cover
Contact Name
Aria Hendrawan
Contact Email
ariahendrawan@usm.ac.id
Phone
+628112790713
Journal Mail Official
ariahendrawan@usm.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang Alamat Redaksi: Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi
Published by Universitas Semarang
ISSN : 14109840     EISSN : 25808850     DOI : http://dx.doi.org/10.26623/jprt
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi ( JPRT ) is a scholarly refereed research journal that aims to promote the theory and practice of technology, innovation, and engineering management. The journal links engineering, science, and management disciplines. It addresses the issues involved in the planning, development, and implementation of technological capabilities to shape and accomplish the strategic and operational objectives of an organization. It covers not only R&D management but also the entire spectrum of managerial concerns in technology-based organizations. This includes issues relating to new product development, human resource management, innovation process management, project management, technological fusion, marketing, technological forecasting, and strategic planning. The journal provides an interface between technology and other corporate functions, such as R&D, marketing, manufacturing, and administration. Its ultimate goal is to make a profound contribution to theory development, research, and practice by serving as a leading forum for the publication of scholarly research on all aspects of technology, innovation, and engineering management.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021" : 9 Documents clear
ANALISIS POLA BELANJA KONSUMEN PADA TRANSAKSI PENJUALAN PERMAINAN EDUKASI DI TOKO KARUNIA SEJATI nisrina lutfiatul khofifah
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4241

Abstract

AbstrakToko karunia sejati merupakan suatu toko yang menjual produk-produk alat permainan edukasi. Toko tersebut biasanya banyak diminati para guru untuk mencari peralatan pembelajaran di sekolah karena harganya yang relative murah dan lengkap. Namun, sampai saat ini data penjualan toko karunia sejati belum tersusun dengan baik, sehingga data penjualan yang semakin hari semakin menumpuk hanya berfungsi sebagai arsip dan tidak dapat dimanfaatkan toko untuk pengembangan strategi pemasaran. Tujuan penulis melakukan penelitian yaitu untuk mengetahui analisis pola belanja konsumen pada transaksi penjualan permainan edukasi di toko karunia sejati menggunakan algoritma apriori. Maka penulis dapat merumuskan masalah bagaimana menganalisis pola belanja konsumen pada transaksi penjualan di toko permainan edukasi karunia sejati dengan menggunakan algoritma apriori. Penelitian ini diselesaikan menggunakan metode Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari Usecase Diagram, Class Diagram, dan Activity Diagram. Sedangkan untuk melakukan analisis data penjualan menggunakan algoritma apriori. Hasil dari proses data mining yaitu pola belanja produk yang sering dibeli bersamaan Produk yang paling tinggi  diminati adalah puzle huruf,kuda kepang,dan papan titian. Dengan nilai minimal support 43.95% dan minimal confidence 67.79%. Pada pengujian black box dari halaman admin yang dilakukan oleh 2 dosen prodi informatika Universitas PGRI Semarang menghasilkan presentase tercapai 100% maka kesimpulan yang didapat bahwa sistem berjalan sesuai dengan fungsionalitasnya dan hasil sesuai yang diharapkan. Pengujian white box pada sistem ini menghasilkan presentase tercapai 100% yang berarti bahwa pengujian white box ini berjalan dengan baik. Sedangkan hasil pengujian UAT (User Acceptance Test) menghasilkan presentase tercapai sebesar 98% yang berarti bahwa memiliki tingkat kepuasan yang tinggi pada sistem ini. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar sistem analisis ini bisa digabungkan dengan e-commerce untuk menjadi lebih mudah dan efisien.  
E-COMMERCE UNTUK PENGEMBANGAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA SUBAH DENGAN REKOMENDASI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI Dadang Dwi Prasetyo
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4368

