achievement is not as predicted. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membantu suatu organisasi dalam hal ini SATLAK PRIMA yang mengelola program latihan atlet khususnya cabang olahraga karate dalam mencapai prestasi setinggi-tingginya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan evaluasi program. Peneliti menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product). Permasalah dalam penelitian ini adalah adanya hal yang tidak terduga dalam proses pembinaan latihan yang menyebabkan proses latihan tidak berjalan dengan rencana yang sudah dibuat. Sehingga target tidak dapat dicapai dengan maksimal. Kata Kunci: Metode evaluasi, satlak prima, model kualitatif
PENGARUH METODE LATIHAN GAYA KOMANDO, GAYA EKSPLORASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PEMAIN BULUTANGKIS CLUB PB FORTUNA PASIR ROKAN HULU, RIAU Lolia Manurizal; Made Armade
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.61 KB)

Abstract

Based on the observations of the researcher in the field showed that the players of PB Fortuna Pasir Rokan Hulu, RIAU when performing smash often fail, moreover method of training was not systematically and ability of player technique was still not perfect. This research aimed to show the influence of Command method, Exploration and emotional intelligence toward smash ability. This research was quasi-experimental research; population of the research was PB Fortuna Pasir Rokan Hulu, Riau totally in 79 students, while the samples of this research were 73 students after was distributed into group, 27% high level of emotional intelligence and 27% low levels of emotional intelligence. The instrument of the research was smash ability tests which gave an opportunity to sample to do ten times smash which purposed to specified boxes and assessed by judge evaluation. After analyzing the data the results of data analysis showed that: 1) there is a difference in group training method between group with command and exploration, (2) there is interaction between training method and emotional intelligence in their influence on smash capabilities, (3) the high level of emotional intelligence, command methods more effective than exploration methods in smash capabilities, (4) furthermore, in the low of learning emotional intelligence, exploration methods is more not effective than command method in smash capabilities. Abstrak Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat bahwa para pemain Club Pb Fortuna Pasir Rokan Hulu, Riau ketika melakukan smash sering kali gagal, selain itu metode latihan belum sistematis dan kemampuan teknik pemain masih belum sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode Komando, Eksplorasi dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan smash. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, populasi penelitian ini adalah pemain Club Pb Fortuna Pasir Rokan Hulu, Riau yang berjumlah 79, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 73 orang pemain, kemudian dilakukan pembagian kelompok 27% tingkat kecerdasan emosional tinggi dan 27% tingkat kecerdasan emosional rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan Smash dimana memberikan kesempatan kepada sampel sepuluh kali melakukan smash dengan tujuan kotak yang telah ditentukan serta dinilai oleh judge. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Metode latihan gaya Komando lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan Smash dari pada metode latihan gaya eksplorasi, (2) Terdapat interaksi antara metode latihan dengan kecerdasan emosional terhadap kemampuan Smash, (3) Pada tingkat kecerdasan emosional tinggi, metode latihan gaya Komando lebih efektif dari pada metode latihan gaya eksplorasi untuk meningkatkan kemampuan Smash, (4) Pada tingkat kecerdasan emosional rendah, metode latihan gaya Eksplorasi tidak efektif dari pada metode latihan gaya Komando untuk meningkatkan kemampuan Smash. Kata Kunci: Pengaruh Metode Latihan, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Smash
MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI METODE BERMAIN Tenten Nurba as; James Tangkudung; Nofi Marlina Siregar; Widiastuti
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.281 KB)

