cover
Contact Name
Abdu Rabbi Faqihuddin
Contact Email
galerihamba@gmail.com
Phone
+6287734595391
Journal Mail Official
Lugatuna@journal.UMMat.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan Mataram NTB Indonesia
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
LUGATUNA : Jurnal Prodi PBA
ISSN : 20895267     EISSN : 2614395X     DOI : -
Core Subject : Education,
pengembangan pendidikan bahasa Arab pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab pengembangan metode pengajaran bahasa Arab evaluasi pendidikan bahasa Arbab pengembangan ilmu bahasa Arab pengembangan kesuastraan Arab
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA" : 5 Documents clear
تطبيق المنهج التربوي 2013 لتعليم اللغة العربية في الفصل الأول بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1 ماترام Ahmad Helwani
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.304 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11082

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang diterbitkankan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Mengutamakanpemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum 2013 untuk pembelajaran Bahasa Arab pada kelas X di MAN 1 Mataram tahun pelajaran 2015-2016 belum maksimal karena sebagian siswa belum dapat mengikuti semua tuntutan yang ada di dalam kurikulum 2013. Metodeyang sering dipakai dalam kurikulum 2013 ialah metode diskusi, dan kelompok berlangsung baik dan efektif meski berbeda-beda lulusan. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Kurikulum 2013
Metode Tarbawi (Pendidikan) Allah Kepada Manusia (Telaah Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al Quran) Baktiar Leu
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1001.658 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11048

Abstract

Pendidikan adalah upaya pencerdasan. Dalam prosesnya pendidikan bukan hanya dari manusia ke manusia melainkan Allah sebagai pencipta juga memberikan pendidikan kepada manusia sebagai hamnyaNya. Proses pendidikan dari Allah kepada manusia tersurat di dalam al-Quran. Melalui al-Qur’an lah manusia mengetahui ilmu pendidikan perspektif Islam. Sebagai sebuah aktifitas, maka pendidikan yang berlangsung tentu harus memiliki komponen-komponen seperti subjek-objek pendidikan, tujuan, metode bahkan semua itu dimulai dari ilmu pengetahuan. Allah Swt juga memiliki metode dalam memberikan pendidikan kepada manusia. Diantara metode yang digunakan adalah metode amtsal, metode cerita, metode bertanya, metode tausiyah, metode karya wisata.
PEMBARUAN PONDOK PESANTREN SALAF MENUJU MODERN (Studi Tentang Pondok Pesantren Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta dan al Fathimiyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Tahun 2014-2015) Dewi Urifah
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.039 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11050

Abstract

This thesis aims to determine the continuity and changes in tradition Boarding Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta and al Fathimiyyah Tambakberas Bahr Ulum Jombang in doing updates from Salaf towards modern. Supporting factors and obstacles in reforming boarding school Muallimat and al Fathimiyyah. This type of research is qualitative with phenomenological approach. Source of data obtained by the primary and secondary data sources. The collection of data through observation, interviews, and documentation. Data analysis technique by reducing the data, display data and draw conclusions. The results showed that the goal of education Boarding Mu'allimat Yogyakarta accordance with the vision and mission boarding school Mu'allimat National Education Goals coupled with the objective of Muhammadiyah and al Fathimiyyah Jombang in accordance with the vision and mission boarding school Mu'allimat National Education Goals, Mu Pesantren Education System Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta and al Fathimiyyah use madrasa system and Boarding School, Boarding School Education Curriculum Mu'allimat Yogyakarta using integrated curriculum between curriculum KTSP, Boarding plus curriculum Muhammadiyah and al Fathimiyyah Jombang using integrated curriculum between curriculum SBC, boarding school and the Local Content Curriculum relevant. Methodology Education in Yogyakarta and al Fathimiyyah Mu'allimat Jombang, use the same method of Pesantren and conventional and modern methods based student centered. Supporting factors Updates in Pesantren Mu'allimat Yogyakarta; Skills and Expertise Teacher. Skills and Expertise Caregiver Boarding Infrastructures factor, Factor Teacher Education. Fajktor inhibitors: The level of intelligence of students, Student Awareness; Educators are less motivated. Supporting factors Pesantren Al Fathimiyyah: Caregiver Skills, Skills Ustadz, Santri competent, Infrastructures, Environment and Society Early Motivasil. Obstacles include: Pupils are less profesionalis, and the Governing Pupils contemporaries.
PENERAPAN METODE “ AT-TA’LIQ” BAGI MAHASISWA BERKESULITAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA ARAB FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM TA. 2015/2016 nurjanah nurjanah
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.356 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, kesulitan pembelajaran yang dimaksud adalah dari segi kemampuan berbahasa Arab mahasiswa baik itu dari segi istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah, dan juga kesulitan internal yang ada pada diri mahasiswa yaitu, minat, rasa malu yang tinggi dalam proses pembelajaran, rasa tidak percaya diri dan seringkali tidak fokus karna beberapa permasalahan eksternal mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat siklus dan 12 kali pertemuan. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FAI UMM yang berjumlah enam orang mahasiswa. Tekhnik pengumpulan data yng digunakan adalah : observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode At-ta’liq dapat mengatasi kesulitan belajar mahasiswa, yang ditunjukkan dengan adanya perubahan hasil dari siklus pertama hingga siklus keempat. Pada siklus pertama tingkat kemampuan mahasiswa hanya mencapai 50%, dari enam orang mahasiswa hanya tiga orang memiliki kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Arab dan aktif dalam proses pembelajaran serta mampu mengatasi kesulitan belajar mereka. Pada siklus kedua perubahan tidak tampak begitu besar hanya mencapai 53% dari 50%. Pada siklus ketiga perubahan tampak lebih menonjol karna mahasiswa diberikan banyak latihan dan motivasi dan diwajibkan untuk aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, pada siklus ketiga ini mencapai 75% keberhasilan dalam pembelajaran. Dan pada siklus keempat dinyatakan sempurna karna ke enam mahasiswa mendapatkan nilai ketuntasan 65-95 dan dinyatakan lulus dalam pembelajaran Bahasa Arab.
أساليب مدرس اللغة العربية في تعليم القراءة وفهم النصوص العربية بمعهد "الحليمى" الخاص ساسيلا Husnan Husnan
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.172 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11047

Abstract

إن عملية التعلم والتعليم عملية لا تقوم إلا بشروطه المتكاملة وهي المدرس والمتعلم والطريقة والمادة و التقويم. كل منها دور كبير لحصول على غرض التعلم الذى قرره المدرس خلال خطوط الدراسة. القراءة مهارة ثالثة بعد الإستماع والكلام. إن مقام القراءة لدى متعلمى اللغة العربية يإندونسيا مقام ممتاز بين مهارات أخرى. و الحجة التى تؤيد هذا القول هو لأن المتعلمين يستطيع فورا لغاتهم من خلال الكتب العربية فى المكتبة مما كان تطبيق اللغة العربية من ناطق العربي امر صعب. أساليب التعليم من عوامل مهمة لوصول على النتيجة الجيدة. استخدام الطريقة أمر لازم, التطبيق بلا نظر قوي يقتضي على عملية التعليم إلي جهة غير واضحة حتى لاتحصل على أحسن النتيجة. يكون هذا البحث من بحث كيفي الذي يصف عن ظواهر التى تحدث حول أساليب مدرس اللغة اللعربية أثناء تعليم القراءة وفهم النصوص العربية معهد الحلمى الخاص. يستخدم الباحث ثلاث طرق فى جمع البيانات وهى الملاحظة والوثيقة والمقابلة

Page 1 of 1 | Total Record : 5