cover
Contact Name
Dinda Aulia Rahman
Contact Email
dinda.auliarahman@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
adetuti30@yahoo.com.au
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
LUGAS Jurnal Komunikasi
ISSN : 25808338     EISSN : 26211564     DOI : -
Core Subject : Education,
LUGAS Jurnal Komunikasi is focused on publishing the original research articles, review and case studies from academicians and researches. The main issues related to communication and media, which includes Mass Communication, Marketing Communication, Public Relation Strategy, Media Relation Strategy, Communication Strategy and Model Analysis and other related topics.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2: Desember 2021" : 7 Documents clear
Motivasi Generasi Milenial dalam Beradaptasi dengan Budaya Kerja di PT. X Dewi Rachmawati; Veronika Trimardhani
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2: Desember 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v5i2.1337

Abstract

Millennial generation is the generation that lived between 1981 and 1994 ( Howe, N and  Strauss, W, 2000). Discussions about this generation are interesting, especially in the world of work. This generation is described as a generation that brings a unique and renewable lifestyle, including the work culture. This study aims to examine how the motivation of the millennial generation in adapting to the work culture at PT. X, one of Badan Usaha Milik Negara (BUMN) in Indonesia. Theories and concepts involved in this research are Motivation and Work Culture. The method used is descriptive qualitative research method with data collection using in-depth interviews with seven main sources and one expert resource who has experience as an human resource practitioner in Badan Usaha Milik Negara (BUMN).The results obtained from this research are that millennial workers are trying to adapt to the work culture in their place of work.  The motivation of the millennial generation to work, accordance with Kanfer's  theory, they try to fulfill the Direction, Effort & Persistent in their work. Barriers found in adapting to work culture were overcome by leaders communicating top and down and eliminating communication gaps between superiors and subordinates. The value owned by PT. X is implemented to all workers, including the millennial generation. Expert resource interviewed in this study argue that the positive things about the millennial generation working in BUMN is they try to adapt to the work culture in BUMN and this generation also has high achievement oriented at work. 
Menyelami Makna Kekuatan Foto Jurnalistik Jenazah COVID-19 Karya Joshua Irwandi Irmawati Oktavianingtyas; Hilda Yunita Wono; Hadassah Elisha Karsten; Agung Prasetyo
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2: Desember 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v5i2.1144

Abstract

Foto jurnalistik fenomenal karya fotografer Joshua irwandi yang di ambil untuk National Geographic merupakan foto yang berhasil menarik simpati ribuan orang dari berbagai belahan dunia. Berbagai media massa online serta individu pengguna media sosial memiliki tafsir yang beraneka ragam mengenai foto tersebut. Foto jurnalistik ini menjadi masalah yang laik untuk diteliti karena muncul berbagai pro dan kontra dari berbagai sisi. Semiotika model Barthes memungkinkan kajian yang mampu menjangkau wilayah kebudayaan lain yang terkait dengan popular culture dan media massa juga dalam foto jurnalistik ini. Hasil dari analisis semiotika yang pertama adalah cara pengambilan gambar dalam penelitian ini dapat berfungsi sebagai penanda. Selanjutnya kesan pertama yang muncul saat melihat foto tersebut adalah jenazah layaknya mumi. Yang terakhir adalah atmosphere yang muncul dari gambar tersebut adalah sepi dan sendiri.
Pengaruh Terpaan Drama Seri Korea Di Media Streaming Viu Terhadap Perilaku Budaya & Gaya Hidup Dikalangan Wanita Di Indonesia Lokita Pramesti Dewi; Wulan Furrie
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2: Desember 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v5i2.1727

Abstract

Kesuksesan Drama Korea memiliki jumlah penggemar yang sangat besar di Indonesia terletak dari segi ceritanya yang sangat sederhana namun bermakna, tidak seperti drama dari negara lainnya seperti Jepang contohnya, yang terkadang terlihat lebih kaku alur ceritanya dibandingkan dengan drama Korea. Meskipun memiliki Genre yang sama dengan kebanyakan drama asia lainnya yaitu percintaan, namun drama Korea menawarkan kisah cerita yang segar, menarik, penuh inspiratif dibandingkan drama asia lainnya. Dan bahkan yang lebih menariknya adalah terkadang penonton tidak bisa memprediksi akhir cerita dari drama korea tersebut, dikarenakan alur ceritanya yang berbeda dengan drama TV lainnya. Sehingga membuat yang menonton akan ketagihan untuk menonton lagi episode – episode berikutnya.Dampak pengaruh yang dihasilkan dari menonton drama – drama Korea di Media Streaming VIU , khususnya para wanita di Indonesia ini menimbulkan pengaruh sikap ingin mengikuti atau meniru model,  gaya, budaya atau pola hidup dari idola – idola artis atau aktor Korea, baik itu dari pakaian yang mereka gunakan, bahasa, makanan, budaya dan lain sebagainya sehingga mereka berusaha untuk menunjukan dengan bangga identitas diri lewat produk Korea agar terlihat seperti orang Korea.
Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Cawang AC Pro PT Gobel Dharma Nusantara di Masa Pandemi Korona Dwi Kartikawati
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2: Desember 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v5i2.1836