Abstract

Perkembangan dunia internet saat ini sangat diharapkan karena meningkatnya jumlah pertumbuhan perusahaan dan instansi yang berdampak terhadap kebutuhan layanan informasi. E-commerce merupakan salah satu hasil dari layanan internet yang perkembangannya sangat cepat dan nyata. Penelitian ini mencoba untuk membuat E-commerce berbasis website pada objek penelitian kelompok UMKM di Desa Subah yang basis penjualannya berupa makanan ringan. Kelompok UMKM di Desa Subah masih memasarkan produk secara konvensional, yaitu konsumen masih harus memesan produk melaui pesan singkat ataupun datang langsung ke penjual. Bisnis tentu kurang kompetitif bila tidak memiliki media pemasaran secara online seperti website. Keberadaan suatu website dapat memperluas jangkauan dalam pemasaran produk yang dijual pada kelompok UMKM di Desa Subah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem E-commerce yang dapat mempermudah konsumen lokal maupun non lokal dalam mendapatkan berbagai produk UMKM Desa Subah dan membantu meningkatkan daya penjualan serta bersaing dalam penjualan produk produk makanan ringan dengan menggunakan E-commerce.  Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pendekatan waterfall serta menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan suatu metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset. Berdasarkan dari implementasi untuk memprediksi hasil penjualan barang dengan menggunakan Algoritma apriori, menghasilkan suatu sistem yang dapat memberikan informasi kepada pengurus kelompok UMKM desa Subah. Dalam perhitunganya diperoleh hasil kerupuk bawang dan keripik talas mendapat nilai support tertinggi yaitu 45,8%. Sehingga dapat digunakan memprediksi barang yang diminati oleh konsumen dan juga dapat dimanfaatkan untuk merencanakan stok barang yang akan datang. Berdasarakan pada pengujian BlackBox yang didapat dari 3 dosen penguji menunjukan bahwa tingkat keberhasilan mempunyai presentase 100% sedangkan tingkat kegagalan mempunyai presentase 0% maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem sudah berjalan sesuai fungsionalitas nya dan memberikan hasil sesuai yang diharapkan
IMPLEMENTASI DEEP LEARNING MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK DAN MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI PENGENALAN JENIS IKAN HIAS BERBASIS ANDROID Sashmita Anggeli
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4181

Abstract

Ikan merupakan salah satu hewan berdarah dingin (Vertebrata Poikilometik) yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia. Mengetahui banyaknya jenis yang ditemukan pada ikan, diperlukan adanya pendekatan digital agar dapat mengenali beragam jenis ikan dengan cepat dan mudah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Deep Learning yang memiliki kemampuan untuk mengolah informasi citra. Metode pembuatan yang digunakan adalah metode CNN dan MDLC. Penelitian ini melakukan pelatihan data sebanyak 28 kali pada setiap model yang dijalankan dengan epoch sebanyak 30 dan batch size sebesar 32 batch. Berdasarkan pelatuhan tersebut Final test accuracy yang diperoleh sebesar 90% yang berarti bahwa aplikasi dapat melakukan pengenalan jenis ikan hias dengan baik. 
Analisis dan Evaluasi Sisa Material Kontruksi Menggunakan FTA (Fault Tree Analysis) Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung ICU RSUD Limpung Kabupaten Batang Diah Rahmawati; Ferry Firmawan; M Bagas Auliya; Dwiky Martiano
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4556

Abstract

The rest of the construction material is common occurs in building construction project work, the presence of residual construction materials is unavoidable on construction project work, waste materials construction is also called construction waste can have a negative impact on the environment building construction projects, be it work demolition, renovation, or work related to building construction, research This method uses the Fault Tree Analysis (FTA) method. to analyze the cause of the remaining material occur. As for the type of material being researched, it is brick red, sand, cement, concrete, D16 reinforcing steel, and iron reinforcement 10. The results of the calculation of the cost of the remaining materials red brick Rp. 402,600, sand Rp. 3,137,600, cement Rp. 179.200, concrete Rp. 4,304,325, D16 steel reinforcement Rp. 22,459,110, and reinforcing steel 10 Rp. 3,886,613, from As a result, the largest residual material cost is iron reinforcement D12 and the smallest residual material cost is red brick materials.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS : SDN 01 GABUS) Khoirun Nisa Nisa
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4325

Abstract

Guru yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan sebagai fasilitator keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Menjaga mutu para guru pun menjadi sebuah hal yang harus dilakukan di dalam instansi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pembuatan sistem pendukung keputusan ini merupakan salah satu cara untuk membantu dalam menentukan penilaian kinerja guru di SD Negeri 01 Gabus dan diharapkan sistem tersebut mampu menentukan mana alternatif terbaik berdasarkan ranking perkalian bobot tiap kriteria. Salah satu hal yang bisa memotivasi guru agar selalu mengembangkan dirinya adalah memberikan sebuah reward atau penghargaan sebagai guru berprestasi ataupun guru teladan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah TOPSIS (Technique For Order Preference by Similiarity to Ideal Solution) dengan pengembangan sistem model waterfall. Sistem ini dapat menampilkan hasil perangkingan yang lebih akurat dan penilaian akan lebih tepat. Sistem pendukung keputusan ini berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall yang tahapan-tahapannya meliputi tahapan analisis, desain, implementasi dan pengujian. Unified Modeling Language (UML) digunakan sebagai alat bantu dalam perancangan sistem ini. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan pada penelitian ini adalah Hypertext Preprocessor (PHP) dengan MySQL sebagai manajemen database-nya. Pada pembuatan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru ini dilakukan tiga pengujian. Pengujian White-box, Black-Box dan User Acceptance Test.Kata kunci : sistem pendukung keputusan, penilaian kinerja guru, topsis, website
Klasifikasi Citra Batik Menggunakan Co-Occurrence Matrices Berbasis Wavelet Filter BADROE ZAMAN; Khoirudin Khoirudin
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4594

