cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SERAMBI ILMU
ISSN : 16934849     EISSN : 25492306     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu" : 7 Documents clear
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR Sulastri, Sulastri
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.312 KB) | DOI: 10.32672/si.v22i1.511

Abstract

Abstrak Manusia memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa. Penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri 40 Kota Banda Aceh dan dengan pembelajaran menggunakan metode interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 40 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research)sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu rancangan dan pengamatan. Refleksi dan, sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan Siklus III yaitu siklus I(61,33%), siklus II (66,93%) dan siklus III (69,33 %) Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian adalah pembelajaran dengan kooperatif teamwork memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi siswa yang ditandai dengan prestasi kelulusan mencapai 70 %. Kata kunci: IPA interaktif
PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH Muhammad Daud, Muhammad Daud
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.727 KB) | DOI: 10.32672/si.v22i1.506

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengakaji pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap efektifitas organisasi pada Bappeda Kota Banda Aceh, khususnya pengaruh pendidikan, pengalaman, dan kemampuan pegawai, serta mengkaji teori-teori yang dipergunakan dalam penelitian yang berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia dan efektifitas organisasi. Bertempat di Bappeda Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatory. Popilasi penelitian ini adalah pada Bapeda Kota Banda Aceh. Dalam hubungannya dengan ini maka yang menjadi popolasi sasaran seluruh pegawai negeri sipil yang bekerja pada lingkungan Bappeda Kota Banda Aceh yang berjumlah 47 orang. Dari jumlah tersebut secara sensus semuanya dijadikan responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan angket/daftar pertanyaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Path Analiysis (analisis Jalur). Berdasarkan Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan (korelasi) yang positif dan pengaruh yang sangat nyata kualitas sumber daya manusia maka semakin efektif organisasi Bappeda Kota Banda Aceh, berarti bahwa semakin tinggi kualitas sumber daya manusia maka semakin efektif organisasi Bappeda Kota Banda Aceh. Secara simultan ketiga komponen sumber daya manusia (tingkat pendidikan, pengalaman, kemampuan) mampu mempengaruhi efektifitas Bappeda Kota Banda Aceh. Secara Mandiri komponen tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap efektifitas organisasi Bappeda Kota Banda Aceh, dibandingkan komponen pengalaman dan kemampuan. Kata Kunci: Kualitas, SDM, Organisasi, Pendidikan, Pengalaman, Kemampuan, Pegawai
ANALISIS MATERI PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA SMA KOTA BANDA ACEH Abubakar, Abubakar; Anwar, Anwar
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.429 KB) | DOI: 10.32672/si.v22i1.507

Abstract

Abstract Begin 1976 the sociology officially became the subjects in senior high school, the main problem is not the availability of learning that teachers have a background of sociology, this led to a lack of ability of teachers in preparing and teaching material models based on local wisdom, learning is often focused on textbooks alone, so that the development paradigm character education can not be realized, unattractive and boring lessons, students learned much from the local values and life experiences, this study is one of the important effort to find the exact model of learning with the learning principles of sociology and the availability of teaching materials which corresponds the paradigm of character education and be able to identify various barriers and were able to find a way out. This research method is descriptive qualitative triangulation approach, results show, shows, Implementation character values based on local wisdom in teaching sociology in Banda Aceh has some problems and become obstacles are: The existence of a standard regulatory measurement of national education through the national final examination (standardized testing) which emphasizes the realm koqnitif course, this raises the contradictory because it is centralized, making it hard Implementation indigenous values that are decentralized. Teachers do not have the experience of teaching sociology, they are not in field of sociology, teaching sociology is additional subjects other than teaching main task in mayority, with such conditions are often the task of teaching sociology courses in Banda Aceh is a double play (multiple roles). The material used is a national and centralized textbooks, teachers have not been able to develop special materials in the classroom-based learning in the region. Many parents no longer pay attention to their children's education in every school, they assume teenager education is the responsibility of school, the task of parents is to deliver and finance only. Key Words : Teaching Caracter Value and Local Wisdom
STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER BANGSA DI KABUPATEN ACEH BESAR Ahkyar, Ahkyar
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.783 KB) | DOI: 10.32672/si.v22i1.508

Abstract

Abstrak Penelitian ini untuk melihat strategi pengembangan kompetensi guru pendidikan kewarganegaraan dalam penanaman nilai karakter bangsa di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan baik di tingkat SMP dan SMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan catatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru Pendidikan Kewarganegaraan baik di jenjang SMP dan SMA telah ditingkatkan secara kualitas maupun kuantitas melalui berbagai kebijakan guna meningkatkan kualitas pendidikan dan secara spesifik meningkatkan penanaman nilai karakter bangsa. Strategi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga telah membuka peluang bagi perkembangan pendidikan di Kabupaten Aceh Besar. Startegi yang diambil terkait dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan antara lain dengan Pendidikan Gratis sampai tingkat SMP, pemberian beasiswa bagi siswa/santri miskin, meningkatkan pengelolaan lembaga pendidikan yang professional, Melaksanakan program diniah pada setiap jenjang pendidikan, Menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada peserta didik, Menerapkan Manajemen Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dalam akses pendidikan dan pembelajaran (e-education), peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dan meningkatkan komponen-komponen pendidikan untuk meningkatkan penanaman nilai karakter bangsa seperti Program Pendidikan Usia Dini, Program Wajib Belajar 9 Tahun, Program Pendidikan Menengah, Program Pendidikan Non Formal, Pendidikan Luar Biasa, Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Program Manajemen Pelayanan Pendidikan. Langkah strategis dalam memberdayakan guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai agen penanaman nilai karakter bangsa dilakukan melalui pembimbingan oleh kepala sekolah masing-masing dan pembekalan dari Dinas Pendidikan dan Pemudah Olahraga. Dan terakhir, atas strategi tersebut terdapat perubahan dalam penenaman nilai karakter bangsa terjadi di beberapa sekolah seperti: SMA Modal Bangsa, SMA Negeri 1 Baitussalam, SMP Abulyatama dan SMP Negeri 3 Ingin Jaya Aceh Besar. Kata Kunci: Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah
KETUNTASAN BELAJAR DENGAN PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DAN PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KONSEP AKAR KUADRAT Nirwana Pohan, Nirwana Pohan
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.293 KB) | DOI: 10.32672/si.v22i1.509

