cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Masyarakat
Published by Universitas Jember
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Hubungan Antara Pengembangan Kurikulum Hantaran dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Hantaran Level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember Silvia Lorenza; Arief Tukiman Hendrawijaya; Deditiani Tri Indrianti
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Pengembangan Kurikulum Hantaran dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Hantaran Level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasional. Teknik penentuan responden menggunakan teknik populasi sebanyak 15 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi tata jenjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengembangan kurikulum hantaran dengan hasil belajar peserta pelatihan, dibuktikan harga r hitung (0,739) yang lebih besar dari pada r table (0,505). Hasil ini didukung dengan hasil analisis tiap indikator. Terdapat hubungan positif antara tujuan pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r hitung (0,619). Terdapat hubungan positif antara tujuan pembelajaran dengan nilai praktik, dibuktikan harga r hitung (0,571). Terdapat hubungan positif antara bahan ajar dengan nilai teori, dibuktikan harga r (0,616). Terdapat hubungan positif antara bahan ajar dengan nilai praktik, dibuktikan harga r (0,427). Terdapat hubungan positif antara strategi pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r hitung (0,553). Terdapat hubungan positif antara strategi pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r hitung (0,450). Pengembangan kurikulum memberikan kontribusi sebesar 55% terhadap hasil belajar peserta pelatihan hantaran level I di LKP Parcelia, sedangkan sisanya yakni 45 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ha yang berbunyi ada hubungan antara pegembangan kurikulum hantaran dengan hasil belajar peserta pelatihan hantaran level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parelia Kabupaten Jember diterima.
HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) STICOM EL RAHMA JEMBER Mutadim Wahyudi; Arief Tukiman Hendrawijaya; Deditiani Tri Indrianti
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu kursus dan pelatihan ialah terletak pada penggunaan metodeyang digunakan. Ketepatan dalam memilih dan menggunakan metode pelatihan sangat berpengaruh terhadap motivasi belajarpada peserta kursus. Metode pada dasarnya dapat diartikan sebagai cara-cara yang perlu dipilih dan digunakan untukmengoptimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran.Terdapat banyak macam metode dalam kursus dan pelatihan, salahsatunya adalah metode problem based learning (PBL), merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk merangsangberfikir tingkat tinggi dalam situasi yang terorientasi pada masalah dunia nyata. Namun yang perlu diketahui adalah adakahhubungan antara penerapan metode problem based learning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer. Sehinggaperlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara penerapan metode problembased learning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasionaldengan pendekatan kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan kepustakaan. Danselanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi Tata jenjang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung >r tabel, yakni 0,940 > 0,591, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penerapan metode problem basedlearning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer di Lembaga kursus dan Pelatihan Sticom El Rahma Jember.Selanjutnya sebagai saran supaya metode problem based learning ini dapat dipertahankan dan dikembangkan serta dimenejemen yang lebih baik lagi untuk kedepanya.
PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN FLASHCARD TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI PAUD DARUSSALAM JEMBER Aisyah Nur Khasana; Arief Tukiman Hendrawijaya; Niswatul Imsiyah
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permainan flashcard meupakan salah satu Alat Permainan Edukatif (APE) yang dapat mempengaruhi daya ingat anak usia dini. Daya ingat itu sendiri bersifat menetap sejak anak berusia 4 tahun. Oleh sebab itu pendidik harus memberikan stimulus yang maksimal dalam masa-masa golden age tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakah pengaruh penerapan permainan flashcard terhadap daya ingat anak usia dini di lembaga Paud Darussalam Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan permainan flashcard terhadap daya ingat anak usia dini di lembaga Paud Darussalam Jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu digunakan sebagai masukan yang terkait dengan permainan flashcard terhadap daya ingat anak usia dini untuk pesesrta didik, pendidik dan pengelola Paud Darussalam Jember, serta prodi PLS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan datanya menggunakan checklist dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan rumus uji t-test yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS ((Statistical Package for the Social Sciences) 24. Dari proses tersebut diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara kedua variabel yang menunjukkan bahwa rhitung sebesar 13,056 jika dikonsultasikan dengan harga r kritik sebesar 2,23 pada taraf kepercayaan 95% , akan menunjukkan bahwa r hitung ≥ r kritik, = 13,056 ≥2,23. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pengelola dan pendidik agar dapat memaksimalkan ketersediaan Alat Permainan Edukatif (APE) serta dalam penggunaannya. Bagi pembaca skripsi ini dapat kiranya mengambil point penting dari hasil penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan penerapan permainan flashcard terhadap perkembangan bahasa anak usia dini.
HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA BONDOWOSO TAHUN 2014/2015 Any Diana Vitasari; Arief Tukiman Hendrawijaya; Deditiani Tri Indrianti
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) adalah suatu pendekatan pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini yang memperhatikan kebutuhan dan minat anak sehingga anak bebas bereksplorasi untuk mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Hubungan Antara Penerapan Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD Tunas Bangsa Bondowos Tahun 2014/2015. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data yaitu dengan menggunakankorelasi tata jenjang. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan sangat kuat yang diperoleh pada penerapan metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) dengan perkembangan motorik kasar anak yaitu sebesar 0.913 yang terdapat pada aspek berjalan sambil berjinjit, melayang sesaat di udara, dan mempertahankan seluruh tubuh sedangkan pada hasil korelasi total sebesar 0.924. Dapat disimpulkan bahwa r hitung berada di atas r tabel yang dikatakan terdapat hubungan yang sangat kuat pada penerapan metode BCCT dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PAUD Tunas Bangsa Bondowoso tahun 2014/2015.
STUDI KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI POS PAUD CATLEYA 62 KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER Dian Nurseptiana; Arief Tukiman Hendrawijaya; Niswatul Imsiyah
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen kelas adalah usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar yang sistematis yang mengarah padapenyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar guna mewujudkan situasi belajar-mengajar yang kondusif dantujuan kurikuler dapat tercapai. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakahkorelasi antara manajemen kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 Kelurahan AntirogoKecamatan Sumbersari Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara manajemenkelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 kelurahan Antirogo Kecamatan SumbersariKabupaten Jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menjadi bahan pertimbangan wacana informasi dan referensi literatur bagi pengembangan penelitian di bidang pendidikan khususnya Pendidikan Luar Sekolah. Penelitian ini merupakanpenelitian korelasional yang pengambilan datanya menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan rumus korelasi tata jenjang. Dari proses tersebut diketahui adanya hubungan yang signifikanantara kedua variabel yang menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,847. Jika dikonsultasikan dengan harga r kritik sebesar 0,544pada taraf kepercayaan 95% , akan menunjukkan bahwa rhitung ≥ rkritik, = 0,847 ≥. Dan jika dipersentasikan manajemen kelasmemberikan kontribusi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini sebesar 71,74%, sedangkan sisanya 28, 26% lainnyadipengaruhi oleh faktor lain. Saran untuk pengelola lembaga Pos PAUD Catleya 62, hendaknya meningkatkan kualitas PosPAUD terutama pada manajemen kelas yang menyangkut sarana dan prasarana, sehingga anak didik dapat mengembangkankemampuannya.
HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN KURIKULUM “ISO JALARAN SOKO KULINO” (SOJASOKU) DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAK ANAK DI STRAWBERRY PRESCHOOL AND DAYCARE JEMBER Rizka Herdian Lestari; Arief Tukiman Hendrawijaya; Niswatul Imsiyah
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu aspek perkembangan yang penting adalah perkembangan sosial-emosional anak. Kurikulum merupakan pondasi dari sebuah pendidikan, terlebih untuk pendidikan anak usia dini yang mengawali dari pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, Strawberry Preschool and Daycare Jember melakukan pengembangan kurikulum yaitu kurikulum sojasoku. Yang menekankan pada pembiasaan baik sejak dini secara berulang sesuai waktu yang sebenarnya. Dari ulasan tersebut maka dapat dirumuskan masalah, adakah hubungan antara penerapan kurikulum sojasoku dengan perkembangan sosial-emosional anak di Strawberry Preschool and Daycare Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kurikulum sojasoku dengan perkembangn sosial-emosional anak di Strawberry Preschool and Daycare Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data observasi (checklist) dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dihitung dengan dua cara yaitu secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Dari proses tersebut diketahui adanya hubungan yang tinggi antara kedua variabel dengan nilai r hitung sebesar 0,881. Jika dikonsultasikan dengan harga r sebesar 0,475 (N=18) pada taraf kepercayaan 95%, akan menunjukan r hitung = r table tabel = 0,881 = 0,475. Dan jika diinterpretasikan penerapan kurikulum sojasoku memberikan kontribusi terhadap perkembangan sosial-emosional anak sebanyak 77,62%, dan 22,38% dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penerapan kurikulum sojasoku dengan perkembangn sosialemosional anak di Strawberry Preschool and Daycare Jember. Saran untuk pendidik yaitu dapat menciptakan kegiatan yang lebih menarik bagi anak ada baiknya memberikan variasi lebih banyak lagi dalam metode yang digunakan, Kepada peneliti selanjutnya yang akan memeliti di ruang lingkup yang sama hendaknya lebih mendalami lagi dengan memilih fokus penelitian pada komponen kurikulum yang berbeda dengan penelitian ini, dengan harapan ditemukan hasil penelitian yang lain dan dapat mendukung penelitian ini.
