cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 23 Documents clear
KEBUTUHAN PENGGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL TAMAN NASIONAL LORE LINDU Dwi Setyorini
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah sebagai dasar untuk merancang media pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan siswa kelas X SMAN 5 yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana instrumen penelitiannya meliputi kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru belum melakukan inovasi dalam media pembelajraan. Khususnya menggunakan media yang berbasis potensi lokal. Selain itu, kuisioner menunjukan siswa mengharapkan materi pembelajaran yang menarik dengan gambar serta aktivitas yang menyenangkan. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berupa buku yang berbasis potensi keanekaragaman hayati Taman Nasional Lore Lindu diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan siswa
APLIKASI OFFLINE MEMBANTU SISWA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMIK COVID-19 Nurhidayati - Saleh
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara (khususnya aspek pronounciation dan fluency) menggunakan aplikasi website offline untuk siswa kelas 1 SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020 dalam situasi pandemi. (pandemi Covid-19). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester kedua tahun akademik 2019/2020 dari Januari hingga Juni 2020. Penelitian ini melibatkan observer yang juga guru Bahasa Inggris, dan siswa. Partisipan penelitian ini adalah 36 siswa X IPS 1 dan 36 siswa X IPA 7 tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui observasi. Data berupa lembar observasi. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data adalah rekaman suara siswa. Dalam penelitian ini, observer melakukan dua siklus tindakan. Hasil dari Siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan penggunaan aplikasi TALKENGLISH.COM secara offline membuat keterampilan berbicara siswa dalam pronounciation dan fluency meningkat. Oleh karena itu, observer memperbaiki tindakan tersebut pada Siklus 2 dengan memberikan lebih banyak kategori/materi untuk dipraktikkan. Sementara itu, terlihat bahwa implementasi aplikasi offline berhasil meningkatkan keterampilan berbicara pada pengucapan dan kelancaran siswa kelas satu SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor.
ANALISIS METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MEMBENTUK DAN MENINGKATKAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK Nurhayati .
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan jurnal ini bertujuan untuk memperoleh gambaran upaya yang dilakukan guru dalam membentuk dan meningkatkan karakteristik siswa, melalui penggunaan beberapa metode dan model pembelajaran di SMA PGRI 3 Bogor. Dalam pengunaannya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan pembelajaran diharapkan dapat terlaksana dengan maksimal Pengambilan data berdasarkan “Social Situation” menurut Spardley (dalam Sugiyono).1) terdiri atas tiga elemen yaitu: tempat, pelaku dan aktivitas. Dengan pendekatan kualitatif, Bogdan dan Taylor (dalam Sujarweni, 2020: 19) menjelaskan penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, tulisan dari perilaku individu yang sedang diamati dalam suatu keadaan dan dikaji dari sudut pandang utuh (komprehensif dan holistic).2
Penerimaan dan Penggunaan Open Broadcaster Software dalam Pembelajaran Hybrid dengan Pendekatan TAM 3 Muhammad Ainul Fahmi; Farhatun Nisa
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran hybrid merupakan pembelajaran yang menawarkan kesempatan belajar yang menarik kepada mahasiswa dengan menggabungkan media pembelajran tatap muka dengan pembelajaran online. Aplikasi OBS (Open Broadcaster Software) merupakan aplikasi yang menawarkan perangkat lunak gratis yang memungkingkan dosen mengatasi batasan perangkat lunak video conference seperti MS Teams atau Zoom pada pembelajaran hybrid. Oleh karena itu, ada kebutuhan melakukan penelitian mendalam untuk membuat model penelitian dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan OBS (Open Broadcaster Software) oleh dosen dalam pembelajaran hybrid. Model yang diajukan dalam melakukan penelitian ini adalah TAM 3 (Technology Acceptance Model 3). Berdasarkan hasil temuan penelitian menggunakan SEM-PLS, dapat diketahui bahwa dari 7 hipotesis penelitian, ditemukan 6 hipotesis penelitian yang diterima dan 1 lainnya ditolak. Diketahui bahwa faktor sikap ditemukan hanya faktor persepsi kemudahan yang memiliki hubungan positif dan signifikan. Sementara, faktor persepsi kemudahan dan kegunaan sama-sama di pengaruhi oleh faktor computer self-efficacy. Selanjutnya, faktor sikap pengguna OBS mampu mendorong niat berperilaku dan berimplikasi pada penggunaan aplikasi OBS.
