cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI
ISSN : 08539778     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Arjuna Subject : -
Articles 181 Documents
MEMBANGUN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI BUDAYA INOVASI (Sebuah Kajian Keberhasilan Program Innov Astra) SB. HANDAYANI & IDA MARTINI ALRIANI sb handayani; Ida Martini
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.672 KB)

Abstract

ABSTRAKSI                 Perusahaan yang berorientasi pada pencapaian sustainable competitive advantage senantiasa harus kreatif dalam ide-ide pembaharuan dalam bisnisnya. Bisnis yang komit terhadap pencapaian sustainable competitive advantage selalu mengedepankan inovasi usaha. Tulisan ini akan menyampaikan pendapat para ahli marketing tentang pentingnya strategi inovasi dalam menciptakan sustainable competitive advantage. Beberapa hasil studi empiris yang dilakukan oleh para peneliti sebelumnya juga mendukung tulisan ini. Sementara itu keberhasilan proyek –proyek inovasi yang dijalankan PT Astra Internasional Tbk           , menjadi hal yang menarik untuk diungkapkan dalam tulisan ini. PT Astra International, Tbk. Sebagai  salah satu perusahaan yang mampu membuktikan budaya inovasi sebagai senjata untuk tetap exis dalam kondisi apapun dan berkelanjutan. Astra sukses memacu karyawannya melakukan inovasi melalui kegiatan InnovAstra. Program kompetisi InnovAstra yang ditempatkan dalam kerangka aplikasi corporate culture telah menjadi program yang efektif, efisien dan sinergis  serta berkelanjutan. Sebagaimana tekad PT Astra International Tbk untuk mewujudkan cita-citanya menjadi kebanggaan bangsa (pride of the nation) di tahun 2020 mendatang.  Keyword :  Sustainable Competitive Advantage, Innovasi dan InnovAstra.
ANALISA PENGARUH MOTIVASI INTERNAL, KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA PADA ANAK PANTI ASUHAN DI KABUPATEN KENDAL tukijan -; fasochah -; Harnoto -
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 40 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.695 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Motivasi Internal terhadap Disiplin Kerja, juga bertujuan ingin menganalisis apakah Kepemimpinan bapak asuh memoderasi pengaruh Motivasi Internal terhadap Disiplin Kerja anak-anak Panti Asuhan di Kabupaten Kendal. Sampel yang diambil menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pengambilan  sampel dengan kreteria tertentu. Adapun kriteria yang digunakan adalah anak panti asuhan yang berpendidikan setingkat SMP dan SMU. Penelitian ini mengambil sampel dari 3 panti asuhan yang memiliki anak asuh dengan pendidikan sesuai kreteria tersebut sebanyak 56 anak. Jumlah kuesioner yang disampaikan sebanyak 56 bendel, namun yang kuran sempurna mengisi ada 6 anak yang menjawabnya tidak sempurna, sehingga hanya 50 yang diolah dan dianalisis lebih lanjut. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi yang diolah dengan SPSS Versi 17.00. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan informasi dan kesimpulan bahwa Motivasi Internal berpengaruh positif terhadap Disiplin Kerja anak-anak Panti Asuhan; Kepemimpinan bapak asuh memoderasi positif pengaruh Motivasi Internal terhadap Disiplin Kerja anak-anak Panti Asuhan di Kabupaten Kendal. 
PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PENJUALAN DAN DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN PADA PT. INTAN JAYA GARMEN KAB. SEMARANG Triana Budiarti; Bagus Kusuma Ardi
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 25, No 44 (2018)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.248 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analyze the influence of electronic data processing system sales and technology support to the effectiveness of internal control sales. Population in this research all employees of PT. Intan Jaya Garments in Semarang and the sample amounted to 30 people taken by purposive sampling method or only that meet certain criteria as in the only related part with this research. Hypothesis testing is known that the value of t arithmetic for electronic data processing system sales (X1) = 2.522 > t table 2.0518 and the level of significance 0.018 < 0.05 with β1 = 0.386 means electronic data processing system sales (X1) have a significant positive effect on the effectiveness of internal control of sales, then hypothesis 1 is accepted. t count for technology support (X2) = 3.047 > t table 2.0518 and significance level 0.005 < 0.05 with β2 = 0.466 means tech support has a significant positive effect on the effectiveness of internal control sales. Keywords: Electronic Data Processing System Sales, Technology Support, Sales Control Internal Effectiveness ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Sistem Pengolahan Data Elektronik Penjualan dan Dukungan Teknologi Terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh karyawan PT. Intan Jaya Garmen Di Semarang dan untuk sampelnya berjumlah 30 orang yang diambil dengan metode purposive sample atau hanya yang memenuhi kriteria tertentu seperti pada bagian yang berhubungan saja dengan penelitian ini. Pengujian Hipotesis diketahui bahwa nilai t hitung untuk Sistem Pengolahan Data Elektronik Penjualan (X1) = 2,522 > t tabel 2,0518 dan tingkat signifikansi 0,018 < 0,05 dengan β1­­= 0,386 artinya Sistem Pengolahan Data Elektronik Penjualan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan, maka hipotesa 1 diterima. t hitung untuk Dukungan Teknologi (X2)=3,047 > t tabel 2,0518 dan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05 dengan 2 0,466 artinya Dukungan Teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan. Kata Kunci : Sistem Pengolahan Data Elektronik Penjualan, Dukungan Teknologi, Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan
STUDI TURNOVER AUDITOR KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI INDONESIA BERDASARKAN JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN, JABATAN DAN KOTA Sulistiyo, Heru
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 24, No 43 (2017)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2724.52 KB)

