cover
Contact Name
Putu Diah Sastri Pitanatri
Contact Email
diahsastri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
diahsastri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
JURNAL KEPARIWISATAAN
ISSN : 14125498     EISSN : 25811053     DOI : -
Jurnal Kepariwisataan bertujuan untuk menyebarkan analisis kritis dari para periset dan akademisi mengenai berbagai isu-isu kepariwisataan baik dalam perpektif nasional maupun internasional. Jurnal ini diterbitkan setelah menjalani proses peer-double blinded-review oleh dewan reviewer. Secara substansif, Jurnal ini bertujuan untuk memberikan hasil studi dan pemikiran baru bagi praktisi akademis, peneliti dan pengambil keputusan dalam lingkup studi kepariwisataan. Jurnal Kepariwisataan diharapkan mampu menjadi media bagi peneliti dan akademisi untuk menyampaikan pendapat kritis mereka sehingga mampu berkontribusi pada pengembangan studi pariwisata dari berbagai perspektif.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan" : 10 Documents clear
FRONT MATTER VOL. 15 NO. 2 2016 Team, Editorial
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PURA GOA GIRI PUTRI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA SPIRITUAL DI NUSA PENIDA BALI Ayu Aryasih, Putu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Goa Giri Putri merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata spiritual yang menjadi perhatian para pelancong yang berkunjung ke Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Selain memiliki beberapa keunikan yang sulit dicerna nalar, juga dianggap pas untuk melakukan komunikasi transendental karena suasananya yang hening.Masyarakat (umat Hindu) yang datang ke tempat itu umumnya punya satu tujuan, yakni melakukan persembahyangan terkait dengan perjalanan spiritual atau “Tirta Yatra” ke beberapa tempat suci di Nusa Penida yang daerahnya dikenal tandus.
EVALUASI EVENT FESTIVAL DANAU BATUR KINTAMANI DI KABUPATEN BANGLI: ANALISIS KEBIJAKAN DI BIDANG PARIWISATA BUDAYA Wirata, I Nengah
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola dan manfaat event festival Danau Batur Kintamani Kabupaten Bangli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola penyelenggaraan festival Danau Batur Kintamani melalui beberapa tahapantahapan sebagai berikut: 1) Riset, 2) Desain, 3) Perencanaan, dan 4) Evaluasi. Manfaat event Danau Batur Festival dapat diuraikan antara lain: 1) bidang sosial, mampu meningkatkan toleransi antara masyarakat pendatang dan masyarakat lokal, 2) bidang budaya, beberapa budaya lokal Kintamani yang hampir punah bisa diselamatkan dan dihadirkan kembali di tengah-tengah masyarakat, dan 3) segi ekonomi, kegiatan ini mampu meningkatkan penghasilan masyarakat yang ikut berpartisipai langsung dalam kegiatan perdagangan dan sekaligus menjadi ajang promosi gratis
HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DALAM INDUSTRI PARIWISATA (STUDI KASUS : PERLINDUNGAN HUKUM PEMANFAATAN LOCAL GENIUS DALAM PRODUK PENGUSAHA LOKAL) Sanjiwani, Putri Kusuma; Kerti Pujani, Luh Putu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata budaya memanfaatkan kearifan lokal Bali seperti penggunaan motif tenunan atau patra Bali. Pemanfaatan tersebut tergambar jelas dalam produk yang dihasilkan oleh pengusaha lokal. Pengusaha lokal relatif lemah dalam melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk menjaga nilai dan manfaat ekonomi dari karya atau produk yang mereka hasilkan. Penelitian ini menggunakan penelitian empiris dan menganalisis masalah yang terjadi di lapangan. Urgensi penelitian ini mencoba untuk membuka akar permasalahan yang terjadi di bidang begitu banyak budaya dan karya pengusaha lokal yang diklaim oleh pihak / pengusaha asing. Jenis kesadaran pengusaha lokal dalam memperoleh hak kekayaan intelektual tergantung pada target pasar yang dituju. Hukum Indonesia hanya mampu melindungi hak kekayaan intelektual di ranah NKRI tetapi jika klaim luar negeri (negara lain), hukum Indonesia tidak bisa campur tangan dalam negara lain dalam arti bahwa hukum Indonesia tidak bisa melindungi HKI pengusaha lokal yang didaftarkan oleh pihak / pengusaha asing di negara lain.