Abstract

The purpose of this research was carried out to find out whether exercise can be used or cannot be used through basketball dribbling skills play improvement method. Students were defeated at the match in Garut and it was caused by a lack of dribbling skills. It can be seen from the students when their dribbling was often stolen by their opponent. The Kemmis and Mc. Taggart design are used as a method of this research. Taggart includes four stages, namely planning, action, observation, and reflection. It consists of several cycles. By this procedure, if one cycle does not reach the target of 80%, then do the second and so on until the cycle has been reached 80%. The results obtained from the data beginning from students who graduated. They are 6 people (30% of all students who follow the extracurricular activities) with the lowest value is 43.8 and the highest value is 81.3. After giving an action on cycle I, then there is an increasement as much as 10 people (50%) with the lowest value is 54.2 and the highest value is 82.3. It meets the standards desired researchers. It continued with a cycle II. The results of the skills tests of dribbling a basketball on cycle II as many as 17 people (85%) who graduated with the lowest value of 72.9 and the highest value of 86.5. Thus, there is an increasement in the exercise with each cycle through the playing method. Because of the cycle II is sued, the target has been reached. Then, the researchers do not continue to research on the next cycle. Thus, it can be concluded that exercise with the playing method can improve the skills of a basketball dribbling at a Junior High School basketball-playing Country 1 Kadungora. Abstrak Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bisa atau tidaknya meningkatkan keterampilan dribbling bola basket melalui metode bermain. Karena siswa mendapatkan kekalahan pada saat pertandingan di Kabupaten Garut dan disebabkan oleh kurangnya keterampilan dribbling, dilihat dari siswa saat menggiring bola sering dicuri oleh lawannya pada saat pengamatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan desain Kemmisd dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Yang terdiri dari beberapa siklus dengan prosedur ini jika siklus kesatu tidak mencapai target sebesar 80%, maka dilakukan siklus kedua dan seterusnya hingga tercapai 80%. Hasil yang diperoleh dari data awal siswa yang lulus sebanyak 6 orang (30% dari keseluruhan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler) dengan nilai terendah 43.8 dan nilai tertinggi 81.3. setelah diberi tindakan pada siklus I maka terdapat peningkatan sebanyak 10 orang (50%) dengan nilai terendah 54.2 dan nilai tertinggi 82.3. dikarenakan belum memenuhi standar yang diinginkan peneliti maka dilanjutkan dengan siklus II. Hasil tes keterampilan dribbling bola basket pada siklus II sebanyak 17 orang (85%) yang lulus dengan nilai terendah 72.9 dan nilai tertinggi 86.5. maka terdapat peningkatan pada setiap siklus dengan latihan melalui metode bermain. Karena pada siklus II target keberhasilan telah tercapai maka peneliti tidak melanjutkan penelitian pada siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layihan dengan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan dribbling bola basket di ekstrakurikuler bola basket SMP Negeri 1 Kadungora. Kata Kunci: Bola Basket, Dribbling, Metode Bermain
MODIFIKASI ALAT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TOLAK PELURU Haris Suharyan; Widiastuti; Samsudin
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.353 KB)

Abstract

This study aims to determine the improvement of bullet skills of students of SMAN 4 Pandeglang in sports loads using tool modifications. This study uses the action research method model Kemmis and Mc. Taggart with 4 stages, namely the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The instrument used in this study was a bullet resistance skill test and observation. The results of tool modification studies can improve student bullet resistance skills. Students who passed the KKM test of the bullet repulsion skills of the students in the first cycle were as many as 20 people (56%) from the pre-cycle only 8 people (22%). Furthermore, the results of the bullet rejecting skill test in the second cycle were 30 people (83%). Thus the modification of the tool can improve students' bullet resistance skills. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan tolak peluru siswa SMAN 4 Pandeglang dalam muatan olahraga menggunakan modifikasi alat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes keterampilan tolak peluru dan observasi. Hasil penelitian modifikasi alat dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa. Siswa yang lulus KKM tes keterampilan tolak peluru siswa tindakan siklus I adalah sebanyak 20 orang (56%) dari prasiklus hanya 8 orang (22%). Selanjutnya, hasil tes keterampilan tolak peluru pada siklus II adalah 30 orang (83%). Dengan demikian modifikasi alat dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa. Kata Kunci: Modifikasi alat, Keterampilan Tolak peluru, Penelitian Tindakan
PENGEMBANGAN KARTU PENGUKUR KOMPETENSI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PJOK DI KECAMATAN TAEBENU KABUPATEN KUPANG Soni Frenki Tamonob
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.407 KB)

