cover
Contact Name
Yusrawati JR Simatupang
Contact Email
yusrawati090992@gmail.com
Phone
+6285260106663
Journal Mail Official
intankemalasari00@gmail.com
Editorial Address
STKIP Bina Bangsa Getsempena, Jalan Tanggul Krueng Aceh, No. 34, Rukoh, Darussalam, Banda Aceh, 23112
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Penjaskesrek
ISSN : 23550058     EISSN : 25026879     DOI : -
Articles to be published on Penjaskesrek should follow the focus and scope of this journal. The scope of this journal is sports science.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2022)" : 5 Documents clear
PERBEDAAN PERCEPATAN RECOVERY BERDASARKAN PERBEDAAN NADI TINGGI DAN RENDAH Y. touvan Juni samodra; Uray Gustian; Isti Dwi Puspita Wati; Eka Supriatna
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i1.1695

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas capaian recovery orang yang memiliki nadi awal latihan tinggi dibandingkan dengan nadi yang lebih rendah. Rentang nadi rendah dibawah 65 per-menit dan nadi tinggi di atas 65 per menit. Sampel terdiri dari 22 mahasiswa. Dengan masing masing kelompok 11 masuk tinggi dan 11 masuk rendah. Penelitian dilakukan dengan pemberian perlakuan permainan bola basket man to man. Sebelum dan sesuah bermain dilakukan pengukuran denyut nadi. 1 jam setelah istirahal dilakukan pengukurang denyut nadi ulang. Analissi data menggunakan uji beda sampel bebas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa yang sebelum latihan telah memiliki denyut nadi tinggi ternyata setelah selah 1 jam berhenti bermain denyut nadi masih lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memulai bermain dengan denyut nadi yang lebih rendah. Dengan rerata awal 56 menjadi 57 untuk kelompok rendah dan 83 menjadi 86 pada kelompok denyut nadi tinggi..
PENGEMBANGAN ALAT UKUR KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL Mansur Mansur; Maimun Nusufi; Tuti Sarwita
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i1.1742

Abstract

Pengembangan alat ukur ini didasari atas kebutuhan akan tes keterampilan dasar futsal yang ideal dalam rangka membantu guru untuk evaluasi pembelajaran PJOK dan pelatih futsal dalam mengevaluasi latihan untuk pencapaian prestasi. Selain itu, karena usia subjek penelitian berkisar pada tataran mahasiswa maka termasuk pembelajaran futsal di perguruan tinggi juga dapat digunakan untuk evaluasi tingkat keterampilan dasar futsal mahasiswa. Penelitian ini merancang alat ukur tes keterampilan dasar futsal untuk pemain usia 16-22 tahun dengan tujuan untuk menghasilkan bentuk tes keterampilan dasar futsal melalui pengukuran menggiring (dribbling), kemampuan menghentikan dan mengoper bola (stop passing), dan menendang kegawang (shooting). -Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan konstruksi alat ukur tes keterampilan dasar futsal yang memiliki validitas dan reliabilitas tinggi untuk dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran dan latihan olahraga prestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan prosedur merencanakan pengembangan produk yang akan dikembangkan dan mengembangkan jenis/model produk awal untuk pemain futsal usia 16-22 tahun yang berdomisili di provinsi Aceh sebanyak 50 kelompok kecil dan 150 pemain untuk uji coba kelompok besar dan 300 pemain uji coba massal. Pengujian validasi konstruksi instrumen dilakukan oleh 3 orang validator masing-masing keahlian. Proses pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan pengukuran tingkat keterampilan dasar futsal pemain dengan alat ukur yang dirancang. Data dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata, mencari nilai standar deviasi, menguji validitas, reliabilitas menggunakan uji test-retest, dan menguji objektivitas alat ukur hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validasi ahli melalui tanggapan kelayakan instrumen yang terdiri dari keterampilan dasar dribbling, stop passing dan shooting diperoleh nilai rata-rata 4,34 dengan kategori baik, dan nilai rata-rata dari tanggapan pemain sebanyak 4,27 juga berada pada kategori baik. (2) hasil validitas uji coba lapangan dengan analisis faktor kelompok kecil eigen values >1. Dengan demikian uji validitas instrumen dinyatakan valid karena hanya satu faktor yang dihasilkan. (3) Hasil uji reliabilitas dengan uji test-retes atau korelasi antar kelompok yang sama untuk dua kali percobaan menunjukkan hasil yang konsisten dengan nilai hitung di atas 0,70, sehingga dapat dikatakan bahwa alat ukur reliabel atau tetap akan menghasilkan nilai relatif yang sama meskipun dilakukan pada waktu yang berbeda. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah terkontruksinya alat ukur tes keterampilan bermain futsal pemain usia 16-22 tahun yang terpercaya.
ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KOLAM RENANG LUMBAN TIRTA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN Winata Praja; Farizal Imansyah; Ilham Arvan
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i1.1762

