cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
Muhammad Abdul Ghofur
Phone
-
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
ISSN : 2303324X     EISSN : 2579387X     DOI : -
Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (JEPK) is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of economics education, entrepreneurship, and economics education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 2" : 7 Documents clear
PEMETAAN MINAT BISNIS MAHASISWA DI UNIVERSITAS AMIKOM BERDASARKAN KOMPETENSI Amrullah, Yusuf Amri; Anggrismono, Anggrismono
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v6n2.p137-144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan minat bisnis mahasiswa prodi  S-1 informatika dan S-1 sistem informasi di Universitas Amikom Yogyakarta berdasarkan kompetensi prodi pada bidang Tekhnologi Informasi dan Komputer (TIK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data proportional stratified random sampling. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa minat bisnis yang dimiliki mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta pada prodi S-1 Sistem Informasi dan S-1 Informatika lebih dari 50% belum sesuai dengan bidang kompetensinya yaitu TIK. Implikasi dari penelitian ini yaitu mengetahui kesesuaian minat bisnis mahasiswa Amikom dengan kompetensi yang dimiliki pada prodi S-1 informatika dan S-1 sistem informasi.
HKI PADA BATIK TULIS INDONESIA (STUDI KASUS BATIK TULIS TANJUNG BUMI, MADURA) Sari, Indah Purnama; Wulandari, Siswi; Maya, Siska
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v6n2.p145-158

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hak kekayaan intelektual (HKI) yang dapat diberikan pada batik Tanjung Bumi, HKI yang telah digunakan, kendala-kendala dalam memberikan perlindungan HKI, serta usaha yang telah dilakukan oleh dinas terkait. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah delapan orang dengan teknik snow ball. Analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion atau verification. Simpulan kajian ini adalah bahwa HKI yang dapat dipergunakan pada batik Tanjung Bumi adalah hak cipta, hak merek, hak paten, dan hak indikasi geografis. HKI yang telah digunakan selama ini adalah hak merek. Adapun kendala dalam pemberian perlindungan HKI pada batik Tanjung Bumi adalah: 1) terbatasnya pengetahuan para perajin batik tentang HKI; 2) rendahnya tingkat perekonomian perajin batik, 3) prosedur pengurusan HKI rumit dan mahal, dan 4) mematenkan motif dianggap pekerjaan yang sia-sia. Upaya yang telah dilakukan oleh dinas terkait adalah melakukan edukasi dan pendekatan secara personal kepada UKM-UKM batik untuk mengurus HKI terkait merek, agar mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan usahanya di kemudian hari.
PERAN LINGKUNGAN KAMPUS DALAM MEMODERASI PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT WIRAUSAHA Hapsari, Tanti Prita
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v6n2.p197-214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa berwirausaha dan 2) peran lingkungan kampus dalam memoderasi pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Alasan penelitian ini penting dilakukan karena penelitian tentang pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa berwirausaha di kalangan Universitas Amikom Yogyakarta belum pernah dilakukan sebelumnya. Mata kuliah kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah wajib Universitas yang ditawarkan di Universitas Amikom dengan didukung oleh lingkungan kampus yang berbasis kewirausahaan. Responden yang dipilih dan digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta. Terdapat 115 responden dari 150 kuesioner yang bisa dijadikan sampel. Analisis data dilakukan dengan regresi sederhana dan moderated regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa berwirausaha dan 2) lingkungan kampus tidak memoderasi pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa berwirausaha.
ANALISIS PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN Noviana, Naning Eko
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v6n2.p159-170

