cover
Contact Name
Purnama Putra
Contact Email
lppm.unismabekasi@gmail.com
Phone
+6221-8802015
Journal Mail Official
lppm.unismabekasi@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Paradigma Jl. Cut Meutia no. 83 Bekasi 17113 Email: paradigma@unismabekasi.ac.id Telp. (021) 8802015
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Paradigma : Journal of Science, Religion and Culture Studies
ISSN : 08539081     EISSN : 27759105     DOI : https://doi.org/10.33558/paradigma.v19i2
Paradigma Journal is a journal that contains scientific studies on Science, Religion and Culture, presenting scientific articles, both research results and literature reviews. The Scope of Paradigma Journal Scientific Studies on Science : an interdisciplinary research area that seeks to situate scientific expertise in broad social, historical, and philosophical contexts Religious Studies : an academic field devoted to research into religious beliefs, behaviors, and institutions. It describes, compares, interprets, and explains religion, emphasizing systematic, historically based, and cross-cultural perspectives. Cultural Studies : an interdisciplinary research on the formation of knowledge, power, and difference. It traces the relationships among aesthetic, anthropological, and political economic aspects of cultural production and reproduction.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya" : 12 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA di SD Windurat Iriyanti
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background of this study on students' ability to solve any math problem that the teacher always gets a low value (at 51), this is caused by the learning model used is less varied and lack of active participation of the students. So that learners absorption of any material submitted by teachers is unacceptable to the maximum by learners. This study has been able to answer hipoteses "The Application of Constructivist Learning Model in accordance with the applicable rules, it will enhance the problem solving in elementary mathematics
UPAYA MEMBANTU SISWA MENGINGAT KEMBALI MATERI PELAJARAN MATEMATIKA LEWAT METODE BELAJAR AKTIF MODEL MENINJAU KEMBALI KESULITAN MATERI PELAJARAN PADA SISWA KELAS III TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Lince Sibuea
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di sekolah dasar adalah relatif masih rendahnya mutu pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa hasil pembelajaran belum didukung oleh sistem pengujian dan penilaian yang baku. Akibatnya, hasil penilaian pembelajaran belum berfungsi sebagai sarana umpan balik. Salah satu metode mengajar yang dapat mendorong peserta didik mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima adalah cara belajar aktif model pembelajaran “meninjau kembali materi pelajaran yang sulit dipahami”.
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KWARGANEGARAAN MATERI PENGARUH GLOBALISASI DI KELAS IV SDN BOJONG MENTENG IV KOTA BEKASI Sumiyati .
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil evaluasi belajar siswa tentang pengaruh globalisasi menunjukkan bahwa kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bojong Menteng IV Bekasi masih rendah. Berdasarkan hasil diskusi antara pengajar dan teman sejawat dan refleksi terhadap masalah tersebut, disepakati bahwa pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Siswa dapat belajar mengajukan pertanyaan, mengembangkan pendapat, menghargai pendapat teman, dan belajar bekerjasama dengan teman. Hal ini membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN DALAM MELAKUKAN SHALAT WAJIB MELALUI STRATEGI MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SDN BOJONG MENTENG IV BEKASI Siti Hasanah
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan dalam Melakukan Salat Wajib melalui Strategi Modelling The Way Pada Siswa Kelas IV SDNBojong Menteng IV Bekasi.”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan melakukan salat wajib melalui strategi modelling the way pada siswa kelas IV SDNBojong Menteng IV Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi modelling the way dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan melakukan shalat wajib pada siswa Kelas IV SDNBojong Menteng IV Bekasi
SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BEKASI TAHUN 2014 Rusham .
