cover
Contact Name
Muhammad Bambang Firdaus
Contact Email
bambangf@fkti.unmul.ac.id
Phone
+6282352158682
Journal Mail Official
jurti.unmul@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 2580667X     EISSN : 25798790     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Merupakan sarana bagi peneliti di bidang informatika untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya. Dengan periode terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Bernaung di bawah Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) Universitas Mulawarman, dimana Dewan Redaksi Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) terdiri dari Dosen Teknik Informatika dalam bidang konsentrasi yang beragam antara lain yaitu Kecerdasan Buatan, Rekayasa Perangkat Lunak, Komputasi, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia dan sebagainya yang relevan terhadap disiplin ilmu Teknik Informa
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)" : 12 Documents clear
Evaluasi Aplikasi Ruang Guru Menggunakan Model UTAUT2 dan Model Kesuksesan DeLone and McLean Celine Aloyshima Haris; Bambang Soedijono WA; Asro Nasiri
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.475 KB) | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.3043

Abstract

Penggunaan smartphone semakin dianggap sangat penting dalam menunjang kebutuhan hidup. Bahkan anak-anak dan remaja maupun guru-guru di sekolah saat ini menggunakan smartphone untuk berkomunikasi hingga mengerjakan tugas. Hal ini merupakan peningkatkan dari pemanfaatan internet dan smartphone sebagai sarana pendidikan. Lembaga bimbingan online salah satunya Ruang Guru sudah menuju kearah pendidikan digital, dengan pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat smartphone yang dapat memudahkan siswa-siswi sekolah dalam mengakses materi pembelajaran.  Dalam penelitian ini mengevaluasi aplikasi ruang guru menggunakan model Unified Theori of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan model kesuksesan DeLone and McLean. Data yang digunakan sebanyak 100 responden siswa dan siswi SMP dan SMA di Kota Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian, dari variabel-variabel yang digunakan terdapat pengaruh variabel dengan tingkat hubungan yang sedang dan lemah terhadap niat penggunaan aplikasi ruang guru.
Sistem Pakar Identifikasi Hama Tanaman Buah Naga Arfa’ Yunida Nurhafizhah; Joan Angelina Widians; Edy Budiman
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.999 KB) | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.4035

Abstract

Buah naga termasuk buah yang unik karena dihasilkan oleh kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus . Buah Naga merupakan salah satu buah yang memiliki prospek bisnis yang tinggi di Indonesia maupun di mancanegara.. Dalam budidaya tanaman buah naga, tidak lepas dari berbagai tantangan, termasuk hama yang menyerangnya. Dalam proses mengidentifikasi hama yang menyerang tanaman buah naga diperlukan seorang pakar dalam bidang Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan. Ketika pakar tidak ada, maka dibutuhkan suatu sistem pakar yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai gejala serangan, hama dan pengendaliannya. Metode penelitian ini adalah Certainty Factor. Hasil dari penelitian ini didapatkan 7 (tujuh) hama yang menyerang tanaman buah naga di Kalimantan Timur yaitu bekicot (Achatina fulica), kutu putih (Mealybugs), burung (Aves), lalat buah (Bactrocera papayae), tungau (Tetranychus sp.), kumbang (Hypomeces squamosus) dan belalang (Aularches miliaris).
Sistem Informasi Manajemen Data Personal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Jamaludin Jamaludin; Edy Budiman; Pohny Pohny
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.5005

Abstract

Dalam merancang dan menginplementasikan sebuah sistem informasi manajemen data personal mahasiswa yang berkaitan dengan perancangan sistem pengelolahan data personal mahasiswa sesuai dengan prosedur di FKTI UNMUL dengan menghasilkan suatu sistem pengelolahan data persol mahasiswa yang cepat dan akurat sekaligus dapat membantu dalam menentukan mahasiswa berprestasi, mahasiswa penerima beasiswa serta mudah untuk di teliti dan di perbaharui setiap terjadi perubahan. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi literature dalam pengumpulan data. Pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Pemodelan analisis dan desain menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databases server MySQL. Metode pengujian menggunakan pengujian black box. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi berbasis website yang dapat memudahkan pegawai dan mahasiswa dalam proses pendataan data personal, sehingga dapat lebih mudah di gunakan dan di olah ketika di perlukan
Komparasi Algoritma Sequential Searching dan Interpolation Searching Pada Studi Kasus Pencarian Data Tilang Pengadilan Negeri Samarinda Rizaldi Rizaldi
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.5104

