cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pendekar.ummat@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1, Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
ISSN : -     EISSN : 26151421     DOI : 10.31764/pendekar
Core Subject : Education,
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah lainnya di bidang pendidikan. Adapun cakupannya meliputi hasil penelitian di bidang matematika dan ilmu alam, teknologi informasi dalam pembelajaran, sosio geografis, agama dan budaya, bahasa dan sastra, serta humaniora. Terbit dua kali setahun yakni bulan April dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): September" : 12 Documents clear
PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SD Syukran Hadi
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2806

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigasi pada siswa yang dilaksanakan dengan pendekkatan kualitati jenis penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, pengumpulan data dengan metode Observasi,  interview, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (85,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Group Investigasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.Abstract:  The purpose of this research is to determine the improvement of student learning achievement by applying the cooperative learning method of the Investigative Group model which is carried out by short quality of class action research as many as three cycles, data collection by observation method, interview, documentation, and test. Data obtained in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. It was obtained that students' learning achievement improved from cycle I to cycle III, namely, cycle I (65.00%), cycle II (75.00%), cycle III (85.00%). The conclusion of this study is that the cooperative method of the Investigative Group model can improve the math learning achievement.
PEMANFAATAN SOFTWARE MATRIX LABORATORY (MATLAB) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KINEMATIKA Siwi Puji Astuti; Alhidayatuddiniyah T.W.
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2892

Abstract

Abstrak: Ada beberapa program aplikasi komputer yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika, khususnya Kinematika. Salah satunya software matrix laboratory atau yang lebih dikenal dengan Matlab. Matlab adalah suatu software yang dapat membantu kita untuk melakukan perhitungan matematik, analisis data, mengembangkan algoritma, melakukan simulasi dan pemodelan, serta menyajikannya dalam bentuk grafis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dengan menggunakan software Matlab. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa program studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Informatika semester 3 pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan perhitungan didapat skor sebesar 72,35 %, atau dapat dikatakan bahwa mahasiswa yang suka belajar fisika dengan Matlab sebanyak 49 mahasiswa dan hasil lain menunjukkan hasil 70 % yang artinya sebanyak 48 mahasiswa setuju dengan adanya penggunaan software Matlab membuat mahasiswa lebih memahami soal fisika.Abstract: There are several computer application programs that can be used as a medium for learning physics, especially kinematics. One of them is the matrix laboratory software or better known as Matlab. Matlab is a software that can help us to perform mathematical calculations, data analysis, develop algorithms, perform simulations and modeling, and present them in graphical form. The purpose of this study was to determine student interest in learning by using Matlab software. The research was conducted on students of the Informatics study program, FTIK, Indraprasta PGRI University. The population of this study was the 3rd semester Informatics students in the odd semester of the 2019/2020 school year. Based on the calculation obtained a score of 72.35%, or it can be said that students who like to learn physics with Matlab are 49 students and other results show 70% results, which means that 48 students agree with the use of Matlab software to make students understand more about physics problems.
PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA Tati Sunarti
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2822

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini untuk melihat peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf argumentasi dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Praya Tengah mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pengumpulan data observasi, interview, dan dokumentasi. Diperoleh hasil pada siklus I kategori kemampuan kelompok pada siswa dalam menulis paragraf argumentasi adalah 68.69 berada pada kategori normal terhadap angka 50 – 78. Rata-rata siswa belum mencapai standar kriteria minimal yaitu 75. Dan pada siklus II diperoleh rata-rata 82.03 berada pada kategori normal dari rentang angka 78 – 91. Disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf argumentasi di kelas X SMAN 1 Praya Tengah dapat meningkatan hasil belajar dan motivasi siswa.Abstract:  This classroom action research to see the improvement of students' learning outcomes and motivation through the application of problem-based learning approaches in Indonesian subjects of argument paragraph writing materials was carried out in class X of SMAN 1 Praya Tengah Indonesian subjects with methods of collecting observational data, interviews, and documentation. The result in cycle I of the group ability category in students in writing argument paragraphs was 68.69 being in the normal category against the numbers 50 – 78. The average student has not reached the minimum criteria standard of 75. And in cycle II obtained an average of 82.03 is in the normal category of the number range 78 – 91. It concluded that the application of problem-based learning approach to Indonesian subjects of argument paragraph writing in class X SMAN 1 Praya Tengah can improve student learning outcomes and motivation.
EFEKTIFITAS MODEL INQUIRY TIPE PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA MIN MOYA TERNATE DI ERA DISRUPSI 4.0 Sri Wahyuni; Sasmayunita Sasmayunita; Asriani Thahir
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2811

