cover
Contact Name
Asti Putri Kartiwi
Contact Email
astiputri@unib.ac.id
Phone
+6281223547484
Journal Mail Official
manajerpendidikan@unib.ac.id
Editorial Address
Jl. Wr. Supratman Kandang Limun Kec. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 1979732X     EISSN : 26230208     DOI : https://doi.org/10.33369/mapen.v15i3.19694
Core Subject : Education, Social,
Manajer Pendidikan publishing scientific papers, including bestpractices research, action research, evaluative research and innovative/development research in the course of educational management and administration, leadership, supervision, and science education. The topics cover 1) Educational Policy, Planning, Economics and Financing; 2) Leadership, Communication, Bureaucracy and Organizational Behavior; 3) Management Education unit, substantive management of the main elements and supporting elements of education; 4) Fostering Educators and Educational Personnel, Pre-service and Continuing Professional Development; 5) Managerial Supervision, Academic Supervision and Clinical Supervision; 6) Monitoring, Evaluation, Assessment Educational Profile; 7) Quality Improvement, Expansion of Access and Educational Development; and 8) School Committee, Board of Education and Community Participation.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN" : 15 Documents clear
EVALUASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ALAM MAHIRA BENGKULU Luzi Aprida Ningsi; Manap Somantri
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.332 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19713

Abstract

Tujuan Penelitian Sini untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Alam Mahira. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melalukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas rendah, dan guru kelas tinggi. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa. Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Alam Mahira terintegrasi di semua program dan mata pelajaran, strategi dan metode pembelajaran, serta pembiasaan perilaku oleh semua komponen sekolah. Pendidikan karakter juga dilaksanakan dengan keteladanan atau pembiasaan-pembiasaan penanaman niai-nilai karakter yang direkomendasikan dalam Permendikbud (2018), yaitu meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung
EVALUASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN Jumari Jumari
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.057 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19695

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevalusi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) perencanaan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong; (2) pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong; (3) pengaturan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong; (4) penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Lebong. Metode penelitian ini adalah evaluatif kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan harus dilaksanakan dengan baik, mulai dari perencanaan, pengadaan, pengaturan, dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan, sehingga sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH Hikayat Rahmaddansyah
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.305 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kecerdasan emosional terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, (2) menguji kontribusi kepemimpinan terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, dan (3) menguji kontribusi kecerdasan emosional dan kepemimpinan secara bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah kepala sekolah SMP/MTS dan SMA/SMK/MA yang berjumlah 72 kepala sekolah, sampel berjumlah 61 kepala sekolah, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen kecerdasan emosional, kepemimpinan dan komunikasi interpersonal kepala sekolah, menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) terdapat kontribusi kecerdasan emosional yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, (2) terdapat kontribusi kepemimpinan yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, dan (3) terdapat kontribusi kecerdasan emosional dan kepemimpinan secara bersama-sama yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal.
PEMENUHAN STANDAR KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI Marten Scandaryanto; Sumarsih Sumarsih
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.72 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19696

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pemenuhan standar kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMA N 01 Kabupaten Lebong. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam: menciptakan inovasi, bekerja keras, motivasi yang kuat, pantang menyerah, dan memiliki naluri kewirausahaan dilihat dari penerapan dan implementasi karakteristik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif evaluatif, dimana penelitian ini hanya menggambarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan tanpa melakukan perubahan pada setiap variabel penelitian. Subjek pemilihan sebagai informan dalam penelitian ini sebagai subjek utama atau subjek utama adalah kepala sekolah SMA N 01 Kabupaten Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: (1) Kepala sekolah belum mengembangkan kegiatan yang inovatif untuk kemajuan dengan pemikiran atau perubahan baru, Kepala Sekolah melakukan pekerjaan secara konvensional, bekerja sesuai aturan dan pedoman yang berlaku, (2) Kepala sekolah belum mempelajari keyakinan bahwa banyak bukti keberhasilan seseorang karena kerja keras, (3) motivasi kepala sekolah tidak cukup untuk mencapai yang terbaik, (4) Pantang menyerah kepala sekolah belum muncul, dan (5) kepala sekolah tidak memiliki kualitas daya pikir, hati, dan kepala sekolah memiliki daya fisik yang cukup untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan benar.
PERILAKU ORGANISASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 BENGKULU SELATAN Mardianto Mardianto; Zakaria Zakaria
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.957 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19716

Abstract

tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengelolaan perilaku individu dan pengelolaan perilaku kelompok di SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perilaku individu di SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan dilakukan berdasarkan kriteria pengelolaan sikap kerja, dan persepsi kerja serta pengelolaan perilaku kelompok berdasarkan pengelolaan kelompok dan tim kerja serta pengelolaan komunikasi dalam organisasi. Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan perilaku indidvidu dan perilaku kelompok dalam suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan satuan pendidikannya.
ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 06 LEBONG Melisa Stefanny; Rambat Nur Sasongko
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.237 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19697

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penguatan pendidikan karakter (PPK) pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 06 Lebong sudah menerapkan kebijakan PPK dari Kemendikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi evaluasi kebijakan dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA, Kepala SMP Negeri 06 Lebong dan pengawas mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tabel cek, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah studi evaluatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran mata pelajaran IPA hampir sesuai dengan kebijakan PPK dari Kemendikbud; pelaksanaan dan evaluasi kurang sesuai dengan kebijakan PPK dari Kemendikbud, karena masih terdapat beberapa hal yang belum dilaksanakan oleh pemerintah, sekolah, terutama oleh guru mata pelajaran IPA. Hal ini didasari fakta bahwa kebijakan penguatan pendidikan karakter telah lama digaungkan oleh pemerintah, sehingga sekolah harus melaksanakan kebijakan tersebut sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
INOVASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN BUDAYA KARAKTER DI SMK NEGERI 1 BENGKULU SELATAN Reslita Erni
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.203 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19717