Abstract

Pengadilan negeri membutuhkan data pelanggaran yang dikeluarkan oleh kepolisian untuk membuat jadwal sidang dari setiap masyarakat yang terkena tilang oleh pihak kepolisian. Untuk mempermudah masyarakat mencari data sidang, maka dibutuhkan metode pencarian data (searching) yang akurat dan efisien. Oleh karena itu, terdapat dua metode pencarian data yang dapat membuat proses pencarian menjadi akurat dan efisien, yaitu Sequential Searching dan Interpolation Searching. hasil implementasi ini nantinya adalah sebuah sistem yang siap melakukan pengujian algoritma sequential searching dan interpolation searching pada studi kasus Pencarian Data Tilang di Pengadilan Negeri Samarinda
Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan BRSD Standar Kompetensi MTs Al-Misra Wahyudin Wahyudin; Andi Tejawati; Bambang Cahyono
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.5054

Abstract

Pendidikan adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kemauan, kemampuan, bakat dan potensi diri yang dimiliki oleh siswa. Dengan pendidikan siswa dapat menjadi lebih mengerti dan tanggap akan arah dan perubahan serta pengembangan IPTEK. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa matematika memegang peranan penting dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran adalah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media pembelajaran ini berupa perangkat lunak dan perangkat keras yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Media pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Sistem ini dibangun menggunakan metode waterfall. Salah satu fungsi media pembelajaran ini di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai alat bantu mengajar guru terhadap siswa. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran saat proses belajar mengajar sangat diperlukan
Sistem Informasi Pengolahan Data Rumah pada Perumahan Bumi Sempaja City Samarinda Haerullah Haerullah; Abdul Rahim
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.4117

Abstract

Sistem Informasi Pengolahan Data Rumah Pada Perumahan Bumi Sempaja City Samarinda didesain berbasis web sehingga dapat mempermudah dalam penginputan berkas dokumen dan bisa langsung di akses/unduh oleh siapa saja yang memiliki hak akses dan mampu mempermudah dalam pendataan dan pencarian dokumen rumah yang dibutuhkan oleh manajemen secara efektif dan efesien. Agar sistem dapat berjalan optimal disarankan adanya penambahan kemampuan dalam penginputan dokumen masuk melalui scanner ke database secara langsung, Diperlukan proses update perangkat lunak untuk terus menjaga terpenuhinya kebutuhan pengguna dan admin dalam penginputan dokumen, dan Perlunya pengembangan program aplikasi pengolahan data rumah yang sesuai kebutuhan pengguna seperti perancangan content dari program aplikasi tersebut.
Pengembangan Sistem Monitoring Kinerja Lembaga Kemahasiswaan (BEM) Fakultas Universitas Mulawarman Berbasis Web Abd Azis Ismail Beddu; Nataniel Dengen; Rosmasari Rosmasari
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.5055

Abstract

Sistem monitoring yang dimaksud dalam skripsi ini adalah suatu proses pengumpulan data dan mengevaluasi data kelembangaan BEM Fakultas yang dilakukan oleh DPM KM dengan tujuan untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki. Selama ini informasi yang didapatkan melalui sistem monitoring hanya disebar luaskan pada rapat kelembagaan, sehingga tidak semua mahasiswa mengetahuinya. Pada penelitian ini, dirancang suatu sistem informasi berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Dengan adanya sistem ini diharapkan mampu mempercepat proses penyebaran informasi terkait monitoring BEM Fakultas dan mempunyai jangkauan pengaksesan yang cukup luas, yakni mencakup mahasiswa dan masyarakat. Dari hasil Penelitian yang telah dilaksanakan, penulis mengimplementasikan hasil penelitian tersebut ke dalam website. Sistem Monitoring Kinerja Lembaga Kemahasiswaan (BEM) Fakultas Universitas Mulawarman
Implementasi Algoritma Blowfish Pada Aplikasi CBT Berbasis Mobile Android (Studi Kasus : FKTI Universitas Mularman) Rosmasari Rosmasari; Fahrul Agus; Fajar Khairumman
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.4514

