cover
Contact Name
Zaenal Arifin
Contact Email
arifin1169@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltheorems.unma@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Theorems (The Original Research of Mathematics)
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 2528102X     EISSN : 25414321     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the development of mathematics learning.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021)" : 9 Documents clear
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE DI UNIVERSITAS PAPUA Irfan Irnandi; Andi Fajeriani Wyrasti; Firmansyah Firmansyah
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3155

Abstract

Melalui pembelajaran berbasis LMS, peserta didik dapat belajar kapan dan di mana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Berbagai aktivitas dapat dilakukan dalam pembelajaran ini, misalnya diskusi online, pemberian tugas, download materi, upload materi, video pembelajaran, send massage dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan mahasiswa jurusan pendidikan matematika dalam penggunaan elearning fkip. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Persiapan penelitian, 2) Pengumpulan data, 3) Analisis data, 4) Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data terdiri dari Angket penelitian dan Wawancara. Data dianalisis secara kualitatif .Hasil penelitian ini adalah lebih dari 75% mahasiswa telah memiliki kemampuan dasar untuk menggunakan e-learning dalam proses pembelajaran. Kemampuan dasar yang dimaksud adalah mahasiswa telah mengetahui cara mengakses elearningfkipunipa.org seperti bisa login/logout, bisa bergabung kedalam kelas mata kuliah, bisa mengikuti pertemuan online, bisa mendownload materi/tugas, bisa mengirim tugas, dan bisa mengirim chat melalui forum diskusi. Namun untuk kemampuan mengerjakan kuis/tes secara langsung di elearningfkipunipa.org masih perlu ditingkatkan.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA COVID 19 ukti lutvaidah; Prima Pantau Putri Santosa
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3220

Abstract

The study was intended to identify the level of interest of students studying at the architecture of the 2 semester university of indraprasta pgri pa and the 20/2021 method used in the study as a qualitative deskntive method. The imi research population is a graduate class of 316 students and it is a class of 80 students. The instruments used in this study are based on a Google form of 20 different question items from 4 comments about the interest of learning which is pleasure, attention, attraction, and involvement in online college. The analysis used in this study USES quantitative data. Research has shown that the level of interest of students studying at the architecture of the university of indraprasta pgri pa has completed its 2020/2021 year in online lectures during the covid 19 pandemic was categorically categorized as well as 75.5%.
PENGGUNAAN LEMBAR KERJA MAHASISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING sri rezeki; Bayu Jaya Tama
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3139

Abstract

ABSTRAKSemenjak pendemi ditetapkan di Indonesia pemerintah mengarahkan kampus untuk melakukan pembelajaran secara daring. Banyak problematika yang terjadi saat pembelajaran daring diterapkan di kampus, salah satunya konsentrasi mahasiswa saat memahami materi yang diberikan. Sehingga diperlukan media yang tepat untuk mengatasi problema tersebut, diantaranya mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa pada mata kuliah Statistika Dasar dengan menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian mahasiswa pada salah satu Universitas swasta di Jakarta yang mengikuti matakuliah Statistika Dasar. Metode pada penelitian ini berupa penyebaran angket kepada mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki sikap yang positif terhadap matakuliah Statistika Dasar dengan penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa melalui pembelajaran daring. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lembar Kerja Mahasiswa, Pembelajaran Daring
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN DAN CD INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Shinta Dwi Handayani
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3224

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of mathematics learning achievement for students who are subjected to the Student Teams Achievement Divisions (STAD) model assisted by Interactive CD, Learning CD and Conventional learning models on flat-shaped materials in grade VII semester II students of SMP Negeri 223 Jakarta. The population in this study were students of class VII SMP Negeri 223 Jakarta. By using cluster random sampling technique selected VII 3 as the control class, VII 7 and VII 8 respectively as the experimental class STAD model assisted by learning CD and STAD model assisted by Interactive CD. The results showed that there was a significant difference between mathematics learning achievement students who are taught by learning using the STAD learning model assisted by Interactive CD, STAD learning model assisted by CD Learning and conventional learning, the learning achievement of students who receive learning using Interactive CD media is better than conventional learning. Likewise, the learning outcomes of students who receive learning using Learning CD media are better than conventional learning. In addition, there is no significant difference between the mathematics learning outcomes of students who are taught using the STAD learning model assisted by Interactive CD and students who use the STAD learning model assisted by the Learning CD.
EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENUGASAN VIDEO PENGAMATAN PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PADEMI CORONA VIRUS DISEASE-19 (COVID-19) Budi Sasomo
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3065

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pemebelajaran pendekatan saintifik dengan penugasan video  pengamatan. Metode eksperimen semu dipilih peneliti untuk melakukan penelitian ini. Terdapat satu variabel bebas yaitu pendekatan saintifik dengan penugasan video pengamatan dan satu varibel bebas yaitu hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Keadaan tersebut berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran saintifik dengan penugasan video pengamatan dengan sesudah dikenai tindakan. Nilai dari rata-rata masing-masing tindakan pembelajaran  yaitu  75,41 untuk kelas sesudah dikenai tindakan pemebelajaran pendekatan saintifik dengan penugasan video  pengamatan. Nilai rata-rata 66,67 untuk kelas sebelum dikenai tindakan pemebelajaran pendekatan saintifik dengan penugasan video  pengamatan. Hasil belajar peserta didik pada kelas sesudah dikenai pembelajaran saintifik dengan penugasan video pengamatan lebih baik daripada kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran saintifik dengan penugasan video pengamatan
PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA TANGERANG Heriyati Heriyati; Noor Komari Pratiwi
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3061