Abstract

Ditengah maraknya dekadensi moral saat ini, pendidikan karakter sangatlah penting untuk diterapkan di lembaga pendidikan atau sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi pengelolaan pendidikan melalui penerapan budaya karakter di SMK Negeri 1 Bengkulu Selatan. Menempatkan peserta didik sebagai pusat kegiatan belajar dan memberi pemahaman akan pentingnya pendidikan karakter dalam proses pencarian pengetahuan dan informasi. Untuk mengoptimalkan penanaman nilai-nilai karakter, SMK Negeri 1 Bengkulu Selatan bersinergi dengan orang tua dan masyarakat. Budaya karakter yang baik dapat dikembangkan melalui: (1) Kegiatan pembelajaran, (2) Kegiatan ekstrakurikuler, dan (3) kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. Dengan memahamkan pentingnya pendidikan karakter kepada peserta didik, sehingga diharapkan nanti peserta didik mampu menginternalisasi karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Dengan memiliki karakter peserta didik yang baik, Sekolah diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan, sehingga memiliki daya saing di Dunia Usaha dan Dunia Industri. Hasil evaluasi dapat dijadikan panduan untuk melakukan inovasi pada tahun pembelajaran berikutnya. Dari hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam proses inovasi, diperlukan peran pendidik sebagai sosok panutan dan tauladan, serta untuk pembinaan karakter perlu dilakukan secara intensif di sekolah secara berkesinambungan.
KINERJA MENGAJAR GURU MELALUI KEPEMIMPINAN PELAYANAN DAN BUDAYA ORGANISASI Agung Agung; Sudarwan Danim
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.866 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19712

Abstract

-  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi terhadap kinerja mengajar guru di SMA Swasta Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Responden penelitian adalah guru di 17 sekolah menengah atas yang berstatus swasta di Kota Bengkulu sebanyak 48 orang, penentuan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa kepemimpinan pelayan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru sekolah menengah atas swasta di Kota Bengkulu. Artinya, semakin tinggi kepemimpinan pelayan maka kinerja mengajar guru akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah kepemimpinan pelayan maka kinerja mengajar guru juga akan semakin rendah. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru sekolah menengah atas swasta di Kota Bengkulu. Artinya, semakin baik budaya organisasi sekolah maka kinerja mengajar guru akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah budaya organisasi sekolah maka kinerja juga akan semakin rendah. kepemimpinan pelayan dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru sekolah menengah atas swasta di Kota Bengkulu. Artinya, semangkin baik kepemimpinan pelayan dan budaya organisasi sekolah maka kinerja mengajar guru juga akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah kepemimpinan pelayan dan budaya organisasi sekolah maka kinerja mengajar guru juga akan semakin rendah.
HUBUNGAN PENGEMBANGAN PROFESI DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMA Lidia Wayuni
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.206 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19718

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui (1) Hubungan Pengembangan Profesi Dengan Kinerja Guru, (2) Hubungan Komitmen Kerja Dengan Kinerja Guru, (3) Hubungan Pengembangan Profesi Dan Komitmen Dengan Kinerja Guru. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kuantitatif Jenis Deskriptif Korelasional. Populasi Penelitian Adalah Guru Matematika SMA/MA Dan Yang Berjumlah 71 Guru. Sampel Berjumlah 62 Guru Yang Dipilih Dengan Teknik Purposive Sampling Yaitu Berdasarkan Pertimbangan Atau Kriteria Tertentu. Kriteria Pemilihan Sampel Dalam Penelitian Ini Berdasarkan Jumlah Guru Yang Tergabung Dalam MGMP Matematika Se Kabupaten Bengkulu Selatan. Instrumen Yang Digunakan Adalah Skala Model Likert. Hasil Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengembangan Profesi, Komitmen Dan Kinerja Guru Menyatakan Bahwa Instrumen Penelitian Valid Dan Reliabel. Data Dianalisis Dengan Statistik Deskriptif, Korelasi Product Moment, Dan Korelasi Ganda. Hasil Penelitian Memperlihatkan Bahwa (1) Terdapat Hubungan Yang Positif Dan Kuat Pengembangan Profesi Dengan Kinerja Guru (2) Terdapat Hubungan Positif Yang Kuat Antara Komitmen Kerja Dengan Kinerja Guru, Dan (3) Terdapat Hubungan Positif Yang Kuat Antara Pengembangan Profesi Dan Komitmen Kerja Secara Bersama-Sama Dengan Kinerja Guru. 
EVALUASI INOVASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK Ferdiyan Midas; Connie Connie
Manajer Pendididikan Vol 15 No 3 (2021): MANAJER PENDIDIKAN
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.353 KB) | DOI: 10.33369/mapen.v15i3.19694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi inovasi pengelolaan pembelajaran seni musik di SMPN 01 Lebong. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: 1) Inovasi perencanaan pembelajaran seni musik; 2) Inovasi pelaksanaan pembelajaran kompetensi seni musik; 3) Inovasi evaluasi hasil pembelajaran seni musik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi evaluatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Inovasi perencanaan pada pembelajaran seni yang dilaksanakan di SMPN 01 Lebong sudah berjalan efektif sesuai dengan petunjuk pada Permendikbud no 22 tahun 2016 tentang standar proses; 2) pelaksanaan pembelajaran seni music di dalam kelas sudah  inovatif; 3) Evaluasi di SMPN 01 Lebong juga sudah cukup inovatif.

Page 1 of 2 | Total Record : 15