cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26148846     EISSN : 26144018     DOI : -
Core Subject : Education,
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, sarjana, professional, dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan pandangan dari para penulisnya dan tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulisnya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun antara bulan Januari-Juni dan Juli-Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 17 Documents clear
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (DOSEN) PENDIDIKAN BAHASA ARAB SEKOLAH TINGGI BAHASA ARAB AR-RAAYAH SUKABUMI Yeni Prihatin Miftahul Jannah; Nuril Mufidah; Abdul Malik Karim Amrullah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.3369

Abstract

Manajemen pengembangan sumber daya manusia (Dosen) bahasa Arab merupakan suatu bidang ilmu yang penting untuk dikaji mengingat peranan Dosen yang sangat penting dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi seperti yang tercantum pada pasal 1 nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, Penelitian ini bertujuan untuk; a) mendeskripsikan sumber daya manusia dan pegembangannya, b) medeskripkikan manajemen Sumber Daya Manusia (Dosen) STIBA Ar-Raayah yang berupa analisis jabatan, seleksi dosen dan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. dengan tahapan; a) Pengumpulan data, b) Editing Data, c) Sajian data, kemudian d). Menyimpulkan Data. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian tenaga kerja untuk mencapai tujuan, 2) Proses analisis jabatan digunakan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan rekrutmen pegawai meliputi tugas jabatan, tanggung jawab, keterampilan yang dibutuhkan, hasil, dan lingkungan kerja, adapun seleksi Dosen meliputi: a) Berkas lamaran calon tenaga pendidik, b) Hasil tes tulis, c) Hasil tes IBT, d) Hasil psikotest, e) Hasil wawancara, f) Hasil tes kesehatan,dan pelatihan meliputi; a) pelatihan internal dan pelatihan Internasional.
URGENSI DIGITALISASI PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu) Mohammad Akmal Haris
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.3616

Abstract

The digitisation of boarding school education in The Society 5.0 Era is an opportunity and a challenge for all Indonesian boarding houses, besides its branding for anthrax pesturians, it is also the goal to inform people that education is important. One was the education in the boarding house as one of the leading generational printers mainly in religion, self-reliance, manners, and social social life. The study was intended to describe the importance of the digitalization of education in the coastal cottage of Al-Amin Indramayu in The Society 5.0 Era. The study is done through a qualitative approach using analytic descriptive methods and included in field research. In The Society 5.0 Era, pesk-based boarding school became an urgent way to be carried out primarily in the coastal hut of Al-Amin Indramayu, still in the digital literacy process. As for some of the efforts that the boarding house of Al-Amin Indramayu has done digitally on santri through graphic design courses that the santri has the competence IT needs the work and society, providing a computer laboratory with internet access to source and general knowledge references that is difficult to access directly, and the use of websites and social media as branding tools, the propagating of message information, and the need for boarding administration. Meanwhile, the challenges facing the boarding house of Al-Amin Indramayu are more likely to be a team of special operators who are technically good at both the planning, organizing, implementation, and evaluation regarding the boarding school’s website and social media. Also does not optimize the treatment of systems and digital devices used to digitalize. Keywords: Digitisation, Boarding School, and Society 5.0 Era  ABSTRAKDigitalisasi pendidikan pesantren di Era Society 5.0 menjadi salah satu peluang sekaligus tantangan bagi seluruh pondok pesantren di Indonesia, selain branding bagi pesantrennya, digitalisasi pendidikan pesantren juga bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa pendidikan itu penting. Salah satunya adalah pendidikan di Pondok Pesantren sebagai salah satu pencetak generasi yang unggul terutama di bidang agama, kemandirian, sopan santun, dan kehidupan sosial bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pentingnya digitalisasi pendidikan di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu pada Era Society 5.0. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualilatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik dan termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Di Era Society 5.0 pendidikan pesantren berbasis digital menjadi urgen untuk dilakukan terutama di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu yang masih dalam proses melek digital. Adapun beberapa upaya yang sudah dilakukan Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu dalam melakukan digitalisasi antara lain dengan melakukan pelatihan literasi digital pada santri melalui kursus desain grafis agar santri memiliki kompetensi IT yang dibutuhkan dunia kerja dan masyarakat, menyediakan laboratorium komputer dengan akses internet untuk pencarian sumber dan referensi pengetahuan keagamaan dan umum yang sulit untuk diakses secara langsung, dan pemanfaatan website dan media sosial sebagai sarana branding, sosialisasi penyebarluasan informasi pesantren, dan juga keperluan administasi pesantren. Sementara itu tantangan yang dihadapi pondok pesantren Al-Amin Indramayu lebih pada belum tersedianya tim operator khusus yang membidangi secara teknis baik dari sisi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi terkait dengan website dan media sosial pesantren. Di samping juga belum optimalnya perawatan sistem dan perangkat digital yang digunakan untuk melakukan digitalisasi.Kata Kunci: Digitalisasi, Pesantren, dan Era Society 5.0
ANALISIS KONSEP TAZKIYATUN NAFS AHMAD ANAS KARZON UNTUK PESERTA DIDIK Hisan Mursalin; Endin Mujahidin; Tatang Hidayat
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.3967

