cover
Contact Name
Mochamad Yusuf Putranto
Contact Email
jurnalrisetbisnis@univpancasila.ac.id
Phone
+6281296108608
Journal Mail Official
jurnalrisetbisnis@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan 12640 Tlp. (021) 7873709, 7873710, 7272606 Fax. 7270133
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JRB-Jurnal Riset Bisnis
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 25810863     EISSN : 2598005X     DOI : https://doi.org/10.35592/jrb.v3i1
Core Subject : Economy,
JRB-Jurnal Riset Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasila sejak tahun 2017, merupakan Jurnal Manajemen dan Akuntansi yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu manajemen dan akuntansi terkini (konseptual) yang mencakup Keuangan, Pemasaran, SDM, Operasional, Biaya, Manajemen, Sektor publik, Investasi, Internasional, Auditing dan Perpajakan. Setiap naskah yang dikirimkan ke Jurnal Riset Bisnis akan ditelaah oleh Mitra Bestari dan Dewan Editor yang relevan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): April" : 9 Documents clear
Analisis Faktor-Faktor Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Industri Kecantikan di Indonesia Fitria Susiani; Sampurno; Iha Haryani Hatta
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v4i2.1514

Abstract

Kontribusi loyalitas pelanggan akan mempercepat pertumbuhan pesat bagi suatu industri kecantikan. Karena itu diperlukan penelitian tentang faktor-faktor kepuasan, dan loyalitas pelanggan industri kecantikan di Indonesia dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek secara parsial terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi penelitian adalah pelanggan Klinik Hedtutu Skin Solution. Sampel sebanyak 143 secara purposive sampling. Analisis data secara SEM dengan program Lisrel. Hasil penelitian menerangkan bahwa adanya pengaruh antara variabel kualitas pelayanan, dan citra merek secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, tetapi harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Harga, dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruhi terhadap loyalitas pelanggan, tetapi kualitas pelayanan, dan citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas.
Analisis Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Dilihat Dari Experiental Marketing dan Servicescape Yuli Ardianto; Supriadi Thalib; Dian Riskarini
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v4i2.1724

Abstract

Abstrak Kepuasan konsumen perlu diberikan deferensiasi terhadap apa yang disuguhkan kepada konsumen yaitu menciptakan suasana yang berbeda sebagai bukti diferensiasi. Physical evidence atau bukti fisik dari karakteristik jasa merupakan salah satu unsur penting dalam pemasaran jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah experiential marketing berpengaruh terhadap customer satisfaction, apakah sevicescape berpengaruh terhadap customer satisfaction, apa experiential marketing berpengaruh terhadap repurchase intention, apakah servicescape berpengaruh terhadap repurchase intention, dan mengetahui apakah customer satisfaction berpengaruh terhadap repurchase intention. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan fath analysis. Hasil uji membuktikan bahwa variabel experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction pada resto dan kafe. Hasil membuktikan bahwa variabel servicescape berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction pada resto dan kafe. Hasil uji membuktikan bahwa variabel experiential marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention pada resto dan kafe. Hasil uji membuktikan bahwa variabel servicescape berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention pada resto dan kafe. Hasil uji membuktikan bahwa variabel customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention pada resto dan kafe.
Analisa Biaya dan Lamanya Waktu Pengobatan Pada Pasien Demam Tifoid Berdasarkan Clinical Pathway di Rs. Ridwan Meuraksa Agus Subarno; Prih sarnianto; Nurita Andayani
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v4i2.1741

Abstract

Clinical pathway atau jalur klinis adalah sebuah pedoman yang digunakan untuk melakukan tindakan klinis berbasis bukti klinis medis pada fasilitas layanan kesehatan. Ini merupakan instrumen utama kendali mutu dan kendali biaya. Pemilihan ini ditujukan pada penyakit yang merupakan penyebab utama kematian, berisiko tinggi, dan biaya tinggi seperti demam tifoid. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui adanya perbedaan 4 regimen antibiotik terhadap lama rawat dan total biaya selama menjalani rawat inap di RS Ridwan Meuraksa. Sampel penelitian dilakukan pada seluruh pasien pasien tifoid yang dirawat di RS. Ridwan Meuraksa dengan kode Ina-CBGs A.01 yang memiliki data rekam medis lengkap. Sampel yang memenuhi kriteria dilakukan tahap selanjutnya dengan pengambilan data dari rekam medik, instalasi farmasi dan bagian keuangan. Dari hasil data yang diambil sampel di bagi menjadi 4 regimen antibiotik, yaitu regimen antibiotik A,B,C, dan D. Hasil penelitian menunjukkan pada sosiodemografi secara statistik tidak adanya perbedaan yang berarti terhadap 4 regimen antibiotik (Uji Kruskal-Wallis, p>0,05). Statistik rerata lama rawat dan biaya terhadap empat regimen antibiotik menunjukkan adanya perbedaan (Uji Kruskal-Wallis, p<0,05). Dari hasil disimpulkan bahwa total biaya antibiotik D adalah yang paling murah dalam tata laksana demam tifoid di RS Ridwan Meuraksa.
Karakteristik, Profesionalisme, Skeptisisme Profesional terhadap Persepsi Auditor atas Red Flags Dhiyaa Zulaika; Novita
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v4i2.1887

