Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 47 No 1 (2014): April, 2014"
:
9 Documents
clear
Students’ Responses toward The Implementation of Paraphrasing Technique in English Poetry Class
I.G.A. Lokita Purnamika Utami
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (343.548 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4621
This article aimed at describing the students’ responses toward the paraphra-sing technique implemented in an English poetry class. This article developed from an action research conducted at two Poetry classes in the academic year of 2012/2013 in English Education Department of UNDISHA. The results indicated that the students responded positively toward the implementation of the technique, especially in four aspects, i.e. (1) it involved their active participation; (2) it could solve problems caused by the language deviation; (3) it could increase the students’ sensitivity in interpreting culture, symbol and figurative language used in poetry; (4) it also improved the students understanding of some language components, such as vocabulary and grammar. The students’ positive responses were also followed by their improvement in under-standing English language poems. Keywords: english poems, paraphrasing technique, students’ responses
Komparasi Hasil Belajar Kimia antara Menggunakan Teknik Pencatatan Peta Pikiran dan Peta Konsep
Ni Putu Yuni Puspitayanti;
Siti Maryam
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (218.963 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4622
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perbedaan hasil belajar kimia yang dibelajarkan menggunakan teknik pencatatan peta pikiran (mind map) dan peta konsep, dan (2) respon siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik pencatatan peta pi-kiran dan peta konsep. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Sawan kelas X tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah kelas X1 dan X3 yang ditentukan secara random. Kedua kelompok kelas dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung namun siswa kelas X1 diberikan tugas membuat catatan berupa peta pikiran, sedangkan siswa kelas X3 diberikan tugas membuat catatan berupa peta konsep. Data penelitian terdiri atas hasil belajar siswa dan respon siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan anakova dengan taraf signifi-kansi 5% dan data respon siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan teknik pencatatan peta pikiran dan peta konsep, dan (2) siswa me-nunjukkan respon yang lebih positif terhadap pembelajaran dengan teknik pencatatan peta pikiran. Kata-kata Kunci: mind map, peta konsep, pembelajaran kimia, hasil belajar
Model Character Development Training (CDT) untuk Meningkatkan Perilaku Anti Plagiat Mahasiswa
Farida Aryani
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (229.478 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4623
Telah dikembangkan sebuah model character development training (CDT) untuk meningkatkan perilaku anti plagiat mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model CDT untuk meningkatkan perilaku anti plagiat mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 50 orang mahasiswa (pra-eksperimen). Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala perilaku anti plagiat. Data dianalisis dengan menggunakan uji t test untuk melihat perbedaan skor rerata prates dan pascates. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan perilaku anti plagiat mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa CDT. Hasil ini menunjukan bahwa model CDT yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan perilaku anti plagiat mahasiswa. Kata-kata Kunci: moral dan karakter, character development training, perilaku plagiat
Pemanfaatan Blogger Berbasis Pendekatan Proses dalam Asessmen Portofolio Elek-tronik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa
Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (251.801 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4625
Penelitian ini merupakan peneli-tian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis para-graf dengan pengaplikasian media Blogger berbasis portopolio elektronik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pre-test yang menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester IIIB yang ver-jumlah 29 orang di tahun akademik 2013/2014 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam menulis paragraf tersebut tergolong cukup dengan rata-rata 56,89. Setelah tindakan, skor rata-rata mahasiswa pada post-test siklus I adalah 68.18 (cukup) dan pada post-tes II meningkat menjadi 82,81 (baik). Di samping peningkatan kemampuan menulis, kedisiplinan, kejujuran, keterbukaan dan kepercayaan di-ri mahasiswa dalam melakukan penilaian diri dan penilaian sejawat juga dapat ditingkankan. Maha-siswa juga mampu mengimplementasikan media blog sebagai salah satu penerapan teknologi infor-masi dan komunikasi (TIK) di dalam pembelajaran dengan baik. Kata-kata Kunci: menulis, portofolio elektronik, blogger
Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA
Luh Putu Sri Lestari
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (328.183 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4626