Abstract

The purpose of this research was to develop and produce a product in the form of a card measuring the competence of middle school students First to the study of physical education of sports and health in Kupang Regency Taebenu. These products cover all core competencies and competency of the basic subjects of physical education of sports and health of the junior high school level. This study refers to the model of research and development (researh and development). As a percentage of the engineering analysis techniques of data analysis. The results of the validation study one and two experts showed that the products were worth tested cobakan. Field trial results one and two indicate that measuring the competence card products middle school students First to the study of physical education of sports and health in Kupang Regency Taebenu worth to. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa kartu pengukur kompetensi siswa Sekolah Menengah Pertama pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. Produk tersebut mencakup seluruh kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan (researh and development). Teknik analisis presentase sebagai teknik analisis data. Hasil validasi ahli pembelajaran satu dan dua menunjukan bahwa produk tersebut layak diuji cobakan. Hasil uji coba lapangan satu dan dua menunjukan bahwa produk kartu pengukur kompetensi siswa Sekolah Menengah Pertam pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang layak untuk digunakan. Kata Kunci: Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Evaluasi, Penilaian, dan Pengukuran
ANALISIS INDEKS PEMBANGUNAN OLAHRAGA WARGA KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR Irfandi
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.732 KB)

Abstract

The purpose of this research is to analyze the Sports Development Index of the Residents of the City of Banda Aceh and Aceh Besar, which are divided into Four (4) Subdistricts which are scattered: Kuta Radja Subdistrict, Kuta Alam District, Syiah Kuala District, and Baitussalam District, using regression dependent variable Sports Development Index. The study was tested using data in 2015, 2016, 2017 and 2018. There were several variables tested, the data was processed using the panel method including: human resources (District of KutaRadja 40), (District of Kuta Alam 34), and ( Syiah Kuala District as many as 18). While green open spaces: (Kuta Radja District 11,651 m2), (Kuta Alam District 15,476 m2), (Syiah Kuala District 7,985 m2) and District Baitussalam (17,985 m2)). Meanwhile the overall level of community participation shows the figures: (Kuta Radja Subdistrict 1321), (Kuta Alam Subdistrict 1784), (Syiah Kuala District 723) and (District 1933). So, from the results of this research indicate that the Sports Development Index of the citizens of Banda Aceh and Aceh Besar cities spread in four sub-districts in the three domains is still relatively low when compared to several other large cities in Indonesia. Abstrak Tujuan riset ini untuk menganalisis Indeks Pembangunan Olahraga Warga Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, yang terbagikedalamEmpat (4) Kecamatan yang tersebar diantaranya: Kecamatan Kuta Radja, Kecamatan Kuta Alam, Kecamatan Syiah Kuala, dan Kecamatan Baitussalam, yakni dengan menggunakan regresi panel data variabel dependen Indeks Pembangunan Olahraga. Penelitian yang diuji dengan menggunakan data pada tahun 2015, 2016, 2017dan 2018. Terdapat beberapa variabel yang diuji, data diolah yakni dengan menggunakan metode panel diantaranya: sumber daya manusia (Kecamatan KutaRadja40), (Kecamatan Kuta Alam34), dan (Kecamatan Syiah Kuala sebanyak 18). Sementara ruang terbuka hijau: (Kecamatan Kuta Radja11, 651 m2), (Kecamatan Kuta Alam 15,476 m2), (Kecamatan Syiah Kuala 7,985 m2) dan Kecamatan Baitussalam (17,985 m2)). Sementara itu juga angka tingkat partisipasi masyarakat secara keseluruhan menunjukkan pada angka: (Kecamatan Kuta Radja 1321), (Kecamatan Kuta Alam 1784), (Kecamatan Syiah Kuala 723) dan (Kecamatan 1933). Maka, dari hasil riset ini menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Olahraga Warga Kota Banda Acehdan Aceh Besar yang tersebar di empat kecamatan dalam tiga ranah tersebut masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan beberapa Kota besar lainnya yang ada di Indonesia. Kata Kunci: Pembangunan, olahraga, partisipasi, rendah
MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLING FUTSAL MELALUI METODE BERMAIN Yandri Driyana Firmansah; Hernawan; Aan Wasan; Widiastuti
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.317 KB)

