cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@stmik.muralinggau.ac.id
Phone
+6282179654408
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang, Kec Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi MURA
ISSN : 20856156     EISSN : 26148722     DOI : -
JTI (Jurnal Teknologi Informasi MURA) publish articles on Information System from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember" : 8 Documents clear
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 2 OKU BERBASIS CLIENT SERVER Sri Tita Faulina; wisnumurti wisnumurti
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1437

Abstract

The school library is the most important part of the infrastructure in schools, because the library is a room in which it has a collection of books and magazines that are arranged regularly which is used by the community for reading and the library is also divided into several categories, one of which is the school library. School libraries need library information systems, especially libraries at SMP Negeri 2 OKU. This SMP Negeri 2 Library Information System was built using a client server based Embarcadero XE2. This research method is using interview and observation method, where the interview method is conducted to collect data face-to-face directly at SMP Negeri 2 OKU, the observation method is carried out to determine the process of borrowing and returning books by each student. The expected result of the Library Information System is to produce information quickly, and on time so as to facilitate the processing of book data, member data, borrowing data, return data, and report data.
MODEL PROTOTYPE APLIKASI WEB RENCANA ANGGARAN BELANJA DANA DESA marini marini
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1480

Abstract

Rencana Anggaran Belanja Dana Desa sudah sediakan setiap tahun yang diperoleh dari anggaran belanja pusat yang telah diajukan ke instansi pemerintahan upaya untuk pembangunan desa dan beberapa kegiatan yang dilakukan susuai dengan anggaran untuk satu tahun. Dengan adanya rencana anggaran dana desa ini maka pihak kantor desa sangat membutuhkan dengan adanya sistem informasi guna untuk merealisasikan anggaran yang ada. Pihak kantor desa sudah membuat sistem informasi rencana angaran belanja kantor desa. Selama ini sistem penyimpanan arsip masih dilakukan secara manual sehingga timbul permasalahan yang sering terjadi yaitu mengenai tumpukan data sehingga kurang kontrolnya arus proses keluar masuknya anggaran yang ada. Maka dari itu pihak kantor desa memerlukan website protoytype Aplikasi Rencana Anggaran Belanja Dana Desa. Dengan adanya sistemberbasi web ini akan mempermudah pihak kantor desa membuat arus proses keluar masuk anggaran yang sudah disediakan untuk menghindari terjadinya kecurangan terutama terhadap pemalsuan suatu dokumen. Dalam proses analisa proses bisnis model website prototype aplikasi rencana anggaran dana desa ini perlu dianalisa menggunakan Activity diagram,, Use Case Diagram. Model pengembangan perangkat lunakyang digunakan Model Fast (Framework For The Application of System Thinking. Metode Penelitian Dalam Mengembangkan Perangkat Lunaknya adalah OOAD (Object Oriented Analysis), untuk tahap desainnya adalah OOD (Object Oriented Design.) tool yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML).
SISTEM PAKAR PENDETEKSI PENYAKIT KAKI GAJAH MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DI DINAS KESEHATAN KOTA PALEMBANG Tetri Melda Yanti; Aris Gunawan
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1502

Abstract

Sistem Pakar menjadi salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh satu atau banyak pakar ke dalam satu area pengetahuan tertentu. Otak sistem pakar adalah mesin inferensi, yang dikenal juga sebagai struktur kontrol atau penerjemah aturan (dalam sistem pakar berbasis aturan). Sistem pakar banyak digunakan dalam bidang-bidang kesehatan, salah satunya adalah dalam mendeteksi penyakit kaki gajah. Dengan mengkombinasikan metode sistem pakar yang dituangkan ke dalam suatu aplikasi web, maka dapat membantu masyarakat dalam pendeteksian dini gejalanya. Merancang aplikasi sistem pakar pendeteksi kaki gajah ini, digunakan metode certainly factor dengan metode pengembangan sistem berbasis prototyping. Diharapkan dengan media sistem pakar masyarakat bisa melakukan diagnosa awal dari penyakit kaki gajah tanpa harus konsultasi langsung ke dokter.
PERANCANGAN SISTEM PENDAFTARAN SERTIFIKASI KOMPETENSI DAN KUALIFIKASI PERUSAHAAN PADA KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI KOTA LUBUKLINGGAU BERBASIS FRAMEWORK Toiba Toiba; Elmayati Elmayati
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1508