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan metode self-instruction dalam meningkatkan self-esteem siswa SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen yaitu one-group pretest-posttest design dengan subjek 5 orang siswa kelas XI SMA. Lab. Undiksha Singaraja yang teridentifikasi sebagai siswa yang memiliki self-esteem rendah. Instrumen yang digunakan ya-itu skala self-esteem dan instrumen untuk bahan perlakuan berupa buku panduan pelatihan dengan metode self-instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat self-esteem sis-wa sebelum dan setelah mendapatkan intervensi pelatihan dengan metode self-instruction. Dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test, diperoleh bahwa intervensi metode self-instruction se-cara signifikan dapat meningkatkan self esteem siswa. Kata-kata Kunci: self instruction, self esteem, perilaku kognitif
Model Educative Production Function untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perbankan
I Gusti Ayu Purnamawati
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (332.02 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4627
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Akuntansi Perbankan melalui penerapan model pembelajaran Educatif Production Function (EPF). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Jurusan D3 Akuntansi UNDIKSHA pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 orang. Obyek penelitian adalah (1) aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran, dan (2) hasil belajar mahasiswa. Pene-litian dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) EPF dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan menciptakan iklim kelas yang trans-paran, (2) EPF dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan rata-rata hasil belajar pada si-klus I ke siklus II sebesar 12,3 (65,1 pada siklus I dan 77,4 pada siklus II). Kata-kata Kunci: akuntansi perbankan, educative production function, hasil belajar
Analisis Hermeneutik Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Pewayangan “Sumpah Ramaparasu”
Ketut Yarsama
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (228.583 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4628
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama pewayangan “Sumpah Ramaparasu.” Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara hermeneutik dan diberi makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam naskah drama “Sumpah Ramaparasu”adalah demokratis, kejujuran, kehati-hatian, disiplin diri, membantu dengan tulus, bekerjasama, keteguhan hati, rasa haru, dan toleransi. Nilai-nilai tersebut masih bersifat aktual dan kontekstual. Kata-kata Kunci: nilai pendidikan karakter, drama pewayangan, hermeneutik
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa
I Pande Putu Alit Antara Antara
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (356.066 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4629
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep ki-mia dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembela-jaran konvensional, baik secara bersama-sama maupun secara terpisah. Jenis penelitian yang dilaku-kan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group. Populasi penelitian adalah siswa di tiga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarangkan yang berjumlah 96 orang. Sampel penelitian diambil dari 2 kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pene-litian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah secara bersama-sama antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif jigsaw dan konvensional, (2) secara terpisah, ada perbedaan pemahaman konsep kimia ataupun sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional. Siswa yang mengikuti pem-belajaran kooperatif jigsaw memiliki pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah yang lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata-kata Kunci: kooperatif tipe jigsaw, penguasaan konsep kimia, sikap ilmiah.
Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berbasis Lingkungan
I Dewa Putu Subamia;
I Gusti Ayu Nyoman Sri Wahyuni;
Ni Nyoman Widiasih
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47 No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (407.241 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4954
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat prak-tikum berorientasi lingkungan pada mata pelajaran IPA SMP sesuai kurikulum 2013. Produk dikem-bangkan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan, dan uji produk. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif menggunakan angket. Subjek penelitian adalah ahli, guru, dan siswa. Guru dan siswa yang dijadikan sampel pada uji coba adalah guru IPA dan siswa SMPN 2 Singaraja. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat praktikum yang dikembangkan termasuk kriteria valid. Skor rata-rata uji keterbacaan pada uji coba terbatas termasuk kriteria sangat valid. Pada uji coba terbatas dan luas, hampir seluruh siswa memberi respon posistif. Guru memberikan respon positif terhadap perangkat praktikum berorientasi lingkungan, baik dari segi kemudahan mempersiapkan maupun mengimple-mentasikannya. Dapat disimpulkan bahwa perangkat praktikum berorientasi lingkungan yang dikem-bangkan sudah memenuhi kriteria relevan dan mudah digunakan. Kata-kata Kunci: penelitian pengembangan, perangkat praktikum, praktikum berbasis lingkungan