cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Sahafa Journal of Islamic Communication
ISSN : 26223449     EISSN : 26224313     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication" : 8 Documents clear
Internalisasi Kultur Keislaman dalam Kegiatan Kehumasan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren Sofiyanto Sofiyanto
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.8527

Abstract

Hubungan Masyarakat memiliki tanggung jawab sebagai penghubung atau perpanjangan lidah dari organisasi kepada publik ataupun sebaliknya. Sehingga dengan keberadaan seorang Humas kepentingan organisasi dan publik bisa terpenuhi. Universitas Sains Al Qur’an adalah pendidikan tinggi yang lahir tumbuh dan berkembang dalam lingkungan pesantren yang senantiasa berupaya mengembangkan pola pendidikan yang memberikan pemahaman dan transformasi pengetahuan dan nilai yang terkandung dalam Al Qur’an serta pesantren. Terkait praktek dan keilmuan public relations maka menarik untuk dikontruksi bagaimana syariat Islam memandang prinsip kinerja PR. Menjadi penting bagi UNSIQ sebagai Perguruan Tinggi Islam dalam menginternalisasikan kultur keislaman dalam kegiatan kehumasanya sebagai bentuk upaya mewujudkan visi universitas yang Transformatif, Humanis dan Qur’’ani. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan menganai benruk-bentuk internalisasi kultur keislaman dalam kegiatan kehumasan UNSIQ. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara terhadap informan terpilih secara purposive. Hasil penelitian ini menunjukan Universitas Sains Al-Qur’an sudah menunjukkan komitmen untuk menginternalisasikan prinsip-prinsip Islam pada aktivitas manajemen humas atau Public relations mangement based on Islamic principles. Dari hasil penelitian dapat dipahami bahwa terdapat prinsip ajaran Islam yang terkandung di dalamnya sebagai nilai- nilai luhur yang terinternalisasi dalam menjalankan peran tersebut.
Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Anggota Zona Tahfidz Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri M Shohibul Mujtaba; Fitri Setyo Rini
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.8735

Abstract

Strategi komunikasi dapat diartikan keseluruhan perencanaan, taktik, cara yang akan digunakan agar proses komunikasi dapat berjalan dengan lancar dengan memperhatikan seluruh aspek yang ada pada proses komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan ukhuwa Islamiyah adalah kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa, sehingga menumbuhkan perasaan cinta dan saling percaya terhadap sesame muslim atau saudara seiman. Dalam hal ini penulis mengambil peran strategi komunikasi anggota zona tahfidz Universitas Darussalam Gontor dalam meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah.Penelitian deskriptif dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi atau objek yang bersifat alamiah Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reaserch). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan beberapa anggota dan pengurus zona tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan zona tahfidz Program ON-Roce merupakan strategi komunikasi yang di terapkan oleh anggota Zona Tahfidz Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri. Adapun program tersebut antara lain: Happy family Zona Tafidz, Sharing personal, Mix senjo competition, Penerapan SCE.Key word: Stategi komunikasia, ukhuwah islamyah, ON-Roce
Tingkat Literasi Kesehatan Terkait Covid-19 di Lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat Andri Saleh; Uud Wahyudin
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.8834

