cover
Contact Name
Mohammad Shihab
Contact Email
Mohammad Shihab
Phone
-
Journal Mail Official
shihab@president.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by President University
ISSN : 26210304     EISSN : 26208105     DOI : -
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi is a biannual peer-reviewed journal published by Communication Studies, School of Humanities, President University; that has a broad scope related (but not limited) to interpersonal to mass communication issues, public relations, social media and cultural studies.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
Model Komunikasi Pemasaran Terpadu Sport Tourism di Kabupaten Malang Gabriella Sagita Putri; Adhi Murti Citra Amalia
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.774 KB) | DOI: 10.33021/exp.v3i1.968

Abstract

Sport tourism sebagai konsep tentang kegiatan wisata yang dipadukan aktivitas olahraga merupakan salah satu strategi destinasi branding yang digunakan untuk mempromosikan objek wisata pantai di Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi model komunikasi pemasaran terpadu yang tepat sebagai strategi pengembangan wisata pantai dengan mengeksplorasi potensi dan karakter pantai di Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mengeksplorasi karakter wisata pantai di Malang yang berpotensi menjadi salah satu  sport tourism yang diminati oleh wisatawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa pantai di Malang yang berpotensi sebagai obyek sport tourism seperti pantai Ngudel dan pantai Lenggoksono belum secara maksimal mengimplementasikan strategi sport tourism branding, sehingga diharapkan model komunikasi pemasaran wisata pantai yang terpadu dan saling terintegrasi antar saluran komunikasi dapat mendukung strategi promosi wisata pantai dengan konsep sport tourism.
Komunikasi partisipatif dalam pengembangan kewirausahaan sosial di pandeglang, banten Irpan Ripa'i Sutowo
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.575 KB) | DOI: 10.33021/exp.v3i1.885

Abstract

Salah satu pemangku kepentingan pembangunan yang peduli dalam menangani masalah sosial di Kabupaten Pandeglang adalah organisasi sosial kemanusiaan Harapan Dhuafa (Harfa) cabang Pandeglang. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan Kewirausahaan Sosial melalui komunikasi partisipatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan sensus, yaitu 56 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian melalui wawancara mendalam menemukan bahwa komunikasi partisipatif dalam pengembangan pertanian padi organik dengan menggunakan metode SRI telah memiliki dampak positif pada pengembangan kewirausahaan sosial di Desa Parigi. Melalui komunikasi partisipatif intensif pada saat sekolah lapangan SRI organik dan pertemuan rutin oleh fasilitator lapangan Harfa, sehingga mitra petani menjadi aktif berdialog, berpendapat yang mencerminkan hasil sekolah lapangan di bidangnya masing-masing. Tingkat kewirausahaan sosial wirausaha juga diperoleh dari sekolah lapangan SRI Organik, di mana mitra petani benar-benar memahami pentingnya menjalankan pertanian padi organik menggunakan metode SRI, selain memberikan manfaat ekonomi seperti mengurangi biaya input, sehingga meningkatkan pendapatan seiring dengan meningkatnya produktivitas padi, mitra petani juga puas dan bangga menjalankan pertanian padi organik SRI, karena mereka telah berkontribusi untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan dengan memproduksi dan mengonsumsi beras organik.
ANALISIS MANAJEMEN EVENT (Studi Kasus Program CSR Wirausaha Muda Mandiri 2019) Uljanatunnisa Uljanatunnisa; Lusia Handayani; Vidya Alisyah
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/exp.v3i1.1068