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah pendaftaran sertifikasi yang masih bersifat manual dimana pemohon harus datang ke kantor Kamar Dagang dan Industri Kota Lubuklinggau, mengisi formulir yang masih ditulis tangan sehingga membutuhkan banyak biaya, tenaga dan waktu. Berkas laporan yang masih berifat manual dengan mencatat di kertas dan penyimpanannya menggunakan lemari arsip sehingga menyebabkan data pemohon sertifikasi sering hilang dan rusak. Memerlukan waktu yang lama dalam pencarian data dikarenakan data tersimpan dalam bentuk hard copy. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sistem pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan secara online bebasis website dengan menggunakan Framework Codeigniter yang dapat mempermudah proses pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Prototipe, dimulai dari mengumpulkan kebutuhan pelanggan terhadap perangkat lunak yang akan dibuat. Lalu dibuatlah program prototipe agar pelanggan lebih terbayang dengan apa yang sebenarnya diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program mengenai perancangan sistem pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan pada Kamar Dagang dan Industri Kota Lubuklinggau berbasis framework adalah website pendaftaran sertifikasi kompetensi dan kualifikasi perusahaan secara online dengan menggunakan bahasa pemrograman framework codeigniter dan database Mysql serta Notepad++. Dapat disimpulkan bahwa website dapat menyajikan data pemohon, pendaftaran, biaya registrasi, sertifikat dan laporan.
EXTREME PROGRAMMING APPROACH PADA APLIKASI E-COMMERCE (STUDI KASUS KERAJINAN UJANG SONGKET PALEMBANG M. Yazed Vebriandi; Jony Jony
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1509

Abstract

Metode Agile merupakan salah satu bentuk pendekatan metode pengembangan sistem yang berkembang saat ini untuk pemodelan perangkat lunak yang mengutamakan fleksibilitas dan kedinamisan setiap prosesnya terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, dimana perubahan-perubahan tersebut dapat dilakukan pada setiap tahapan proses yang ada. Salah satu metode Agile yang ada adalah pendekatan Extreme Programming (Extreme Programming Approach). Perbedaan Extreme Programming Approach (XP) dibandingkan dengan metode lainnya yaitu tidak memiliki dokumentasi secara formal dalam setiap tahapan proses konstruksinya. Adapun tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam XP Approach antara lain: Tahapan explorasi, perencanaan, iterasi pengembangan sistem, dan tahapan akhir. Keunggulan dari XP Approach ini adalah perancangan perangkat lunak yang dilakukan tidak akan diubah, hanya sistem yang sedang dibangun saja yang berubah, dengan kata lain XP Approach memungkinkan tidak adanya dokumentasi formal yang dapat digunakan sebagai alat ukur bahwa aplikasi telah selesai dibangun, namun aplikasi dikatakan telah selesai apabila klien tidak melakukan penambahan analisis kebutuhan (requirement) pada aplikasi. Penambahan atau perubahan requirement ini tidak dibatasi, sehingga apapun keinginan klien akan dipenuhi. Melalui pendekatan XP ini akan dibangun sebuah aplikasi yang diperuntukkan untuk sistem penjualan berbasis online (E-commerce) dengan prinsip business to customer (B2C). E-commerce ini diperuntukkan bagi penjual khususnya yang bergerak di bidang UKM kerajinan tradisional songket Palembang (studi kasus Ujang Songket Palembang) yang ingin mengembangkan kegiatan jual beli barang dagangan kepada customer secara online.
RANCANG BANGUN APLIKASI DASHBOARD TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE TAM DI PT. PLN (PERSERO) RAYON LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB MOBILE Tri Hasanah B.A; Davit Irawan; Aditya Chairul Hikma
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1510