Abstract

Pelaksananan ujian khususnya ujian akhir semester pada lembaga pendidikan sering kali dilakukan secara manual sehingga membutuhkan banyak biaya serta tenaga dalam pelaksanaannya serta kemungkinan terjadi tindak kecurangan lebih tinggi. Pelaksanaan ujian akhir semester di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman masih dilakukan secara manual yang mana kurang efisien. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menjadikan ujian lebih efisien adalah dengan menerapkan metode komputerisasi atau sering dikenal sebagai Computer Based Test (CBT)  pada saat ujian.  Akan tetapi  resiko keamaan database pada aplikasi CBT nantinya  akan menjadi masalah mengingat database  tersebut dapat di akses di luar aplikasi CBT. Sehingga perlu ditingkatkannya pengamanan data, oleh karena itu dalam penelitian ini  dibangun aplikasi CBT yang mengimplementasikan  algoritma keamanan komputer  yaitu algoritma Blowfish. Algoritma Blowfish yang merupakan algoritma kunci simetrik cipher blok yang cepat, aman dan mudah dalam implementasinya sangat cocok diterapakan pada database ringan seperti SQLite yang akan di gunakan pada penelitian ini. Hasil dari pembangunan aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan ujian, serta mengurangi tindak kecurangan saat ujian pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman.
Sistem Manajemen Data Tahanan Dan Daftar Pencarian Orang Tindak Pidana Narkotika Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur Ferdy Rianda; Edy Budiman; Rosmasari Rosmasari
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.5098

Abstract

Penggunaan sistem manajemen data untuk membantu pekerjaan suatu instansi semakin dibutuhkan, terlebih lagi dengan adanya akses internet yang dapat memberikan kemudahan dan mampu menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sistem yang masih manual dalam pendataan dan media penyimpanan data tangkapan, data tahanan, data daftar pencarian orang (DPO), dan data barang bukti pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur (BNN Prov. Kaltim), mengingat data tersebut adalah sebagai kunci dari tugas pokok dan fungsi instansi BNN dalam memberantas jaringan peredaran gelap narkoba, sehingga diperlukan suatu sistem manajemen data yang terkomputerisasi dan online yang nantinya dapat di terapkan dan dikembangkan oleh instansi BNN Prov. Kaltim yang diharapkan dalam proses inputan data maupun pencarian data lebih terorganisir, cepat, dan efisien. Penelitian ini membangun suatu Sistem Manajemen Data berbasis website dengan menggunakan metode System Development Life Cycle model Waterfall. Adapun, alat bantu dalam membangun Sistem Manajemen Data menggunakan Bahasa pemograman PHP, dan database MySQL. Hasil Penelitian adalah terbangun nya Sistem Manajemen Data Tahanan Dan Daftar Pencarian Orang Tindak Pidana Narkotika Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur, yang dapat mempermudah pegawai BNN Prov. Kaltim dalam menginput data dan mengakses data tersebut dimana saja.
Penerapan Konsep Gamafication Pada Aplikasi Pembelajaran Matematika Dengan Berbasis Android Jefferson R Watulingas
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v4i1.5145

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan menggunakan ADDIE sebagai model pengembangannya. Tahapan model pengembangan ADDIE terdiri dari analysis, meliputi analisis data smartphone siswa. Design, meliputi rencana produk yang akan dikembangkan. Development, yaitu pengembangan atau proses pembuatan aplikasi mobile learning. Implementation, yaitu proses validasi dan penerapannya. Terakkhir adalah evaluation, yang dilakukan dengan tujuan agar aplikasi mobile learning menjadi lebih layak untuk diterapkan. Sebagai  solusi  dari  permasalahan  yang  ada,  maka  dibuat  sebuah  aplikasi  pembelajaran  matematika  yang  memungkinkan  penggunanya  dapat  mengakses  konten pembelajaran tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Aplikasi pembelajaran matematika  yang  dibangun  menerapkan  konsep  gamification  agar  pembelajaran  dapat terjadi setiap hari dengan lebih menarik dan memotivasi pengguna aplikasi untuk melakukan sesuatu yang biasanya tidak dilakukan agar terus mau melakukan kegiatan tersebut. Elemen-elemen gamification yang digunakan yaitu Point, Levels, Leaderboard,  Challenges  &  Quests  dan Rewards.

Page 1 of 2 | Total Record : 12