cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmanajemenpendidikan.uki@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mayjend Sutoyo No. 2 Cawang, Jakarta Timur, 13630 Telp.021-8009190. Ext.441. Fax 021-8094050
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : 23015594     EISSN : 27459543     DOI : https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Education Management publishes scientific papers in the form of conceptual ideas, studies and application of theories as well as research results in education and teaching at the elementary, junior/senior high, and university/college levels. Journal of Educational Management aims to be a medium for disseminating conceptual ideas of studies and application of theories along with research results in the scope of elementary education, junior/senior high education, and university/college education. Publication about scientific works pays attention to signs in scientific studies that can be accounted for and pays attention to ethics, morals in writing scientific papers
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2017): JANUARI" : 6 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SARANA-PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SATARMESE KABUPATEN MANGGARAI Emiliana Rosales; Bintang R. Simbolon
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 6 No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepemimpinan dan sarana-prasarana sekolah dasar terhadap kinerja guru, yang berlokasi di Kecamatan Satrmese Kabupaten Manggarai. Yang diteliti adalah seluruh sekolah dasar yang berada di Kecamatan Satarmese yang berjumlah tiga puluh sekolah.Instrumen dalam penelitian ini berbentuk kuesioner, dimana yang menjadi responden untuk variabel kinerja guru adalah kepala sekolah, responden untuk variabel kepemimpinan adalah pengawas, dan responden untuk variabel fasilitas sarana-prasarana adalah kepala sekolah. Untuk melengkapi data tersebut, peneliti melakukan wawancara dengan beberapa pengawas sekolah dasar. Analisis data menggunakan statistic deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan memengaruhi kinerja guru, (2) Sarana prasarana memengaruhi kinerja guru, (3) Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru lebih besar dibandingkan dengan sarana Prasarana. Kepemimpinan memiliki koefisien regresi sebesar 1,544 sedangkan sarana Prasarana memiliki koefisien regresi sebesar 0,152 namun tidak signifikan.Kesimpulannya kinerja guru dan kepemimpinan relatif rendah, sedangkan sarana prasarana relatif sedang. Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru lebih besar, dibandingkan dengan sarana prasarana. Hal ini berarti bahwa faktor Sumber Daya Manusia (SDM), yang dalam hal ini kepemimpinan itu sendiri mempunyai peran yang sangat besar dalam mempengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu, kualitas SDM dari seorang pemimpin harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan.
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN KINERJA GURU-GURU MIPA DI SMAK PENABUR JAKARTA Hendro Samauli Lumbanraja; Lisa Gracia Kailola
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 6 No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi kepribadian dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta; Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta; Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi kepribadian dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta. Tempat atau lokasi penelitian adalah 13 Sekolah di bawah lingkungan SMAK Penabur. Alokasi waktu penelitian selama 1 (satu) bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Studi korelasi ini menggunakan analisis korelasi dan regresi. Untuk melakukan pengolahan data statistik menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 20 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta. Dalam penelitian ini digunakan teknik sampling kuota dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri dari 45 orang. Penelitian ini membuktikan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara variabel motivasi kerja (X1) dengan kinerja guru (Y) pada guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta, dengan koefisien korelasi ry1 = 0.707 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0.499. Persamaan garis regresi linear menunjukkan Y = 36,235 + 1,633X1; (2) Ada hubungan yang signifikan antara variabel kompetensi kepribadian (X2) dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta, dengan koefisien korelasi ry2 = 0.671 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,450 Persamaan garis regresi linear menunjukkan Y = 37,832 + 1,283X2; (3) Ada hubungan yang signifikan antara variabel motivasi kerja (X1) dan kompetensi kepribadian (X2) dengan kinerja guru (Y) pada guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta dengan koefisien korelasi berganda ry12 = 0,769 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,591. Persamaan garis regresi linear menunjukkan Y = 20,776 + 1,095X1 + 0.731X2.
EFEKTIFITAS PELATIHAN DAN KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP PSKD DI JAKARTA DAN DEPOK Dewi Siahaan; Hotner Tampubolon
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 6 No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelatihan dan Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP PSKD di Jakarta, dengan variabel bebas Efektivitas Pelatihan (X1), Kompetensi (X2), dan variabel terikat kinerja guru (Y). Penelitian ini dilakukan di SMP PSKD di Jakarta dan Depok selama bulan Juli dan Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 1- 5. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PSKD Jakarta dan Depok sebagai unit analisis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Hipotesis pertama, menunjukkan ada hubungan yang positif dan cukup kuat antara efektifitas pelatihan (X1) dengan kinerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry1=0,702 persamaan regresi linier Y=10,745 + 0,528X1, thitung = 7,955 lebih besar dari ttabel = 2,381 dan koefisien determinasi r2 = 0,493. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,493 membuktikan bahwa variabel efektifitas pelatihan memberikan kontribusi hubungan dengan variabel kinerja guru sebesar 49,3 %. Hipotesis kedua, menunjukkan hubungan yang positif dan cukup kuat antara kompetensi (X2) dengan kinerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry2=0.332, persamaan regresi linier Y = 34,990 + 0,392X2, thitung = 2,833 lebih besar dari ttabel= 2,381 dan koefisien determinasi r2 = 0,110. Nilai koefisien determinasisebesar 0,110 membuktikan bahwa variable kompetensi memberikan kontribusi hubungan dengan kinerja guru sebesar 11,0 %. Hipotesis ketiga, menunjukkan hubungan yang positif dan cukup kuat antara efektivitas pelatihan (X1) dankompetensi (X2) secara bersama-sama dengan kinerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = 0,703, persamaan linier Y = 11,409 + 0,539X1 + -0,034X2, Fhitung= 31,226 lebih besar dari Ftabel= 4,09 dan koefisien determinasi r2= 0,494. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,494 membuktikan bahwa variabel efektifitas pelatihan dan kompetensi secara bersama-sama memberikan kontribusi hubungan dengan kinerja guru sebesar 49,40%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kinerja guru SMP PSKD di Jakarta dan Depok dapat ditingkatkan melalui pelatihan dan peningkatan kompetensi.