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen pengelolaan sarana Kolam Renang Lumban Tirta di Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif,Pada pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perencanaan pada Pengelolaan ini yaitu manajemen pengorganisasian, pengelolaan, penggerakan, pengelolaan, manajemen pengawasan dan evaluasi pada pengelolaan Kolam Renang Lumaban Tirta di Provinsi Sumatra Selatan ini merupakan kontruksi buatan yang dirancang untuk diisi dengan air dan di gunakan untuk berenang, menyelam, atau aktivitas air lainnya serta kolam renang biasanya tempat yang dicari untuk melepas penas, gerah, lelah yang dapat menyenangkan .Selain itu kolam renang dapat dijadikan suatu objek wisata air yang ramai di kunjugi orang dari semua kalangan baik orang dewasa, remaja , bahkan anak-anak. Sarana dan prasarana yang ada di kolam renang lumban titra di provinsi sumatera selatan saat ini terbilang cukup dan memadai sepertikolam renang yang memiliki air yang bersih, adannya balok start, lintasan kolam renang, terdapat ruang ganti pakaian, toilet, tempat parkir yg telah di sedikan olah pihak kolam renag, dan juga tempatuntuk istirah setelah renang yang cukup bagus serta memiliki tempat makan yang terbilang nyaman untuk para pengunjung untuk membeli makanan. Manajemen pengorganisasian pengelolaan kolam Renang Lumban Tirta di Provinsi Sumatera Selatan yaitu pada struktur organisasi dibawahi langsung oleh biro umum dan perlengkapan sekda provinsi sumatera selatan sehingga untuk struktur organisasinya sangatlah jelas dalam system manajemen yang baik. Manejemen pergerakan pada pengellaan kolam renang lmban tirta di provinsi sumatera selatan pada mekanisme kerja yang diterapkan yang dijalankan dengan sangat baik halini dilihat pada proses pelaksanaan tugas masing masing karyawan seperti kedisiplinan karyawan dan terus meningkatkan kualitas layanan kolam dengan brkordinasi dengan pihak pemerintah terkait hal- hal yang berhubungan dengan kolam renang. Manajemen pengewasan dan evaluasi pada pengelolaan kolam renang lumban tirta di provinsi sumatera selatan ini pada evaluasi program kerja dilakuakan pada rapat tahunan sedangkan evaluasi kinerja karyawan dilakukan sebelum dan setelah karyawan selesai melaksanakan tugas masing masing. Abstract The purpose of this study was to analyze the management of Lumban Tirta Swimming Pool facilities in South Sumatra Province. This research is a type of qualitative descriptive research. The data collection used in this research is observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the planning management in this management, namely the management of organizing, managing, mobilizing, managing, monitoring and evaluating management in the management of the Lumaban Tirta Swimming Pool in South Sumatra Province is an artificial construction designed to be filled with water and used for swimming, diving, or other water activities and swimming pools are usually places you look for to unwind, hot, tired which can be fun. In addition, the swimming pool can be used as a water tourism object that is crowded with people from all walks of life, both adults, teenagers, and even children. -child. The existing facilities and infrastructure at the Luban Titra swimming pool in the province of South Sumatra are currently quite adequate, such as a swimming pool that has clean water, the presence of a starting beam, a swimming pool track, a changing room, toilets, a parking area that has been provided for exercise. the swimming pool, and also a place to rest after swimming which is quite good and has a fairly comfortable dining area for visitors to buy food. The organizational management for the management of the Lumban Tirta Swimming Pool in the Province of South Sumatra is in the organizational structure directly under the general bureau and the equipment of the regional secretary of the province of South Sumatra so that the organizational structure is very clear in a good management system. Movement management in the management of the lmban tirta swimming pool in the province of south sumatera on the work mechanism that is implemented very well, this can be seen in the process of carrying out the duties of each employee such as employee discipline and continuing to improve the quality of pool services in coordination with the government regarding matters related to the swimming pool. Management supervision and evaluation on the management of the Lumbar Tirta swimming pool in the province of South Sumatra, the evaluation of the work program is carried out at the annual meeting, while the evaluation of employee performance is carried out before and after the employees finish carrying out their respective duties
STANDARISASI SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA ANGGAR DI BANDA ACEH Zahara; Abdurrahman; Muhammad Dhimas Mahendra
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i1.1764