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analyze Bank Mandiri's event management in the 2019 Mandiri Young Entrepreneur CSR program. Joe Goldblatt's planning model becomes the approach used by researchers to analyze which consists of research, design, planning, coordinating, evaluation. Data collection techniques carried out in the form of literature study, interviews, and observations. Literature study comes from previous research that has been done. The observations were made during the event planning and event implementation in October. Interviews were conducted with Bank Mandiri's Head of Corporate Event, chief executive of CSR and NET TV's Project Leader. The findings generally obtained are the processes and stages of Bank Mandiri in implementing event management at 2019 Mandiri Young Entrepreneurs. The diversity of business types and the large number of participants, shows that this event can increase entrepreneurial interest.Keywords: Entrepreneurship. Event Management, Mandiri Young Entrepreneurs ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen event Bank Mandiri pada program CSR Wirausaha Muda Mandiri 2019. Model perencanaan Joe Goldbatt menjadi pendekatan yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisis yang terdiri dari research, design, planning, coordinating, evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa studi pustaka, wawancara, dan observasi. Studi pustaka berasal dari penelitian terdahulu yang telah dilakukan. Observsi dilakukan pada saat perencanaan event dan pelaksanaan event di bulan Oktober. Wawancara dilakukan dengan Head of Corporate Event Bank Mandiri, ketua pelaksana dari CSR dan Project Leader NET TV. Hasil temuan yang didapat secara umum adalah proses dan tahapan Bank Mandiri dalam melaksanakan manajemen event pada Wirausaha Muda Mandiri 2019. Keberagaman jenis usaha dan banyaknya jumlah peserta, menunjukkan bahwa event ini dapat meningkatkan minat kewirusahaan.Kata Kunci: Manajemen Event, kewirausahaan, Wirausaha Muda Mandiri 
PENGARUH ATTITUDE TOWARD BEHAVIOR, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP INTENSI MENJADI SEORANG ENTREPRENEUR PADA MAHASISWA PESERTA MATAKULIAH ENTREPRENEURSHIP 1 DAN 2 BATCH 2017 Haris Herdiansyah, S.Psi., M.Si.
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/exp.v3i1.1050

Abstract

The aim of this study was to see the influence of attitude toward behavior (ATB), subjective norm (SN), and perceived behavioral control (PBC) on the intention to become an entrepreneur for student participants in entrepreneurship courses 1 and 2 batch 2017. Theoretically, the more the stronger the three determinants of intention then intention will be easier to manifest into behavior. The stronger entrepreneurship courses 1 and 2 are given, the tendency of intention to become an entrepreneur will be stronger. The alternative hypothesis proposed is that there is an influence of ATB, SN, and PBC on the intention to become an entrepreneur in the students participating in entrepreneurship courses. 276 students of entrepreneurship 1 and 2 are involved and obtained through purposive sampling techniques, data collection instruments in the form of questionnaires consisting of 30 items, data analysis techniques used using multiple regression analysis techniques with 3 predictors . The results found that the determinant of ATB and SN significantly influence the intention to become an entrepreneur, while the PBC determinant does not significantly influence the intention to become an entrepreneur in student participants in entrepreneurship courses 1 and 2 batch 2017 Kata Kunci: Attitude toward behavior, subjective norm, perceived behavioral control, intensi, entrepreneur, mahasiswa, matakuliah entrepreneurship
POLITIK & BENCANA BANJIR JAKARTA 2020 : ANALISIS PETA PERCAKAPAN #JakartaBanjir Eka Yuda Gunawibawa; Hestin Oktiani
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/exp.v3i1.989

Abstract

Artikel ini memetakan dan menganalisis percakapan media sosial Twitter saat kejadian banjir Jakarta pada Januari 2020. Kondisi banjir Jakarta pada saat itu digambarkan sebagai bajir terbesar yang pernah terjadi di Jakarta sejaka beberapat tahun lalu dan selalui dikaitkan dengan kondisi politik dengan pemilihan gubernur Jakarta pada tahun 2017. Untuk menggambarkan kondisi tersebut menggunakan metode analisis jaringan komunikasi dan analisis teks dari 1000 percakapan yang menggunakan #JakartaBanjir. Hasilnya percakapan yang terhubung dengan #JakartaBanjir menghasilkan twitt yang bermakna negatif sebanyak 58 kali dan positif 47 kali. Sedangkan analisis jaringan komunikasi menunjukkan pemimpin opini pada pembahasan menunjukkan tidak hanya berasal dari tokoh-tokoh politik saja tetapi juga berasal dari media massa.
Optimasi Pola Pengasuhan Digital dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mutia Rahmi Pratiwi; Heni Indrayani; Swita Amalia
Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/exp.v3i1.1012

Abstract

The implementation of parenting uses digital content to become the major source to gather information, in particular, parents these days. Digital parenting appears not only to provide the information that parents need but also to acknowledge about parenting through digital media. Moreover, the information is enlightenment and experienced by other parents so that it helps to use digital media. This paper examines the effect of digital parenting optimization and the fulfilment information need by the parents. This explanatory quantitative study was conducted with 100 parents that joined the parenting community and practiced the parenting pattern with a digital media platform to access the information. Furthermore, this study applied the purposive sampling technique. Data analyzing technique is to test the hypothesis with the simple linear regression model. The result of this study shows that the relation between digital parenting and fulfilment information need by the parents is significantly correlated. Also, the value of the correlation coefficient in the medium range is R =04,16 influence to the low range (0.173). Eventually, to fulfil the information for the parent need is not only gain by digital access. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6