cover
Contact Name
Laode Muharam
Contact Email
jurnal_bening@uho.ac.id
Phone
+6285325030388
Journal Mail Official
jurnal_bening@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kendari, 93232. Telp. (0401) 3190607, HP: 085325030388
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25484222     EISSN : 27161765     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/bening
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan konseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017)" : 15 Documents clear
PERBANDINGAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING YANG BERSERTIFIKASI DENGAN NON SERTIFIKASI DI SMP SE-KOTA KENDARI TAHUN 2016 Side, Muhammad Tahrin; Binasar, Sudarmi Suud; Jahada, Jahada
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10524

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan kinerja guru bimbingan dan konseling yang telah bersertifikasi dengan non sertifikasi di SMP se-kota Kendari tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru BK SMP se-Kota Kendari yang berjumlah 49 orang yang tersebar pada 19 SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Penilaian Kinerja Guru BK dan pedoman wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji F untuk mengetahui perbandingan kinerja guru bimbingan dan konseling yang telah bersertifikasi dengan non sertifikasi di SMP se-kota Kendari tahun 2016.Berdasarkan analisis data kinerja guru bimbingan dan konseling menunjukkan nilai    F = 18,566, p = 0,009 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan terdapat perbedaan sangat signifikan antara kinerja guru BK yang bersertifikasi dan guru BK non sertifikasipada SMP se-Kota Kendari. Dengan nilai rata-rata kinerja guru BK yang bersertifikasi ditunjukkan skor = 88,12 dan kinerja guru  non sertifikasi ditunjukkan dengan skor = 81,73. Hasil analisis tersebut menunjukkan terdapat perbedaan sangat signifikan antara kinerja guru BK yang bersertifikasi dan guru BK non sertifikasi pada SMP se-Kota Kendari Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Kinerja Guru BK
KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI MTs NEGERI 1 KENDARI Febriani, Ridha; Suarni, Wa Ode; Aspin, Aspin
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas IX.7 di MTsN 1 Kendari melalui konseling kelompok behavioral dengan teknik asertif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain One Group Pre test and Post test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan konseling kelompok behavioral dengan teknik asertif berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata mencapai 70,43%, sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan dengan skor rata-rata mencapai 31,92% yang tergolong rendah. Berdasarkan analisis inferensial menggunakkan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue < α (0,012 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa konseling kelompok behavioral dengan teknik asertif dapat mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas IX.7 di MTsN 1 Kendari. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok, Behavioral, Asertif
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 KENDARI Marlin, Wa Ode; Muharam, La Ode; Aspin, Aspin
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10534

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari  setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian pre-eksperimen designs. Dalam penelitian ini, bentuk desain ona group pretest-posttest design. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Metode analisis data siswa menggunakan uji Wilxocon Match Pairs test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Wilxocon Match Pairs test dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 yaitu hasil analisis uji Wilxocon Match Pairs test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.005, dengan uji satu sisi, maka  probabilitas menjadi 0.005/2 =0.0025. Nilai probabilitas = 0.0025 < α = 0.05, maka Ho ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar Siswa
PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMA MUHAMMADIYAH KENDARI Jusman, Muhammad; Suarni, Wa Ode; Jahada, Jahada
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi karir terhadap kematangan karir siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Kendari. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis pre-experimental designdengan menggunakan model one group pretest-posttest design. Data dianalisis secara inferensial dengan menggunakkan t-test. Hasil t-testpaired samples test dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh thitung  = -6,583 (ttabel = -1,697) dengan probabilitas Sig. (2-tailed) = 0,000 (α 0,05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan  informasi karir terhadap kematangan karir siswa. Kata Kunci: Kematangan Karir, Layanan Informasi Karir
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMK NEGERI 1 KENDARI Rusmi, Rusmi; Aspin, Aspin; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK Negeri 1 Kendari. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis pre-eksperimental designs. Dalam penelitian ini, bentuk desain model one group pre test-post test design. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon macth pairs. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05. Maka nilai Asym. Sig. (2 tailed) 0,008 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan  bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi siswa SMK Negeri 1 kendari. Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Layanan Bimbingan Kelompok
HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 8 KENDARI Dani, Dani; Aspin, Aspin; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kepercayaan diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari, (2 motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari, dan (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari berada pada kategori baik yaitu 76,74%, (2) Motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari berada pada kategori tinggi, yaitu 53,49% dan (3) Ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari, dengan nilai koefisien korelasi(rxy) = 0,533 ( rhitung = 0,533 > rtabel = 0,301). Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Kesiapan Motivasi Belajar
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KELAS IX DI SMP NEGERI 5 KENDARI Maudi, Nurhayani; Muharam, La Ode; Aspin, Aspin
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10435

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 5 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di SMP Negeri 5 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 5 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Kendari dengan jumlah 370 orang. Dari populasi yang ada, diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 15% sehingga sampel keseluruhan berjumlah 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara umum minat belajar siswa berada dalam kategori tinggi yaitu 66% atau 37 orang, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Sebanyak 25% atau 14 orang berada pada ketegori sedang dan 9% atau 5 orang berada pada kategori sangat tinggi. 2) Kesulitan belajar siswa kelas IX berada pada kategori rendah yaitu 52% atau 29 orang. Selebihnya 36% atau 20 orang berada pada kategori sedang dan 12% atau 7 orang berada pada kategori tinggi. 3) Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari kedua variabel dengan nilai korelasi diperoleh -0,721. Kata kunci: Minat Belajar, Kesulitan Belajar
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SCHOOL ENGAGEMENT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KONTUNAGA Saputra, La Ode Alibin Rilangit; Suarni, Wa Ode; Aspin, Aspin
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10526

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan school engagement siswa  SMA Negeri 1 Kontunaga. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis pre-experimental design dengan menggunakan model one group pre test posttest design. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilxocom Match Pairs Test. Hasil uji Wilxocom Match Pairs Test dengan taraf signifikan α = 0,05 di peroleh nilai Asymp.Sig  (2-tailed) = 0,002 dengan uji satru sisi, maka probalitasnya menjadi  0,001 < α = 0.05. Dari hasil analisis tersebut dapat di simpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan school engagement siswa. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, School Engagement
PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGONSUMSI MINUMAN BERALKOHOL SISWA SMA NEGERI 2 TOMIA Anizan, Nur; Binasar, Sudarmi Suud; Aspin, Aspin
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang mengonsumsi minuman beralkohol di SMA Negeri 2 Tomia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penyimpulan data. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan dalam mengatasi siswa yang mengonsumsi minuman beralkohol sebagai pembimbing, informan, pendidik dan sebagai konselor melalui pemberian tindakan preventif (pencegahan), tindakan represif (pemberian hukuman) dan tindakan kuratif (rehabilitasi atau penyembuhan). Kata Kunci : Peranan Guru, Bimbingan Dan Konseling, Alkohol
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN PADA SISWA SMP NEGERI 5 KENDARI Fitrianingsih, Fitrianingsih; Muharam, La Ode; Binasar, Sudarmi Suud
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v1i2.10436

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang berjumlah 412 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik propotional random sampling sebanyak 15%, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Mayoritas motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi yaitu 39 (61,90%). 2) Mayoritas minat baca di perpustakaan pada siswa berada pada kategori tinggi yaitu 37 (58,73%). 3) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Hal ini berdasarkan nilai koefisien korelasi (rxy) = 0,582 (rhitung> rtabel 0,254). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Baca di Perpustakaan

Page 1 of 2 | Total Record : 15