Abstract

Kemunculan virus Covid-19 subvarian Omicron XBB baru-baru ini menunjukkan bahwa pandemi belum berakhir. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian penting bagi semua pihak, termasuk para pegawai Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat. BPS Provinsi Jawa Barat adalah salah satu instansi pemerintah yang tingkat mobilitasnya tinggi karena tugasnya adalah mengumpulkan data di lapangan melalui sensus dan survei. Pekerjaan seperti ini sangat berisiko dalam penyebaran virus Covid-19. Untuk itu, diperlukan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat bagi seluruh pegawai BPS Provinsi Jawa Barat dan juga peningkatan literasi kesehatan terkait Covid-19 terhadap seluruh pegawai BPS Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi kesehatan terkait Covid-19 di lingkungan BPS Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 80 orang yang diambil menggunakan metode sampel acak dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin kesalahan 5%. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah kuesioner HLS-EU-SQ10-IDN, sebuah kuesioner yang diadaptasi dari kuesioner European Health Literacy Study Project (HLS-EU) yang biasa digunakan dalam pengukuran tingkat literasi kesehatan individu. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi kesehatan terkait Covid-19 di lingkungan BPS Provinsi Jawa Barat memiliki indeks 39,3 (kategori “Cukup”). Begitu juga halnya dengan tingkat literasi kesehatan terkait Covid-19 ditinjau dari aspek jenis kelamin, rentang usia, dan tingkat pendidikan yang seluruhnya berkategori “cukup”. Para pegawai BPS Provinsi Jawa Barat perlu memperhatikan hasil penelitian ini dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 subvarian yang baru. Salah satunya adalah meningkatkan literasi kesehatan terkait Covid-19 agar tingkat literasi kesehatannya ditingkatkan menjadi kategori “Sempurna”.
Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dosen di Universitas Darussalam Gontor Yoga Dwi Prananda
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.9036

Abstract

Iklim komunikasi yang baik diperlukan dalam mencapai tujuan suatu organisasi agar dapat menghubungkan, mengatur, dan membina lingkungan organisasi. Iklim Komunikasi organisasi berperan penting dalam organisasi sehingga dapat berpengaruh pada kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan perasaan puas yang dialami pegawai dalam bekerja yang berhubungan dengan kondisi karyawan dan organisasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja dosen di UNIDA Gontor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah dosen tetap di UNIDA Gontor dengan jumlah sampel sebanyak 145 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat antara iklim komunikasi dan kepuasan kerja, dan adanya pengaruh yang signifikan antara iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi yang memperoleh nilai sebesar 0,834 dengan kategori sangat tinggi. Iklim komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja dengan besar pengaruh sebesar 69,6% sedangkan 30,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Ijtihad Muhaimin Iskandar Tentang Usulan Penundaan Pemilu Dalam Wacana Kritik Muhammad Asnan; Ferry Indra Sukma; Zulfikri Nurfadhila
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.9349

Abstract

The purpose of this study is to find out how the critical discourse analysis of Kompas.com and Republika.co.id in reporting on the proposed postponement of the election which was rolled out by Muhaimin Iskandar as a political ijtihad. Using a qualitative approach with the critical discourse analysis method of the Van Dijk Model, several theories in research place Image Theory, Ijtihad Theory as supporting theories for the main theory. The results of the study show how each media in March equally objectively discussed themes related to the proposed postponement of the elections initiated by Muhaimin Iskandar and several political party leaders. This conclusion is reinforced by the macro structure, super structure, and macro structure which mutually reinforce the theme. The situation was different when the phenomenon of rejection began to emerge towards the idea of postponing the elections in April 2022. Even though the discourse that was presented seemed to be the same, if observed in detail there were differences that emerged between the two media. Kompas.com at this moment still tends to be objective in discussing Muhaimin's mature attitude, which seems not to insist on continuing his idea. Republika.co.id presents different discourse concepts through macro-structure, super-structure and micro-structure which tend to be unfavorable to Muhaimin's position, one of which is because he makes joke-like quotes as headlines. In the perspective of ijtihad in the field of self-image politics, what Muhaimin Iskandar has done through the proposed postponement of the 2024 elections can be called the seriousness of the parties concerned to build their own image.
Pemberdayaan Masyarakat Pesantren dalam Mengembangkan Santripreneur melalui Program CSR Davis Roganda Parlindungan; Nadia Fitriana; Tangguh Okta Wibowo
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.8807

