cover
Contact Name
Estiyan Dwipriyoko
Contact Email
estiyand@unla.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
estiyand@unla.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 1 (2022): Jurnal TIARSIE 19.1" : 5 Documents clear
Analisis Risiko Keselamatan Kerja dengan Menggunakan Metode Hirarc dan FTA Di PT X Siti Rosimah
Jurnal Tiarsie Vol 19 No 1 (2022): Jurnal TIARSIE 19.1
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32816/tiarsie.v19i1.118

Abstract

PT.X merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pembuatan minuman dalam kemasan yang memproduksi berbagai macam minuman yang berbahan dasar nata de coco. Proses produksi minuman nata de coco terdiri dari 6 proses produksi yaitu proses pencucian, proses pemasakan, proses pembuatan resep, proses pencampuran, proses pengemasan dan proses penyimpanan. Pada proses produksi ditemukan berbagai macam potensi kecelakaan kerja, yang disebabkan oleh faktor lingkungan maupun faktor manusia. Oleh karena itu dibutuhkan identifikasi resiko dan pengendaliannya terhadap potensi kecelakaan kerja tersebut. Identifikasi resiko terhadap potensi kecelakaan kerja pada bagian produksi serta penilaian dan pengendaliannya dengan menggunakan metode hajard identification risk assessment and risk control (HIRARC). Hasil identifikasi tersebut dicari berbagai penyebab kecelakaan kerja dengan metode fault tree analysis (FTA). Pada proses produksi minuman kemasan Nata de Coco ditemukan 16 resiko kecelakaan kerja dengan 4 tingkatan risiko yaitu rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi.
Kualitas Hidup Perempuan untuk Memberdayakan Peningkatan Halaman Rumah Tinggal di Negeri Amahusu Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon Cornelly Marietje Lawalata; Asnat Juliana Luturmas; Christin Joseph
Jurnal Tiarsie Vol 19 No 1 (2022): Jurnal TIARSIE 19.1
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32816/tiarsie.v19i1.114

Abstract

Perempuan di negeri Amahusu selain merupakan penjual ikan dipasar dan sebagian lainnya hanya menjadi ibu rumah tangga, yang kebanyakan suami mereka bekerja sebagai nelayan. Namun, pada bulan April sampai dengan bulan Agustus setiap tahunnya adalah musim paceklik bagi para nelayan, karena angin kencang. Ini berdampak dalam memenuhi kebutuhan keluarga seperti ekononmi, pendidikan anak, kesehatan keluarga, sangatlah sulit. Jumlah perempuan sebagai ibu rumah tangga, seakan tidak memiliki kemampuan untuk dapat menyelesaikan masalah kebutuhan keluarga, padahal, dilihat dari halaman rumah tinggal yang sangat luas dapat diberdayakan. Namun, dalam pemanfaatan halaman rumah tinggal masih terdapat masalah percekcokan pemilik lahan, selain itu telah banyak halaman rumah tinggal yang dijual demi memenuhi kebutuhan rumah tangga, mengakibatkan banyak diantara mereka tidak memiliki lahan untuk ditempati. Hal ini disebabkan, sampai sekarang belum ada peraturan negeri yang mengatur tentang pamanfaatan lahan pekarangan. Untuk menjawab permasalahan di atas, tim pengabdian kepada masyarakat dengan LPM UKIM, merasa perlu untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, yang bekerjasama dengan mitra pemerintah Negeri Amahusu, dan ibu-ibu rumah tangga yang berlokasi di Negeri Amahusu dusun westopong. Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk melakukan pemerdayaan kepada masyarakat yaitu, 1; Dilakukan pelatihan tentang peningkatan kualitas hidup perempuan dengan cara pemanfaatan halaman rumah tinggal yaitu praktik langsung mengolah lahan. 2; Melakukan kajian hukum tentang pembuatan Perneg pemanfaatan lahan pekarangan dengan pemerintah negeri, dan masyarakat, 3; Melakukan sosialisasi tentang cara pengelolaan keuangan keluarga kepada kaum perempuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah kaum perempuan di dusun westopong memiliki kemampuan mengolah lahan dengan menanam berbagai jenis sayuran untuk dikonsumsi dan dijual. Pemerintah Negeri Amahusu memiliki Pernek untuk pemanfaatan lahan pekarangan, dan sejumlah ibu-ibu rumah tangga terampil untuk mengelola keuangan keluarga.
Studi Kelayakan Gedung Pasca Gempa Lombok Yuda Wastu
Jurnal Tiarsie Vol 19 No 1 (2022): Jurnal TIARSIE 19.1
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32816/tiarsie.v19i1.136

