cover
Contact Name
Nurhana Marantika
Contact Email
nurhana@unida.gontor.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
khadimulummah@unida.gontor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Khadimul Ummah Journal of Social Dedication
ISSN : 25990713     EISSN : 25991000     DOI : -
Khadimul Ummah (Journal of Social Dedication) published twice a year (Nopember and Mei), focus on social engagement, social responsibility, science implementation.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): November" : 6 Documents clear
Penerapan Akuntansi Pembuatan Laporan Keuangan Kantin dan Photo Copy Di UNIDA Gontor Rahma Yudi Astuti; Mohammad Zaenal Abidin; Dhika Amalia Kurniawan
Khadimul Ummah Vol 1, No 1 (2017): November
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ku.v1i1.1419

Abstract

Permasalahan dalam unit-unit usaha Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor (kantin dan photo copy) belum menerapkan pencatatan akuntansi secara baik dan benar. Belum ditemukannya adanya laporan keuangan berupa laporan Laba/Rugi, Laporan perubahan Modal dan Neraca pada kedua Mitra tersebut. Permasalahan selanjutnya adalah belum ditemukannya masa kadaluarsa di makanan kering yang ada di kantin Unida Gontor. Program Iptek bagi Masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap unit-unit usaha, dalam hal ini adalah unit usaha kantin dan photo copy  UNIDA Gontor. Pengetahuan yang dimaksud adalah dari segi penerapan pencatatan akuntansi, dan pembuatan laporan keuangan.Metode pelaksanaan yang ditawarkan ialah pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan laporan keuangan. Pelatihan dan pendampingan untuk mitra ini dilaksanakan dengan tahap: 1). pelatihan penerapan pencatatan akuntansi secara baik dan benar serta pembuatan laporan keuangan; 2). pendampingan dan pengevaluasian pelaksanaan pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan. Dengan kegiatan Program Ipteks bagi Masyarakat ini, diperoleh hasil yang cukup baik yaitu dihasilkannya laporan keuangan berupa laporan laba/rugi, laporan perubahan modal dan neraca di unit usaha kantin  dan di unit usaha photo copy di tambah dengan unit usaha minimarket, unit usaha laundry, unit usaha persewaan sepeda motor, dan unit usaha armila. Ipteks ini direncanakan dua mitra tetapi berkembang menjadi enam mitra. Keenam mitra unit-unit usaha UNIDA Gontor tersebut sudah mempunyai laporan keuangan masing- masing dimana dari laporan keuangan tersebut bisa diketahui perolehan laba atau rugi masing-masing unit usaha, perubahan modal masing-masing unit usaha, dan posisi aktiva, hutang, dan modal masing-masing unit usaha. 
Penerapan Manajemen Krisis dalam Pengelolaan Bencana Longsor Banaran, Pulung, Ponorogo Muhamad Fajar Pramono; Setiawan bin Lahuri; Mohammad Ghozali
Khadimul Ummah Vol 1, No 1 (2017): November
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ku.v1i1.1418

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pendampingan kepada Pemerintahan Desa Banaran Kecamatan Pulung dalam menerapkan manajemen krisis dalam penanganan bencana tanah longsor di Banaran. metode pelaksanaan pendampingan yang dilakukan, antara lain, yaitu: 1) ekspos ke media sosial. 2) Rekruitmen relawan 3) Penyusunan action-plans pendampingan. 4) pemetaan  relawan dan proses penangan bencana tanah longsor di Banaran 5) Melakukan studi banding. 6) Melakukan Focus Group Discutios (FGD). 7) Melakukan pelatihan/ workshop Pemetaan Rawan Bencana. 8) melakukan audensi dengan stakeholder untuk menjadi mutu dan kelangsungan program tersebut. Berdasarkan uraian di atas ditarik kesimpulan, Pertama, bahwa capaian program dengan rancangan program di awal ada yang sesuai, seperti, perubahan dalam pencegahan. Sedangkan yang melampaui capaian adalah dalam tahap tanggap bencana dan rehabilitasi. Adapun yang kurang sesuai dengan capaian adalah dalam tahap rekonstruksi. Kedua, perubahan yang dialami oleh mitra dalam hal ini pemeritahan Desa Banaran dan masyarakatnya adalah arti pentingnya pencegahan, yang selama ini dianggap remeh, ternyata berakibat fatal.
Pelatihan Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Di Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo Use Etica; Lutfy Ditya Cahyanti
Khadimul Ummah Vol 1, No 1 (2017): November
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ku.v1i1.1422

Abstract

Khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian msayarakat ini adalah petani desa Pudak Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. Kegitan pengabdian masyarakat dengan tema budidaya cacing Lumbricus bertujuan untuk: 1) Meningkatkan keterampilan masyarakat dalam hal budidaya cacing Lumbricus 2) Meningkatkan keterampilan masyarakat dalam hal manajemen usaha budidaya cacing Lumbricus 3) Membentuk kelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dengan budidaya cacing Lumbricus. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi 1) Tahapan sosialisasi dan koordinasi dnegan khalayak sasaran 2) Tahapan pelaksanaan yang terdiri dari tahapan pelatihan budidaya cacing Lumbricus dan juga kunjungan studi banding ke praktisi unit usaha cacing Lumbricus di Kota Malang.3) Tahapan evaluasi dan monitoring dilakukan untuk memastikan bahwa unit usaha cacing Lumbricus khalayak sasaran berjalan sesuai dengan prosedur. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah 1) Pendampingan budidaya cacing masih perlu diteruskan. 2) Anggota/kelompok budidaya cacing sudah mulai menikmati hasil panen.3) Perlu pembahasan lebih lanjut tentang jaringan keanggotaan kelompok budidaya cacing dan jaringan pemasaran selain ke Kota Malang.
Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo Ifa Rodifa Nur; Fitri Setyo Rini
Khadimul Ummah Vol 1, No 1 (2017): November
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ku.v1i1.1417

