cover
Contact Name
Mumuh Mulyana
Contact Email
Mumuh Mulyana
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@fdi.or.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi
Published by Forum Dosen Indonesia
ISSN : 25805339     EISSN : 26205718     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia yang mempublikasikan artikel berbasis penelitian (lapangan, kepustakaan, eksperimen) mencakup aspek-aspek manajemen dan kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017" : 10 Documents clear
BACK COVER JASPT VOL 1 NO 1 JULI 2017 Redaksi JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1523.111 KB)

Abstract

Back Cover JASPT Volume 1 Nomor 1 Juli 2017
Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa Monica Mayeni Manurung; Rahmadi Rahmadi
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.055 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i1.63

Abstract

Pendidikan tinggi merupakan bagian dari pendidikan nasional yang menyiapkan sumber daya manusia masa depan, dimana mahasiswa adalah bagian utama dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi tersebut. Identifikasi karakter mahasiswa merupakan langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan baik pada saat menentukan ‘pasar’perguruan tinggi maupun pada saat penentuan/seleksi masuk perguruan tinggi. Isu menurunnya karakter bangsa merupakan suatu kajian yang sangat penting. Karakter mahasiswa, sebagai generasi muda bangsa; dapat diidentifikasi dari aspek akademik dan aspek non akademik. Aspek akademik ukurannya dapat dengan mudah diukur melalui prestasi akademik misalnya atau, kejujuran akademik dan sikap ilmiah. Aspek non akademik dapat diukur dari segi perilaku maupun wawasan kebangsaan. Peran perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya pembentukan karakter mahasiswa. Budaya, lingkungan akademik dengan semua perangkatnya, regulasi dan sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi serta lingkungan sosial memiliki peran tersendiri dalam pembentukan karakter mahasiswa Indonesia. Kata Kunci: karakter, mahasiswa, akademik, non akademik.
Model Sistem Perubahan dalam Lingkup Program Sarjana Rinda Cahyana; Irmawati Sagala
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.569 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i1.64

Abstract

Sebagai institusi yang memegang peranan strategis dalam transformasi dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perguruan tinggi dituntut mampu melakukan inovasi-inovasi dalam pengembangan mutu, termasuk dalam hal pemenuhan kebutuhan pembiayaan. Pengelola pendidikan tinggi harus mampu mengembangkan sumber-sumber pendanaan mandiri dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Dalam konteks inilah, integrasi kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi alternatif solusi. Produk-produk dari kegiatan tridharma tersebut dapat diarahkan dalam jasa layanan profesi. Paper ini mendiskusikan implementasi model pembelajaran terintegrasi pada jenjang sarjana di perguruan tinggi. Model Daur Hidup yang mengarahkan kegiatan pendidikan dan penelitian untuk diterapkan dalam pengabdian masyarakat yang kemudian akan memberikan umpan balik bagi proses pendidikan dan penelitian berikutnya. Di samping itu, proses ini sekaligus bisa dikembangkan sebagai jasa layanan profesi untuk menjadi sumber pendanaan alternatif perguruan tinggi. Kata Kunci: pembelajaran, perubahan, daur hidup, pendanaan, perguruan tinggi.
Membangun Infrastruktur Kurikulum Prodi DKV Berbasis Core Busines Competencies Dian Cahyadi
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1561.559 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i1.65