Abstract

Berdasarkan peta tingkat guncangan Skala Intensitas Gempa (SIG) BMKG, gempa Agustus 2018 yang terjadi di Lombok menunjukan gempa bumi yang dapat berdampak kerusakan ringan (skala intensitas II-III SIG BMKG setara dengan V-VI MMI (Modified Mercalli Intensity).) sehingga analisi kelayakan fungsi gedung wajib dilakukan terutama yang menyangkut system dan kekuatan struktur pada bangunan, masih andal atau harus mengalami penggantian atau perkuatan. Metoda penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif, diperoleh berdasarkan hasil inspeksi data primer; pengamatan aspek arsitektur dan pengujian struktur gedung berupa uji mutu beton dan konfigurasi tulangan elemen struktur pada bangunan Bank BTN KC Mataram, sehingga menghasilkan data akurat dan akuntabel. Hasil analisis menunjukan bahwa struktual gedung tidak mengalami kerusakan signifikan dan dapat berkinerja baik dalam merespon gempa, kerusakan terjadi pada elemen arsitektural cukup banyak dan perlu dilakukan perbaikan yaitu: Pemasangan jaring dibawah atap untuk mengantisipasi reruntuhan genteng yang pecah/lepas, memperbaiki dan mengganti elemen lapisan granit dengan material yang ringan dan relative aman seperti Aluminum Composite Panel (ACP), serta memperbaiki retakan-retakan dinding. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa gedung yang di desain dengan perhitungan struktur yang baik menghasilkan kekuatan structural yang dapat bertahan dalam guncangan gempa 7 scala richter. Kerusakan yang terjadi lebih ke aspek arsitektural yang berbahan dasar rigid dan solid.
Analisis Perhitungan Tarif Bus Damri Berdasarkan Willingness To Pay dan Ability To Pay Dede Siti Rohmah
Jurnal Tiarsie Vol 19 No 1 (2022): Jurnal TIARSIE 19.1
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32816/tiarsie.v19i1.137

Abstract

Bus DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia) adalah salah satu jenis angkutan umum yang melayani kebutuhan transportasi masyarakat dalam trayek perkotaan yang diselenggarakan oleh Perusahaan Umum (Perum). Beragamnya golongan masyarakat yang menggunakan bus Damri menjadi salah satu faktor untuk melihat apakah tarif yang dibayar oleh pengguna sudah sesuai dengan kemampuan serta kemauan membayar mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pengguna Bis Damri trayek Tanjungsari-Kebun Kelapa berdasarkan Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP). Penelitian ini menggunakan data berupa kuisioner penumpang yang diperoleh dari survai di dalam bus sepanjang rute Tanjungsari-Kebun Kelapa maupun arah sebaliknya. Hasil dari kuisioner ini kemudian di analisis dengan menggunakan rumus perhitungan WTP dan ATP sehingga diharapkan nantinya keluar besaran tarif yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan konsumen dalam hal ini penumpang. Untuk mengetahui kemampuan dan kemauan membayar tersebut dapat dilakukan analisis keterjangkauan daya beli pengguna jasa angkutan kota dalam membayar tarif yang meliputi Analisis Ability To Pay (kemampuan membayar konsumen) dan Willingness To Pay (kemauan membayar konsumen) terhadap tarif yang diberlakuakan. Hasil penelitian menunjukkan tidak seimbangnya permintaan dan penawaran penumpang bus kota RUTE Tanjungsari-Kebun Kelapa. Pendapatan operator relatif tidak mampu memenuhi biaya operasioanal apabila faktor muat dari rute tersebut kurang dari BEP sedangkan tarif yang berdasarkan dari ATP dan WTP adalah sebesar Rp. 5.243. dan subsidi yang dikeluarkan pemerintah untuk penumpang bus kota dengan kendaraan dan sistem pelayanan yang standar sebesar Rp. 4.800.611. pertahun pada keseluruhan armada pelayanan dengan standar yang ditetapkan.
Membangun Nilai Pelanggan dengan Peningkatan Kualitas Pelayanan Sri Sustariyah
Jurnal Tiarsie Vol 19 No 1 (2022): Jurnal TIARSIE 19.1
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32816/tiarsie.v19i1.116

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan factor yang diharapkan oleh konsumen. BPJS Kesehatan adalah Produk jasa dalam bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan wajib diikuti oleh semua anggota masyarakat, sehingga pemberian pelayanan yang berkualitas menjadi kwajiban yang harus ada dalam penyelenggaraannya, agar mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat.Tujuan penelitian ini memfokuskan pada pengaruh kualitas pelayanan terhadap nilai pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif yang dilengkapi dengan expert judgement. Sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat inap peserta BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Umum milik Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa barat. Teknik pengambilan data dilakukan secara cluster proporsional random sampling dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis SEM (structural equation modelling). Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5