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan membahas efektifitas model pembelajaran Inqury tipe Pictorial Riddle dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia siswa MIN Moya Ternate. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlahsiswa 49 orang, terdiri atas 21 laki-laki dan 28 perempuan. Hasil analisis belajar siswa setelah diterapkan model Inquiry tipe Pictorial Riddle pada siswa kelas III MIN Moya Ternate mengalami peningkatan, pada siklus I siswa yag memperoleh nilai tuntas hanya sebesar 61%, dan pada siklus II meningkat sebesar 21%  menjadi 82% sehingga secara klasikal memenuhi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) MIN Moya Ternate yaitu 80 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inquiry tipe Pictorial Riddle efektif meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia siswa MIN Moya Ternate khususnya pada materi menulis Paragraf. Setelah adanya penelitian tersebut, disarankan guru kelas mampu menerapkan model-model yang lebih inovatif seperti Inquiry tipe Pictorial Riddle pada materi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang lain agar pembelajaran yang diberikan dapat bervariasi, dapat menantang siswa untuk lebih kreatif, berpikir kritis, dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa yang lebih tinggi, dan dapat memotivasi siswa untuk berkarya, sesuai dengan tuntutan pembelajaran di era disrupsi 4.0.Abstract: This study aims to discuss the effectiveness of the Pictorial Riddle type Inqury learning model in improving Indonesian language learning for MIN Moya Ternate students. Data collection in this study was carried out in two cycles. The research subjects were students of class III with a total of 49 students, consisting of 21 boys and 28 girls. The results of the student learning analysis after applying the Pictorial Riddle Inquiry model to class III students of MIN Moya Ternate increased, in cycle I students who obtained a complete score of only 61%, and in cycle II increased by 21% to 82% so that classically meet the criteria Minimum completeness (KKM) of MIN Moya Ternate is 80%. Based on the research results, it can be concluded that the implementation of the Pictorial Riddle Inquiry model is effective in improving Indonesian language learning for MIN Moya Ternate students, especially in paragraph writing material. After this research, it is suggested that the classroom teacher be able to apply more innovative models such as Inquiry type Pictorial Riddle to other Indonesian language subject matter so that the learning given can be varied, can challenge students to be more creative, think critically, and can foster interest. higher student learning, and can motivate students to work, in accordance with the demands of learning in the era of disruption 4.0
PENGEMBANGAN APLIKASI PERHITUNGAN INTEGRAL PADA MATERI KINEMATIKA Ria Asep Sumarni
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2907

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dirancang untuk pengembangan perhitungan integral menjadi sebuah produk aplikasi berbasis HTML. Sehingga dapat digunakan secara langsung untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat, cepat, dan mudah dalam menyelesaiakan persoalan integral pada materi kinematika. Bahasa pemrograman yang ditawarkan untuk merancang aplikasi ini adalah dengan HTML (Hypertet Markup Language) dan JavaScript. Aplikasi ini selanjutnya di ujikan ke ahli media dan uji pengguna, sehingga diperoleh hasil perhitungan diperoleh penilaian oleh validator pada aspek Functionality, Usability dan Efficiency masuk kedalam kriteria sangat bagus. Pada aspek Reliability  termasuk dalam kategori baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem aplikasi perhitungan integrasi numerik berbasis javascript dan HTML termasuk kedalam kategori sangat baik.Abstract: This research is designed for the development of integral computation into an HTML-based application product. So that it can be used directly to get more accurate, fast, and easy calculation results in solving integral problems in kinematics material. The programming languages offered to design this application are HTML (Hypertet Markup Language) and JavaScript. This application is then tested on media experts and user tests, so that the calculation results obtained by the validator's assessment on the aspects of Functionality, Usability and Efficiency are included in very good criteria. In the aspect of Reliability, it is in the good category. So it can be concluded that the numerical integration calculation application system based on javascript and HTML is included in the very good category.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI Masni Veronika Situmorang
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2837