Abstract

PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau belum pernah diberikan sebuah kuesioner sebagai tolak ukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, sehingga setiap keluhan pelanggan disampaikan secara lisan. Keluhan-keluhan tersebut diterima oleh manajemen PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau ketika terjadinya gangunan penyaluran listrik dan lamanya pelayanan ganguan listrik. Seringkali pegawai PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau menerima keluhan dari pelanggan dan lupa untuk menyampaikan kepada pihak manajemen karena keluhannya tidak tertulis dan tidak terdokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan observasi ke PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau, wawancara kepada sumber-sumber yang berhubungan dengan penelitian di PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau dan dokumentasi dengan cara membaca buku-buku komputer atau dokumen-dokumen yang penelitian ini. Hasil Penelitian yaitu Aplikasi Dashboard Tingkat Kepuasan Pelanggan, aplikasi dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dengan MySQL sebagai database aplikasi, interface aplikasi dibangun berbasis Web Mobile. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat memberikan akses kepada pelanggan untuk dapat menilai kinerja dari pelayanan di PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau serta memberikan informasi data tingkat kepuasan pelanggan dengan grafik dashboard.
SISTEM INFORMASI MONITORING KONDISI KENDARAAN PADA CV.PAW TRAVEL Ahmad Sobri; Asep Toyib Hidayat; Rio Rio
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1511

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah pelayanan yang diberikan kepada penumpang oleh pihak travel masih menggunakan cara manual yaitu pelanggan melakukan telepon atau melakukan pemesanan secara langsung keloket travel PAW, pelayanan yang kurang maksimal pada pelanggan akan menghambat pemesanan pada tiket travel. Maka dari itu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem informasi monitoring kondisi kendaraan yang dimiliki. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metode prototyping, metode prototyping yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dari rancangan aplikasi yang akan dibangun terlebih dahulu selanjutnya gambaran tersebut akan dilakukan evaluasi oleh user. Gambaran Prototype aplikasi yang telah dievaluasi oleh user selanjutnya dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat aplikasi yang dijadikan produk akhir sebagai output dari penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sistem informasi yang dibangun dapat dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh pihak travel ke penumpang serta adanya sistem informasi yang dapat memonitoring kondisi kendaraan secara online karena tersimpan di dalam Sistem database yang dapat diakses dengan mudah sewaktu – waktu jika dibutuhkan.
OPTIMALISASI PEMBAGIAN BANDWIDTH BERDASARKAN LALU LINTAS INTERNASIONAL INTERNET EXCHANGE (IX) DAN INDONESIA INTERNET EXCHANGE (IIX) Dian Novianto; Yohanes Setiawan Japriadi; Lukas Tommy
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jti.v13i2.1513

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang meningkat saat ini menyebabkan penggunaan layanan internet yang semakin meningkat pula. Akan tetapi tidak semua organisasi memiliki kapasitas internet yang besar, dikarenakan masalah anggaran biaya yang dimiliki. Oleh karena itu kegiatan yang membutuhkan internet seperti rapat online, maupun pencarian informasi secara online sering terkendala atau terganggu karena sedikitnya bandwidth yang didapatkan, hal ini dikarenakan bandwidth yang tersedia digunakan oleh banyak orang secara bersamaan. Oleh karena itu perlunya manajemen bandwidth agar penggunaan bandwidth internet yang tersedia lebih optimal. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan memisahkan lalu lintas data antara Internasional Internet Exchange (IX) dan Indonesia Internet Exchange (IIX) yang dikombinasikan dengan metode simple queue dalam penerapan manajemen bandwidthnya. Untuk penerapan metode ini, dibutuhkan alat berupa routerboard mikrotik tipe RB750Gr3, selain itu diperlukan metode pengembangan sistem jaringan yang menjadi acuan dalam hal ini adalah metode PPDIOO yang terdiri dari: Prepare, Plan, Design, Implement, Operate, dan Optimize. Dan juga beberapa tools pendukung untuk pengembangan sistem tersebut berupa Unified Modelling Language (UML). Hasil dari penerapan metode pemisahan Internasional Internet Exchange (IX) dan Indonesia Internet Exchange (IIX) yang dikombinasikan dengan simple queue, penggunaan bandwidth lebih optimal,dan akses terhadap sebuah alamat web menjadi lebih efisien.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 1 (2023): Vol 15 No 1 (2023): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 14 No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 11 No 01 (2019): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 10, No 1 (2018): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 9, No 2 (2017): JURNAL TEKONOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 9, No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 9 No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8 No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8, No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8, No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8 No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7, No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7 No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6 No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5, No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5 No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5 No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5, No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4 No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4, No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4, No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4 No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3 No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3, No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3, No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3 No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI More Issue