cover
Contact Name
Darnoto
Contact Email
darnoto@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 20883102     EISSN : 2548415X     DOI : -
Core Subject : Education,
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2022)" : 6 Documents clear
Pola Kontribusi Aplikasi Pesan WhatsApp pada Penyebaran Faham Radikalisme di Indonesia Nur Khoiri
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i2.4924

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengulas kontribusi aplikasi pesan WhatsApp terhadap perilaku radikalisme masyarakat Indonesia. Ini berangkat dari pengakuan mantan pentolan Jamaah Islamiah Ali Fauzi dia mengatakan bahwa WhatsApp kini menjadi aplikasi pengirim pesan yang paling efektif untuk menyebarkan faham radikal. Dengan pendekatan uses and gratifications  berbasis data pustaka, ditemukan bahwa aplikasi pesan WhatsApp memberikan kontribusi yang sangat besar kepada penyebaran radikalisme di Indonesia yaitu   lewat   kemudahan   dalam   pemasangan   dan   verifikasi   menggunakan   nomor handphone dan fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp. Para teroris yang juga bagian dari masyarakat pengguna media dengan kebebasannya dapat memilih media mana yang paling mendukung tujuannya   untuk menyebarkan faham radikalisme, padahal tujuan awal dari WhatsApp dengan  fitur-fitur yang disediakan olehnya sangat bermanfaat dan sangat memudahkan bagi masyarakat luas agar dapat selalu terhubung lewat aplikasi pesan. Sayangnya penggunaan media WhatsApp untuk kegitan faham radikalisme belum bisa sepenuhnya dikendalikan oleh fihak WhatsApp sendiri maupun pemerintah karena banyaknya pengguna dan keterbatasan-keterbatan yang dimiliki.
DINAMIKA PESANTREN DALAM LINGKARAN NAHDHOTUL ULAMA Alfurqan Alfurqan; Zuhdiyah Zuhdiyah; Moh In'ami
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i2.2222

Abstract

One of the strengths that NU has is in the form of cultural and ideological strength so that the nahdhiyyin (jama'ah) citizens are so eager to manage education to fight for the realization of NU's ideals. Although managerial, this is certainly not ideal. For this reason, Nahdhotul Ulama needs to strengthen its role as a regulator and facilitator for all education units within the NU, both Jam'iyah and jama'ah. NU pesantren must carry out various kinds of transformation, namely: first, curriculum reorientation. Second, contextualization of the yellow book. Third, Build a Library. Fourth, Promote Translation. Fifth, Publishing. Sixth, Conduct professional training. Seventh, mastery of technology.
OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN PROFESIONALISME GURU DI MASA PANDEMI Ihda Husnul Khotimah; Difa'ul Husna; Nikmatin Muyasaroh
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i2.2180

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring pada masa pandemi covid-19 ialah untuk memutus penyebaran kasus covid-19. Penelitian ini mendiskripsikan upaya dalam optimalisasi pengembangan kepribadian dan profesionalisme guru dimasa pandemi covid-19 dengan adanya perubahan dalam cara kegiatan belajar mengajar sehingga memerlukan kesiapan guru dalam belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring. Oleh karena itu perlu adanya optimalisasi pengembangan kepribadian dan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di masa pandemi. Kepribadian dan profesionalisme guru sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar anak, guru yang memiliki kepribadian yang baik dan profesionalisme yang optimal akan menjadikan guru yang lebih berkualitas.OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN PROFESIONALISME GURU DI MASA PANDEMI
Pendidikan Multikultural Pada Budaya Pesantren Modern Giantomi Muhammad; Andewi Suhartini; Nurwadjah Ahmad
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i2.2560

Abstract

Budaya pesantren salah satu karakteristik dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pesantren. Nuansa yang kental akan kerukunan dan keharmonisan antara sesama santri dan juga santri kepada kiayi merupakan sirkulasi yang penuh dengan tata krama, sopan santun, nilai-nilai spritual dan lingkungan moral yang mendukung terbentuknya karakter. Selain sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia, pesantren bersumbangsih besar terhadap perkembangan peradaban di Indonesia serta menjaga Kebhinekaan yang menjadi semboyan kuat bangsa ini. Salah satunya adalah pesantren modern yang merupakan salah satu pesantren yang menggunakan sistem modern dalam pendidikannya telah berpengaruh besar dalam menanamkan nilai-nilai kerukunan dan keharmonisan. Para santri pada Pesantren Modern umumnya datang dari berbagai daerah dan dari bergai macam suku, sehingga menimbulkan sifat multikultural di dalamnya. Maka oleh karena itu penelitian ini akan membahas pendidikan multikultural yang terjadi pada budaya pesantren modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi pustaka (library research) lalu dilakukan analisis dari berbagai macam sumber dari buku, jurnal dan artikel. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pendidikan multikultural pada budaya pesantren modern yang ditelaah dari sumber referensi pustaka. 
RELEVANSI PROGRAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI DAN PERKEMBANGAN MODERNISASI Heni Mustaghfiroh
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i2.2760

Abstract

The era is growing, technology is also advancing rapidly is a form of starting the era of modernization. A boarding school for the wider community is known for its teachings that are only about religion. In Islamic boarding schools, education takes place with a classical nature, therefore there are many public arguments that spread about the backwardness of modern knowledge in the Islamic boarding school environment. At first, pesantren was indeed a non-formal education that was only guided by Arabic-language books by previous Muslim leaders as teaching materials taught in routine learning. But along with the presence of progress and the number of smart and millennial new generations, they come with new ideas that are more modern in nature but still adhere to religious values. By conducting research and making the Nurul Huda Islamic boarding school as the object of research that the author takes, the aim is to find out how relevant it is if the Islamic boarding school with its famous classical and traditional nature is faced with the development of the current modernization era. For his writing, the author refers to the qualitative method with the reason to obtain valid data related to the research carried out at the Nurul Huda Islamic Boarding School.
IMPLEMENTASI KEGIATAN BOARDING SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN SIKAP KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK MTS NEGERI 1 PURWOREJO Faizah Indrawati; Wahidin Wahidin
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i2.3519

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan tentang sistem pembelajaran boarding shcool MTs 1 Purworejo serta pengembangan sikap keberagamaan peserta didik boarding shcool MTs 1 Purworejo. Corak penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikemas dengan beberapa cara; contohnya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode; yaitu meneliti kembali informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan pengamatan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa: Pertama, sistem pembelajaran boarding shcool MTs 1 Purworejo yang memiliki kemiripan dengan sistem pembelajaran pesantren. Kedua, kegiatan peningkatan perilaku keberagamaan di asrama MTs 1 Purworejo untuk peserta didik antara lain dilihat dari segi ritus, ketaatan, pengetahuan, serta pendalaman agama. Ketiga, pelaksanaan desain pembelajaran dilakukan dengan merutinkan ibadah sunnah, seperti sholat sunnah, puasa sunnah, muhadloroh yang dapat mencetak peserta didik agar siap membimbing dan berbaur di lingkungan masyarakat sebagai seorang pembicara, seorang qori’, maupun sebagai ustadz/ustadzah, kegiatan yang selanjutnya yaitu dengan melatihan pengabdian di masyarakat saat bulan Ramadhan tiba. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6