cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018)" : 10 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG-TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA PELAKU BULLYING SMP KOTA BENGKULU Dia Hirwin Juwita; Wasidi Wasidi; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.434 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.79-87

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel  32 siswa pelaku bullying. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rxy = 0,605 dengan p=0,000 (p<0,05) yang berarti Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Kata kunci: bullying, bimbingan orang-tua, kecerdasan emosional
BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG Amalia Sari; Hadi Winarto; Syahriman Syahel
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.093 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.1-9

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial anak binaan di Lapas Klas II A Curup. Penelitian ini adalah pra eksperiment pretest-posttest control group desaign.  Subjek penelitian sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 10 orang kelompok eksperiment dan 10 orang kelompok kontrol, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam interaksi sosial pada anak binaan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 59,2. Hasil perhitungan uji Wilcoxon dengan nilai z -2,807 dengan taraf signifikansi 0,005 < 0,05. Artinya layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi interaksi sosial anak binaan.Kata kunci: interaksi sosial, bimbingan kelompok
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMA DI KOTA BENGKULU Aisyah Lubis; Yessy Elita; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.248 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.43-51

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap regulasi emosi dalam interaksi siswa dengan teman sebaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan Pre Experimental Design. Alternatif pendekatan yang digunakan adalah the one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 10 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.803a dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.005 yang berarti 0.005<0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan regulasi emosi dalam interaksi dengan teman sebaya siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.Kata kunci: bimbingan kelompok, sosiodrama, regulasi emosi, teman
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA SMA DI KOTA BENGKULU Anggraini Anggraini; Pudji Hartuti; afifatus sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.444 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.10-18

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang-tua dengan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas XI IPS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pola asuh orang-tua dan angket kepribadian. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang-tua yang dimiliki siswa termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 77,08% dan kepribadian yang dimiliki juga termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 93,75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang-tua dengan kepribadian rxy sebesar 0,466 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubunga positif pola asuh orang-tua dengan kepribadian.Kata kunci: pola asuh, orang-tua, kepribadian
HUBUNGAN KOMPETENSI KONTROL DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA SMK BENGKULU UTARA Retno Purwasih; I Wayan Dharmayana; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.969 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.52-59

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kontrol diri dan pengaruh tingkat kontrol diri terhadap kecenderungan perilaku agresif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 07 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen. Subjek penelitian adalah XI teknik Sepeda Motor yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku agresif. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t test dananalisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kontrol diri. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa taraf signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (p<0,05) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian kontrol diri meningkat melalui layanan penguasaan konten. Hasil analisis regresi menunjukkan signifikansi 0,010 (p<0,05). Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,317, ini berarti bahwa kontrol diri memiliki kontribusi sebesar 31,7% terhadap perilaku agresif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 07 Bengkulu Utara. Kata kunci: kompetensi kontrol diri, perilaku agresif, layanan penguasaan konten
LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP DI KOTA BENGKULU Bernadine Lorena Yanwar; I Wayan Dharmayana; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.612 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.19-25

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik pemodelan terhadap kecerdasan emosional siswa. Desain menggunakan one group pre-test post test design. Sampel terdiri atas tiga puluh siswa kelas VIII C kota SMP Negeri 11 Bengkulu. Instrumennya adalah kuesioner, Uji-coba menghasilkan 73 item dengan ? = 0,89 (‘sangat tinggi’). Pada  pre-test, rerata kecerdasan emosional siswa adalah 168,26 ('sedang'). Perlakuan terdiri atas penjelasan, praktik dan kegiatan tambahan selama 5 pertemuan. Pada post test, reratanta adalah 195,42 ('tinggi'). Uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa t = -27.161 (p <0,05). Dengan demikian, H0 ditolak sementara H1 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik pemodelan pada kecerdasan emosional siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah implikasi terhadap teori dan praktik.Kata kunci: layanan penguasaan konten, teknik modeling, kecerdasan emosional
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA DI KOTA BENGKULU Bayu Saputra; Pudji Hartuti; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.846 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.60-68

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test desain.Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang siswa dari kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, yang diambil dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri siswa.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok terhadap tingkat kepercayaan diri siswa yaitu dengan menggunakan uji z yang hasilnya z= -2.805jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Kata kunci: kepercayaan diri, bimbingan kelompok, teknik penguatan positif
HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA Nurma Sari Siregar; Wasidi Wasidi; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.849 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.26-35

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal orang-tua dan anak dengan kenakalan remaja siswa SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment pearson. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dari seluruh kelas X. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara komunikasi interpersonal orang-tua dan anak dengan perilaku kenakalan remaja dengan rxy sebesar -0,516 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara komunikasi interpersonal orang-tua dan anak dengan perilaku kenakalan remaja siswa kela X di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Kata kunci: komunikasi interpersonal orang-tua dan anak, pelaku kenakalan remaja
STUDI EVALUASI KONSELING OLEH KONSELOR SEBAYA DI PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-REMAJA) PADA SLTA NEGERI KOTA BENGKULU Ari Dwi Susilowati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.428 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.69-78

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian inimendeskripsikan evaluasi konseling oleh konselor sebaya di PIK-Remaja SLTA Negeri Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang diambil menggunakan teknik purposive sampling dari seluruh konselor sebaya dan klien yang pernah melakukan konseling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sasaran evaluasi dalam penelitian ini adalah seluruh konselor sebaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil kuesioner dihitung menggunakan skala ideal. Analisis data dilakukan dengan melakukan analisis deskriftif. Hasil penelitian yang dilakukan di PIK-Remaja pada SLTA Negeri Kota Bengkulu, ketercapaian tujuan konseling oleh konselor sebaya diperoleh  kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 51, pelaksanaan tahapan konseling oleh konselor sebaya diperoleh kategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 84, pelaksanaan prinsip-prinsip konseling oleh konselor sebaya diperoleh kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 39 dan pelaksanaan teknik konseling oleh konselor sebaya diperoleh kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 123,7.Kata kunci: konselor sebaya, pik-remaja
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PEMBENTUKAN PEMAHAMAN BAHAYA PERNIKAHAN DINI SISWA SMP DI MUKOMUKO Rati Putri; Syahriman Syahel; afifatus sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.145 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.36-42

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pembentukan pemahaman bahaya pernikahan dini siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 02 Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa dari kelas VIII 4 yang memiliki tingkat pemahaman rendah dan sangat rendah tentang bahaya pernikahan dini. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman siswa terhadap bahaya pernikahan dini meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini terlihat dari mean pre-test =15,4 dan mean post-test  =28,8 dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 13,6. Hasil perhitungan statistik uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z= -2,809 (p =0,005<0,05) sehingga Ho ditolak, dapat disimpulkan terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pembentukan pemahaman bahaya pernikahan dini siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 02 Mukomuko. Artinya, pembentukan pemahaman siswa terhadap bahaya pernikahan dini semakin bagus jika lebih sering diberikan layanan bimbingan kelompok.Kata kunci: bimbingan kelompok, pemahaman bahaya pernikahan dini THE EFFECT OF GR

Page 1 of 1 | Total Record : 10