cover
Contact Name
Purnama Putra
Contact Email
lppm.unismabekasi@gmail.com
Phone
+6221-8802015
Journal Mail Official
lppm.unismabekasi@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Paradigma Jl. Cut Meutia no. 83 Bekasi 17113 Email: paradigma@unismabekasi.ac.id Telp. (021) 8802015
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Paradigma : Journal of Science, Religion and Culture Studies
ISSN : 08539081     EISSN : 27759105     DOI : https://doi.org/10.33558/paradigma.v19i2
Paradigma Journal is a journal that contains scientific studies on Science, Religion and Culture, presenting scientific articles, both research results and literature reviews. The Scope of Paradigma Journal Scientific Studies on Science : an interdisciplinary research area that seeks to situate scientific expertise in broad social, historical, and philosophical contexts Religious Studies : an academic field devoted to research into religious beliefs, behaviors, and institutions. It describes, compares, interprets, and explains religion, emphasizing systematic, historically based, and cross-cultural perspectives. Cultural Studies : an interdisciplinary research on the formation of knowledge, power, and difference. It traces the relationships among aesthetic, anthropological, and political economic aspects of cultural production and reproduction.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya" : 10 Documents clear
PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PAPAN KOORDINAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN POSISI TITIK DALAM SISTEM KOORDINAT CARTESIUS DI SDN BOJONG MENTENG III Darsono .
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan alat peraga sederhana papan kordinat untuk meningkatkan kemampuan siswa mengenai materi “menentukan posisi titik dalam Sistem Koordinat Cartesius”. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Bojong Menteng III, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah 53 orang siswa Kelas VI. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat memotivasi siswa mengikuti proses pembelajaran dengan lebih baik. Direkomendasikan kepada para guru matematika untuk lebih mengoptimalkan penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran matematika materi “menentukan posisi titik dalam Sistem Koordinat Cartesius
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SDN BOJONG MENTENG II KEC RAWALUMBU KOTA BEKASI TAHUN PELAJARAN 2011-2012 Mulyo Widada
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi kepala sekolah di SDN Bojong Menteng II, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada semester genap tahun ajaran 2011-2012. Subjek penelitian adalah 10 orang guru. Metode penelitian adalah analisis desktiptif dengan tiga siklus tindakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kepala sekolah melalui pembinaan dengan supervisi klinis bermanfaat dan dapat membantu guru dalam memahani konsep, peran, dan fungsi guru. Sehubungan dengan itu, direkomendasikan kepada parta kepala sekolah agar melakukan supervisi klinis secara intensif dengan pengelolaan waktu yang tepat dan konsep/metode yang sesuai
PENGGUNAAN PETAK SATUAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI KONSEP LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Titin Sumartini
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan alat peraga berupa petak satuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep luas bidang persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika di SDN Sepanjang Jaya VI, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Subjek penelitian adalah 14 orang siswa Kelas III. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Tindakan penelitian dilakukan dalam tiga siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan petak satuan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas persegi dan persegi panjang. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pos-tes siswa yang berlangsung dalam tiga siklus, yaitu siklus I sampai dengan siklus III
PENERAPAN MODEL BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SISWA KELAS V SDN PENGASINAN V KECAMATAN RAWALLUMBU KOTA BEKASI TAHUN PELAJARAN 2013-2014 Lili Supriadi
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Topik penelitian ini adalah penerapan model belajar tuntas dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SDN Pengasinan VI, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, tahun pelajaran 2013-2014. Hipotesis penelitian adalah penerapan model pembelajaran tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran matematika mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif melalui pelaksanaan penelitian tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika telah berhasil karena telah tuntas
KAPABILITAS ORGANISASI SEKOLAH DALAM MELULUSKAN SISWA : Kasus Kelulusan UN di sekolah “SMA Mahanaim Bekasi” Joko Pramono
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah dengan fasilitas yang banyak seperti Bekas sekolah unggulan seringkali prestasinya dalam kelulusan di UN tidak sebaik sekolah biasa, padahal fasilitas yang ada di sekolah tersebut dapat dikatakan cukup. Ini berarti ada factor lain yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi ini. Salah satu faktornya adalah tingkat sinergisme yang ada pada organisasi tersebut, sehingga kapabilitas organisasinya tidak optimal. Penelitian ini dilakukan dengan metoda studi kasus, pola sinergisme pada SMA “Mahanaim”. Hasil penelitian menyebutkan bahwa di SMA Mahanaim Fasilitas sekolahnya dapat dikatakan lengkap, tetapi kualitas gurunya dapat dikatakan biasa saja (umumnya dari S1 pendidikan atau umum), para guru gtersebut digaji tidak terlalu tinggi, bahkan pernah juga gaji diberikan tidak tepat waktu. Guru diberikan tugas untuk mendidikan murid sebaik mungkin sehingga kualitas pendidikannya baik. Walaupun guru diupah secukupnya saja tetapi semangat kerja mereka tetap tinggi, hal ini didorong oleh semangan spiritualisme (melayani tuhan). Dusarankan supaya setiap organisasi merumuskan faktir utama yang mampu membangkitkan motovasi kerja dan kemudian menyusun struiktur organisasi yang sesuai sehingga kapabilitas organisasinya baik
PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PAPAN KOORDINAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN POSISI TITIK DALAM SISTEM KOORDINAT CARTESIUS DI SDN BOJONG MENTENG III Darsono .