PERAN PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POS PAUD CEMPAKA PUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO Luluk Dwi Rahmatika; Arief Tukiman Hendrawijaya; Niswatul Imsiyah
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh kondisi anak, peran orang tua dan lingkungan sosialnya, terutamaperan pendidik. Tugas peran pendidik sebagai fasilitator dan teladan bagi anak dapat membantu dalam memberikanstimulus kepada anak sehingga interaksi sosial akan berlangsung secara efektif. Rumusan masalah penelitian inibagaimana peran pendidik dalam perkembangan sosial anak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan BanyuputihKabupaten Situbondo, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidik dalam perkembangan sosialanak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian pendekatan kualitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah POS PAUD Cempaka PutihKecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode Purposive Area.Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakanperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. analisis data menggunakan pengumpulan data,reduksi, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan bahwa peranpendidik sebagai fasilitator dan menjadi teladan bagi anak di POS PAUD Cempaka Putih dalam menanamkan nilai-nilaisosial berupa sikap kerjasama, sikap disiplin dan rasa empati anak.
HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PEREMPUAN DENGAN KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN WARGA BELAJAR DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AN-NUR KABUPATAEN BONDOWOSO Roikhatul Jannah; Nanik Yuliati; Deditiani Tri Indrianti
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu faktor penghambat sumber daya manusia tidak mampu meningkatkan kualitas hidupnya adalah kemiskinan dan pendidikan yang rendah. Masalah tersebut berdampak pada kehidupan masyarakat khususnya perempuan yang berpendidikan rendah dan ibu rumah tangga yang hanya mengandalakan pendapatan suami yang masih kurang tanpa ada pemasukan dari usaha lainnya dikarenakan mereka tidak memiliki keterampilan khusus yang dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Dalam kondisi tersebut dibutuhkan sebuah program pendidikan yang dapat memberikan kesempatan kepada para perempuan dan ibu rumah tangga untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan khusus yang menjadi bekal usaha mereka. Pendidikan kecakapan hidup perempuan (PKH-P) merupakan salah satu bentuk strategi pengentasan kemiskinan, ketertinggalan pendidikan yang dialami perempuan marginal dan salah satu bentuk program pemberdayaan perempuan yang memberikan tindakan pembelajaran demi peningkatan kemampuan perempuan yang berkaitan dengan kecakapan personal, sosial, akademik, dan vokasional yang dapat membangun mental mandiri dan berwirausaha. Namun yang perlu diketahui adalah adakah hubungan antara pendidikan kecakapan hidup perempuan dengan kemampuan kewirausahaan warga belajar, sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pendidikan kecakapan hidup perempuan dengan kemampuan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuatitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan kepustakaan. Dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung > r tabel, yakni 0,633 > 0,475, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pendidikan kecakapan hidup perempuan dengan kemampuan kewirausahaan warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat An-Nur Kabupaten Bondowoso
HUBUNGAN ANTARA EVALUASI MODEL CIPP DENGAN MOTIVASI WIRAUSAHA PADA PESERTA PELATIHAN DI PUSAT PELATIHAN MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN PERMATASARI KABUPATEN SITUBONDO Carissa Septivani; Arief Tukiman Hendrawijaya; Niswatul Imsiyah
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Evaluasi model CIPP adalah salah satu dari beberapa macam evaluasi yang dikenal dan diterapkan oleh para evaluator. Model ini dibutuhkan untuk mengevaluasi hasil akhir dari suatu program pelatihan yang sudah dilakukan melalui motivasi wirausaha. Hubungan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha pada peserta pelatihan sangatlah besar, tergantung bagaimana cara penerapannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha pada peserta pelatihan?, sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha pada peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi tata jenjang dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan daerah menggunakan purposive area dengan jumlah responden 15 peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan rumus Rank Spearman. Hasil dalam penelitian ini diperoleh rhitung sebesar 0,874 ≥ rtabel 0,506 dengan memberikan sumbangan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha sebesar 76,42%.
HUBUNGAN ANTARA METODE MENGAJAR TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN RIAS PENGANTIN ERNA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016 Moch Hadirul Baki; Arief Tukiman Hendrawijaya; Niswatul Imsiyah
Jurnal Edukasi Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dan pelatihan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan metode pelatihan yang sesuai dengan tujuan pelatihan. Ketepatan dalam memilih dan menggunakan metode pelatihan yang digunakan oleh tutor sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta pelatihan. Metode pelatihan pada dasarnya dapat diartikan sebagai cara-cara yang perlu dipilih dan digunakan untuk mengoptimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, metode pelatihan merupakan serangkaian cara untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar peserta pelatihan. Namun yang perlu diketahui adalah adakah hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan. Sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung > r tabel, yakni 0,664 > 0,361, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin Erna Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2016.

Page 1 of 2 | Total Record : 12