Abstract

AbstrakStudi turnover (pindah kerja) auditor bertujuan memberikan gambaran mengenai pindah kerja auditor yang bekerja pada kantor akuntan publik di Indonesia berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, jabatan, dan kota. Sampel berjumlah 414 auditor ditentukan secara tidak sengaja berdasarkan kuesioner yang kembali berdasarkan email yang masuk. Alat analisis menggunakan tabulasi silang dan regresi linier berganda. Hasil statistik deskriptif menunjukkan 43,7% belum pernah pindah kerja dan 56,3% pernah pindah kerja. Auditor yang belum pernah pindah kerja terdiri dari 28,3% pria dan 15,5% perempuan, berpendidikan diploma 3 2,9%, sarjana 10,6%, magister 16,7% dan doktor 13,5% serta berjabatan auditor junior 8%, auditor senior 23,4% dan manajer 12,3%. Adapun yang pernah pindah kerja 43,2% pria dan 13,0% perempuan, berpendidikan D3 2,2%, S1 9,0%, S2 20,5% dan S3 25,6% serta berjabatan auditor junior 4,8%,  auditor senior 25,6% dan manajer 25,9%. Auditor yang belum pernah pindah kerja 100% adalah auditor yang berada di Balikpapan, Banjarmasin dan Batam. Auditor yang pernah pindah kerja 100% adalah kota Denpasar, Manado, Padang dan Palu. Sedangkan selain kota tersebut menjawab bervariasi dari belum pernah pindah kerja dan pernah pindah kerja. Selain hasil tersebut tingkat pendidikan dan jabatan berpengaruh positif terhadap pindah kerja, namun jenis kelamin tidak berpengaruh. Kata kunci: pindah kerja, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan jabatan auditor  AbstractThe study of turnover or out of work auditor aims to providing an overview of the auditors working turnover in accounting firms in Indonesia by sex, education level, position and city. A sample of 414 auditors was accidentally determined on the basis of a return questionnaire based on incoming email. The analytical tool uses cross-tabulation and multiple linear regression with SPSS program. Descriptive statistical  results showed that 43.7% had never moved to work and 56.3% had moved to work. The unmoved auditor consisted of 28.3% male and 15.5% female, educated diploma degree 2.9%, bachelor degree 10.6%, master 16.7% and doctorate 13.5% and served as junior auditor 8 %, senior auditors 23.4% and managers 12.3%. Those who ever moved to work were 43.2% male and 13.0% female, educated diploma degree 2.2%, bachelor degree 9.0%, master 20.5% and doctorate 25.6% and shelter 4.8% junior auditor, senior auditors 25.6% and managers 25.9%. Auditors who have never moved 100% work are auditors located in Balikpapan, Banjarmasin and Batam. Auditors who have moved to work 100% are the city of Denpasar, Manado, Padang and Palu. While in addition to the city's answer varies from having never moved work and never moved work. In addition to these results the level of education and positions have a positive effect on job change, but gender does not affect. Keywords: turnover, gender, education level and position of auditor
ANALISIS KINERJA ANGGOTA POLISI RESORT SEMARANG moh aslam; endah winarti
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 24, No 42 (2017)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.032 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis komitmen organisasi terhadap kinerja anggota dengan remunerasi dan budaya organisasi sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah anggota Polres Semarang yang berjumlah 484 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berpedoman pada tabel Isaac dan Michael taraf kesalahan 5%, berjumlah 202 orang. Metode pengolahan data menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja anggota, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi komitmen organisasi maka semakin tinggi kinerja anggota pada Polres Semarang. Remunerasi memoderasi positif pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja anggota terbukti, ini menunjukan bahwa adanya remunerasi yang baik akan memperkuat pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja anggota pada Polres Semarang. Budaya organisasi memoderasi positif pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja anggota, menunjukan bahwa adanya budaya organisasi yang baik akan memperkuat pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja anggota pada Polres Semarang. Kata kunci: komitmen organisasi, remunerasi, budaya organisasi, kinerja anggota ABSTRACTThe purpose of this study was to analyze the organization's commitment to the performance of members of the remuneration and organizational culture as a moderating variable. The population in this study are all members Polres Semarang numbering 484 people. The number of samples in this study based on the tables Isaac and Michael level of error of 5%, the number of samples taken in this study were as many as 202 people. Methods of data processing using SPSS 17.0. Results of this study found that organizational commitment positively affects the performance of the members, this shows that the higher the commitment of the organization, the higher the performance of members in Semarang Police. Remuneration positive moderating effect of organizational commitment on the performance of members of proven, this shows that the existence of a good remuneration will strengthen the influence of organizational commitment on the performance of members of the Police Semarang. Organizational culture positive moderating effect of organizational commitment on the performance of the members, this shows that their good organizational culture will strengthen the influence of r the organization's commitment to the performance of members of the Police Semarang.  Keywords: organizational commitment, remuneration, organizational culture, performance member.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN BERDASARKAN GENDER (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi STIE Dharmaputra Semarang) Watinih .; Putu Sulastri
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 40 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.598 KB)