Abstract

Menyitir dari pernyataan Presiden republik Indonesia dalam sambutan pada Kongres HIPIIS di Solo pada 9 agustus 2017 yang menyatakan bahwa ingin dunia pendidikan Indonesia menyesuaikan diri dengan inovasi teknologi yang kini sedang bekembang pesat, khususnya keilmuan desain grafis dan komunikasi visual sebagai contoh ekstrim yang sampaikannya. Oleh sebab itu lembaga-lembaga pendidikan tinggi mesti memiliki persiapan dalam wacana perkembangan global yang sangat melaju cepat. Prodi DKV perlu segera bersikap (flexiblities) melalui pernyataan tersebut melalui sejumlah penyesuaian-penyesuaian dalam bentuk revisi-revisi yang bersesuaian dengan kebutuhan dan tuntutan pasar global dengan mengacu pada KKNI dan SKKNI melalui rumusan-rumusan ideal dalam menghasilkan learning outcomes sebagai desainer global yang kompetitif dan berdaya saing tinggi melalui rancangan struktur kurikulum yang dibangun. Kata Kunci: revisi kurikulum DKV, KKNI, SKKNI, desainer global
Model Struktural Minat Mahasiswa Berkarir di Bidang Perbankan Syariah Sebagai Dasar Pengembangan Proses Pembelajaran Mashadi Mashadi; Risky Irawan
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.728 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i1.19

Abstract

Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia terus meningkat yang belum diimbangi oleh ketersediaan Sumber Daya Manusia bidang Perbankan Syariah. Sehingga tidak sedikit, Bank Syariah yang melakukan “konversi” SDM Bank Konvensional menjadi SDM Bank Syariah. Pemenuhan kebutuhan SDM Perbankan Syariah sebagian dapat dipenuhi oleh SMK dan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program studi Perbankan. Namun demikian, tidak semua siswa atau mahasiswa program studi Perbankan bersedia dan berminat menjalani karir sebagai SDM Bank Syariah. Unsur minat menjadi penting untuk membangun optimalisasi kinerja SDM Bank Syariah. Menjadi penting untuk mengetahui secara awal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan minat para mahasiswa menjalani karir di bidang Perbankan Syariah, mengingat karakteristik karir yang membutuhkan spesifikasi kemampuan khusus dan berbeda dari Bank Konvensional. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor yang dominan mempengaruhi para mahasiswa berminat berkarir di bidang Perbankan Syariah. Data diperoleh dari 100 responden Mahasiswa Program Studi Keuangan dan Perbankan STIE Kesatuan diolah menggunakan software SmartPLS 3.0M. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Faktor Persepsi Berkarir dan Faktor Motivasi Berkarir di Bidang Perbankan Syariah para Mahasiswa Keuangan dan Perbankan berpengaruh langsung secara positif dan nyata terhadap terbentuknya Minat Berkarir di Bidang Perbankan Syariah. Faktor Motivasi Berkarir merupakan faktor yang paling tinggi berpengaruh. Persamaan yang dapat dibentuk dari model adalah Minat = 0,076 + 0,392 Persepsi + 0,411 Motivasi. Diperlukan pengembangan model lebih lanjut agar dapat memberi gambaran yang lebih utuh dan komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya minat berkarir di bidang perbankan syariah para mahasiswa.
Editorial JASPT Vol 1 No 1 Juli 2017 Redaksi JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.645 KB)

Abstract

EDITORIAL Dunia Pendidikan Tinggi telah berkembang sedemikian dinamis. Dinamika tersebut telah mewarnai kebijakan, proses pembelajaran, tenaga pendidik, tenaga kependidikan serta peserta didik termasuk sarana dan prasarana kegiatan PBM. Hal tersebut membuat tema tentang sistem pendidikan tinggi menjadi kajian yang menarik untuk dibahas. Tulisan Mashadi dan Risky Irawan membahas tentang Model Intensi Mahasiswa untuk berkarir di Bidang Perbankan Syariah. Tulisan tersebut membangun model tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berkarir di bidang Perbankan Syariah. Sementara Gatut Rubino dan Nurida Finahari mengupas tentang Profesi Dosen dengan kesederhanaannya di tengah tugas dan tanggungjawab yang rumit. Tarida Marlin Surya Manurung mengkaji keterkaitan Motivasi dan Perilaku Belajar dengan Prestasi Akademik mahasiswa yang digambarkan dengan capaian Indeks Prestasi Kumulatif. Sedangkan, Dian Cahya mengupas tuntas tentang esensi membangun kurikulum program studi Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan Kompetensi Bisnis Inti. Di tulisan kelima, Faktor-faktor yang membentuk karakter mahasiswa diulas oleh Monica Mayeni manurung dan Rahmadi. Terakhir, Rinda Cahyana dan Irmawati Sagala mengurai Model Sistem Perubahan Dalam Lingkup Sarjana.
Dosen: Profil-profil Sederhana dalam Profesi yang Rumit Gatut Rubiono; Nurida Finahari
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.11 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i1.35

