cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elementary.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1 Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26145596     DOI : 10.31764/elementary
Core Subject : Education,
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: JUNI 2019" : 6 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Windows Shopping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI UIN Mataram Muhamad Ahyar Rasidi; Nuruddin Nuruddin
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2: JUNI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.26 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i2.1297

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe windows shopping terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah  quasi eksperimen desain Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabelt hitung > t tabel atau 3,126>2,018 sehingga hipotesis alternatif diterima yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe windows shopping terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGMI diterima.Abstract:  This study aims to determine the effect of applying the windows shopping cooperative learning model to students' critical thinking skills. This type of research is a quasi-experimental Posttest Control Group Design design. Based on the results of the hypothesis test, it can be concluded that tcount> ttable  or 3.126> 2.018 so that alternative hypotheses are accepted, that is, there is an influence of the application of cooperative learning models of windows shopping to critical thinking skills of Islamic Primary Education Program students accepted.
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Untuk Siswa Kelas I SD Sukron Fujiaturrahman; Haifaturrahmah Haifaturrahmah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2: JUNI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1033.623 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i2.1302

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi peserta didik yang mengalami kelambatan dalam membaca permulaan di kelas I SDN Bagek Kerongkong. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode-metode konvensional dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. Peneliti mengambil subjek penelitian siswa kelas I SDN Bagek Kerongkong Kecamatan Praya Timur Kab. Lombok Tengah dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan akhir siklus 1, dari 20 orang peserta didik kelas I mencapai 69,6 % kemudian pada akhir siklus ke-2, diperoleh nilai mencapai 79,7 %. Penelitian ini telah membuktikan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas I SDN Bagek Kerongkong Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2018/2019.Abstract: This research is backed by the condition of learners who are experiencing slowness in reading the beginning in class I SDN Bagek Kerongkong. This is because teachers use only conventional methods and do not use the media in learning. The method used in this study is class action research. Research is conducted in two cycles, one cycle consists of learning planning, learning process, observation and reflection activities. Researchers took a study subject of grade I students at SDN Bagek Kerongkong Praya Timur District. Central Lombok with a total of 20 students. The results showed that in the execution of the end of Cycle 1, of the 20 students of class I reached 69.6% later at the end of the 2nd cycle, obtained a value reaching 79.7%. This research has proved that the use of Word card media can increase the ability to read the beginning of learners in class I SDN Bagek Kerongkong District Praya East Lombok District, school year 2018/2019.
Pribadi Orang Sasak Dalam Teater Tradisional Kemidi Rudat Lombok M. Okta Dwi Sastra F. M. Marijo
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2: JUNI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1013.072 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i2.1298

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai kearifan lokal yang menyangkut pribadi orang Sasak dalam teater tradisional Kemidi Rudat di pulau Lombok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Teori semiotika teater juga digunakan dalam penelitian ini sebagai acauan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai kearifan lokal yang terkandung dalam teater tradisional Kemidi Rudat yang meyangkut pribadi orang Sasak, yaitu: Tindih, maliq, merang, tatas, tuhu, tresna, reme, patut-paut, patuh, dan pacu-pasu.Abstract:  This study aims to reveal the value of local wisdom related to personal value of Sasak tribemen contained in the traditional Kemidi Rudat theater on the island of Lombok. The type of this study is qualitative descriptive using Roland Barthes's semiotic as the analysis method. The Theater  semiotic theory is also used in this study as a reference. Data analysis in this study includes data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study are as follows: The local wisdom values contained on the traditional Kemidi Rudat theater consist of (a) the personal value of Sasak tribemen namely: Tindih, maliq, merang, tatas, tuhu, tresna, reme, patut-paut, patuh, pacu-pasu.
Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD Nur Aprilia Utami; Humaidi Humaidi
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2: JUNI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.543 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i2.1299

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan dan juga kesulitan yang dihadapi siswa SD kelas 1 ketika menyelesaikan soal operasi penjumlahan bilangan. Penelitian ini melibatkan 49 orang siswa kelas 1 sekolah dasar negeri (SDN) 38 Ampenan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptip kuantitatif dengan melihat persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan operasi hitung  penjumlahan dan pengurangan bilangan pada  siswa SD kelas 1 berdasarkan tes yang dilakukan mancapai kategori tinggi walaupun hasil rata-rata masil perlu ditingkatkan. Peran aktif  guru dan orang tua diharapkan mampu membuat siswa lebih menguasai materi tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.Abstract:  This research is a survey research with the aim to find out the abilities and also the difficulties faced by elementary school students in grade 1 when solving the problem of adding numbers. This study involved 49 students from grade 1 in 38 Ampenan public elementary schools. Data collection is done by the method of test, interview and observation. The data obtained were analyzed using quantitative descriptive by looking at percentages. The results showed that the ability to count operations and reduce numbers in grade 1 elementary school students based on tests conducted reached a high category even though the average results need to be improved. The active role of the teacher and parent is expected to be able to make students better mastered the material about the calculation of addition and subtraction operations.
Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar Nurul Julaifah; Haifaturrahmah Haifaturrahmah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2: JUNI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1079.472 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i2.1300