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konsep Tazkiyatun Nafs Ahmad Anas Karzon untuk peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, Islam memandang pendidikan bukan hanya sebuah proses transfer dan transformasi ilmu secara alami, akan tetapi juga merupakan sebuah amanah yang bertujuan untuk menjadikan anak didiknya menjadi seseorang yang berkepribadian robbani, mempunyai akhlak yang baik dan  menjadikan hidupnya semakin berkualitas sebab bertambahnya ruh-ruh keimanan pada jiwa sang anak, bermanfaat baginya baik di dunia maupun di akhirat. Mensucikan jiwa atau Tazkiyatun nafs sangatlah penting dalam kehidupan seorang manusia. Jiwa menentukan suatu perbuatan itu baik atau buruk karena jiwa yang bersih akan menghasilkan perilaku yang bersih dan jiwa yang buruk akan menghasilkan perilaku dan akhlak yang buruk.
PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK TARUNA KARYA 2 KARAWANG Rahma Dilla Zainuri; Siti Masruroh
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.4023

Abstract

Tujuan Pennelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membangun etika, nilai dan karakter peserta didik sehingga bisa mencetak dan membentuk generasi yang memiliki kepribadian yang baik. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian siswa-siswi SMK Taruna Karya 2 Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan cara melalui observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini peneliti berharap agar dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi semua pihak yang terkait, terutama bagi siswa, memberikan motivasi bahwa belajar dengan membangun karakter siswa itu menyenangkan serta siswa dapat memperaktekannya dalam kehidupan sehari-hari, Bagi sekolah, sebagai masukan yang konstruktif dalam mengelola program pendidikan karakter di sekolah dan menjadi bahan sekaligus referensi bagi kepala sekolah, guru, komite sekolah dan seluruh warga sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah.
Metode Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Tingkat Sekolah Menengah Taufik Nur Rahman; Wido Supraha; Ahmad Ahmad
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.2841

Abstract

Pendidikan Islam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual seperti keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt dalam setiap proses pendidikannya serta menanamkan nilai-nilai spiritual tersebut ke dalam hati peserta didiknya agar mereka yakin bahwa nilai spiritual itulah yang akan menjadi dasar utama dalam menjalankan kehidupannya. Dengan demikian para peserta didik akan lebih mudah dalam beristiqomah untuk tetap berada di jalan yang benar dan dapat menjauhkan diri dari pebuatan maksiat kepada Allah Swt, mengetahui tujuan penciptaannya yaitu agar selalu beribadah dan menghambakan diri kepada Allah Swt serta berakhlak mulia, dan dapat bertindak sesuai dengan fitrah manusia yang telah Allah Swt tetapkan. Kecerdasan spiritual sangatlah berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional bahkan kecerdasaan intelektual dan emosional tidak akan dapat seimbang tanpa diiringi dengan kecerdasan spiritual. Mengetahui besarnya manfaat kecerdasan spiritual bagi peserta didik dalam sebuah proses pendidikan maka perlu adanya sebuah metode dalam meningkatkan kecerdasan spiritualnya guna mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Sumber data primer pada penelitian ini adalah literature dan karya ilmiah yang terfokus langsung pada peningkatan kecerdasan spiritual. Berdasarkan data penelitian bahwa kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang dapat mengoptimalkan fungsi kecerdasan intelektual dan emosional dengan tanpa menafikan esensial kecerdasan intelektual dan emosional dalam pendidikan.
EFEKTIVITAS MANAJEMEN DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Hadi Ahmad Bukhori; Ibnu Imam Al Ayyubi; Rifqi Rohmatulloh; Saepulloh Saepulloh
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.3445

Abstract

Manajemen kelas lebih dikenal dengan pengelolaan kelas yang dapat mengorganisasikan segala sumber daya kelas agar terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendidik dituntut agar kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Metode Mind Mapping dapat dijadikan sebagai upaya efektif untuk mengatasi persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar yang dianalisis melalui analisis deskriptif dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini dibuktikan dengan meningkatnya rata- rata hasil belajar siswa dari 57,5 menjadi 74,2 dan ketuntasan klasikal yang telah dicapai oleh siswa juga meningkat dari 41,3% menjadi 79,3% dengan total 23 siswa yang nilainnya mencapai KKM, sedangkan pada penilaian siklus I hanya 12 siswa yang nilainya mencapai KKM. Dari hasil rekapitulasi mencapai KKM dan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar berkategori baik.
KOMPETENSI GURU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus SDIT Al Kawaakib, Kebon Jeruk) Muhammad Cholid Abdurrohman; Santi Lisnawati; Hasbi Indra
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.2531