Interaksi Orangtua Kepada Anak Pada Saat Melakukan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Yogyakarta Bagas Ilham Yudhiyantoro; Dien Kusma Pharamita
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang berjudul Interaksi Orangtua Kepada Anak Pada Saat Melakukan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana perkembangan Interaksi anak pada saat melakukan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan interaksi orangtua kepada anak menurun. Jenis penelitian ini adalah studi fenomenologi, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, tentunya didahulukan dengan metode observasi agar mengetahui karakter dan sifat dari narasumber. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, secara umum interaksi antara anak dan orangtua pasti terjadi dan semuanya memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Kedelapan informan ini menunjukkan bahwa interaksi anak kepada mereka masih banyak yang diluar ekspektasi, realitanya banyak informan yang belum cukup baik dalam hal membangun interaksi kepada anak-anak mereka. Kontak sosial pada saat pembelajaran online yang dibangun oleh beberapa informan sudah cukup baik, akan tetapi lebih banyak informan yang lebih memilih untuk tidak melakukan kontak sosial, dalam artian jarang sekali menemani anak melakukan pembelajaran online. Komunikasi yang dibangun oleh beberapa informan juga terlihat sedikit buruk, dalam artian banyak dari informan yang mengabaikan anak dalam hal bermain gadget, tentunya ini merupakan hal yang harus sangat diperhatikan, karena jika ini terus dibiarkan, maka komunikasi antara anak dan orangtua akan berakibat sangat buruk, tidak heran banyak anakanak yang marah ketika ditegur saat bermain gadget.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA DI SMPIT AR RAHMAH CIJERUK BOGOR Laila Majda; Nurdin Ibrahim; Muktiono Waspodo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran laboratorium virtual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA Fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Ar Rahmah Cijeruk Bogor dengan sampel penelitian sebanyak 26 peserta didik kelas IX. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen desain factorial 2x2 dengan variable terikat terdiri dari media pembelajaran laboratorium virtual dan laboratorium konvensional variable atribut terdiri dari motivasi tinggi dan motivasi rendah serta variable bebas yaitu hasil belajar IPA Fisika. Dari perhitungan ANAVA dua jalur pada baris antar Media Pembelajaran (A) diketahui fhitung  > fabel ( 33,67 > 4,20 ) dengan demikian HO ditolak dan dinyatakan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual. Pada baris interaksi AXB diketahui fhitung  > fabel ( 294,11 > 4,20 ) dengan demikian HO ditolak dan dinyatakan terdapat pengaruh interaksi media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Dilanjutkan oleh uji tukey hasil belajar IPA Fisika peserta didik yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi jika menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual daripada menggunakan laboratorium konvensional pada mata pelajaran IPA Fisika di kelas IX SMP, dapat teruji kebenarannya secara signifikan. Dan peserta didik yang memiliki motivasi rendah lebih rendah jika menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual daripada menggunakan laboratorium konvensional pada mata pelajaran IPA Fisika di kelas IX SMP, dapat teruji kebenarannya secara signifikan
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IX DI SMP TERPADU ABI LEUWISADENG BOGOR Neneng Fitrina; Nurdin Ibrahim; widyasari widyasari
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dan keefektifan pengembangan modul elektronik berbasis pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran bahasa inggris kelas IX di SMP Terpadu ABI Leuwisadeng Bogor. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diintegrasikan dengan model Rowntree dengan 10 langkah dari model bord and gall dan 3 langkah model Rowntree. Untuk menguji kelayakan peneliti menggunakan validasi ahli media, ahli desain dan ahli materi serta mempertimbangkan pula pada hasil respon pengguna dari guru dan peserta didik. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 76,7%, ahli desain instruksional/ media sebesar 90%, pengguna guru 93% dan pengguna peserta didik sebesar 92% secara keseluruhan memperoleh kategori "sangat layak”. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan modul elektronik  layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran bahasa Inggris kelas 7 di SMP Terpadu ABI. Hasil analisis data pretest dan posttest di ketahui nilai rata-rata pretest peserta didik adalah 9.4 dan nilai rata-rata posttest peserta didik adalah 17.5, sedangkan nilai rata-rata maximal adalah 20. Berdasarkan pengujian efektivitas menggunakan rumus N-Gain Score, diperoleh hasil sebesar 0,8 dengan kategori tinggi atau dipersentase kan menjadi 90. Sesuai dengan konversi tingkat pencapaian hasil review skor N-Gain dengan nilai >76 dikategorikan efektif, maka penggunaan modul elektronik berbasis pembelajaran kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IX SMP Terpadu ABI dengan  tingkat efektifvitas sebesar 80. Berdasarkan penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik berbasis kontekstual pada mata pelajaran bahasa inggris di kelas IX SMP Terpadu ABI layak dan efektif untuk digunakan.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TAHSIN AL-QURAN UNTUK MAHASISWI SEMESTER SATU DI MAHAD AISYAH BINTI ABU BAKAR BOGOR Dwi Sanday; Nurdin Ibrahim; Muktiono Waspodo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah tahsin Al-Quran untuk mahasiswi semester satu di Mahad Aisyah Binti Abu Bakar Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau RnD (Research and Development) dengan model pengembangan gabungan Hannafin and Peck dan ASSURE. Penelitian ini menguji kelayakan dan keefektifan produk media pembelajaran pada pembelajaran tahsin Al-Quran. Adapun hasil penelitian tersebut sebagai berikut; 1) Berdasarkan uji kelayakan dari para ahli, media pembelajaran interaktif Tahsin ini dinyatakan layak. Validasi ahli materi mendapatkan skor 90,25% dengan kategori sangat layak, validasi ahli desain instruksional mendapat skor 91% drngan kriteria sangat layak, dan validasi ahli media mendapat skor 81,5% denga kriteria layak. 2) Uji efektifitas produk didapat dari penghitungan N-Gain hasil pretest dan posttes, dimana didapatkan nilai rata-rata pretes 62,6 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84. Hasil skor N Gain sebesar 58% yang berarti media pembelajaran cukup efektif. Sehingga produk media pembelajaran interaktif bagi pembelajaran Tahsin Al-Quran di Mahad Aisyah Binti Abu Bakar dianggap layak dan efektif untuk digunakan pada mahasiswi semester 1.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 DI MI AL KHOERIYAH KABUPATEN BOGOR Ucu Purnamawanti; Herawati Herawati; widyasari widyasari
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan serta keefektifan media pembelajaran berbasis Canva pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al-Khoeriyah Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Untuk menguji kelayakan, peneliti menggunakan penilaian dari tiga ahli, yaitu: 1) ahli media; 2) ahli desain; 3) ahli materi. Adapun hasil dari penilaian ahli media kelayakan media pembelajaran berbasis Canva menunjukkan presentase 92,5% dan hasil validasi ahli desain menunjukkan 94% atau berada pada kategori sangat layak; sedangkan hasil validasi ahli materi 87% atau berada pada kategori baik. Untuk pengujian efektifitas media pembelajaran berbasis Canva, peneliti menggunakan analisis N-Gain. Pada analisis data skor N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,94 atau dikategorikan tinggi. Selanjutnya, hasil perolehan N-Gain tersebut diubah kedalam bentuk presentasi dengan dikalikan 100 sehingga skor N-Gain menjadi 94. Sesuai dengan konversi tingkat pencapaian hasil review skor N-Gain dengan nilai >76 dikategorikan efektif, maka penggunaan media pembelajaran berbasis Canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 5 di MI AlKhoeriyah Kabupaten Bogor peserta didik kelas 5 MI Al Khoeriyah efektif dengan skor 90
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) BALAI BESAR GURU PENGGERAK JAWA BARAT Sutomo Sutomo; Nurdin Ibrahim; Rudi Hartono
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan salah satunya dilakukan dengan cara melakukan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Diklat ini dilakukan dengan tiga moda, yaitu tatap muka, jarak jauh, atau gabungan antara keduanya. Apapun modanya keberadaan bahan ajar sangat diperlukan untuk memperlancar tujuan dari diklat tersebut. Pengembangan modul untuk diklat jarak jauh sangat diperlukan untuk mendukung tercapainya diklat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui prosedur pengembangan e-modul berbasis canva pada diklat Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, mengetahui kelayakan pengembangan e-modul berbasis canva pada diklat BBGP Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R & D) dengan mengacu pada model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas ahli materi yaitu Seorang Pengembang Teknologi Pembelajaran ahli Madya BBGP Jawa Barat sebesar 78,4 % dengan katagori layak, validitas ahli media seorang PTP ahli muda di BBGP Jawa Barat sebesar 78,4 % dengan katagori layak, dan Validitas ahli desain Instruksional seorang dosen Media dari Universitas Muhamadiyah jakarta sebesar 82,4 % dengan katagori sangat layak, sehingga rata rata validitas sebesar 79, 73 dengan katagori layak.

Page 1 of 3 | Total Record : 23