Abstract

The research focused on the implementation of marketing communication strategy on Cawang Pro Air Conditioning Product at PT Gobel Dharma Nusantara during the corona virus pandemic .  Since the corona virus (covid-19) pandemic has spread to almost all corners of the world, has hit the business of goods and services.   Many companies must quickly adapt to this condition and also very tight business competition in Air Conditioning products.  PT Gobel Dharma Nusantara must adjust to these conditions to anticipate the product disappearing from the market, which is caused by the health crisis.  The theoretical framework used in this study is  the concept of marketing communication, model concept, marketing communication strategy, online media utilization and AISAS theory. This research was qualitative research with a case study method. The results showed that  the implementation of the marketing communication strategy at PT. Gobel Dharma Nusantara have done 3 strategic steps.  The first step is planning communication marketing including determining marketing communications objectives, setting a marketing communications budget, and determining the development of marketing communications programs. The second step is executing on marketing communications by changing the tools and elements of marketing communications digitally. The third step is evaluating. Thus, the entire implementation of marketing communications is carried out continuously so that the company continues to exist in the midst of the corona virus pandemic situation 
Manajemen Komunikasi Pemasaran Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 Jhulian Fika Irrianda
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2: Desember 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v5i2.1856

Abstract

Hasil kajian pertama berdasarkan Pengamatan Lingkungan melalui analisis SWOT yang menjadi Kekuatan ada pada pemasaran digital melalui media sosial Istagram, Facebook, Twitter, Whatsapp dan Website. Kelemahannya terkendala dengan pemanfaatan dunia digital dan sumber daya yang belum dipersiapkan dengan baik dalam mengkomunikasikan dan menginformasikan produk di media sosial. Opportunities adalah strategi digital marketing yang lebih terjangkau dan luas. Ancamannya pada sistem digital yang terus berkembang, pelaksanaan kuliah online dan menurunnya daya beli calon mahasiswa atau orang tua mahasiswa. Kedua, Perumusan Strategi, Stiami Institute memiliki Visi, Misi dan Tujuan yang membedakan dengan kampus lain dari segi produk, pasar, dan teknologi. Implementasi Strategi Ketiga Stiami Institute memiliki program dan pengembangan program digital marketing melalui media sosial dengan membuat program lebih atraktif dan atraktif. Keempat adalah Evaluasi dan Pengendalian, Stiami Institute melakukan Evaluasi Kinerja dengan pertemuan online dan offline, kemudian pengendalian kinerja dilakukan oleh pimpinan dengan memberikan arahan, bimbingan, pendampingan dan motivasi terhadap kinerja pegawai
Komunikasi Pemasaran Pariwisata Desa Wisata Subang Selatan, Kabupaten Subang, Jawa Barat Firman Syah; Imam Syafganti; Asep Taufik Muharram
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2: Desember 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v5i2.1687

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat komunikasi pemasaran pariwisata yang berjalan dan juga yang efektif di Subang Selatan. Sebab, Subang Selatan dengan ketinggian antara 500 meter hingga 1.500 meter ini memiliki destinasi wisata dengan daya tarik wisata yang berbeda-beda. Dengan pendekatan metode kualitatif diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih dalam tentang masalah yang dikaji. Hasil diperoleh bahwa komunikasi pemasaran pariwisata yang selama ini sudah dilaksanakan desa wisata di Subang Selatan antara lain melalui media sosial di kanal YouTube, mulut ke mulut dari pengunjung yang pernah merasakan petualangan di beberapa desa wisata, hingga pemasaran langsung dengan menjalin kerjasama beberapa biro perjalanan dan agen perjalanan. Namun belum semua efektif berjalan mengingat pemilik akun bukan warga atau penggerak desa wisata. Sehingga internet (website) yang berasal dari hibah Politeknik Negeri Jakarta adalah yang efektif untuk komunikasi pemasaran pariwisata. Melalui url: http://dewisubangselatan.com/ para penggerak desa wisata dapat mengoperasikan langsung website dengan mengelola foto, video, tulisan serta tampilan yang sesuai harapan.
Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan Adityo Wibowo; Sakti Syahputra; Rofian Dedi Susanto
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2: Desember 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v5i2.1871

Abstract

Menumbuhkan kepercayaan publik internal sebuah institusi bukanlah hal yang mudah apalagi kondisi Sekolah Al Kamal sejak tahun 2012 mengalami Dualisme Yayasan yang mana tentunya hal tersebut menjadi pertimbangan publik internal dalam hal ini guru dan karyawan untuk mendedikasikan diri pada sebuah institusi bahkan membuat kebingunan bagi guru dan karyawan harus memilih yayasan yang mana yang menjadi tempat mereka untuk mengabdi ditengah-tengah dualisme yayasan antara yayasan lama dengan yayasan baru. Guna memberikan kepercayaan publik internalnya management Sekolah Al Kamal harus melakukan Strategi Corporate Communication agar tercipta komunikasi dan hubungan yang baik antara management dengan guru dan karyawan yang pada akhirnya guru dan karyawan memiliki loyalitas kepada management sekolah al-kamal. Publik internal harus diberikan kepercayaan bahwa konflik internal yayasan tidak berdampak pada kesejahteraan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Corporate Communications Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal dan Citra Perusahaan dengan menggunakan Metode Penelitian Studi Kasus pada Managemant Sekolah Al Kamal. Solusi dari Menumbuhkan kepercayaan publik internal dalam hal ini guru dan karyawan kepada management Sekolah Al Kamal lama adalah dengan intens melakukan komunikasi internal dengan guru dan karyawan dimana ada unsur loby, negosiasi, komunikasi persuasif harus dijalankan guna memberikan kepercayaan kepada publik internal dalam kondisi konflik sehingga publik internal tetap loyal kepada management Sekolah Al Kamal lama.

Page 1 of 1 | Total Record : 7