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa Qur'an, kitab suci umat Islam. Karena itu, bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting bagi ratusan juta umat Islam di seluruh dunia, baik Arab ataupun non Arab. Pondok Pesantren Al-Islam Joresan adalah salah satu pondok pesantren yang mencoba menciptakan kader-kader Islam dan kader bangsa dengan membekali murid mereka dengan pembelajaran bahasa Arab. Namun, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan memiliki masalah dalam belajar bahasa Arab, di antara masalah yang signifikan adalah minimnya kompetensi berbahasa Arab di kalangan siswa. Hal ini disebabkan ketidaksesuaian antara metode pengajaran dengan tujuan yang ingin dicapai, menerapkan metode tarjamah dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Dari permasalahan yang ada, kami menawarkan solusi dalam metode pengajaran dengan penerapan metode langsung yang keberhasilannya telah dibuktikan oleh banyak ahli bahasa, salah satu institusi yang telah menerapkan adalah Pondok Modern Darussalam (UNIDA) Gontor. Cara ini berhasil membuat siswa mampu berbicara bahasa target dengan baik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Program ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis korelasi antara sebelum dan sesudah pengabdian  masyarakat. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa Arab antara sebelum dan sesudah metode langsung
Penerapan Sistem Jaminan Halal Pada UKM Bidang Olahan Pangan Hewani Tian Nur Ma'rifat; Maya Sari
Khadimul Ummah Vol 1, No 1 (2017): November
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ku.v1i1.1421

Abstract

Halal merupakan syarat utama bagi konsumen muslim dalam mengkonsumsi produk pangan. Sistem jaminan halal merupakan mekanisme yang harus diterapkan oleh produsen jika mereka ingin mengajukan sertifikasi halal ke LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia). Permasalahan yang dialami oleh usaha kecil menengah saat ini di Kabupaten Ponorogo adalah belum ada sertifikasi halal dari LPPOM MUI pada RPA (Rumah Pemotongan Ayam) dan sebagian besar UKM di Kabupaten Ponorogo. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan jumlah UKM bidang pangan di Kabupaten Ponorogo yang bersertifikat halal melalui pendampingan penerapan Sistem Jaminan Halal. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Asese Food dan Pentol Bakso “Bumbu Kacang”. Asese Food merupakan rumah produksi yang menjual produk diantaranya adalah abon sapi, bakso, bakso krispi, tahu bakso, dan pempek. Mitra kedua yaitu pentol bakso “saos kacang”. Pentol bakso “Saos Kacang” merupakan unit usaha yang memproduksi pentol bakso yang dijual dalam bentuk outlet. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari dua tujuan antara lain pendampingan dan sosialisasi penerapan Sistem Jaminan Halal dan pendampingan pengajuan dokumen sertifikasi halal ke LPPOM MUI Jawa Timur. Hasil dari kegiatan ini adalah kesadaran dari unit usaha mitra untuk menerapkan sistem jaminan halal pada usahanya dan terdaftarnya unit usaha dalam proses sertifikasi halal ke LPPOM MUI. Saran terhadap keberlanjutan program adalah adanya sosialisasi secara menyeluruh terhadap asosiasi pedagang ataupun produsen produk pangan mengenai pentingnya sertifikasi halal dan adanya kerjasama antara akademisi dengan lembaga sertifikasi halal terkait kepengurusan sertifikat halal.
Membangun Infrastruktur Jaringan RT RW Net Guna Mendukung Aplikasi Sistem Informasi Desa (SIMADES) Shoffin Nahwa Utama; Aziz Musthafa
Khadimul Ummah Vol 1, No 1 (2017): November
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ku.v1i1.1420

Abstract

Program kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema membangun infrastruktur jaringan RT/RW Net di Desa Sekaran, Kec. Siman, Kab. Ponorogo guna mendukung aplikasi SIMADES memiliki tujuan: 1) Masyarakat Desa Sekaran mengetahui manfaat penggunaan teknologi informasi; 2) Perangkat desa lebih mudah dan cepat mengakses informasi; 3) Memudahkan proses pelaporan berbasis online oleh perangkat desa; 4) Memudahkan dan mempercepat pelayanan berbasis online menggunakan Sistem informasi desa. Guna mencapai tujuan dari pengabdian masyarakat ini, tim dosen dibantu mahasiswa telah melaksakan beberapa kegiatan berupa pemasangan tower antena yang dijadikan pusat RT/RW Net di balai Desa Sekaran, pemetaan rumah perangkat desa yang akan dipasang antena penerima, instalasi antena pemancar dan penerima disetiap titik yang telah direncanakan. Setelah kegiatan tahap pertama selesai dilakukan evaluasi guna memperoleh feedback dari pihak desa. Dari kegiatan instalasi infrastruktur jaringan RT/RW Net didapatkan respon yang sangat positif dari semua perangkat desa sekaran, sebagian besar yang telah berusia diatas 50 tahun dapat dengan mudah menggunakan beberapa media sosial dan juga menggunakan sistem informasi yang telah ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 6