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA yang terdiri atas 2 kelas. Sementara sampel penelitian adalah total sampling (sampel total) sebanyak 35 orang untuk kelas Group Investigation (kelas XI IA-1); dan 35 orang untuk kelas Konvensional (kelas XI IA-2). Melalui uji persyaratan, hasil belajar siswa memiliki distribusi normal.. Melalui pembelajaran Group Investigation diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 81,67; sedangkan dengan menggunakan Konvensional diperoleh sebesar 75,37. Kemudian hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-F (analisis varians satu arah) dengan taraf kepercayaan =0,01; sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (13,86 > 4,81). Hal ini berarti  bahwa Ho ditolak dan  Haditerima. Dengan kata lain bahwa penggunakan Group Investigation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.Abstract: This study aims to determine the effect of the Group Investigation learning model on student learning outcomes. The population used in this study were all students of class XI IA which consisted of 2 classes. While the research sample is total sampling (total sample) of 35 people for the Group Investigation class (class XI IA-1); and 35 people for the conventional class (class XI IA-2). Through the test of requirements, student learning outcomes have a normal distribution. Through Group Investigation learning, it was obtained an average learning outcome of 81.67; whereas by using Conventional it was obtained 75.37. Then the learning outcomes obtained were analyzed using the F-test (one-way analysis of variance) with a confidence level of ∝ = 0.01; so that we obtain Fcount> Ftable (13.86> 4.81). This means that Ho is rejected and Had accepted. In other words, the use of Group Investigation has a significant effect on student learning outcomes.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI ARITMATIKA DI TK KARTIKA I-61 PADANG Nur’aini Malik; Serli Marlina
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2800

Abstract

Abstrak: Latar belakang dari penelitiaan ini dapat kita lihat bahwa kemampuan mengenal bilangan, konsep bilangan, penjumlahan dan pengurangan anak masih rendah, artinya perkembangan kognitif dan konsep dasar matematika mengalami hambatan dan belum berkembang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif. Anak belum bisa mengurutkan bilangan secara berurutan dari 1-20, Selain itu kurangnya tingkat keaktifan anak dalam belajar dan penggunaan metode yang kurang tepat dalam pembelaran dengan menggunakan cerita saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Melalui Metode Aritmatika,melalui  media Stik dan Penjepit buah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian anak usia dini kelompok B1 berjumlah 15 orang anak terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian tentang peningkatan kemampuan berhitung  matematika melalui Media Stik dan penjepit buah yang telah dilaksanakan di TK Kartika I-61 terjadi peningkatan keberhasilan pada akhir siklus I sebesar 27% namun peningkatan ini belum sesuai dengan perkembangan anak maka peneliti dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berhitung matematika  anak  melalui  media Stik dan penjepit buah, hal  tersebut  menunjukkan  kemampuan anak kategori Berkembang Sangat Baik. Simpulannya bahwa media stik dan penjepit buah dapat meningkatkan kemampuan berhitung matematika anak kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Kartika I-61 Padang.Abstract: The background of this research can be seen that the ability to recognize numbers, the concept of numbers, addition and subtraction of children is still low, meaning that cognitive development and basic mathematical concepts experience obstacles and have not developed according to the stage of cognitive development. Children have not been able to sort numbers sequentially from 1-20, besides the lack of children's activity level in learning and the use of inaccurate methods in learning using stories only. The purpose of this study was to improve children's mathematical abilities through arithmetic methods, through the media of sticks and fruit tongs. This type of research is classroom action research. The research subjects of early childhood group B1 were 15 children consisting of 8 boys and 7 girls. This research was conducted in two cycles, each cycle carried out three meetings. The techniques used in data collection are observation and documentation and the results of the assessment are processed by percentage techniques. The results of the research on increasing the ability to count mathematics through the media of sticks and fruit pincers that have been implemented in Kindergarten Kartika I-61 have an increase in success at the end of cycle I by 27%, but this increase is not in accordance with children's development, so the researcher continues to cycle II. In the second cycle, there was an increase in the children's mathematical arithmetic ability through the media of sticks and fruit pincers, this shows the ability of children in the very good development category. The conclusion is that the stick and fruit clip media can improve the math arithmetic ability of group B1 children in Kindergarten Kartika I-61, Padang.
KONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS MAHASISWA BERGAYA KOGNITIF REFLEKTIF Minatun Nadlifah
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2893

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas konstruksi bukti matematis yang dihasilkan oleh mahasiswa bergaya kognitif reflekttif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-eksploratif. Penelitian melibatkan tiga mahasiswa tahun pertama bergaya kognitif reflektif yang menempuh mata kuliah teori bilangan . Data diperoleh melalui tiga tahapan. Pertama, identifikasi gaya kognitif mahasiswa dengan menggunakan instrumen Matching Familiar Figures Test (MFFT). Kedua, tes tertulis terkait masalah pembuktian. Ketiga, eksplorasi pemahaman mahasiswa tentang konstruksi bukti yang dihasilkan melalui teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori kualitas konstruksi bukti yang dihasilkan oleh mahasiswa bergaya kognitif reflektif, yakni bukti kurang valid dan tidak valid. Hal ini berarti konstruksi bukti yang dihasilkan memuat kesalahan pada aspek struktur bukti dan pemahaman konseptual bukti.Abstract:  The purpose of the study is to describe the quality of mathematical proof construction produced by the reflective cognitive style of undergraduate students’. The research was conducted by a qualitative approach and used a descriptive-explorative research type. The study involved three first-year undergraduate students who have a reflective cognitive style. The data were obtained through three stages. First, identify the students’ cognitive style using the Matching Familiar Figures Test (MFFT) instrument. Second, a proof written test. Third, exploration of the undergraduate students’ understanding of proof construction though interview technique. The results showed that there were three categories of quality of proof construction produced by the reflective cognitive style of undergraduate students, namely less valid proof and invalid proof. It means that the construction of the proof construction contains many errors in the aspects of the proof-structure and proof-conceptual understanding.
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER FORMAT KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN SISWA Futihat Futihat
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2818