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS)Siswa Kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 2 Suntu Kota Bima. Adapun sampel yang diambil yaitu kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan IVb sebagai kelas control. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakanmodel pembelajaran Carousel Feedback, sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pendekatan Saintifik.Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara siswa yang diajarkan model pembelajaran Carousel Feedback dengan pendekatakan saintifik. HOTS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Carousel Feedback(x ̅ = 74,60) lebih tinggi daripada  siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik (x ̅ = 53,57).Abstrak:This study aims to determine the effect of Carousel Feedback Learning Model on Higher Order Thinking Skills (HOTS) for class IV students of SDN 2 of Suntu, City Bima. This type of research is a quasi experiment using nonequivalent control group design. The study population was grade IV students at SDN 2 Suntu Kota Bima. The sample taken was class IVa as the experimental class and IVb as the control class. The experimental class was taught using the Carousel Feedback Learning Model, while the control class was taught using the Scientific Approach. The data in this study were analyzed using MANOVA. The results showed that there were significant differences in Higher Order Thinking Skills (HOTS) between students who were taught using Carousel Feedback Learning Model and Scientific Approach. HOTS students who are taught with the Carousel Feedback Learning Model (x ̅ = 74.60) are higher than students who are taught with a Scientific Approach (x ̅ = 53.57).
Pengembangan Media Pembelajaran Tematik SD Berbasis Buletin Board Display Untuk Membentuk Kemampuan Membaca Siswa Sintayana Muhardini; Yuni Mariyati; Khosiah Khosiah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2: JUNI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1117.345 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i2.1301

Abstract

Abstrak: Pengembangan media pembelajaran tematik berbasis bulletin board display diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada di sekolah yang berkaitan dengan  minimnya media pembelajaran tematik yang menarik dan efektif di kelas. Bulletin board merupakan salah satu jenis media display yang berupa media pajangan atau papan buletin yang bisa ditempatkan dimana saja didalam kelas yang sifatnya terbuka sehingga bisa dibaca dan dilihat kapan saja oleh siswa meskipun materi dalam pembelajaran tertentu telah selesai dijelaskan  Pengembangan media pembelajaran tematik berbasis bulletin board display diharapkan dapat membentuk kemampuan membaca siswa. Tujuan jangka panjang dari pengembangan media pembelajaran ini adalah agar seluruh Sekolah Dasar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan di dukung media pembelajaran tematik yang menarik dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yang dikemukakan oleh Borg & Gall (1983). Validasi produk dilakukan oleh ahli dan feedback dari siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa lembar kuesioner kelayakan produk  dan tes kemampuan literasi siswa. Hasil ujicoba coba terbatas yang dilakukan di SDN 1 Anyar Kelas IV A dan VI B yang dikembangkan menunjukan bahwa media yang dikembangkan layak digunkan dengan presentasi kelayakan sebesar 92,5% dan 91,13 %. Dalam uji coba lapangan kemampuan literasi siswa meningkat sebesar 0,6 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) produk media  yang telah dikembangkan telah layak untuk digunakan; 2) produk pengembangan berpengaruh terhadap keamampuan membaca.Abstract:  Development of thematic learning media based on bulletin board displays is expected to be able to overcome the problems that exist in schools related to the lack of interesting and effective thematic learning media in the classroom. Bulletin board is one type of display media in the form of display media or bulletin boards that can be placed anywhere in the classroom that is open so that it can be read and viewed at any time by students even though the material in a particular learning has been explained. Development of thematic learning media based on bulletin display boards expected to shape students' reading skills. The long-term goal of developing this learning media is so that all elementary schools can carry out learning activities supported by interesting and effective thematic learning media. The development model used in this study is a procedural model that is a descriptive model proposed by Borg & Gall (1983). Product validation is done by experts and feedback from students. The instrument used in collecting data in the form of product feasibility questionnaire sheets and tests of student literacy skills. The limited trial results conducted at SDN 1 Anyar Class IV A and VI B which were developed showed that the media developed were feasible with feasibility presentations of 92.5% and 91.13%. In the field trials students' literacy abilities increased by 0.6 with a moderate increase category. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that: 1) media products that have been developed are feasible to use; 2) product development has an effect on reading ability.

Page 1 of 1 | Total Record : 6