cover
Contact Name
Mihram
Contact Email
admin@ddipolman.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
q2.alyuzra@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
ISSN : 25492411     EISSN : 25485520     DOI : -
Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from scholars and experts of related disciplines
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): Vol 3 No 2 (2019): JPPI Volume 3 Nomor 2 Desember 2019" : 3 Documents clear
GAYA DAN SIKAP KERJA TERHADAP PENINGKATAN BUDAYA INOVASI LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI okky naomi sahupala
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 3 No 2 (2019): Vol 3 No 2 (2019): JPPI Volume 3 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v4i1.68

Abstract

Masa usia dini anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal. Kenyataannya, pendidikan anak usia dini memiliki berbagai masalah yaitu pengelolaan PAUD yang belum profesional seperti maraknya kasus kekerasan yang terjadi pada anak didik di sekolah PAUD. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan orangtua tentang pentingnya PAUD untuk anak-anak, serta komitmen dan kebijakan operasional pemerintah yang tidak sinergis dan merata terhadap penyelenggara pendidikan PAUD. Sistem pembelajaran yang diterapkan para staf pengajar juga menjadi masalah karena kurangnya inovasi untuk mengembangkan proses belajar mengajar pada anak-anak sesuai dengan kebutuhan di masa usia dini. Penelitian dilakukan di lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di kota Makassar, dengan subjek penelitian yaitu para pengelola (guru dan kepala sekolah) yang berjumlah sebanyak 177 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini antara lain skala pribadi inovatif, skala budaya inovatif dan DISC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya dan sikap kerja yang diukur menggunakan skala pribadi inovatif dan DISC memiliki pengaruh positif kepada budaya inovasi yang diterapkan di sekolah.
Pengaruh Kedisiplinan dan Kreatifitas Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Makassar Zuhdiah Hamal
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 3 No 2 (2019): Vol 3 No 2 (2019): JPPI Volume 3 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v4i1.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (2) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (3) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di MTs Negeri 1 Kota Makassar, Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 1429 peserta didik pada 36 rombel, yang disampel dengan tekhnik cluster random sampling sehingga diperoleh 93 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan yaitu ; (1) kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh kuat terhadap motivasi belajar peserta didik, (3) kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan 24% kontribusi variabel kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Impilikasi dalam penelitian ini adalah, (1) Kedisiplinan guru masih tetap perlu ditingkatkan meskipun memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap motivasi belajar, karena dengan meningkatkan kedisiplinan guru akan meningkatkan disiplin belajar peserta didik, (2) Keterampilan guru Pendidikan Agama Islam perlu terus ditingkatkan karena memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi belajar peserta didik, terutama keterampilan dalam menjelaskan materi pembelajaran, (3) Kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam perlu terus ditingkatkan karena memiliki pengaruh yang kuat secara bersama terhadap motivasi belajar peserta didik.
TINDAKAN MEDIS EUTHANASIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN HUKUM ISLAM fatri sagita
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 3 No 2 (2019): Vol 3 No 2 (2019): JPPI Volume 3 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v3i2.77

Abstract

The purpose of this study are: 1) to know the actions of a doctor in dealing with euthanasia problems from the perspective of Islamic criminal law; and 2) knowing the actions of a doctor in dealing with euthanasia issues in terms of Human Rights. The results showed that the actions of a doctor in dealing with euthanasia problems from the perspective of criminal acts of Islamic law, especially euthanasia is actively forbidden because it is categorized as an act of suicide that is forbidden and threatened by Allah SWT with the punishment of hell forever, because the right to end one's life is God SWT. Therefore, the person who ends his life or the person who helps in this case a doctor who speeds up a person's death is tantamount to opposing the provisions of Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 3