Abstract

Sarana dan prasarana cabang olahraga anggar sangat dibutuhkan untuk menunjang prestasi, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Standarisasi sarana dan prasarana olahraga Anggar di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 24 atlet dan 2 pelatih, hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil angket mengenai Standarisasi Sarana dan Prasarana Olahraga Anggar Banda Aceh yang penulis peroleh dengan rata-rata sebesar 72,2% atau dikatakan lebih dari setengah responden (Atlet Anggar Binaan Pengcab Ikasi Banda Aceh) menyatakan bahwa sarana dan prasarana olahraga Anggar di Banda Aceh dalam kategori baik dan layak digunakan yaitu gedung Hall Anggar sebesar 210 m2 , Hall Anggar dilengkapi oleh lahan Parkir, 2 kamar mandi yang layak, namun tidak memiliki mushola, untuk prasarana seperti Loper Hall anggar memiliki 2 loper, untuk rolling/recording ada 4, baju anggar 16 dan dalam kondisi yang layak digunakan, untuk senjata yang dimiliki sebanyak 24, jumlah layak pakai sebanyak 17 dan 7 tidak layak pakai, Metallic Anggar ada sebanyak 2 dengan kondisi yang baik dan sesuai standar untuk pertandingan dan juga latihan, Masker Anggar yang disediakan ada 11 namun sebagian perlu penambahan lagi, Body Protector biasanya hanya dimiliki oleh wanita saja Hall anggar menyediakan sebanyak 6 untuk chest wanita, Boneka Poppy yang disediakan sebanyak 2 dan sangat layak digunakan untuk melatih tusukan dan sasaran, Sepatu anggar sendiri tidak disediakan hall anggar biasanya para atlet memakai sepatu Sport biasa untuk berlatih. Abstract Fencing sports facilities and infrastructure are needed to support achievement. The purpose of this study is to determine the standardization of fencing sports facilities and infrastructure in Banda Aceh. This study uses a qualitative approach. Data collection techniques are questionnaires and documentation techniques. The subjects of this study consisted of 24 athletes and 2 coaches, the results in this study indicate that the results of the questionnaire regarding the Standardization of Facilities and Infrastructure for Banda Aceh Fencing Sports that the authors obtained with an average of 72.2% or more than half of the respondents (Guided Fencing Athletes) Pengcab Ikasi Banda Aceh) stated that the facilities and infrastructure for sport fencing in Banda Aceh were in a good category and suitable for use, namely the fencing hall building of 210 m2, the fencing hall equipped with parking space, 2 proper bathrooms, but no prayer room, for infrastructure such as The Fencing Loper Hall has 2 lopers, for rolling/recording there are 4, fencing clothes are 16 and in a condition that is suitable for use, for weapons owned are 24, the number is suitable for use and 7 is not suitable for use, Metallic Fencing there are as many as 2 with good conditions. good and according to standards for matches and also practice, there are 11 fencing masks provided but some need to be added Moreover, Body Protectors are usually only owned by women. The fencing hall provides as many as 6 for women's chests, 2 Poppy Dolls are provided and are very suitable to be used for practicing punches and targets, Fencing shoes themselves are not provided. Fencing halls usually athletes wear regular sports shoes. to practice.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TEKNIK DASAR RENANG PEMBELAJARAN PENJASORKES SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KUDUS Abdullah Efendi
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i1.1825