Abstract

ABSTRACTION            This study examined students perceptions of ethical principles, ethical rules, the interpretation of rules of ethics code of ethics accountant by gender. The research object is a student STIE Dharmaputra Semarang accounting majors who are already working and students who have taken auditing. The samples used were 84 people with purposive sampling method. To analyze the use of t-test with SPSS. The results showed that based on gender, ethical principles, ethical rules, the interpretation of the ethical rules of the code of ethics of accountants showed a significant difference. Keywords : Perception of Students, Accountants Code of Ethics, Gender.
PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPANTASAN HARGA DAN PENANGANAN KOMPLAIN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Sudarti, Ken; susanti, rusni
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 18, No 31 (2011)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.518 KB)

Abstract

Business at beauty industrial more met at cities entire Indonesia. Willing woman class to beautify self and care beauty is phenomenon that support more the faster this business. Recently, beauty and body treatment is being topic that many discussion. So, the important beauty and body treatment for a part society this time, on that account many company beauty sells product or beauty service. Population in this watchfulness service user Natasha Skin Care at Semarang during year 2010. Result from this watchfulness has influence towards customer satisfaction, this seen from result t count > t table or significant < 0.05. Handling complain has influence towards customer satisfaction, this seen from result t count > t table or significant < 0,05. Has influence towards customer loyalty, this seen from result t count > t table or significant < 0.05. has influence towards customer loyalty, this seen from result t count > t table or significant < 0,05. Handling complain has influence towards customer loyalty, this seen from result t count > t table or significant < 0.05. Keyword :             price fairness, handling complain, customer satisfaction and customer loyalty
ANALISIS PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA PT.ESTWIND MANDIRI SEMARANG Setiawan, Lilik; Martini, Ida
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 25, No 44 (2018)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.953 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analyze the control of the production process of furniture, to know the level of product damage, the type of product damage, and the factors that affect the quality control of production at PT Eastwind Mandiri Semarang.Hasil Analysis shows that the average damage / broken production of PT. Eastwind Mandiri during October - December 2016 of 18.76%, the level of damage does not exceed the standards set by the company that is equal to 40% of the total production volume. The histogram diagram shows that the most common type of broken is damaged due to incompatible color of 384 pcs, unsuitable topcoat of 354 pcs, scratched item of 267 pcs, broken component of 85pcs, and wave component of 26 pcs. Based on the result of causality causal analysis which affect the quality control of furniture production process is material, in process, test method, human resources, environment, and machine. Based on the results of graph analysis of control chart p Center Line control of furniture production process is at the stage of control limit or does not exceed the control limit set by the company by 40%. Keywords: production process control analysis, cause and effect chart, and control chart p ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian proses produksi furniture, mengetahui tingkat kerusakan produk, jenis kerusakan produk, dan faktor–faktor yang mempengaruhi pengendalian kualitas produksi pada PT Eastwind Mandiri Semarang. Hasil Analisis menunjukkan bahwa tingkat kerusakan/broken rata–rata hasil produksi PT. Eastwind Mandiri selama bulan Oktober – Desember 2016 sebesar 18,76 % ,tingkat kerusakan tersebut tidak melampaui standar yang ditetapkan perusahaan yaitu sebesar 40% dari total volume produksi. Diagram histogram menunjukkan bahwa jenis broken yang sering terjadi adalah rusak karena warna tidak sesuai sebesar 384 pcs, topcoat tidak sesuai sebesar 354 pcs, barang tergores sebesar 267 pcs, komponen pecah sebesar 85pcs, dan komponen gelombang sebesar 26 pcs. Berdasarkan hasil analisis diagram sebab akibat yang mempengaruhi pengendalian mutu proses produksi furniture ialah bahan, in process, metode uji, SDM, lingkungan, dan mesin. Berdasarkan hasil analisis grafik peta kendali p Center Line pengendalian proses produksi furniture berada pada tahap batas kendali atau tidak melampaui batas kendali yang ditetapkan perusahaan sebesar 40%. Kata Kunci: analisis pengendalian proses produksi, diagram sebab akibat, dan peta kendali p
