cover
Contact Name
Putu Diah Sastri Pitanatri
Contact Email
diahsastri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
diahsastri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
JURNAL KEPARIWISATAAN
ISSN : 14125498     EISSN : 25811053     DOI : -
Jurnal Kepariwisataan bertujuan untuk menyebarkan analisis kritis dari para periset dan akademisi mengenai berbagai isu-isu kepariwisataan baik dalam perpektif nasional maupun internasional. Jurnal ini diterbitkan setelah menjalani proses peer-double blinded-review oleh dewan reviewer. Secara substansif, Jurnal ini bertujuan untuk memberikan hasil studi dan pemikiran baru bagi praktisi akademis, peneliti dan pengambil keputusan dalam lingkup studi kepariwisataan. Jurnal Kepariwisataan diharapkan mampu menjadi media bagi peneliti dan akademisi untuk menyampaikan pendapat kritis mereka sehingga mampu berkontribusi pada pengembangan studi pariwisata dari berbagai perspektif.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan" : 8 Documents clear
NOMADIC TOURISM, WISATA PENDIDIKAN, DIGITALISASI DAN WISATA EVENT DALAM PENGEMBANGAN USAHA JASA AKOMODASI HOMESTAY DI DESTINASI WISATA Eka Mahadewi, Ni Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nomadic tourism atau wisata nomad merupakan terminologi yang belum lazim digunakan dalam kepariwisataan Bali.Model kegiatan wisata dalam bentuk wisata nomad, memberikan alternatif baru dalam pengembangan pariwisata Bali, khsususnya kabupaten Badung. Kajian dan pendekatan teori konsep terhadap nomadic tourism, wisata pendidikan, digitalisasi dan wisata event dilakukan untuk mendapatkan model pengembangan destinasi wisata Bali secara umum. Kajian ini akan mengungkap secara teoritis peran penting dari sinergi wisata nomad (nomadic tourism), wisata pendidikan, digitalisasi dan event dalam menggerakkan roda perekonomian destinasi dengan bisnis homestay yang dikelolanya. Observasi lapangan dan pengumpulan data primer- sekunder dilakukan untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat terkait Badung sebagai destinasi yang mendukung wisata nomad.Hasil akhir penelitian ini adalah implikasi pengembangan nomadic tourism, wisata pendidikan, digitalisasi dan event budaya terhadap pengembangan destinasi wisata di kabupaten Badung.
PENGEMBANGAN PARIWISATA MINAT KHUSUS “SILVERCRAFT CLASS” BERBASIS MASYARAKAT DI DESA CELUK KECAMATAN SUKAWATI Sri Wisudawati, Ni Nyoman; Istri Maheswari, A.A.A
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan silvercraft class sebagai salah satu atraksi wisata minat khusus melalui pelibatan masyarakat pengrajin perak guna dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat pengrajin serta menghargai hasil kreatifitas desain para pengrajin melalui proses pembuatan yang cukup rumit dan panjang. Selain itu agar ciri khas motif kerajinan perak yang menjadi warisan budaya masyarakat Celuk tidak hilang, maka diperlukan suatu \ strategi pengembangan yang dikemas dengan berpedoman pada sosial budaya masyarakat setempat.Sehingga pengembangan yang diterapkan dapat berlandaskan pariwisata berbasis kemasyarakatan.Strategi pengembangan pada penelitian dibantu dengan menggunakan analisis situasi internal dan eksternal dan analisis SWOT sehingga nanti dapat diberikan suatu rekomendasi dan penetapan kebijakan terkait pengembangan kegiatan wisata silvercraft class ini. Data yang digunakan adalah data kualitatif yang merupakan hasil observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Penentuan informan berdasarkan metode purposive sampling yang terdiri dari Kepala Desa Celuk, pengrajin emas &pPerak, dan pemilik artshop emas & perak.
THE UTILIZATION OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMMUNICATION AS A DISTRIBUTION CHANNEL IN INCREASING THE COMPETITIVENESSOF LOCAL BUSINESS IN TOURISM INDUSTRY (Case study: Homestay inUbud Village, Bali) Sukma Winarya Prabawa, I Wayan
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The priority of tourism development in Indonesia covers the development of home stay, digitization, and air connectivity. The purpose of this study is to explore the utilization of ICT in its relation to distribution channels used by home stay owners in Ubud as a form of small-medium business owned by local communities. Data collection techniques used were stratified random sampling, secondary research, focus group discussion and in-depth interview. Through qualitative descriptive analysis techniques, the results of this study concluded that most of home stays in Ubud is familiar with ICT and has now become a major distribution channel that contributes greatly to the occupancy of home stay.