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk menguraikan penerapan IKM untuk mengukur jenis pelayanan pada Dinas Pendidikan di Kabupaten Bekasi, Mengetahui berapa Indeks Nilai Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan masyarakat yang diberikan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten Bekasi dan merekomendasikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat pada Dinas Pendidikan di Kabupaten Bekasi. Dimana berdasarkan prinsip pelayanan telah ditetapkan dalam KEMPMENPAN Nomor 25/M.PAN/2/2004, yang kemudian dikembangkan menjadi 14 unsur yang "relevan”, “valid" dan "reliabel”, sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat, diantaranya : Prosedur pelayanan, Persyaratan pelayanan, Kejelasan petugas pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayanan, Tanggung jawab petugas pelayanan, Kemampuan petugas pelayanan, Kecepatan pelayanan, Keadilan mendapatkan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, Kewajaran biaya pelayanan, Kepastian biaya pelayanan, Kepastian jadwal pelayanan, Kenyamanan lingkungan dan Keamanan pelayanan. Populasi sampel adalah masyarakat penerima layanan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi yang pilih secara acak sebanyak 150 orang. Dari hasil perhitungan Indeks Kepuasan Masyarkat (IKM) diperoleh nilai angka indeks sebesar 3,05. Dengan demikian nilai Indeks unit Pelayanan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dapat disimpulkan Nilai IKM setelah di konversi = Nilai Indeks x Nilai Dasar = 3,05 x 25 = 76,24. Berdasarkan perhitungan tersebut, secara keseluruhan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dapat dismpulkan memliki Mutu B dengan Kinerja (Baik), artinya pelayanan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi mampu memuaskan masyarakat penerima layanan. Adapun unsur pelayanan yang menjadi priotas untuk ditingkatkan adalah pada unsur Kecepatan pelayanan dengan nilai rata-rata 2,95 karena meskipun nilainya sudah dalam kategori baik, namun unsur Kecepatan pelayanan menunjukkan nilai yang terendah dibandingkan dengan tiga belas unsur pelayanan lainnya
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN BERFIKIR DENGAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA SISWA KELAS VI SDN PENGASINAN IX KEC. RAWALUMBU Nurhasan Effendi
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah dewasa ini lebih dituntut kepada student centre, dimana siswa memegang peranan sentral dalam mengembangkan dan memperbaiki konsepsinya, sedangkan tugas guru dalam proses ini menjadi fasilataor, merangsang pemikiran, menciptakan permasalahn, membiarkan siswa mengungkapkan gagasan dan konsepnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran berfikir melalui pertanyaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA di SD Windurat Iriyanti
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background of this study on students' ability to solve any math problem that the teacher always gets a low value (at 51), this is caused by the learning model used is less varied and lack of active participation of the students. So that learners absorption of any material submitted by teachers is unacceptable to the maximum by learners. This study has been able to answer hipoteses "The Application of Constructivist Learning Model in accordance with the applicable rules, it will enhance the problem solving in elementary mathematics
UPAYA MEMBANTU SISWA MENGINGAT KEMBALI MATERI PELAJARAN MATEMATIKA LEWAT METODE BELAJAR AKTIF MODEL MENINJAU KEMBALI KESULITAN MATERI PELAJARAN PADA SISWA KELAS III TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Lince Sibuea
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di sekolah dasar adalah relatif masih rendahnya mutu pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa hasil pembelajaran belum didukung oleh sistem pengujian dan penilaian yang baku. Akibatnya, hasil penilaian pembelajaran belum berfungsi sebagai sarana umpan balik. Salah satu metode mengajar yang dapat mendorong peserta didik mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima adalah cara belajar aktif model pembelajaran “meninjau kembali materi pelajaran yang sulit dipahami”.
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KWARGANEGARAAN MATERI PENGARUH GLOBALISASI DI KELAS IV SDN BOJONG MENTENG IV KOTA BEKASI Sumiyati .
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil evaluasi belajar siswa tentang pengaruh globalisasi menunjukkan bahwa kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bojong Menteng IV Bekasi masih rendah. Berdasarkan hasil diskusi antara pengajar dan teman sejawat dan refleksi terhadap masalah tersebut, disepakati bahwa pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Siswa dapat belajar mengajukan pertanyaan, mengembangkan pendapat, menghargai pendapat teman, dan belajar bekerjasama dengan teman. Hal ini membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN DALAM MELAKUKAN SHALAT WAJIB MELALUI STRATEGI MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SDN BOJONG MENTENG IV BEKASI Siti Hasanah
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan dalam Melakukan Salat Wajib melalui Strategi Modelling The Way Pada Siswa Kelas IV SDNBojong Menteng IV Bekasi.”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan melakukan salat wajib melalui strategi modelling the way pada siswa kelas IV SDNBojong Menteng IV Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi modelling the way dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan melakukan shalat wajib pada siswa Kelas IV SDNBojong Menteng IV Bekasi

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 20 No 1 (2023): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 19 No 2 (2022): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 19 No 1 (2022): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 18 No 2 (2021): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 18 No 1 (2021): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 17 No 2 (2020): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 17 No 1 (2020): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 16 No 2 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 11 No 1 (2010): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 10 No 2 (2009): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 9 No 1 (2008): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 8 No 1 (2007): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 7 No 1 (2006): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 6 No 2 (2005): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 6 No 1 (2005): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 5 No 2 (2004): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 5 No 1 (2004): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 4 No 2 (2003): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 4 No 1 (2003): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 3 No 2 (2002): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 3 No 1 (2002): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 1 No 1 (1996): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya More Issue