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERBANKAN MELAKUKAN PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Studi Empiris Pada Perbankkanyang Terdaftar di BEI Tahun 2011 – 2015) Lina Budi Hartati; Sodikin Manaf
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 24, No 42 (2017)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.746 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor penentu yang berpengaruh dalam pergantian auditor (KAP) oleh perusahaan Perbankan di Indonesia serta Untuk memperoleh bukti empiris  mengenai pergantian manajemen,opini audit,kesulitan keuangan, reputasi KAP, ukuran KAP, ukuran klien ,dan fee audit di perusahaan Perbankan di Indonesia. Di Indonesia Pergantian auditor terdiri dari 2 jenis yaitu pergantian wajib dan pergantian sukarela, dimana dari pergantian auditor selain menjadi pertimbangan internal manajemen perusahaan juga telah disyaratkan oleh badan pengelola pasar modal karena pertimbangan independensi Auditor. Penelitian ini mengunakan 18 sampel perusahan – perusahan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011 - 2015. Data dianalisis dengan mengunakan Regresi Logistik. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa faktor – faktor opini audit, fee audit, reputasi auditor (KAP), perubahan ROA, kesulitan keuangan,ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan sedangkan ukuran klien mempunyai pengaruh signifikan terhadap pergantian auditor.Kata – kata Kunci : pergantian auditor,pergantian manajemen, opini audit, kesulitan keuangan, reputasi auditor (KAP), fee audit, ukuran klien., perubahan ROAABSTRACTThis study aim to examine the determinants that influence the change of auditor (KAP) by perbankan companies in Indonesia and to obtained empirical evidence regarding the change of management, the audit opinion, financial difficulties, the reputation of the firm, the firm size, the size of the client, and the audit fee in perbankan company in Indonesia. In Indonesia Substitution auditors consists of two types, they are turn of compulsory and voluntary turnover, which shifts from the internal auditors into consideration in addition to the company's management has also been required by the governing body of the capital market on account of the independence of auditors. This study used sample of 18 companies - perbankan companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) during 2011-2015. The data were analyzed by using logistic regression. The results of this study indicated thatfactors - factors audit opinion, audit fees, auditor reputation (KAP) the change in ROA,the change management,and financial difficultiesdid not have significant influence whereasthe size of the clienthad a significant effect .Words - Key words: change of auditors, change of management, the audit opinion, financial difficulties, the reputation of the auditor (KAP), the audit fee, the size of the client y, changes in ROA
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, TINGKAT PENDAPATAN DAN SUMBER AIR LAIN TERHADAP PERMINTAAN AIR PDAM TIRTA MOEDAL SEMARANG (Studi Kasus Pelanggan Golongan Rumah Tangga III di Kecamatan Gunungpati Semarang Tahun 2016) Putu Sulastri; Bayu Eko
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.631 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, tingkat pendapatan, dan sumber air lainnya untuk kebutuhan air PDAM Tirta Moedal Semarang. Penelitian ini mengambil sampel dari 100 rumah tangga III pelanggan kelas. Jumlah kuesioner yang disebarkan sebanyak 100 dan dianalisis dengan menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS for Windows. Dari hipotesis hasil pengujian menunjukkan informasi dan kesimpulan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap kebutuhan air, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kebutuhan air, tingkat pendapatan berpengaruh positif terhadap permintaan air, sumber air lain secara negatif mempengaruhi permintaan air.Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, tingkat pendapatan, sumber daya air, kebutuhan air.

Page 1 of 19 | Total Record : 181