Abstract

This research was conducted to see the improvement of futsal dribbling skills at the MTs Daarul U'luum PUI Majalengka School through playing methods. This study uses Action Research method (action research). The penetlitian model of action used is the Kemmis and Mc model. Taggart with 4 processes, namely process (1) Planning, (2) Implementation of Action, (3) Observation or Observation, and (4) Reflection. This research was carried out at MTs Daarul U'luum PUI, Majalengka District, Majalengka District. The subjects of this study amounted to 30 students. The instrument used in this study is a test and observation instrument. The results of the assessment of futsal dribbling skills in the initial data were around 26% of students who achieved the KKM score. In Cycle I researchers applied a play method to improve futsal dribbling skills. The result is around 60% of students who achieve KKM scores. In the second cycle there is an increase in students who scored above the KKM approximately 83.33% of students. In this cycle is said to be successful because 80% of the number of students already meet the KKM. Results Performance Researchers in the first cycle, obtained a percentage of about 93.75, in cycle II, researchers get 100 percent. Student activity on the first cycle, earn a percentage 76,6% is quite good, while in cycle II, students' activities to increase with the percentage to 93.33% are very good. Thus it can be concluded that the method of play can improve the skills of futsal dribbling. Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatkan keterampilan dribbling futsal di Sekolah MTs Daarul U’luum PUI Majalengka melalui metode bermain. Penelitian ini menggunakan metode Action Research (penelitian tindakan). Model penetlitian tindakan yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 proses yaitu proses (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi atau Pengamatan, dan (4) Refleksi.Penelitian ini dilaksanakan di MTs Daarul U’luum PUI Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan observasi.Hasil penilaian keterampilan dribbling futsal pada data awal sekitar 26% siswa yang mencapai nilai KKM.Pada Siklus I peneliti menerapkan metode bermain untuk meningkatkan keterampilan dribbling futsal.Hasilnya sekitar 60% siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus II terdapat peningkatan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sekitar 83,33% siswa. Pada siklus ini dikatakan berhasil dikarenakan sudah 80% dari jumlah siswa sudah memenuhi KKM..Hasil Kinerja Peneliti pada siklus I, memperoleh persentase sekitar 93,75, pada siklus II, peneliti memperoleh persentase 100. Hasil aktivitas siswa pada siklus I, memperoleh perentase 76,6% tergolong baik, sedangkan pada siklus II, aktivitas siswa memperoleh peningkatan dengan persentase menjadi 93,33% tergolong sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat meningkatkan keterampilan dribbling futsal. Kata Kunci: bermain, keterampilan dribbling, futsal
PENGEMBANGAN KARTU PENGUKUR KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SMA KECAMATAN LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR NTT Yeremias Mamu Sare
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.288 KB)