Abstract

Purpose of this study was to determine effect of characteristics, professionalism, and professional skepticism on auditor’s perceptions of red flags. The data in this study were obtained through distributing questionnaires, which were filled out by 100 auditors who consistently participated in Continuing Professional Training organized by Indonesian Institute of Public Accountants. This study uses quantitative approach, data analysis using SmartPLS software to measure outer and inner models. The results of this study indicate characteristics had no effect on auditor’s perceptions of red flags, professionalism had effect on auditor’s perceptions of red flags, and professional skepticism had effect on auditor’s perceptions of red flags.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Trasformasional Dan Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cafe Dan Restoran Di Kota Padang Riffandy Pratama; Harif Amali Rivai
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v4i2.1953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Trasformasional dan Budaya Organisasi, Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan Cafe dan Restoran di Kota Padang”. objek penelitian adalah dan sampel penelitiannya yang diambil adalah Karyawan Pada Karyawan Cafe dan Restoran di Kota Padang” Penelitian ini bersifat explanatory dengan metode kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, Teknik pengumpulan data adalah melakukan pengambilan data secara langsung dengan metode lapangan (field research) dimana kuesioner dibagikan secara langsung Karyawan Pada Cafe dan Restoran di Kota Padang,dengan jumlah sampel 185 responden. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Trasformasional dan Budaya Organisasi, Motivasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan
Pengaruh Website Quality dan Website Brand terhadap Minat Beli Online dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Konsumen Shopee Kota Padang) Annisa Fitrah Ramialis; Eri Besra
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v4i2.1964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh website quality dan website brand terhadap minat beli online dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi dari survei yang dilakukan pada konsumen Shopee di kota Padang. Variabel dalam penelitian ini website quality, website brand, kepercayaan konsumen, dan minat beli online. Respondennya adalah masyarakat kota Padang yang pernah mengunjungi (melihat-lihat) atau bertransaksi online menggunakan aplikasi Shopee minimal satu kali transaksi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, dengan jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 135 responden. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa website quality, website brand, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online, website quality dan website brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan kepercayaan berperan sebagai mediasi parsial antara website quality dan website brand terhadap minat beli online pada konsumen Shopee.
Perhitungan Kerugian Keuangan Negara Dalam Tindak Pidana Kasus Korupsi Intan Timur
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to disclose the understanding regarding the calculation on the state financial losses arising on the corruption crime. The type of this research was qualitative using discourse analysis through Norman Fairclough model. In the legal understanding, the calculation of total loss must be in accordance with the fact how much the cost has been recovered or has been paid by the defendant is not counted as state losses. While in the auditor's calculation method, the total loss is the total of all funds issued by the state, thus the money is recognized as state losses.
Pengaruh Strategi Bisnis dan Corporate Social Responsibility terhadap Tax Avoidance dengan Kinerja Laba Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2019) eva herianti; Elinda Ritnawati
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research aims to analyze the effect of Business Strategy and Corporate Social Responsibility against Tax Avoidance with Earnings Performance Variabel as a moderating variabel. The research is a quantitative study using secondary data in the form of Annual Report of Service Company sektor property, Real Estate, and Building Construction listed on the Indonesia Stock Exchangne (IDX) in 2015-2019. In this research the process of sampling uses purposive sampling with criteria determined by the research. Then produced 27 Service Company sektor property, Real Estate, and Building Construction. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using E-views version 10 as a data analysis tool. The result of this research indicate that Business Strategy have no significant effect on Tax Avoidance with probability value of 0.754 and Earning Performance moderating Business Strategy have no significant effect on Tax Avoidance with probability value of 0.487. Meanwhile Corporate Social Responsbility have a significant effect on Tax Avoidance with probability value of 0.000 and Earning Perfomance strengthen the Corprate Social responsibility on Tax Avoidance wuth probability value of 0.005.
Pengaruh Peringkat Obligasi, ROA, DER, FIRM SIZE Terhadap Yield Obligasi Meliyanti; Ferikawita Sembiring
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 4 No 2 (2021): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v4i2.2088

Abstract

This study aims to determine the effect of bond ratings, return on assets (ROA), debt to equity ratio (DER), and firm size on yield to maturity (YTM) on several corporate bonds on the Indonesia Stock Exchange during the 2013-2018.The research method used is a quantitative research approach. The research method used was purposive sampling which resulted in 71 bonds from 29 firms as the samples. The results showed that bond ratings and DER had a negative effect on bond yields, while ROA and company size had no effect. This finding supports the findings of several previous studies which simultaneously strengthen the position of bond ratings and DER as determinants of yield. The results of the classical assumption test show that the model formed is free from classical problems so that it can be a good predictor of bond yields.

Page 1 of 1 | Total Record : 9