Abstract

Keterampilan membaca diperlukan dalam semua bidang studi karena proses belajar yang efektif salah satunya dilakukan melalui membaca, tak terkecuali dalam mempelajari matematika. Keterampilan membaca adalah keterampilan siswa untuk memahami isi suatu bacaan yang diperlukan dalam memahami soal matematika berbentuk cerita. Kemampuan pemecahan soal cerita matematika yaitu kemampuan siswa dalam memahami hal yang dimaksud oleh soal cerita matematika, serta mampu menemukan jawaban dari permasalahan yang ada dalam soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan membaca terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa sekolah dasar. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas 5 SD Negeri Bojong 2, 3, dan 4 di Kota Tangerang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 78 siswa dari ketiga sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan membaca terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa sekolah dasar di Kota Tangerang. Perolehan persamaan regresi Y = 12,436 + 0,792X menunjukkan semakin tinggi keterampilan membaca siswa, semakin tinggi pula kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa. Kata kunci: keterampilan membaca, kemampuan pemecahan soal cerita matematika
PENGEMBANGAN MODUL MICRO TEACHING TERINTEGRASI BLENDED LEARNING JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA firmansyah firmansyah; purwati purwati; andi fajeriani wyrasty
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3116

Abstract

Mata kuliah Microteaching merupakan mata kuliah penting bagi jurusan kependidikan khususnya mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNIPA. Sulitnya mendapatkan modul yang terintegrasi atau referensi lainnya berpengaruh negatif pada hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul microteaching terintegrasi bleanded learning sangat dibutuhkan oleh mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Metode Penelitian yaitu Reseach and Development (R & D). Prosedur yang digunakan adalah dengan menyederhanakan model pengembangan Borg & Gall (dalam Sugiyono, 2015: 298-331) yang terdiri dari 10 langkah, pada penelitian ini akan dibatasi hingga langkah ketujuh yaitu 1) Potensi Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi desain, 6) Uji coba Produk dan 7) Revisi produk. Produk diujicobakan pada mahasiswa jurusan pendidikan matematika yang memprogramkan mata kuliah Microteaching. Berdasarkan hasil analisi data penelitian, diperoleh data bahwa 1) Modul mata kuliah microteaching yang telah dikembangkan valid dengan skor 3,67 berada pada kategori sangat baik 2) Modul mata kuliah microteaching yang telah dikembangkan praktis dengan skor rerata 3,27 atau 81,67 % berada pada kategori sangat baik. 3) Modul mata kuliah microteaching yang telah dikembangkan efektif, dibuktikan dengan Prestasi belajar kelas yang menggunakan Modul mata kuliah microteaching yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan Modul mata kuliah microteaching.
SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW : ETHNOMATHEMATIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Erik Santoso; Yeni Dwi Kurino
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3231

Abstract

Budaya yang berkembang di dalam masyarakat dapat menjadi bahan di dalam pembelajaran matematika. Artikel ilmiah ini disusun dengan metode Systematic Literatur Review (SLR). SLR merupakan metode dalam rangka mengidentifikasi, mengkaji, serta menyimpulkan beberapa penelitian terkait dengan tema yang dibahas. Tema yang dibahas adalah mengenai Ethnomathematics di dalam pembelajaran matematika. Hasil review artikel bahwa etnomatematik menjadi kajian yang bisa diterapkan dalam pembelajaran matematika. Hal ini dari penelitian-penelitian bahwa etnomatematik dapat meningkatkan kemampuan siswa. Beberapa ragam budaya yang bisa ditampilkan dalam etnomatematika seperti permainan tradisional, bentuk bangunan sampai dengan aktivitas dari kampung adat.
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER Anwar Ardani; Charlina Nurkhafidhoh
Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/th.v6i1.3179

Abstract

This study concerned with the low learning outcomes of grade V SDN 3 Kedungurang students in Mathematics; one of them in learning math story. The problems that arose were how students difficulties in solving math story based on learning styles and gender, how male students difficulties in solving math story according to learning styles, how female students difficulties in solving math story based on learning styles. The purpose of this study was to determine the difficulties of students in solving a matter of story based on learning styles and gender, which covered male students in learning styles and female students in learning styles. The analytical procedure used was the Newman procedure. The type of this research was qualitative research. The data collection was carried out by using questionnaires, tests, and interviews with 11 students as research subjects. The data validity test was used triangulation techniques. The results showed that first, the most dominant learning style, namely the visual learning style of 8 students, while the auditory and kinesthetic learning styles were 7 students, the three learning styles had errors according to the Newman procedure. Second, male and female students made a mistake according to the Newman procedure, namely understanding problem, transforming, calculating processes and drawing conclusions. Third, male students with visual, auditory, and kinesthetic learning styles made a mistake in understanding problems, transformations, calculation, processes and drawing conclusions. Fourth, female students made a mistake in understanding problems, transformation, calculation processes, and drawing conclusions. The solution offered to minimize students’ difficulties in solving story problems was by increasing the practice of working on story questions.

Page 1 of 1 | Total Record : 9