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan sebuah produk Software multimedia pembelajaran berupa CD (Compact Disc) dan buku sabagai panduan operasionalnya untuk pembelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan, sesuai tahapan-tahapan, sehingga menghasilkan multimedia pembelajaran yang berkualitas. 2) Menghasilkan multimedia sebagai sumber belajar baik bagi guru maupun siswa. Prosedur yang digunakan meliputi beberapa tahapan: 1) pendahuluan identifikasi kebutuhan dan menentukan materi, 2) pengembangan desain pembelajaran (identifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar), 3) identifikasi (karakteristik siswa, analisis pembelajaran, pengembangan butir tes, menyusun strategi pembelajaran dan menetapkan evaluasi), 4) pengembangan desain produksi, evaluasi dan revisi. Setelah melalui produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media tahap ini merupakan evaluasi tahap I. kemudian produk yang sudah direvisi divalidasi kembali oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan evaluasi tahap II selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa SMP N 2 Undaan Kudus, siswa MTs N 2 Kudus, MTs Tamrinut Thullab, SMP N 1 Undaan, MTs N 1 Kudus di Kabupaten Kudus. Data dikumpulkan melalui angket , dan wawancara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai revisi produk. Hasil penelitian menunjukan Validasi oleh ahli materi secara keseluruhan yaitu aspek kualitas pembelajaran dan aspek isi materi adalah “ baik “ dengan rerata 3,6 skor. Penilaian ahli media pada produk adalah “baik” dengan rerata skor 3,7 pada uji coba kelompok kecil penilaian siswa adalah “baik” dengan rerata skor 4,2. Pada uji coba kelompok besar penilaian siswa adalah “sangat baik “ dengan rerata skor 4,3. Simpulan dalam penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia teknik dasar renang pembelajaran penjasorkes Sekolah Menengah Pertama yang layak digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu dapat digunakan sebagai sumber belajar interaktif yang dapat membantu siswa belajar mandiri. Abstract The purpose of this study development to produce: 1) software multimedia learning Compact Disc and book for operational guidelines physical education, study and health learning appropriate, so that result in multimedia quality learning. 2) Designation produce multimedia as learning resource for both teachers and students.The procedure Research and Development design used stages : preliminary identification of needs and determine the material, development of learning design (standart identification competence and basic competence, identification characteristics of student, learning analysis, developing of test items, learning strategy and establish evaluation), development of product design, evaluation and revision. After the initial product generated through the production of which is validated by experts of material and media experts this stage is an evaluation of the first phase, later revised products validated by expert content and media expert evaluation of second phase which is subsequently tested products to students through the trial phase of small group and large group. The subject of trial were junior high school student in SMP N 2 Undaan Kudus, siswa MTs N 2 Kudus, MTs Tamrinut Thullab, SMP N 1 Undaan, MTs N 1 Kudus, Kudus district. Data were collected through questionnaires and interviews. Data in the form of assessment of the quality product, suggestions for product improvement and other qualitative data. Quantitative data were analyzed with descriptive statistics. Advices obtained were used as product revision. The result of this research was validation by expert material that aspect of the quality of teaching and the content of the material aspect “good” with mean 3,6 scores. Media expert assessment of the product was “good” with mean 3,7 scores the small group trial was “good” assessment of students with a mean score of 4,2. The assessment test on large group of students was “very good” with mean score of 4,3. The conclution in this development research is produce multimedia learning basic techniques product of swimming sports physical education and health Junior High School fit for use in the process of teaching and learning activities. Other than it can be used as an interactive learning resources that can help students learn independently.

Page 1 of 1 | Total Record : 5