Abstract

Dosen adalah pendidik profesional sesuai dengan Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tugas utama yaitu mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, menuntut para dosen untuk selalu mengembangkan kompetensi. Di sisi lain, profesi dosen identik dengan beban kerja yang tinggi tetapi relatif rendah dari segi penghasilan finansial. Hal ini seringkali menjadi kendala dalam bentuk waktu dan biaya yang berdampak pada pengembangan kompetensi dan karir. Kompetensi dan karir dosen merupakan dua aspek yang saling terkait. Kedua aspek ini akan berpengaruh terhadap kinerja dosen maupun pengembangan lembaga perguruan tingginya. Selain itu, pengembangan kompetensi dan karir dosen juga terkait dengan regulasi dan kebijakan. Untuk itu diperlukan suatu sinergi berbagai pihak untuk dapat lebih memacu pengembangan kompetensi dan karir dosen. Kata kunci: dosen, profesi, kompetensi, karir
FRONT COVER JASPT VOL 1 NO 1 JULI 2017 Redaksi JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 20170
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1393.89 KB)

Abstract

Front Cover JASPT Volume 1 Nomor 1 Juli 2017
Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tarida Marlin Surya Manurung
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.813 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i1.36

Abstract

Prestasi akademik merupakan sebuah istilah untuk menunjukkan suatu pencapaian atau tingkat keberhasilan tentang suatu tujuan sebagai hasil dari usaha belajar yang telah dilakukan oleh seseorang secara optimal. Prestasi akademik menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di bangku kuliah. Pencapaian prestasi akademik mahasiswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal setiap individu.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa, (2) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa dan (3) Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Penelitian dilakukan di STIE Kesatuan Bogor dengan 150 orang mahasiswa sebagai responden dari lima program studi. Data diolah dan dianalisis menggunakan structural equation model dengan SmartPLS 2.0M. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa a. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Akademik, b. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Belajar dan c. Perilaku Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Diperlukan pengembangan model lebih lanjut agar dapat memberi gambaran yang lebih utuh dan komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya Prestasi Akademik para Mahasiswa.
Membangun Infrastruktur Kurikulum Prodi DKV Berbasis Core Busines Competencies Dian Cahyadi
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 1 (2017): JAS-PT Edisi JULI 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menyitir dari pernyataan Presiden republik Indonesia dalam sambutan pada Kongres HIPIIS di Solo pada 9 agustus 2017 yang menyatakan bahwa ingin dunia pendidikan Indonesia menyesuaikan diri dengan inovasi teknologi yang kini sedang bekembang pesat, khususnya keilmuan desain grafis dan komunikasi visual sebagai contoh ekstrim yang sampaikannya. Oleh sebab itu lembaga-lembaga pendidikan tinggi mesti memiliki persiapan dalam wacana perkembangan global yang sangat melaju cepat. Prodi DKV perlu segera bersikap( flexiblities) melalui pernyataan tersebut melalui sejumlah penyesuaian-penyesuaian dalam bentuk revisi-revisi yang bersesuaian dengan kebutuhan dan tuntutan pasar global dengan mengacu pada KKNI dan SKKNI melalui rumusan-rumusan ideal dalam menghasilkan learning outcomes sebagai desainer global yang kompetitif dan berdaya saing tinggi melalui rancangan struktur kurikulum yang dibangun. Kata kunci: revisi kurikulum DKV, KKNI, SKKNI, desainer global.

Page 1 of 1 | Total Record : 10