Abstract

Batik is the result of cultural arts that contains a philosophical meaning in each of its motifs. Various types of batik motifs create complexity in the recognition of batik image patterns. Classification of images into certain classes is also a problem in the field of pattern recognition. Machine learning is a method that is very developed at this time. Machine learning method is used to identify batik motifs through batik image classification. This study focuses on the image dataset of written batik which has two motifs, namely classical motifs and contemporary motifs. This study shows the experimental results of batik image classification using the Backpropagation Neural Network, Support Vector Machine and k-Nearest Neighbor classification methods. Co-occurrence matrices as wavelet filter-based feature extraction are used for input into batik image classification. The experimental results show that k-NN gets the best accuracy value of 95.56% while BPNN gets an accuracy value of 85.40% and SVM gets an accuracy value of 76.51%. Based on these results, it can be concluded that k-NN is the best method for classifying batik images with co-occurrence matrices as wavelet filter-based feature extraction.
APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG KULIT BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD Ira Maria Ulfa
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4326

Abstract

Pengenalan tokoh wayang kepada siswa sekolah dasar sedikit sulit untuk dilakukan, dikarenakan siswa kurang tertarik dengan cerita dan tokoh wayang itu sendiri. Salah satu perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu teknologi Augmented Reality (AR) yang mana dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan wayang kulit berbasis multimedia dengan teknologi Augmented Reality (AR). Dalam aplikasi pembelajaran pengenalan wayang kulit ini juga menerapkan algoritma Linear Congruent Method (LCM) sebagai metode pengacakan soal. Pengujian pertama adalah pengujian blackbox yang diperoleh persentase 100% yang artinya aplikasi layak digunakan dan berjalan sesuai fungsionalnya. Pengujian kedua yaitu whitebox diperoleh cyclomatic complexity sebesar 4, karena kurang dari 10 maka dapat dikategorikan dalam algoritma yang tidak kompleks. Pengujian ketiga adalah user acceptance test untuk guru memperoleh persentase 88% untuk aspek desain, 92% untuk aspek informasi aplikasi dan 90% untuk materi. Pengujian keempat adalah kompatibilitas aplikasi, tidak ada error yang terjadi saat aplikasi dijalankan pada beberapa versi android yang berbeda. Saran yang dapat disampaikan adalah aplikasi dapat dikembangkan lagi ke sistem operasi windows dan sistem operasiIOS agar bisa diinstall di berbagai platform.Kata Kunci : Wayang Kulit, Media Pembelajaran, Augmented Reality(AR), Linear Congruent Methode (LCM)
Pemodelan Kondisi Geologi Teknik Daerah Amblesan Tanah Jalan Semarang Outer Ring Road (SORR) Hendra Masvika; Dhamang Budi Cahyono; Sri Wanto
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.3970

Abstract

The Semarang Outer Ring Road (SORR) project which is located on soft soil has the potential to experience land subsidence due to consolidation. The consolidation settlement is predicted to continue along with the length of time the consolidation is completed. It is necessary to study subsurface engineering geology to obtain an overview of the structure of the soil layers and the thickness of the soft soil layer that has the potential to undergo consolidation. Based on the data of 4 borehole points and the results of laboratory tests, evaluation and correlation were carried out to obtain the stratigraphy of the soil layer. The stratigraphic results showed that the total depth of the soil investigation was 50 m, with the surface soil layers generally consisting of embankment soil, sandy clay, sandy silt, and clayey silt. The distribution of clay and silt with very soft to medium consistency dominates the soil layer structure with a thickness varying between 15.50-28.00 m. This condition has the potential to cause an increase in the magnitude and rate of consolidation due to the surface loading of the embankment soil.
IMPLEMENTASI PRIVATE CLOUD STORAGE MENGGUNAKAN RASPBERRY PI Ricky Armidha Putra
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 17, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v17i2.4367

Abstract

Cloud storage is a cloud computing model that stores data on a server that is accessed via the internet. Cloud storage is an option for storing data. The existing cloud storage service providers provide services at a fairly high price and cannot be configured according to the wishes of the user. Therefore, the author plans to implement a private cloud that uses a raspberry pi as a server for file management and Nextcloud as an interface. Nextcloud is an application that is very suitable for running cloud storage services. Nextcloud can share files with other users and share via a link via the web. To run cloud storage, users can access the server address with an intermediary web browser.The research method used in this research is Research and Development. Hardware test results obtained if used by more than 5 devices simultaneously will result in Requested Timed Out (RTO) on the Nextcloud page, in the future you can replace a better micro SD with fast data read/write access speed.

Page 1 of 1 | Total Record : 9