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan alat peraga sederhana papan kordinat untuk meningkatkan kemampuan siswa mengenai materi “menentukan posisi titik dalam Sistem Koordinat Cartesius”. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Bojong Menteng III, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah 53 orang siswa Kelas VI. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat memotivasi siswa mengikuti proses pembelajaran dengan lebih baik. Direkomendasikan kepada para guru matematika untuk lebih mengoptimalkan penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran matematika materi “menentukan posisi titik dalam Sistem Koordinat Cartesius
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SDN BOJONG MENTENG II KEC RAWALUMBU KOTA BEKASI TAHUN PELAJARAN 2011-2012 Mulyo Widada
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi kepala sekolah di SDN Bojong Menteng II, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada semester genap tahun ajaran 2011-2012. Subjek penelitian adalah 10 orang guru. Metode penelitian adalah analisis desktiptif dengan tiga siklus tindakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kepala sekolah melalui pembinaan dengan supervisi klinis bermanfaat dan dapat membantu guru dalam memahani konsep, peran, dan fungsi guru. Sehubungan dengan itu, direkomendasikan kepada parta kepala sekolah agar melakukan supervisi klinis secara intensif dengan pengelolaan waktu yang tepat dan konsep/metode yang sesuai
PENGGUNAAN PETAK SATUAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI KONSEP LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Titin Sumartini
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan alat peraga berupa petak satuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep luas bidang persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika di SDN Sepanjang Jaya VI, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Subjek penelitian adalah 14 orang siswa Kelas III. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Tindakan penelitian dilakukan dalam tiga siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan petak satuan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas persegi dan persegi panjang. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pos-tes siswa yang berlangsung dalam tiga siklus, yaitu siklus I sampai dengan siklus III
PENERAPAN MODEL BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SISWA KELAS V SDN PENGASINAN V KECAMATAN RAWALLUMBU KOTA BEKASI TAHUN PELAJARAN 2013-2014 Lili Supriadi
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Topik penelitian ini adalah penerapan model belajar tuntas dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SDN Pengasinan VI, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, tahun pelajaran 2013-2014. Hipotesis penelitian adalah penerapan model pembelajaran tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran matematika mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif melalui pelaksanaan penelitian tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika telah berhasil karena telah tuntas
KAPABILITAS ORGANISASI SEKOLAH DALAM MELULUSKAN SISWA : Kasus Kelulusan UN di sekolah “SMA Mahanaim Bekasi” Joko Pramono
PARADIGMA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN AGAMA, DAN BUDAYA Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah dengan fasilitas yang banyak seperti Bekas sekolah unggulan seringkali prestasinya dalam kelulusan di UN tidak sebaik sekolah biasa, padahal fasilitas yang ada di sekolah tersebut dapat dikatakan cukup. Ini berarti ada factor lain yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi ini. Salah satu faktornya adalah tingkat sinergisme yang ada pada organisasi tersebut, sehingga kapabilitas organisasinya tidak optimal. Penelitian ini dilakukan dengan metoda studi kasus, pola sinergisme pada SMA “Mahanaim”. Hasil penelitian menyebutkan bahwa di SMA Mahanaim Fasilitas sekolahnya dapat dikatakan lengkap, tetapi kualitas gurunya dapat dikatakan biasa saja (umumnya dari S1 pendidikan atau umum), para guru gtersebut digaji tidak terlalu tinggi, bahkan pernah juga gaji diberikan tidak tepat waktu. Guru diberikan tugas untuk mendidikan murid sebaik mungkin sehingga kualitas pendidikannya baik. Walaupun guru diupah secukupnya saja tetapi semangat kerja mereka tetap tinggi, hal ini didorong oleh semangan spiritualisme (melayani tuhan). Dusarankan supaya setiap organisasi merumuskan faktir utama yang mampu membangkitkan motovasi kerja dan kemudian menyusun struiktur organisasi yang sesuai sehingga kapabilitas organisasinya baik

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 20 No 1 (2023): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 19 No 2 (2022): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 19 No 1 (2022): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 18 No 2 (2021): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 18 No 1 (2021): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 17 No 2 (2020): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 17 No 1 (2020): PARADIGMA Journal of Science, Religion and Culture Studies Vol 16 No 2 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 15 No 2 (2014): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 11 No 1 (2010): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 10 No 2 (2009): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 9 No 1 (2008): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 8 No 1 (2007): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 7 No 1 (2006): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 6 No 2 (2005): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 6 No 1 (2005): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 5 No 2 (2004): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 5 No 1 (2004): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 4 No 2 (2003): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 4 No 1 (2003): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 3 No 2 (2002): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 3 No 1 (2002): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya Vol 1 No 1 (1996): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya More Issue