Abstract

Abstrak: Kejujuran merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa. Sebagian besar siswa di SMP N 1 Karangkobar masih terbiasa mencontek dan bertindak tidak jujur ketika pembelajaran di kelas. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran untuk mengubah kebiasaan tersebut. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter format kelompok. Penelitian kali ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.  Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata tingkat kejujuran siswa sebesar 63,75 %, dan pada siklus II sebesar 79,37, dan pada siklus III sebsar 100%.  Ini menunjukkan bahwa setiap siswa sudah mulai menanamkan sikap jujur dalam berbagai aspek.Abstract:  Honesty is an important thing that students should have. Most students at SMP N 1 Karangkobar are still accustomed to sucking and acting dishonestly when learning in class. Therefore, learning innovation is needed to change the habit. One of them is by applying character education group format. This research includes a type of class action research consisting of three cycles. The data collection technique used is observation.  Based on the results of the study in cycle I obtained an average student honesty rate of 63.75 %, and in cycle II of 79.37, and in cycle III as basic as 100%.  This shows that every student has begun to instill an honest attitude in various aspects.
KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA Siti Fatimah
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2832

Abstract

Abstrak : Keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah sebagai peneliti dalam kepemimpinan pembelajaran terhadap para guru. Kepala sekolah pada satuan pendidikan memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan guru dalam pembelajaran yang di dalamnya ada sistem evaluasi pembelajaran. Sesuai dengan perencanaan yang telah disusun diawali dengan sosialisasi kepada seluruh guru SD Negeri 116255 AEK Tobang   tentang penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dalam rangka on training Diklat penguatan kepala sekolah dan pengawas yaitu tindakan supervisi akademik yang akan dilaksanakan dalam 2 siklus kegiatan. Tindakan supervisi akademik siklus 1 dilaksanakan oleh Kepala Sekolah tindakan yang dilakukan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dalam analisis hasil penulis penilaian supervisi dikelompokkan dalam tiga aspek penilaian yaitu administrasi pembelajaran proses pembelajaran penggunaan LCD proyektor dan penilaian peserta didik terhadap proses pembelajaran melalui angket Bimbingan berkelanjutan  dapat meningkatkan motivasi guru dan siswa dalam menyusun administrasi mengajar dengan lengkap dan perencanaan mengajar melalui supervisi akademik sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih bermutu.  Guru maupun siswa menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun administrasi mengajar apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan administrasi mengajar/ RPP dari peneliti sehingga terjadinya peningkatan, Kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu pembelajaran. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dan siswa dalam prosesbelajar dan mengajar dari siklus ke siklus sehingga terjadinya peningkatan rata-rata dalam perencanaan pembelajaran sebesar 17,91%. Abstract: The success of education in educational units is strongly influenced by the role of the principal as a researcher in learning leadership for teachers. The principal in the education unit has a strategic role in determining the success and failure of teachers in learning in which there is a learning evaluation system. In accordance with the plan that has been prepared, it begins with socialization to all teachers of SD Negeri 116255 Aek Tobang about action research carried out by the principal in the context of on training for strengthening school principals and supervisors, namely academic supervision actions that will be carried out in 2 cycles of activity. Cycle 1 academic supervision action is carried out by the principal. The actions taken include planning the implementation of observation and reflection. In the analysis of the author's results, the supervision assessment is grouped into three aspects of assessment, namely the learning administration of the learning process using LCD projectors and students' assessment of the learning process through continuous guidance questionnaires can increase teacher and student motivation in compiling complete teaching administration and teaching planning through academic supervision so as to produce better quality learning. Teachers and students show seriousness in understanding and arranging teaching administration, especially after receiving teaching administration development guidance / RPP from researchers so that there is an increase, Academic supervision activities can increase the competence of teachers and students in preparing lesson plans which in turn improve the quality of learning. This can be proven from the results of observations which show that there is an increase in the competence of teachers and students in the learning and teaching process from cycle to cycle so that the average increase in learning planning is 17.91%.

Page 1 of 2 | Total Record : 12