cover
Contact Name
Mappanyompa
Contact Email
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Phone
+6282333380383
Journal Mail Official
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi guru MI/SD Neuro Psycholinguistics untuk anak MI/SD
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): April" : 6 Documents clear
PENGARUH PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP SIKAP PERILAKU SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BERAU Mappanyompa Mappanyompa Mappanyompa; Husnan Husnan Husnan
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.86 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i1.1041

Abstract

Pengintegrasian pendidikan agama dan pendidikan sekuler yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan disaat mayoritas masyarakat muslim menolak berbagai hal yang berbau kolonial  merefleksikan kesadaran pentingnya membangun Islam di atas fondasi kemajuan. Oleh karenanya, dalam sejarah perkembangan Muhammadiyah, pendidikan adalah lokomotif kemajuan dan itu sangat relevan dengan konteks dan tuntutan sosiologis bangsa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan tentang Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan terhadap Sikap Perilaku siswa bidang studi Pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Berau. Dari penelitian ini diperoleh: Pertama: Dalam segala aspek-aspeknya bahwa pengaruh Pendidikan kemuhamadiyahan mempunyai pengaruh yang cukup (Cukup Berpengaruh) terhadap Sikap Perilaku Siswa di SMA Muhamadiyah Berau. Kedua: Dari hasil analisis dan dilaporkan secara deskriptif yang menampilkan hasil dalam dalam bentuk verbal kemudian dipersentasekan dengan menggunakan rumus, maka, hasil penelitian menunjukkan bahwa  pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan terhadap Sikap Perilaku Siswa SMA Muhammadiyah Berau adalah cukup berpengaruh. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang kemudian di tabulasi dengan menggunakan peresentasi di interpretasikan dengan menggunakan skala interpretasi yang ditetapkan, maka diketahui angka 2,210 termasuk kedalam kategori cukup baik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan terhadap sikap prilaku Siswa khususnya kelas X dan XI yang diperoleh yakni dapat di kategorikan Cukup Berpengaruh.
IMPLEMENTASI BAHASA INDONESIA SERAPAN UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN BERBICARA DI MATA KULIAH BAHASA ARAB PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PGMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM Mustapa Ali Mustapa Ali; Saprun Saprun
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.484 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i1.1059

Abstract

Penelitian ini menjadi sangat penting dilakukan karena beberapa hal tersebut yaitu bahasa arab memiki empat poin yang akan mendukung kemampuan pemahaman dalam menghafal dan berbicara bahasa Arab yaitu empat kemahiran mendengar, mengucapkan, membaca dan menulis. Penelitian ini berjudul Implementasi Bahasa Indonesia Serapan untuk Meningkatan Kemampuan Menghafal dan Berbicara di Mata Kuliah Bahasa Arab pada  Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini pertma adalah bagaimana metode Implementasi Bahasa Indonesia Serapan untuk Meningkatan Kemampuan Menghafal dan Berbicara di Mata Kuliah Bahasa Arab pada  Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram.  Dan yang kedua Bagaimana tingkat Kemampuan Menghafal dan Berbicara di Mata Kuliah Bahasa Arab pada  Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dalam hal ini adalah difokuskan pada pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab  untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan berbicara bahasa arab, disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada mahasiswa PGMI semester II Universitas Muhammadiyah Mataram. Penelitian dilaksanakan di Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Muhammadiyah Mataram.  Subyek penelitian ini adalah pada  Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram Sasaran penelitian ini merupakan satu obyek penelitian sekaligus sebagai obyek penelitian tindakan  saat aktivitas pembelajaran tata bahasa Arab berlangsung. Dalam penelitian ini melibatkan ahli bahasa dan ahli pendidikan, serta dosen bidang studi bahasa Arab (peneliti sendiri).Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan dosen dan mahasiswi pada siklus I dalam kategori cukup aktif dan siklus II dalam kategori aktif ), serta refleksi pada beberapa kekurangan yang ada dan Peningkatan Kemampuan Menghafal dan Berbicara Bahasa Arab pada Mata Kuliah Bahasa Arab  sebagai berikut: a.      Nilai pree tes yaitu tingkat ketercapaian 35,7% dengan nilai rata-rata 57,5.b.      Nilai siklus I yaitu tingkat keberhasilan 85,7%, dengan nilai rata-rata 73,7Nilai pada siklus II yaitu tingkat keberhasilan yang sangat baik dengan nilai rata-rata 91,3.
PEMBINAAN MORAL KEAGAMAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU NARAPIDANA DI BLOK MELATI LP KELAS II A KOTA MATARAM Mardiyah Hayati
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.904 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i1.1060