HUBUNGAN KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN EKA WIJAYA BOGOR ARIS; Hotmaulina Sihotang
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 6 No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompensasi dan budaya organisasi dengan komitmen organisasi guru. Penelitian dilakukan di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya Bogor. Populasi penelitian adalah semua guru yang mengajar di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya yang berjumlah 64 guru di tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Data diperoleh melalui instrumen penelitian. Ujicoba dilakukan kepada 20 guru dan sampel penelitian sejumlah 42 guru yang dipilih dengan teknik quota sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian adalah: 1) ada hubungan positif dan signifikan antara kompensasi dengan komitmen organisasi guru di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya; 2) ada hubungan positif dan signifikan antara budaya organisasi dengan komitmen organisasi guru di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya; dan, 3) ada hubungan positif namun tidak signifikan antara kompensasi dengan komitmen organisasi guru setelah dikontrol oleh budaya organisasi di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya.
HUBUNGAN IMPLEMENTASI SISTEM IMBAL JASA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU SD YAYASAN TARAKANITA DI JAKARTA Margareta Sutrinah; Said Hutagaol
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 6 No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara implementasi system imbal jasa (X1) dan kepuasan kerja guru (X2) dengan kinerja guru (Y), baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama di SD Tarakanita Wilayah Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan menggunakan metode survei. Adapun populasi penelitiannya adalah seluruh guru SD Tarakanita Wilayah Jakarta yang berasal dari lima sekolah yaitu SD Tarakanita1 Blok B, SD Tarakanita 2 Blok Q, SD Tarakanita 3 Patal Senayan, SD Tarakanita 4 Pluit dan SD Tarakanita 5 Rawamangun yang berjumlah 115 orang. Uji coba instrument diambil secara acak dengan memperhitungkan proporsi jumlah guru untuk setiap sekolah (proportional randomized sampling) sehingga diperoleh sampel uji coba sebanyak 30 orang dan sampel penelitian sebanyak 77 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket kinerja guru sebagai variable terikat, sedangkan instrument implementasi system imbal jasa dan instrument kepuasan kerja guru sebagai variable bebas. Ketiga instrument tersebut divalidasi dengan menggunakan analisis butir soal dengan rumus korelasi product moment, sedangkan reliabilitas tes diukur dengan test Alpha Cronbach.Analisa data mempergunakan teknik korelasi sederhana, korelasi parsial, dan korelasi berganda, serta teknik regresi yang terdiri atas regresi linear dan ganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi sistem imbal jasa (X1) dengan kinerja guru (Y) SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,919 dan koefisien determinasi sebesar 0,844. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru (X2) dengan kinerja guru (Y) SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,940 dan koefisien determinasi sebesar 0,884. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi sistem imbal jasa (X1) dan kepuasan kerja guru (X2) dengan kinerja guru (Y) SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan koefisien korelasi berganda sebesar 0,945 dan koefisien determinasi sebesar 0,892. (4) Variabel kepuasan kerja (X2), baik secara sendiri maupun secara bersama-sama memberikan sumbangan yang lebih besar terhadap kinerja guru.
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK Okniel Zebua; E. Handayani Tyas
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 6 No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi materi yang diberikan selama pelaksanaan masa orientasi peserta didik di SMP Strada Nawar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan instrumen wawancara dan peneliti sebagai intrumen kunci. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan masa orientasi di SMP Strada Nawar dilaksanakan selama 2 (dua ) hari. Pelaksanaan masa orientasi peserta didik di mulai dengan adanya pembentukan panitia, penyusunan jadual, pembagian tugas, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, siswa diharapkan dapat memiliki karakter dengan 5 (lima) nilai dasar yaitu keunggulan, kedisplinan, kejujuran, kepedulian dan pelayanan. Materi yang disampaikan yaitu visi, misi sekolah, kurikulum sekolah, dinamika kelompok, wawasan wiyata mandala, senam sehat, cara belajar efektif, pendidikan baris berbaris (PBB) dan ekstrakurikuler. Materi wajib yang belum disampaikan selama pelaksanaan masa orientasi peserta didik di SMP Strada Nawar Bekasi adalah kepramukaan dan pembinaan mental keagamaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program masa orientasi peserta didik baru untuk lebih mengenal lingkungan sekolah, lingkungan sosial di sekolah serta hal-hal yang dapat mendukung peserta didik sendiri untuk belajarnya serta dapat mengambil sikap dan lebih berkarakter sejak awal masuk sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6