ANALISIS KUALITAS TRAINEE PROGRAM STUDI MANAJEMEN AKUNTANSI HOSPITALITI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA NUSA DUA BALI Mareni, Ni Ketut
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu institusi pendidikan yang bertujuan menghasilkan mahasiswa yang profesional di bidang akuntansi bagi industri perhotelan adalah Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH) Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Agar lulusan program ini dapat memenuhi criteria service performance, maka mahasiswa semester IV dan VII program ini wajib menjalani magang/Praktek Kerja Nyata (PKN) selama 6 bulan di departemen akunting di hotel berbintang lima. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan populasi semua mahasiswa MAH sebanyak 117 orang, dan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling yaitu mahasiswa MAH yang mengikutin PKN tahun 2105. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata diatas 3, kecuali atribut leadership, dan survey pada industri hotel berbintang lima di Bali menunjukkan ke 13 atribut layanan berada di kuadran kanan serta hasil observasi dan wawancara menunjukkan adanya kesesuaian antara harapan dan kepuasan industri hotel berbintang lima di Bali terhadap kualitas layanan trainee.
THE IMPLEMENTATION OF ROLE PLAY METHOD IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL ON TOUR COMMENTARIES’ Sarira, Matius Tinna
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan : (1) Seberapa Siknifikan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa akademi Pariwisata setelah belajar melalui bermain peran.; dan (2) Minat mahasiswa Akademi Pariwisata dalam belajar bahasa Inggris melalui bermain peran untuk mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris pada komentar – komentar wisata. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi eksperimental. Sampel penelitian diseleksi dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data pretest dan post-test dianalisa dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dengan uji t-test dan ANOVA (Analysis of Variance) data yang diperoleh melalui kuesioner danalisa dengan menggunakan skala Likert.Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang siknifikan pada capaina ketrampilan berbahasa yang di peroleh dalam dalam pre-test dan post test. Mahasiswa yang belajar dengan menggunakan metode bermain peran, menunjukan pencapaian yang siknifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar dengan metode konvensional. Mahasiswa menjadi lebih aktif karena tidak hanya ketrampilan berbahasa inggris yang dipelajari, tetapi juga ketrampilan dalam pemanduan wisata.
PENGELOLAAN KAWASAN WISATA SANUR DITINJAU DARI ASPEK KELEMBAGAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT Rai Sumariati, Dewa Ayu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kawasan Sanur sebagai daerah pariwisata resort pertama di Bali, telah berkembang dengan cepat ditandai dengan pembangunan fasilitas akomodasi dan pendukung pariwisata lainnya.Kondisi ini memunculkan berbagai masalah seperti pelanggaran sempadan pantai secara mecolok, pembuangan limbah cair ke laut, pendirian bangunan liar diatas tanah negara, masalah retribusi pengunjung dan parkir. Sehingga muncul masalah yaitu bagaimana permasalahan kelembagaan dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kawasan wisata Sanur dan faktor – faktor penyebab dari permasalahan yang muncul.Teori yang dipakai dalam membahas adalah, pengertian tentang kawasan wisata, pengertian tentang kelembagaan dan pengertian tentang partisipasi masyarakat. Hasil dari penelitian adalah Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) sebagai lembaga lokal setempat yang berkedudukan sebagai koordinator dalam pengelolaan wilayah Sanur, dan partisipasi yang cukup tinggi dalam pembangunan, seperti: lomba seni budaya dan kegiatan kebersihan yang dikoordinir oleh Pokdarwis.
PERSEPSI WISATAWAN TIONGKOK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA HOTEL DI KAWASAN WISATA NUSA DUA- BALI Dewi Hendriyani, I Gusti Ayu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada tujuan perusahaan dalam hal ini hotel-hotel di Kawasan Wisata Nusa Dua- provinsi Bali untuk memberikan kepuasan bagi konsumennya khususnya bagi wisatawan dari Tiongkok. Data penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif yang berasal dari observasi, studi pustaka dan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 117 orang wisatawan Tiongkok yang pernah dan sedang menginap pada 10 hotel di kawasan Wisata Nusa Dua Bali. Dalam kurun waktu 3 bulan (Juni- Agustus 2015) dengan teknik pengambilan sample menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analysis kuantitatif menggunakan skala likert. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada hotel-hotel di kawasan Wisata Nusa Dua- Bali dalam kategori sangat baik atau memuaskan.