Abstract

Sistem Pemasyarakatan  bertujuan untuk mengembalikan Warga Binaan menjadi warga yang baik, juga melindungi masyarakat terhadap kemungkinan diulanginya tindak pidana oleh Warga Binaan Pemasyarakatan. Untuk melaksanakan sistem pemasyarakatan tersebut diperlukan partisipasi atau keikutsertaan masyarakat dalam program pembinaan dengan mengadakan kerjasama dalam proses pembinaan agama maupun dengan sikap bersedia menerima kembali warga binaan yang telah selesai masa pidananya. Penelitian ini menggunakan data kualitatif, jenis diskriptif. Peneliti mencermati  aktivitas alami pada saat pembinaan moral keagamaaa di Blok Melati Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Mataram sedang berlangsung. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun proses analisa data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Pelaksanaan  pembinaan moral keagamaan di Blok Melati Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Mataram menghadapi beberapa kendala, diantaranya  adalah; 1) adanya perbedaan pendidikan narapidana yang beraneka ragam, 2) keterbatasan sarana dan prasarana,  3) tidak adanya evaluasi program,  4) kualitas dan ragam pembinaan yang belum variatif, 5) pembina kesulitan dalam memotivasi warga binaan untuk aktif bertanya.  Adapun upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi kendala adalah ; 1) mengupayakan metode pembelajaran yang tepat, 2) melakukan kerjasama yang baik dengan pegawai Lembaga Pemasyarakatan secara struktural, 3) mengupayakan sikap positif warga binaan terhadap program pembinaan agama. Penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembinaan moral agama di Blok Melati Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Mataram mengacu pada konsep pembelajaran berbasis misi Nabi Muhammad SAW didalam al-Qur’an yaitu Tila>wah ayat, Tazkiyah dan Ta’lim al Kita>b wa al hikmah.
PENYIMPANGAN PRILAKU ANAK-ANAK REMAJA SEKOLAH DI DESA WISATA KUTA LOMBOK (Studi Kasus Sebagai Langkah mengatasi Penyimpangan Moral) Muhammad Saleh E Muhammad Saleh E
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.78 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i1.1061

Abstract

Pariwisata di desa Kuta Lombok Tengah menjadi sebuah momok dalam masyarakat, satu sisi bisa mendatangkan kesejahteraan hidup masyarakat setempat, di sisi yang lain kita menyaksikan fenomena sosial anak-anak remaja Sekolah yang dipengaruhi oleh dunia pariwisata itu sendiri, misalnya pencurian, pengrusakan, obat-obatan, alkohol, kekacauan, perkelahian, pelacuran hal ini dapat merusak moral masyarakat dan sangat berpeluang untuk menyebarkan penyakit. Menjadi tanggung jawab bersama dari Kepolisian, tokoh agama, tokoh adat untuk bersama-sama mengantisipasi dan menciptakan destinasi pariwisata halal untuk Lombok bumi seribu wajah keindahan.
PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATAPELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Aqodiah Aqodiah
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.292 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i1.1062

Abstract

Penggunaan media pembelajaran bagi siswa usia madrasah ibtidaiyah di rasa sangat tepat, karena sesuai dengan tahap perkembangannya mereka masih berada pada tahap operasiona kongkret, dalam hal ini peneliti menggunakan media boneka tangan dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu keterampilan menyimak pada mata pelajaran (SKI) dan variabel bebas yaitu media boneka tangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN 2 Mataram yang berjumlah 38 siswa.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu, kuantitatif deskriptif juga reduksi data, pemaparan data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V MIN 2 Mataram. Hal ini ditunjukkan malalui  hasil uji tes tulis siswa di siklus I yaitu 71,1 meningkat menjadi 75,34 pada siklus II.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA MATARAM Muhammad Musfiatul Wardi Muhammad Musfiatul Wardi Muhammad Musfiatul Wardi
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.869 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i1.1040

Abstract

Pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah merupakan pondasi awal bagi pembentukan karakter suatu bangsa. Rentannya pendidikan karakter saat ini sangat meresahkan orang tua dan juga pendidikan secara nasional. Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Mataram telah menerapkan pendidikan karakter sebagai jawaban atas keresahan orang tua dan pendidikan secara global sebagai keberhasilan pembentukan karakter bangsa. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Mataram, dan tantangan-tantangan yang di hadapi dalam proses pengimplementasian pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Mataram. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai langkah awal dan sebagai tolak ukur madrasah untuk pelaksanaan pendiddikan karakter dan mengetahui strategi yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembentukan karakter siswa serta tantangan atau hambatan yang di hadapi. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengunakan model miles and huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Mataram di lakukakan melalui kegiatan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, kegiatan rutin dan kegiatan ekstrakulikuler,serta kegiatan dalam bentuk  kebijakan yang di terapkan di MIN 1 Kota Mataram ng di tanamkan, dengan mengacu pada 4 (empat) model pembelajaran karakter yakni, pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan CTL (Contextual Teaching Learning). Adapun penerapan model pembelajaran melalui pembiasaan seperti nilai religius, nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, peduli sosial, Keteladanan dapat di terapkan melalui nilai peduli lingkungan dan komunkikatif, CTL dapat di terapkan melalui rasa ingin tahu dan cinta damai, sedangkan pembinaan disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka, drum band, dan lain sebagainnya, dalam implementasi nilai kedisiplinan, dan nilai kerja keras, kreatif dan menghargai prestasi di implementasikan melalui kegiatan kreativitas siswa, dan keikutsertaan dalam lomba. dan hambatan atau tantangan-tantangan yang dihadapi pada saat proses pengimplementasian pendidikan karakter berasal dari, siswa, guru, dan sarana prasarana.

Page 1 of 1 | Total Record : 6