Abstract

The aim to be achieved in this study is to develop and apply a measurement card for the competence of Senior High School students in PJOK learning and result a product the form of an appropriate student’s competence measurement card in accordance to the needs touse by PJOK Teacher This research is the development research of (research and development) research Brog and Gall which has ten stages of researches. Based on the results of the study, shows that the early field trial, it was obtained the value of 92.6% in very good categories(valid) and the results of the operational field test, and obtained a score of 81.9% in good categories. It can be concluded that the development ofthe card measuring student’s competence in the learning process of PJOK in Senior High School is feasible to be used as very good categories and can be used as an item to help teacher toapply student’s competency measurement card in the PJOK learning process in SMA at LarantukaSub Districts- East Flores Regency. Abstrak Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan kartu pengukuran kompetensi siswa SMA pada pembelajaran PJOK serta menghasilkan sebuah produk berupa kartu pengukuran kompotensi siswa yang layak sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan oleh Guru PJOK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) Brog and Gall yang memiliki sepuluh langka penelitian. Berdasarkan hasil peneltian menujukan pada uji coba lapangan awal didapatkan nilai dalam kategori sangat baik (valid) dan hasil ujian lapangan oprasional dan didaptkan dalam kategori sangat baik.Kesimulan dalam penelitian ini adalah melihat hasil data di atas maka dapat disimulkan bahawa pengembangan kartu pengukuran kompetensi siswa dalam proses pembelajaran PJOK di SMA layak untuk digunakan (valid) dalam kategori baik sekali dan dapat digunakan sebagai alat untuk membantu guru untuk mengunakan kartu pengukuran kompetensi siswa dalam proses pembelajaran PJOK di SMA Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur. Kata Kunci: Kartu Pengukuran, Kompetensi siswa SMA, Guru PJOK SMA,Kec Larantuka Kab Flores Timur
MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA FLOP PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA M. Hariadi Hidayat; Firmansyah Dlis; Iman Sulaiman
Jurnal Penjaskesrek Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.374 KB)

Abstract

The aim of this research and development is to produce the Flop Style High Jump learning model for junior high school students. This research uses research & development (R & D) research methods from Borg and Gall. The subjects in this research and development are Jakarta Junior High School students, which consist of 20 limited testing students (small group trials), 40 main trial athletes (field testing) and 50 Test effectiveness models. The stages in this study were: (1) needs analysis, (2) model development planning, (3) expert judgement, (4) limited testing (small group trials), (5) main trials (large group / field trials), (6) effectiveness testing. Effectiveness testing using the High Jump Style Flop motion assessment test to determine the level of high jump ability in the flop style of junior high school students, before and after the treatment of the flop style high jump learning model. From the preliminary tests performed, the average flop style jump learning average was 42.47, then after being given treatment in the form of a flop style high jump learning model, the flop style high jump level was 83.75. Then the flop style high jump learning model is effective in improving flop style high jump learning for junior high school students. Based on the results of the development, from the results of field trials and discussion of research results it can be concluded that: 1) With this flop style high jump learning model, students can learn and carry out learning effectively and efficiently. 2) With the flop style high jump learning model material that researchers have developed, students can understand theory material and high jump practice quickly and correctly. Abstrak Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Flop untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa SMP Jakarta, yang terdiri dari 20 siswa uji coba terbatas (uji coba kelompok kecil), 40 atlit uji coba utama (field testing) dan 50 Uji efektifitas model. Tahapan dalam penelitian ini adalah: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan model, (3) evaluasi ahli, (4) ujiobaterbatas (ujicoba kelompok kecil), (5) ujicobautama (ujicoba kelompok besar/lapangan), (6) ujicoba efektivitas. Ujicoba efektivitas menggunakan tespenilaian gerak Lompat Tinggi Gaya Flop untuk mengetahui tingkat kemampuan lompat tinggi gaya flop siswa SMP, sebelum dan setelah perlakuan model pembelajaran lompat tinggi gaya flop. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh rata-rata pembelajaran lompat tinggi gaya flop sebesar 42,47, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran lompat tinggi gaya flop diperoleh tingkat lompat tinggi gaya flop sebesar 83,75. Maka model pembelajaran lompat tinggi gaya flop ini efektif dalam meningkatkan pembelajaran lompat tinggi gaya flop untuk siswa SMP. Berdasarkan hasil pengembangan, dari hasil uji coba lapangan dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Dengan model pembelajaran lompat tinggi gaya flop ini, siswa dapat mempelajari dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. 2) Dengan materi model pembelajaran lompat tinggi gaya flop yang telah peneliti kembangkan, siswa dapat menguasai materi teori dan praktik lompat tinggi dengan cepat dan benar. Kata Kunci: Pengembangan, Model, Pembelajaran,Lompat Tinggi Gaya Flop

Page 1 of 2 | Total Record : 14