EVALUASI BEBAN KERJA DAN KELUHAN SUBJEKTIF PADA PEMANFAATAN TUNGKU TANAH LIAT BERLANDASKAN LANTAI DI DESA WISATA ‘X’ TABANAN BALI Irwanti, Ni Ketut
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Postur kerja jongkok pada peralatan kerja dapur berupa tungku berlandaskan lantai menyebabkan warga mengeluh sakit pada pinggang, punggung, dan betis. Salah satu cara mengurangi keluhan warga adalah menyediakan alat sebagai penyangga postur yaitu duduk menggunakan dingklik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre and post test group design (subyek yang sama). Jumlah sampel adalah adalah 14 orang warga yang diberikan dua perlakuan yaitu P0 (memasak dengan postur jongkok), dan P1 (memasak dengan postur duduk di atas dingklik). Pengukuran rasa lelah menggunakan 30 Item Self Rating Questionnaire Industrial Fatique Research Committee dari Japan Association Of Industrial Health, sedangkan pengukuran keluhan otot skeletal menggunakan NIOSH Nordic Body Map Subjective Filling. Dilihat dari rerata skor yang terjadi antara P0 (postur jongkok) dan P1 (duduk di atas dingklik), terjadi penurunan skor baik pada beban kerja, kelelahan maupun keluhan muskuloskeletal. Pada P1 terjadi penurunan beban kerja sebesar 4,5%, skor kelelahan sebesar 25,46%. Sedangkan pada keluhan muskuloskeletal terjadi penurunan sebesar 29,40%.
FAKTOR PENENTU WISATAWAN EROPA MEMILIH BALI SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA Rai Utama, I Gusti Bagus; Eka Mahadewi, Ni Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bali yang bertujuan untuk menentukan faktorfaktor yang menjadi daya tarik pariwisata Bali menurut wisatawan asal Eropa, dan menentukan faktor-faktor yang dominan menentukan wisatawan asal Eropa berwisata ke Bali, Penelitian dirancang menggunakan penelitian survei yang melibatkan 167 wisatawan asal Eropa. Para wisatawan tersebut dipilih secara purposif ketika mereka sedang berlibur di Bali.Teknik analisis faktor konfirmatori digunakan untuk menganalisis berbagai variabel daya tarik Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi daya tarik pariwisata Bali menurut wisatawan asal Eropa adalah (1) imigrasi, keamanan destinasi, dan biro perjalanan, (2) harga, akomodasi, makanan, dan transportasi, (3) sejarah, budaya, dan keindahan alam. Sedangkan faktor yang paling dominan menentukan wisatawan asal Eropa berwisata ke Bali adalah imigrasi, keamanan destinasi, dan biro perjalanan.Temuan penelitian ini juga mengindikasikan bahwa citra destinasi pariwisata Bali adalah destinasi sejarah, budaya, dan alam.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 17 No 3 (2018): Jurnal Kepariwisataan (edisi spesial) Vol 17 No 2 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 17 No 1 (2018): Kepariwisataan-Maret Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Kepariwisataan-September Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 15 No 2 (2016) Vol 15 No 1 (2016): Kepariwisataan-Maret Vol 15 No 1 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Kepariwisataan Vol 14 No 1 (2015): Kepariwisataan-Maret Vol 13 No 1 (2014): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Kepariwisataan-Maret Vol 11 No 02 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 11 No 2 (2012): Kepariwisataan-September Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 2 (2011): Kepariwisataan-September Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Kepariwisataan-September Vol 9 No 1 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 2 (2009): Kepariwisataan-September Vol 8 No 2 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 1 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 1 (2009): Kepariwisataan-Maret Vol 7 No 1 (2008): Kepariwisatan-Maret Vol 6 No 2 (2007): Kepariwisataan-September Vol 6 No 2 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 6 No 1 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 6 No 1 (2007): Kepariwisataan-Maret Vol 3 No 1 (2004): Kepariwisataan-Maret Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan More Issue