Abstract

Guru merupakan ujung tombak bagi keberhasilan pengajaran, pendidikan, pembimbingan, dan pelatihan bagi siswanya. Bahwasanya untuk mencapai keberhasilan dalam pengajaran, guru tentu harus memiliki kompetensi di dalam bidangnya. Kompetensi guru yang paling utama ada pada kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pentingnya pemahaman tentang kompetensi pedagogik dalam meningkatkan pembelajaran guru ekonomi di SMA Negeri 1 Sutojayan. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis menggunakan teknik triangulasi waktu dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mampu memahami kompetensi pedagogik sesuai dengan Undang-Undang.
ANALISIS POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KECAMATAN SINTANG KALIMANTAN BARAT Suriyanti, Yulia; Beding, Valentinus Ola
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v6n2.p187-196

Abstract

Kecamatan Sintang merupakan salah satu wilayah timur Provinsi Kalimantan Barat yang masih mengalami banyak kendala dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pola interaksi dalam proses pembelajaran Ekonomi perspektif guru pengampu mata pelajaran Ekonomi serta siswa Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan sintang yang terdiri dari 12 sekolah.  Penelitian ini termasuk jenis kualitatif dengan bentuk survei serta disajikan dalam bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi serta angket untuk memperoleh informasi terkait pengalaman siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru Ekonomi Se-Kecamatan Sintang yaitu metode ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok dengan pola interaksi satu arah, dua arah, tiga arah dan pola interaksi banyak arah hanya ditemukan pada salah satu subjek penelitian. Sedangkan hasil angket siswa menunjukkan bahwa 80% siswa lebih menyukai apabila guru menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dengan pola interaksi  banyak arah.
DESAIN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA BERBASIS TECHNOPRENEURSHIP Sumarno, Sumarno; Gimin, Gimin; Haryana, Gani; Saryono, Saryono
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v6n2.p171-186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun desain pendidikan kewirausahaan mahasiswa yang dapat menciptakan dan mengembangkan technopreneur. Penelitian dilakukan di Universitas Riau. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi; kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berbasis technopreneurship memerlukan integrasi dan sinergi antara kewirausahaan dan akademik prodi/jurusan kedalam isi (materi), kegiatan, dan metode untuk membangun kompetensi kewirausahaan mahasiswa. Isi pendidikan kewirausahaan berupa materi yang disajikan, dibahas, dan dikembangkan dalam kegiatan, sedangkan kegiatan dan metodenya meliputi perkuliahan, pelatihan, pembinaan, dan lomba kewirausahaan, serta inkubasi bisnis. Perkuliahan kewirausahaan untuk menciptakan kompetensi kewirausahaan dasar (memiliki pola pikir dan kemampuan menciptakan pekerjaan), pelatihan dilaksanakan untuk menumbuhkan kompetensi kewirausahaan menengah (menyusun proposal usaha yang layak), sedangkan pembinaan dan inkubasi bisnis untuk mengembangkan kompetensi kewirausahaan lanjut (menjalankan/mengembangkan usaha). Status mata kuliah kewirausahaan perlu ditingkatkan menjadi mata kuliah wajib. Pendidikan kewirausahaan diprogramkan dan dilaksanakan oleh unit kewirausahaan berdasar Keputusan Rektor.
PENGARUH METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI EFIKASI DIRI SISWA Sihaloho, Lasmita; Rahayu, Agus; Wibowo, Lili Adi
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v6n2.p121-136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh metakognitif terhadap hasil belajar ekonomi melalui efikasi diri. Pengukuran metakognitif menggunakan the metacognitive assessment inventory (MAI) yang mengukur pengaturan kognisi dan pengetahuan kognisi. Pengukuran hasil belajar menggunakan nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Ekonomi. Pengukuran efikasi diri mencakup magnitude atau level, strength, dan generality. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA di Bandung. Sampel sebanyak 362 siswa diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode penelitian adalah survey menggunakan pendekatan deskriptif. Data dianalisis dengan analisis jalur (path anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar siswa kelas XI IPS SMA di Bandung memiliki: tingkat metakognitif tinggi, tingkat efikasi diri tinggi, dan hasil pembelajaran ekonomi dalam kategori sedang; (2) Metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri; (3) Metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui efikasi diri).

Page 1 of 1 | Total Record : 7