IMPLIKASI ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI PEMASARANDI HOTEL MELIA NUSA DUA BALI Artajaya, Made; Candra Rismayati, Ni Luh
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The increasing of hotel in tourism area of Nusa Dua has generated tight emulationlevel in hotel business. Intention of this research to identify and analyse environmental factor of internal and eksternal business for choosing the alternative pursuant strategy precisely by using technique analyse data qualitative. There are 10 factors becoming weakness and strength which is 5 factors becoming strength consist of strategic location, owning strong brand, many amount of room, competitif product price, traditional building concept and original Bali and 5 weakness factors are including old building age, room need rejuvenation, less adapting with new technology, less effective communications and less in exploiting of product potency. There are also 9 factors becoming threat and opportunity that is 5 factors becoming opportunity of Hotel Melia Bali which is including stable Indonesia economics, and new market segment as MICE. . Election of marketing strategy alternative pursuant to result of environmental analysis of business use SWOT Matrix and Ansoff Matrix.There are 3 especials marketing strategy which yielded that creates new packages and innovationin the form of product for special events (wedding, meeting and incentive).
PERAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN LEGIAN BEACH FESTIVAL TERHADAP ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI DI DESA LEGIAN, KUTA BALI Citrawati, Luh Putu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan Industri pariwisata sudah menjadi komoditas bisnis andalan di berbagai negara termasuk Indonesia. Selain potensi wisata yang besar, keindahan alam, dan kekayaan budaya, banyaknya perhelatan bertaraf nasional maupun internasional menyebabkan Indonesia, khususnya Bali, semakin dikenal wisatawan domestik maupun internasional. Salah satu perhelatan yang diselenggarakan di Bali yaitu Legian Beach Festival, yang diselenggarakan di Desa Legian, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Legian Beach Festival sudah diselenggarakan sebanyak 9 kali, adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk mempromosikan Desa Legian sebagai salah satu tujuan wisata. Legian Beach Festival terselenggara tidak terlepas dari peran serta masyarakat lokal Legian untuk ikut serta bergabung dan berperan aktif dengan tujuan meningkatkanperekonomian warga Desa Legian terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) milik warga lokal.
KUALITAS PELAYANAN PRAMUWISATA BERBAHASA PERANCIS DI BALI Paramita, Ratri; Hadi Sukarno, Teguh; Kusumarini, Indah
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The goal of this research is to find the quality service of French-speaking guidewhen they serve during the peak season in Bali, between Juli-Septembre. In another hand, according to the data of Bali’s Guide Office, there are only 235 among 8.198 French speaking guides who are competence and certified. The data were collected using a questionnaire with Likert Scale of degree 5. The data were analyzed using 5 dimensions of ServQual, and analyzed by comparing between the expectation and perception of tourists toward the quality services Bali’s French speaking guides which are: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy. The data also analyzed by using SPSS System version 13,0. The result of-of this analysis are: the mean score of tourist expectation of quality services Bali’s French speaking guides is in 3.46, and the men score of tourist perception of quality services Bali’s French speaking guides is in 3.29. It means that tourists are not satisfied.
STRATEGI PENGEMBANGAN DESA UNDISAN KECAMATAN TEMBUKU BANGLI SEBAGAI DESA WISATA Susianti, Hartanti Woro; Zuraida, Lukia; Artajaya, Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang sesuai bagi desa wisata Undisan. Wawancara dan penyebaran kuesioner dilakukan kepada 12 orang stakeholder dan 18 wisatawan, guna mendapatkan data yang mendalam sehingga layak dianalisis. Data dipaparkan secara deskriptif kualitatif dan dianalisis dengan SWOT, untuk mengukur faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dari desa wisata Undisan. Hasil penelitian menunjukkan adanya alternatif strategi jangka pendek (1-5 tahun) yang meliputi revitalisasi lembaga formal, pemberdayaan masyarakatlokal, kampanye peduli lingkungan, redesain produk dan kerjasama dengan pihak lain untuk membangun kekuatan. Alternatif strategi jangka panjang (6-10 tahun) yang meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan produk, penyuluhan akan kelemahan dan ancaman secara berkala dan berkelanjutan, peningkatan mutu lingkungan fisik, dan penetapan batas wilayah desa yang definitif.
FRONT MATTER VOL. 17 NO 1 2018 Team, Editorial
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 17 No 3 (2018): Jurnal Kepariwisataan (edisi spesial) Vol 17 No 2 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 17 No 1 (2018): Kepariwisataan-Maret Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Kepariwisataan-September Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 15 No 2 (2016) Vol 15 No 1 (2016): Kepariwisataan-Maret Vol 15 No 1 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Kepariwisataan Vol 14 No 1 (2015): Kepariwisataan-Maret Vol 13 No 1 (2014): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Kepariwisataan-Maret Vol 11 No 02 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 11 No 2 (2012): Kepariwisataan-September Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 2 (2011): Kepariwisataan-September Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Kepariwisataan-September Vol 9 No 1 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 2 (2009): Kepariwisataan-September Vol 8 No 2 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 1 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 1 (2009): Kepariwisataan-Maret Vol 7 No 1 (2008): Kepariwisatan-Maret Vol 6 No 2 (2007): Kepariwisataan-September Vol 6 No 2 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 6 No 1 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 6 No 1 (2007): Kepariwisataan-Maret Vol 3 No 1 (2004): Kepariwisataan-Maret Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan More Issue