Abstract

Abstrak Sebagai guru matematika di SD N 40 Banda Aceh selalu ada kendala-kendala atau permasalahan yang dialami dalam proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang penulis temukan dilapangan adalah kurang aktifnya siswa mengajukan pertanyaan atau menyampaikan ide/pendapat pada orang lain. Hal ini merupakan salah satu indikasi kurangnya motivasi siswa dalam mempelajari matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru peneliti mencoba Ketuntasan belajar meningkatkan motivasi siswa dengan penerapan metode tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran matematika pada salah satu konsep yaitu Akar kuadrat di kelas 6 SD N 40 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah prestasi siswa yang diajarkan dengan menerapkan metode tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi siswa pada pokok bahasan Akar Kuadrat di SD N 40 Banda Aceh subjek penelitian ini adalah kelas 6 sebanyak 28 orang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : (1) Penerapan metode Tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran matematika di kelas 6 SD N 40 Banda Aceh telah dapat meningkatkan motivasi siswa dari 65% pada siklus I menjadi 83% pada siklus ke 2. Peningkatan ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75% dan (2) terdapat peningkatan prestasi belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode Tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran matematika di SD N 40 Banda Aceh . Peningkatan ini dapat dilihat pada nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus I rata-rata 6,89 menjadi 7,55 dan pada siklus ke 2 dari 6,7 menjadi 7,9. Kata Kunci : Matematika, pembelajaran akar kuadrat, motivasi belajar siswa
PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU Maikarni, Maikarni
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.107 KB) | DOI: 10.32672/si.v22i1.510

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul “Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX SMPN 2 Kota Banda Aceh”. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa dapat terlaksana dengan baik, serta ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan media gambar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran; (3) Untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dalam penggunaan media gambar mendapatkan hasil belajar yang baik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 2 Banda Aceh yang terdiri dari 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (pre-test dan pos-test) untuk hasil belajar siswa, menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa terhadap penggunaan media gambar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat, pada siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas secara individual dan 10 siswa yang tidak tuntas dari 28 orang siswa (64%), pada siklus II terdapat 24 siswa yang tuntas secara individual dan 4 siswa yang tidak tuntas dari 28 orang siswa (86%). Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus ke II; (2) Aktitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal; (3) Keterampilan guru dalam penerapan penggunaan media gambar meningkat dari sedang (2,5) menjadi baik (3,7); dan (4) Respon siswa terhadap penggunaan media gambar adalah 92,9% dari 28 siswa menjawab dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang dipelajari dengan menggunakan media gambar. Kata kunci: media gambar, hasil belajar, ips terpadu
PENGEMBANGAN DESIGN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENEMUKAN RUMUS LUAS LINGKARAN DI SEKOLAH DASAR Aklimawati, Aklimawati
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.583 KB) | DOI: 10.32672/si.v22i1.505

Abstract

Abstrak Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki rumus-rumus serta materi pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep. Siswa tidak mampu memaknai simbol-simbol yang digunakan dalam suatu rumus. Apalagi jika ditanya mengapa rumus luas lingkaran adalah πr^2, siswa tidak dapat memberi jawaban sama sekali. Hal ini terjadi karena pembelajaran selama ini kurang bermakna, sehingga siswa menganggap bahwa rumus-rumus dalam matematika hanya simbol tanpa makna. Kondisi ini menyebabkan perlu upaya guru mendesign lintasan belajar yang dapat mempermudah siswa memahami materi tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang dapat membantu siswa memahami konsep menemukan rumus luas lingkaran. Penelitian ini melibatkan satu orang guru dan 30 siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode Design Research yang dilaksanakan dua siklus yaitu pilot experiment dan teaching experiment yang masing-masing terdiri atas tiga tahap yaitu (i) Preparing for the Experiment, (ii) the Teaching Experiment, (iii) the Retrospective Analysis. Pengumpulan data penelitian menggunakan dua macam instrumen yaitu instrumen utama yang merupakan peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang terdiri dari lembar aktivitas siswa, lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan HLT yang dikembangkan dapat membantu siswa menemukan rumus luas lingkaran dengan pendekatan rumus luas bangun datar lainnya seperti rumus luas persegi panjang, jajargenjang, dan segitiga. Kata Kunci: Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Design Research, Pemahaman Siswa, dan Lingkaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Serambi Ilmu Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 22, No 1 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 2 (2020): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Serambi Ilmu Vol 30, No 2 (2018) Vol 30, No 1 (2018) Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 28, No 1 (2017) Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 3 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2014) Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2013) Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Serambi Ilmu Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Serambi Ilmu More Issue