Abstract

Pendidikan adalah penentu dalam perkembangan sebuah bangsa, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun politik. Dalam proses pendidikan guru adalah komponen yang sangat penting, ia berpengaruh besar terhadap pencapaian tujuan pendidikan. Guru adalah tenaga profesional yang memiliki tugas memberikan bimbingan, arahan, dan binaan kepada peserta didik. Sebagai tenaga profesional maka dibutuhkan kumpulan kecakapan dan keterampilan yang mendukung profesinya, hal tersebut disebut dengan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kompetensi guru pada lembaga pendidikan Islam yang memiliki kekhasan dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya, khususnya tingkat sekolah dasar yang menekankan pada penanaman sikap dan karakter pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di SDIT Al Kawaakib, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penilitian ini adalah hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru. Sumber data sekunder adalah dokumen sekolah dan artikel artikel jurnal yang berkaitan dengan tema penelitian. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kompetensi guru di SDIT Al Kawaakib terbagi menjadi empat kategori, yaitu kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Hal tersebut sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah dalam UU Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005 dan Permendiknas nomor 16 tahun 2007, hanya saja terdapat perbedaan pada detail subkompetensi dimana kompetensi guru di Al Kawaakib lebih menitikberatkan pada nilai nilai Islam di kompetensi inti guru, nilai nilai Islam menjadi landasan pada seluruh proses pendidikan, termasuk pada kompetensi guru.
INOVASI PENANGANAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK MELALUI PEMBINAAN AGAMA DAN MORAL DI KECAMATAN KLARI KABUPATEN KARAWANG Siti Masruroh; Qorrie Annisaa; Rahma Dilla Zainuri
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.4024

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk; (a) untuk menambah wawasan masyarakat terutama perempuan dan anak agar memiliki pondasi agama dan nilai nilai moral yang tinggi untuk menghindari dan mencegah kekerasan baik secara fisik maupun non fisik. (b) mampu bersikap waspada dari ancaman dan kekerasan serta kejahatan dengan baik sebagai implikasi penanaman nilai agama dan moral dilingkungan keluraga dan masyarakat. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode pengambilan sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Metode analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil penelitian ini diharapkan kaum perempuan dan anak memiliki kemampuan menjaga diri dari sikap kekerasan
الأساليب السلوكية في تعليم اللغة العربية في السنة السابعة بالمرحلة المتوسطة بمعهد اليسرى لتحفيظ القرآن ببوجور Saipuddin Saipuddin; Abdul Hayyie al Kattani; Ulil Amri Syafri
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.2895

Abstract

Pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Arab menurut pandangan behavioristik adalah seperti pembelajaran seorang anak kecil terhadap bahasa ibu (bahasa pertama) yaitu tidak dengan menggunakan terjemahan, akan tetapi langsung menggunakan bahasa yang ingin dikuasai, fokus awal dari pembelajaran bahasa Arab menurut pandangan behavioristik adalah penguasaan keterampilan mendengar kemudian berbicara, setelah menguasai dua keterampilan tersebut, keterampilan selanjutnya yang harus diajarkan adalah keterampilan membaca dan menulis. Penguasaan keterampilan-keterampilan dalam berbahasa menurut pandangan ini sama seperti penguasaan terhadap keterampilan-keterampilan perilaku lainnya seperti bermain bola, mengendarai mobil, dan lain sebagainya yaitu membutuhkan pembelajaran, latihan, dan simulasi, serta sangat bergantung terhadap proses stimulus dan respon, serta penguatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat cara-cara behavioristik dalam pengajaran bahasa Arab tingkat SMP di Ma’had Al Yusro Bogor diantaranya adalah menggunakan metode langsung, menggunakan metode audio lingual, menyiapkan dan mengkondisikan kelas, menyiapkan murid, menyediakan media pembelajaran yang dapat mebentuk prilaku berbahasa pada murid, memberikan pembelajaran dengan cara bertahap dan sistematis, mengoreksi dan membenarkan kesalahan murid secara langsung, berlebihan dalam melatih murid dalam perilaku berbahasa murid yang baik dan benar, pengajaran suara, kosa kata, dan kaidah bahasa melalui percakapan, membiasakan siswa dalam mendengarkan suara-suara berbahasa Arab dan membiasakannya untuk berbicara menggunakan bahasa Arab, menyediakan latihan berkelanjutan, dan memberikan penguatan positif ataupun negatif.
MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN MINHAJ SHAHABAH TAMANSARI BOGOR Mufid Mufid; Maemunah Sadiyah; Abdul Hayyie Al Kattani
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v6i01.2732

Abstract

As one of the main factors in education and even as an indicator of its success, educational leadership must be managed properly and optimally. Namely through management processes related to the flow or activities of planning, organizing, implementing or acting, and evaluating. This research is a type of field qualitative research located at Mah’had Minhaj Shahabah Tamansari Bogor in 2022 year, focusing on leadership management that is carried out and becomes the main typology in leadership. Based on this research, it can be concluded that the leadership management typology of Mudir Mah’had Minhaj Shahabah Tamansari Bogor is democratic and situational leadership which is framed by prophetic leadership which is the hallmark of leadership in Islamic boarding schools (ma'had). The leadership management has been running effectively and efficiently, but it must continue to be developed continuously, especially in carrying out the vision, mission, and goals of Ma'had that have been set.

Page 1 of 2 | Total Record : 17