Abstract

Perusahaan memiliki peranan penting sebagai penopang pertumbuhan ekonomi rakyat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat pesantren secara mandiri melalui pengembangan konsep santripreneur, dimana para santri tidak hanya mendalami kajian agama namun juga didorong mereka memiliki potensi semangat kewirausahaan. Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan implementasi pemberdayaan masyarakat pesantren dalam mengembangkan santripreneur melalui program CSR yang dilakukan oleh PT. Bogasari di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang Banten. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melakukan observasi dan wawancara mendalam. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengambarkan implementasi program CSR yang dilakukan PT. Bogasari melalui beberapa tahap yaitu (1) identifikasi profil kelompok sasaran program, (2) merumuskan hasil kunjungan, (3) pemberian pelatihan, (4) peminjaman bantuan peralatan usaha dan bahan baku, (5) distribusi dan pemasaran produk yang dihasilkan, (6) pendampingan dan monitoring, (7) evaluasi program.
Komunikasi Atarbudaya Studi Deskriptif Adaptasi Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Abi Nur Ubaydillah
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.9038

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor Memilki ribuan santri dengan latar belakang budaya yang bermacam macam, dan berdasarkan jalur masuknya para santri Pondok Modern Darusslam Gontor dibagi menjadi 2 yaitu Intensif dan Reguler,  pada tahun ajaran 2022 M/1444 H total jumlah seluruh santri di Pondok Modern Darussalam Gontor kampus pusat ada 4632 santri dan santri dari Jakarta dan Bogor merupakan santri terbanyak di Pondok Gontor Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi yang terjadi pada santri kelas 3 dan 3 intensif KMI dalam konteks komunikasi antarbudaya di PMDG dan mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi adaptasi budaya santri kelas tiga dan 3 intensif KMI di PMDG. Teori yang digunakan adalah Komunikasi Antarbudaya  dan lima faktor adaptasi meneurut Young Yun Kim. Penelitian ini menggunakan metode metode grounded research dan teknik studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi lapangan. Teknik analisis data menggunakan cara Reduksi Data, Penyajian Data atau Display Data kemudian Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri PMDG Konsulat Jakarta kelebihan dalam beradaptasi dan berkomunikasi antar budaya dari santri Pondok Modern Darussalam Gontor Konsulat Bogor ditinjau dari 5 faktor adaptasi yang dikemukakan oleh Young Yun Kim.
Strategi Branding Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Media Digital dalam Upaya Mempertahankan Citra dan Eksistensinya Dwi Pratiwi; Dian Purworini
Sahafa Journal of Islamic Communication Vol. 5 No. 2 (2023): Sahafa Journal of Islamic Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/sjic.v5i2.9748

Abstract

Muktamar merupakan permusyawaratan terbesar Muhammadiyah yang dilaksanakan setiap lima tahun. Pelaksanaan Muktamar ke-48 ditunda dua tahun karena Covid-19 dan dikhawatirkan hilangnya awareness masyarakat terhadap Muktamar. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi branding untuk mempertahankan eksistensi perhelatan akbar ini. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis strategi branding Muktamar Muhammadiyah ke-48 di media digital dalam mempertahankan citra dan eksistensi. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik Snowball Sampling dan teori Integrasi Informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muktamar 48 menghadirkan kesan Muhammadiyah organisasi islam modern yang siap menghadapi era digitalisasi, cinta kebersihan, tertib, gembira dan bermanfaat bagi masyarakat. Kesan positif juga dapat ditemui pada brand personality ramah, sopan santun, lembut, mengedukasi, menginspirasi, cerdas, dan bermartabat. Identity brand ditunjukan dalam bentuk logo, lagu, tagline, dan brand guidelines. Untuk menjangkau audiens yang luas maka Panitia Muktamar memaksmalkan peran media mainstream dan digital serta agar pesan tersampaikan dengan baik dilakukan strategi pengorganisasian pesan media official dan memperhatikan kredibilitas informasi dengan memberlakukan sistem layer berjenjang yang berfungsi mengontrol, verifikasi, dan validasi seluruh informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8