cover
Contact Name
Putu Diah Sastri Pitanatri
Contact Email
diahsastri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
diahsastri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
JURNAL KEPARIWISATAAN
ISSN : 14125498     EISSN : 25811053     DOI : -
Jurnal Kepariwisataan bertujuan untuk menyebarkan analisis kritis dari para periset dan akademisi mengenai berbagai isu-isu kepariwisataan baik dalam perpektif nasional maupun internasional. Jurnal ini diterbitkan setelah menjalani proses peer-double blinded-review oleh dewan reviewer. Secara substansif, Jurnal ini bertujuan untuk memberikan hasil studi dan pemikiran baru bagi praktisi akademis, peneliti dan pengambil keputusan dalam lingkup studi kepariwisataan. Jurnal Kepariwisataan diharapkan mampu menjadi media bagi peneliti dan akademisi untuk menyampaikan pendapat kritis mereka sehingga mampu berkontribusi pada pengembangan studi pariwisata dari berbagai perspektif.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret" : 8 Documents clear
PEMANFAATAN EVENT BAGI PEMASARAN PRODUK KAIN TENUN TRADISIONAL BALI Satiadji, Amirosa Ria
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

demikian halnya dengan sektor industri.Salah satu bentuk hasil sektor industribudaya adalah kain tradisional Bali. Cempaka Butik merupakan salah satu usahaindustri di bidang kain tradisional Bali yang telah mengembangkan sektor industrifashion di Bali. Cempaka Butik mengikuti berbagai event untuk memasarkanproduk yang dihasilkannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui manfaat berbagai event dalam pemasaran produk kain tenuntradisional Bali oleh Cempaka Butik.Penelitian kualitatif ini menggunakan teknikwawancara, observasi lapangan, serta studi kepustakaan sebagai teknikpengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah event dapat membangun image,tempat pertemuan langsung dengan pasar dalam jumlah besar dalam periodewaktu tertentu, mengetahui tren pasar yang ada, danmembangun awareness.Dengan seringnya event diikuti, dapat pula mendukung pelestarian budaya.Seringnya kain tenun Bali ditunjukan kepada pasar, minat pasar, permintaan,dan kecintaan akan produk budaya semakin meningkat, sehingga produksi daripara pengerajin juga meningkat.
EFEKTIVITAS LINEN RE-USE PROGRAM PADA HOTEL DI BALI Darmawijaya, I Gede
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objectives of this research were toidentify (1) the effectiveness of hotel’s linen re-use program and (2) the relationship between average room rate and the effectiveness of hotel’s linen re-use program in Bali. To achieve these objectives, this research made use questionnaires to collect the data from 30 hotels which were purposively sampled. The analysis method applied for this research was descriptive analysis. The results showed that the participation rate of guests to linen re-use program was 76%. The rate of efficiency achieved was 35% and the productivity rate increased at 22%. The correlation between average room rate and the effectiveness of linen re-use program was positively low with the value of “r” and “r2” was respectively 0.44 and 20%. These findings revealed that the program was very effective and the participation of guests were high irrespective their ability to pay the room. The implications of these findings were the government needs to make use the best practices of any green hotel programs by campaigning them to community to be used in government/private offices and households. The hotel could implement the green hotel program without being afraid left by their customers. The tourism and hospitality educational institution need to balance three bottom lines in teaching learning process which are people, planet and profit. Gaining profit and customer satisfaction by not sacrificing the environment, the planet.
PEREMPUAN PEKERJA SEKTOR INFORMAL DI KAWASAN PARIWISATA NUSA DUA Santi Diwyarthi, Ni Desak Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pekerja perempuan menarik untuk dijelajahi dari berbagai aspek seperti peran, fungsi, status, penampilan, prestasi dan perilaku wanita. Wanita diminta untuk berperan atau hadir di berbagai tempat, seperti di pabrik, di kantor, di dalam organisasi sosial, namun harus tetap berada di lingkungan rumah, selain suami, dalam jangkauan anak-anak tercinta, di lingkungan keluarga, Dan dalampertemuan sosial lainnya.
PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL (Studi Kasus Hotel Bintang 4 dan 5 di Destinasi Wisata Jawa Barat) Harahap, Zulkifli; Eka Mahadewi, Ni Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada fenomena yang ada dimana kinerja karyawan yang belum optimal sehingga kualitas pelayanan hotel belum optimal pada saat ini.Adapun yang menjadi faktor utama rendahnya kinerja karyawan adalah tingkat kepuasan kerja karyawan dalam bekerja masih rendah.Berdasarkan penelitian awal, rendahnya kepuasan kerja lebih disebabkan komunikasi yang belum optimal di hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Pengaruh komunikasi terhadap Kepuasan Kerja di Hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif, metode peneltian yang digunakan descriptive survey dan exlanantory survey. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah karyawan tingkat manajer Hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat sebanyak 199 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung komunikasi terhadap Kepuasan Kerja sebesar 4,96 persen. Secara simultan pengaruh varabelbebas terhadap Kepuasan Kerja sebesar 4,96 persen sisanya sebesar 95,4 persen merupakan factor lain yang tidak diteliti namun turut mempengaruhi Kepuasan Kerja.
PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP STRATEGI BAURAN PEMASARAN KERTHA GOSA SEBAGAI DESTINASI Darmiati, Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The average value of promotion strategy consists of advertising, personal selling, public relations and sales promotion was 3.95, well. Promotional activities on personal selling points scored 4.22, very good. Promotional activities on public relations points scored 4.07, either. Promotional activities at points of sales promotion get a grade 4, good. One of four elements of the promotional mix are valued less than the maximum that is advertising. Although overall the advertising element gets the value of 3.45 included in either category (B) but the elements of advertising at the point of advertising on television get a score of 3.03, and advertising through the installation of billboards and banners convenient place to get a score of 3.15 is the score lowest on advertising element.
PENGGUNAAN FUNGSI-FUNGSI TINDAK TUTUR DALAM TUTURAN BERBAHASA INGGRIS PETUGAS FRONT OFFICE PADA BEBERAPA HOTEL MELATI DI KAWASAN WISATA LOVINA KABUPATEN BULELENG BALI Murdana, I Ketut; Juli Rastitiati, Ni Kade; Surata, I Ketut; Pastini, Ni Wayan; Oka Agustini, Putu; Hardina, Hardina
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji penggunaan funggsi fungsi tindak tutur dalam tuturan berbahasa Inggris oleh petugas Kantor Depan pada beberapa hotel melati di kawasan wisata Lovina. Data dalam penelitian ini yang berupa tuturan petugas Kantor Depan dikumpulkan melalui teknik rekam. Sampel penelitian ditetapkan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori pragmatik, yakni teori fungsi Tindak Tutur (Searle, 1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima fungsi tindak tutur ,yakni asertif, direktif, ekspresif, komisif dan deklaratif digunakan oleh petugas Kantor Depan di hotel-hotel kecil di kawasan wisata Lovina, Bulelelng- Bali. Hanya saja kelima fungsi tindak tutur tersebut tidak dipakai secara menyeluruh dalam sebuah peristiwa tutur.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI EVENT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. MELALI MICE BALI) Citrawati, Luh Putu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MICE memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan oleh industri pariwisata di Indonesia. Pada era global sekarang ini, yang terutama didukung oleh kemajuan teknologi, memungkinkan pelaksanaan suatu kegiatan menjadi sangat pendek dalam persiapannya. PT Melali MICE adalah perusahaan jasa penyelenggara meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) atau professional convention organizer (PCO). Dalam setiap penanganan event PT Melali MICE selalu mengadakan pencatatan terkait dengan jumlah peserta kegiatan. Dalam pengadaan pencatatan tersebut perusahaan didukung oleh sebuah sistem informasi berbasis website yang dilengkapi dengan komponen pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi event dalam meningkatkan efektivitas manajemen informasi PT. Melali MICE dengan meninjau indikator variabel dari efektivitas Sistem Informasi yang terdiri dari information quality, system quality, service quality, system user, user satisfaction.
KONSEP GREEN TOURISM DAN TREND GREEN TOURISM MARKETING (STUDI LITERATUR KAJIAN GREEN TOURISM DAN IMPLEMENTASINYA) Sukma Winarya Prabawa, I Wayan
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Isu green tourism telah mendorong banyak pihak untuk mengembangkan sebuah aktifitas pariwisata yang lebih ramah secara sosial dan lingkungan. Sensitifitas pasar juga secara tidak langsung telah mempengaruhi model dan pengemasan produk wisata oleh penyedia jasa sehingga terlihat lebih bertanggung jawab dari sisi konsumsi. Perkembangan pemahaman green tourism saat ini telah membawa kecenderungan ke arah dua sisi yang berbeda yaitu mengembangkan aktifitaspariwisata dengan konsep green tourism atau memanfaatkan tren green tourism menjadi alat promosi oleh penyedia jasa. Tulisan ini akan mengkaji teori, pemahaman dan implementasi green tourism serta kaitannya dengan green tourism marketing.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 17 No 3 (2018): Jurnal Kepariwisataan (edisi spesial) Vol 17 No 2 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 17 No 1 (2018): Kepariwisataan-Maret Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Kepariwisataan-September Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 15 No 2 (2016) Vol 15 No 1 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 15 No 1 (2016): Kepariwisataan-Maret Vol 14 No 1 (2015): Kepariwisataan-Maret Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Kepariwisataan Vol 13 No 1 (2014): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Kepariwisataan-Maret Vol 11 No 02 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 11 No 2 (2012): Kepariwisataan-September Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 2 (2011): Kepariwisataan-September Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Kepariwisataan-September Vol 9 No 1 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 2 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 2 (2009): Kepariwisataan-September Vol 8 No 1 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 1 (2009): Kepariwisataan-Maret Vol 7 No 1 (2008): Kepariwisatan-Maret Vol 6 No 2 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 6 No 2 (2007): Kepariwisataan-September Vol 6 No 1 (2007): Kepariwisataan-Maret Vol 6 No 1 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan Vol 3 No 1 (2004): Kepariwisataan-Maret More Issue